Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat dan Khasiat Pepaya Bagi Kesehatan Anda


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Sebagai negara tropis, Indonesia mempunyai beraneka ragam buah-buahan yang memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan kita. Salah satu buah bermanfaat dan berkhasiat adalah Pepaya. Dapat dikatakan buah satu ini, terbilang cukup dikenal seluruh masyarakat Indonesia. Buah segar, dan juga memiliki kandungan nutrisi gisi yang sangat baik dan tentu saja harga yang cukup terjangkau bagi kita semua untuk mendapatkan manfaat dan khasiat buah pepaya dalam mengaplikasiannya dalam kehidupan kita sebagai buah bermanfaat dan berkhasiat. 

Baca Juga:


Pepaya juga biasanya kita konsumsi langsung, bagi admin sendiri pepaya merupakan buah yang sering disuguhkan oleh orang tua dirumah. Bercampurkan ala kadarnya yakni gula pasir, kesegaran dan kenikmatan pepaya semakin membawa haru yang tidak ada taranya. Disamping disajikan oleh ibunda tercinta, dan juga kandungan bagi tubuh kita. Jujur saja, admin sendiri baru mengetahui kandungan gizi dari buah pepaya ini, saat menuliskan informasi ini kepada teman-teman. 

Tidak hanya itu, manfaat dan khasiat buah pepaya ketika kita mengkonsumsinya juga admin baru mengetahuinya, jadi pantas ibunda admin selalu menyajikan buah yang satu ini. Pertanyaannya, apakah ibu admin mengetahui manfaat buah pepaya ini? apakah mengetahui kandungan buah pepaya ini? 

Menurut admin sendiri, ia mengetahui. Mengapa? karena setiap admin pulang kampung, pasti ada saja yang namanya buah pepaya. Jadi, bagi teman-teman yang telah berstatus orang tua. Tahukan pengertian orang tua? ia, orang tua adalah sepasang suami-istri yang telah memiliki anak, dan ingat telah menikah secara resmi. Kembali lagi,bagi teman berstatus orang tua harus mengetahui informasi ini agar dapat menyajikannya bersama anak dan suami anda. Sedangkan bagi teman-teman yang belum menikah, segeralah menikah dan akhiri jomblo anda yang telah menahun. 

Buah Pepaya

Singkat cerita admin mengenai pepaya. Kembali lagi, Tanaman pepaya atau (Carica papaya L.) merupakan salah satu tanaman buah tropis asal Meksiko Selatan. Tanaman yang tumbuh di daerah basah, kering, daratan rendah serta pegunungan sekitar ketinggian 1.000 mdpl. 

Hampir seluruh lapisan masyarakat menyukai buah pepaya. Terlebih daging buahnya berwarna merah menyala dengan cita rasa yang manis mampu mengguah selera dan meningkatkan kesehatan atau daya tahan tubuh anda. Berdasarkan kematangannya, pepaya dapat dikonsumsi dalam keadaan matang maupun mentah (sebagai sayuran). 

Carica papaya merupakan tanaman obat yang terkenal yang digunakan di negara-negara Barat dan Asia untuk mengatasi beberapa penyakit. Pasien disarankan untuk mengkonsumsi buah pepaya sesering mungkin selama adanya penyakit demam di Pakistan oleh dokter (Nazia, 2016).

Baca Juga:

Buah pepaya tumbuh di daerah yang berbeda, salah satunya juga digunakan sebagai obat potensialBuah yang memiliki nilai-nilai makanan yang unik dan potensi biologi. Penggunaan bagian-bagian yang berbeda dari C. Pepaya sebagai obat telah diketahui seperti daun asap yang digunakan untuk mencegah asma dan tapal untuk nyeri saraf, daging buahnya untuk mencegah rematik dan keasaman urin, dan bunga untuk penyakit kuning dan hipertensi, namun penggunaan C. pepaya sebagai obat bervariasi dari daerah ke daerah. Di Pakistan,pasien penderita demam berdarah disarankan oleh dokter untuk memakan pepaya dalam jumlah yang banyak karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai antivirusdan sifat antioksidan (Nazia, 2016).

Nama umum pepaya di dunia adalah "paw'paw', namun di berbagai negara juga memiliki nama yang beragam. Seperti di Inggris disebut dengan "papaya", di Malaysia disebut dengan "betik", di China dikenal dengan nama "pohon melon" (tree-melon), di Thiland disebut dengan "mala kaw", di Tamil yakni "papali", sedangkan di Indonesia ykani "pepaya". 

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Anda

Hampir seluruh susunan tubuh dari tanaman pepaya mempunyai daya dan hasil guna atau memiliki manfaat dan khasiat bagi kehidupan manusia khususnya dalam kesehatan kita. Tanaman ini dapat dikatakan sebagai tanaman multi guna yakni sebagai bahan makanan dan meniuman, obat tradisional, pakan ternak, bahan kecantikan (kosmetik), industri penyamakan kulit dan pelunak daging. Sedangkan manfaat dan khasiat buah pepaya dapat dilihat dibawah ini: 

1. Akar 
Air rebusan akar pepaya dapat diminum sebagai obat cacing kermi
Air sari akar pepaya memiliki manfaat dan khasiat untuk pengobatan penyakit ginjal dan kandung kecing dengan meminuman air sari akar pepaya tersebut.
Air rendaman akar pepaya gantung yang dicampur dengan arak dan kayu putih dapat dimanfaatkan untuk dioleskan kepada tulang yang sakit.

Baca Juga:

20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
13 Obat Batuk Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami
35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan
Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat
23 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Menurut Islam & Medis

2. Daun 
Daun pepaya muda memiliki manfaat lalab mentah ataupun di masak, yang memiliki khasiat atau manfaat ganda sebagai penambah nafsu maka, menyembuhkan penyakit beri-beri dan sumber vitamin A.
Daun pepaya muda yang ditumbuk haluys untuk diperas sarinya, kemudian diminum, untuk mendapatkan khasiat atau manfaat sebagai obat malaria, kejang perut dan sakit panas. 
3. Batang 
Batang muda mengandung enzim pecah protein yang disebut "papaine" untuk melunakkan daging dan indsutri farmasi dan tekstil 
Limba batang selepas panen terakhir dapat dipotong-potong atau diiris-iris untuk diambil hatinya kemudianya dijadikan makanan lemak.  
4. Bunga 
Bunga pepaya dapat dimanfaatkan bahan makanan misalnya seperti lapangan dan penambah nafsu makan sekaligus sumber vitamin A. 
Bunga pepaya dapat dimanfaatkan sebagai bunga hias untuk acara perkawinan. 
5. Buah 
Buah pepaya memiliki manfaat dan khasiat sebagai pensuplai nutrisi atau gizi khususnya vitamin A dan C. 
Buah pepaya yang masih muda dapat dijadikan rujak dan bahan makanan. 
Buah pepaya yang setengah masak dapat diolah menjadi manisan basah atau manisan kering. 
Buah pepaya yang matang dapat dijadikan pasta, juice pepaya, pure dan bahan pencampur saust tomat. 
6. Biji 
Biji pepaya dapat diolah lebih lanjut menjadi minyak dan tepung. Minyak biji pepaya berwarna kuning dan mengandung asam oleat 71,60%, asam palmitat 15,13%, asam linoleat 7,68%, asam atrearat 3,60% dan asam-asam lemak lainnya dalam jumlah prosentase yang kecil. Asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan linoleat yang memiliki manfaat dan khasiat bagi manusia yang sedang diet. Setiap ton buah pepaya akan dihasilkan sekitar 580kg limbah dan 130kg minyak. 
Biji pepaya yang telah ditumbuk halus kemudian dicampur sedikit larutan cuka, berkhasiat untuk mengeluarkan keringat bagi penderita masuk angin. 
Biji pepaya memiliki manfaat atau khasiat sebagai obat cacingan.
7. Getah 
Getah pepaya yang sering disebut papain merupakan bahan yang mengandung enzim proteolitik. Papan ini memiliki manfaat dan khasiat dalam melunakan daging, menghaluskan kullit pada industri penyamakan kulit, bahan baku industri farmasi dan bahan kecantikan.   

Kandungan Buah Pepaya

Tidak hanya rasanya yang enak, juga memiliki kandungan yang tidak kalah dengan rasanya. Kandungan pepaya ini, juga sebagai bukti ilmiah akan manfaat buah pepaya yang dapat teman-teman jadikan bahan pertimbangan jika memang ingin mengkonsumsi buah pepaya. Beberapa kandungan vitamin dalam 100 g bagian pepaya yang dapat dimakan adalah 0,45 g vitamin A; 0,074 g vitamin C, sedangkan kandungan mineral dalam 100 g pepaya adalah 0,034 g kalsium; 0,011 g fosfor; 0,204 g kalium, dan 0,001 g zat besi. Pepaya juga mengandung 12,1 g karbohdirat; 86,6 g air; 0,5 protein; 0,3 g lemak; 0,7 g serat; 0,5 g abu. Nilai energinya adlaah 200 kj/100 g. Kandungan gula utama pepaya yakni 48,3% sukrosa, 21.9% fruktosa, dan 29,8% glukosa.

Baca Juga:

Manfaat Ceri: Si Kerdil Ceri Penangkal Penyakit Mematikan
Manfaat Daun Sukun: Daun Ajaib Melawan Kanker dan Menjaga Jantung
Manfaat Belimbing: Raih Vitamin C di Bintangnya Belimbing
Manfaat Kacang Panjang: Panjang Bentuknya, Panjang Manfaatnya

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Anda. Semoga teman-teman dapat menerima dan menambah pengetahuan anda, atau dapat teman-teman aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk menjaga dan menambah kesehatan teman-teman. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 
Hidayah A H. Pepaya dengan Berbagai Manfaatnya. Bayumas: bio unsoed. Diakses online file:///C:/Users/Cybercrime/Downloads/Documents  Pepaya%20dan%20Berbagai%20Manfaatnya-_2.pdf.
Sujiprihati S, dan Suketi K. 2009. Budi daya Pepaya Unggul. Diaseks di google book.
Nazia Asghar1, Syed Ali Raza Naqvi1*, Zaib Hussain2, Nasir Rasool1, Zulfiqar Ali Khan1, Sohail Anjum Shahzad3, Tauqir A. Sherazi3, Muhammad Ramzan Saeed Ashraf Janjua4, Saeed Ahmad Nagra2^, Muhammad Zia‑Ul‑Haq5 and Hawa Ze Jaafar6*. 2016. Compositional Difference in Antioxidant and Antibacterial Activity of All Parts of The Carica Papaya Using Different Solvents. Asghar et al. Chemistry Central Journal (2016) 10:5 DOI 10.1186/s13065-016-0149-0.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat dan Khasiat Pepaya Bagi Kesehatan Anda