Artikel Belajar dan Bermanfaat

21 Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan Anda

Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
Loading...
loading...

Tahukah anda dengan buah kersen?, Bagi anda yang tidak mengetahui, sungguh tidak bahagianya masa kecil anda. Kebanyakan dari masa kecil kita manfaatkan untuk memanjat-manjat pohon baik itu pohon mangga, kelapa hingga pohon kersen dengan batang yang cukup kecil, buah yang kecil, namun banyak dan nikmat, itulah keseruan semasa kita masih kecil atau masih suka memanjat pohon. Melihat informasi ini, admin harapkan untuk tidak mengulang masa kecil tersebut baik itu memanjat pohon, kenapa? karena anda telah dewasa dan mungkin saja, ada yang memanggil anda sebagai monyet atau apapun itu.

Baca Juga: 


Sedangkan bagi teman-teman yang masih belia atau masih belum malu dengan apapun itu, manfaatkanlah umur anda untuk menikmati masa kecil untuk bermain dibawah pohon rindang atau pohon kersen. Mengapa? selain sebagai tempat untuk bermain, untuk kesenangan anda dan teman-teman, juga buah kersen memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh anda, untuk kesehatan dan untuk pengobatan anda dalam menangkal berbagai penyakit.

Berbahagialah mereka yang memiliki kenangan atau yang sedang bermain dibawah pohon kersen atau memakan pohon kersen, karena manfaat dan khasiat buah kersen yang mungkin saja baru kali ini anda tahu, dapat menyembuhkan dan menangkal tumor dan berbagai penyakit lainnya. Tidak hanya itu, ternyata kersen memiliki manfaat tidak hanya buahnya, melainkan juga daunnya. Namun, sudihkah anda untuk memakan daun kersen?. Tentu tidak. Ada tata cara yang diperlukan dalam mengkonsumsi atau untuk mendapatkan manfaat dan khasiat baik buah kersen maupun daun kersen.

Kersen

Kersen (Muntingia calabura), adalah tanaman jenis neotropik yaitu suatu jenis tanaman yang tumbuh baik di daerah tropis misalnya di Indonesia. Tanaman ini berasal dari Filipina yang masuk ke Indonesia pada akhir abad ke-19. Di Indonesia, pohon kersen sangat mudah tumbuh, walau tanpa penanaman khusus sekalipun. Hingga saat ini, pohon kersen hanya dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh di pinggir jalan karena daunnya yang rindang tanpa ada yang memanfaat tanaman kersen sebagai tanaman obat-obatan yang memiliki manfaat dan khasiatnya. Berdasarkan klasifikasi botani, kersen termasuk familia Elaeocarpaceae.

Baca Juga:

Manfaat dan Khasiat Bunga Mawar: Cantik di Luar, Cantik di Dalam
Manfaat Bawang Dayak: Umbi Ajaib Penakluk Kanker & Diabetes Militus
Manfaat Daun Sendok: Daun Ajaib Antibakteri dan Antiperadangan
Manfaat Buah Delima: Buah Cantik. Sejuta Manfaat Bagi Tubuh Anda

Kersen adalah pohon yang selalu hijau (evergreen) dengan tinggi pohon dari 3 hingga mencapai 12 meter. Tanaman kersen tumbuh dan berbuah sepanjang tahun pada ranting-ranting yang mirip kipas. Percabangannya mendatar, menggantung ke arah ujung, berbulu halus. Daunnya tunggal, berbentuk bulat telur sampai berbentuk lanset dengan panjang 4 – 14 cm dan lebar 1 – 4 cm dengan pangkal lembaran daun yang nyata tidak simetris, tepi daun bergerigi, lembaran daun sebelah bawah berbulu kelabu.

Tanaman kersen mulai berbunga di umur dua tahun, bunga-bunga tumbuh 1 – 5 kuntum, terletak pada satu kuntum pada satu berkas yang letaknya supra-aksilar dari daun, bersifat biseksual. Mahkota bunga berbilangan lima dan berwarna putih, dalam satu berkas jumlah benang sarinya meningkat dari 10 – 25 helai pada bunga yang muncul pertama menjadi lebih dari 100 helai pada bunga yang muncul terakhir. Bunga mekar ketika menjelang fajar dan hanya berlangsung satu hari.

Buah kersen bertipe buni, mempunyai rasa manis dan flavor yang khas. Pada umumnya anak-anak suka makan buah kersen tersebut, sambil bermain memanjat pohon tersebut, karena memang rasanya enak. Seperti halnya buah-buahan yang lain, sebenarnya buah kersen memungkinkan untuk dibuat berbagai produk olahan. Misalnya dibuat manisan, jam atau jelli untuk olesan roti, dodol buah kersen ataupun minuman cider. Namun, sampai saat belum ada yang memanfaatkannya menjadi produk pangan, apalagi membudidayakannya sebagai tanaman pangan. Memang belum banyak informasi tentang pengolahan buah kersen, sehingga tidak terpikirkan oleh masyarakat untuk membuat produk olahan dari buah kersen tersebut.

Baca Juga:

Manfaat dan Khasiat Bunga Mawar: Cantik di Luar, Cantik di Dalam
Manfaat Bawang Dayak: Umbi Ajaib Penakluk Kanker & Diabetes Militus
Manfaat Daun Sendok: Daun Ajaib Antibakteri dan Antiperadangan
Manfaat Buah Delima: Buah Cantik. Sejuta Manfaat Bagi Tubuh Anda

Khasiat daun kersen secara tradisional dipercaya memiliki manfaat dan khasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan atau menyembuhkan penyakit. Kersen yang mempunyai nama latin Mutingia calabura L merupakan pohon yang memiliki buah yang berukuran kecil dan berwarna merah cerah jika matang. Di Jakarta buha kersen umumnya disebut sebagai ceri. Sedangkan untuk daerah Jawa ada yang menyebutnya buah keres.

Manfaat Daun Kersen

Selain buahnya yang memiliki manfaat bagi tubuh anda atau khasiat bagi kesehatan dan pengobatan kita, juga tak kalah hebatnya dengan daun kersen yang bermanfaat dan berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam penyakit sebagai berikut:
  1. Melindungi fungsi otot jantung. Melalui sebuah penelitian yang membuktikan manfaat dan khasiat daun kersen bahwa daun kersen dapat melindungi fungsi otot jantung, yaitu dengan cara minum rebusan daunnya secara teratur. 
  2. Khasiat daun kersen untuk diabetes. Daun kersen atau daun talok diyakini memiliki khasiat dan manfaat untuk menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. Hal itu karena daun ini mengandung senyawa kimia saponin dan flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam menyekresi hormone insulin yang bekerja untuk metabolisme gula. Tata cara dalam memanfaatkan atau khasiat yang dimiliki daun kersen adalah dengan menyediakan 100 gram daun kersen, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan satu liter air dan biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah dua kali sehari, yang masing-masing satu gelas.
  3. Antikolesterol. Daun kersen memiliki manfaat dan khasiat dalam mencegah atau mengobati kolesterol, dengan membuat ramuan seperti merebus segenggam daun kersen yang segar dengan 3 gelas air, biarkan sampai mendidih dan biarkan hingga airnya tersisa satu gelas. Lalu minum secara teratur tiga kali sehari. 
  4. Antiinflamasi. Manfaat dan khasiat daun kersen yang dapat menurunkan panas demam dan mngurangi peradangan atau yang biasa disebut sebagai antiinflamasi. 
  5. Antihipertensi. Manfaat dan khasiat daun kersen dalam mengatasi tekanan darah tinggi sangatlah mudah, dengan melakukan cara-cara dalam mengatatasi hipertensi yakni menggunakan daun kersen, cuci bersih, kemudian jemur hingga kering. Setelah kering, anda dapat memanfaatkan khasiat ramuan mencegah tekanan darah atau mengobati tekanan darah (hipertensi) dengan mengkonsumsi sebagai minum anda, dengan menyeduh dengna air panas, lalu aduk-aduk hingga airnya berubah kemerahan misalnya teh. Minumlah dua kali sehari masing-masing satu gelas. 
  6. Antiseptik. Daun kersen dapat anda manfaatkan sebagai antiseptic karena daun kersen mengandung senyawa tanin, saponin, dan flavonoid yang bermanfaat dan berkhasiat dalam mengatasi dan membunuh mikroba bakteri, misalnya S. Epidemidis, K. Rhizophil, S. Aureus, C. Diptheriae, dan P. Vulgaris. 

Manfaat Buah Kersen

Buah kersen memiliki banyak manfaat untuk tubuh diantaranya yaitu:
  1. Membantu membunuh mikroba berbahaya yang dapat anda manfaatkan dengan cara mengkonsumsi buah secara langsung atau meminum rebusan buah.
  2. Buah kersen bermanfaat dalam mencegah peradangan dan menurunkan demam karena buah ini memilikikandungan senyawa yang berfungsi sebagai anti inflamasi.
  3. Dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh karena memiliki senyawa anti tumor. 
  4. Mengobati asam urat dan menormalkan kembali asam urat tubuh dengan cara
  5. mengkonsumsi buah secara rutin setiap hari.
  6. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsinya secara rutin karena buah ini mengandung kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah.
  7. Menurunkan resiko terkena penyakit stroke. 
  8. Menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A dan betakaroten.
  9. Mencegah timbulnya penuaan dini karena kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk kesehatan kulit.
  10. Membantu menurunkan berat badan karena mengandung karbohidrat yang dapat untuk menahan lapar lebih lama dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin.
  11. Menghilangkan dan mencegah jerawat dengan mengoleskan buah yang telah dihaluskan ke kulit.
  12. Meredakan gejala flu
  13. Meredakan skait kepala
  14. Mencegah dan menyembuhkan batuk
  15. meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Kandungan Kersen

Menurut pada penelitian yang ditulis Julia F Morton di buku Fruits of Warm Climates (1987), terdapat 12 jenis senyawa dalam buah kersen. Kandungan dalam 100 gr buah kersen adalah air (77.8 gr), lemak (1,56 gr), protein (0.324gr) dan serat (4.6 gr). Vitamin B1 atau Tiamin (0.065 mgr), vitamin C sebagai antioksidan atau Ascorbic Acid (80.5 mg). Kandungan mineral dalam buah yaitu
kalsium (124.6 mgr), fosfor (84 mg), zat besi (1.18 mg). Kandungan zat lainnya adalah karotin (0.019 mg), niacin (0.554 mg) dan ribaflavin (0.037 mgr).

Baca Juga:

20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
13 Obat Batuk Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami
35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan 
Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat 
23 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Menurut Islam & Medis 

Kersen Kersen atau talok (kerukup siam di negara Malaysia) adalah nama sejenis pohon dan buahnya yang kecil dan manis, batang tegak dan bulat, daun tunggal (Warintek, 2011). Nutrisi tanaman kersen per 100 g adalah ai, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, karoten, vitamin B1, B2, B3 dan C. Kandungan senyawa aktif tanaman kersen adalah ester, alcohol, flavonoid, sesquiterpenoid dan derifat furan.

Manfaat tanaman kersen adalah sebagai obat batuk, obat sakit kepala, antiinflamasi, antioksidan, antikanker, antinosiseptik, antibakteri dan kardioprotektif (Lim, 2012). Secara kualitatif diketahui bahwa senyawa yang dominan dalam daun kersen adalah flavonoid yang menunjukkan aktivitas antioksidan (Zakaria et al, 2007).

Senyawa flavonoid diduga sangat bermanfaat dalam makanan karena berupa senyawa fenolik, senyawa ini yang bersifat antioksidan kuat. Flavonoid memiliki kemampuan untuk menghilangkan dan secara efektif ‘menyapu’ spesies pengoksida yang merusak (Heinrich M, 2009).

http://www.artikelsiana.com/

Kandungan dari Sumber Tabel: 

http://www.artikelsiana.com/

Diabetes dan Manfaat dan Khasiat Kersen

Manfaat dan khasiat buah kersen untuk mengobati dan mencegah diabetes dapat dirasakan atau anda ketahui dengan mengkonsumsi buah secara langsung atau meminum air rebusan dari daun kersen setiap harinya. Daun kersen memiliki kandungan zat yang bermanfaat dan berkhasiat dalam menurunkan kadar gula dalam tubuh penderita diabetes sebagaimana juga diterangkan diatas. Khasiat ini sudah dilakukan sejak lama dan peneliti menemukan senyawa kima golongan flavonoid dan saponin yang bekerja sebagai anti oksidan dan dapat menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan dalam metabolisme gula.

Buah dan daun kersen memiliki zat anti diabetes yang dapat membantu untuk mensekresi gula dalam metabolisme tubuh pada penderita diabetes. Caranya yaitu dengan menggunakan 50 hingga 100 gr daun kersen yang telah dicuci bersih. Rebus daun tersebut dengan 1 L air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari. Atau menggunakan ekstrak daun kering sebanyak 2-5 gr dan diseduh dengan 200 ml air.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai manfaat daun dan buah kersen. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan teman-teman akan buah-buahan yang dapat anda gunakan sebagai media pengobatan, dan menjaga kesehatan tubuh kita atau informasi ini anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari anda. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 

Hakim, RW, j500090018. 2012. Uji Efek Ekstrak Daun Kersen (Muntingia Calabura L) Terhadap Kadar Alanine Aminotransferase (ALT) Pada Tikus Yang DI Induksi Asetaminofen. Surakarta: Universitas Muhammadiyha Makassar.  
Andareto, O. 2015. Apotik Herbal di Sekitar Anda: Solusi Pengobatan 1001 Penyakit Secara ALami dan Sehat Tanpa Efek Samping. Jakarta: Pustaka Ilmu Semesta. hlm: 54-58. 
Rosandari Tri, dkk. 2013. VARIASI PENAMBAHAN GULA DAN LAMA INKUBASI PADA PROSES FERMENTASI CIDER KERSEN (Muntingia calabura L). Paper dalam Kopertis III dari Teknologi Industri Pertanian.  hlm: 1-2. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 21 Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan Anda