Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat dan Khasiat Blueberry: Mencegah Alzheimer, Kanker dan Mengobati Varises


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Buah yang kecil, manis, kecut dan berwarna ungu ini, ternyata memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan anda. Buah ini adalah Blueberry. Mungkin buah ini telah anda ketahui atau sebagian dari kita belum mengetahui buah ini. Buah yang sangat mirip dengan anggur, ceri dll, membuat kita susah untuk membedakan buah Blueberry. Blueberry walaupun memiliki bentuk yang kecil, namun manfaatnya tak sekecil yang kita duga.

Blueberry walaupun namanya tidak setenar dengan apel, anggur, dan strowberry atau jenis-jenis buah-buahan lainnya yang memiliki manfaat dan khasiat serta kandungan yang besar, namun Bluberry tidak kalah dengan buah yang anda atau kita ketahui saat ini. Bagi anda atau kita yang tidak percaya akan manfaat dan khasiat atau kandungan Blueberry mampu menandingi dan mengalahkan beberapa buah tenar atau familiar bagi anda simak baik-baik informasi ini..

Blueberry

Blueberry berasal dari Amerika Utara dan Eropa yang terdiri 50 spesies baik yang ditanaman maupun tumbuh liar di berbagai negara bagian di Amerika dan Kanada. Namun sekarang ini, Blueberry tersebar ke Asia dan Australia.

Baca Juga:


Varietas atau jenis-jenis Blueberry tidak hanya satu jenis saja seperti yang diterawang oleh mata kita bersama-sama. Namun, Blueberry memiliki beragam jenis antaralain Cranberry, dan beilberry. Purwarupa dari Blueberry memiliki kulit buahnya tipis atau semitransparan, berwarna gelap; dari biru merah tua sampai ungu kehitamanan, dengan permukaan berlapis bedak yang memiliki fungsi sebagai lapisan pelindung bagi Blueberry. 

Tidak hanya itu, Buah Blueberry berkumpul dalam tandan, bentuknya yang bulat hingga sampai oval yang berukuran juga bervariasi, mulai dari sebesar kacang polong hingga sebesar kelereng.  Memiliki biji kecil namun kaya vitamin C dan konon katanya Blueberry telah dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan berkhasiat pengobatan. 

Kandungan Nutrisi & Zat Berkhasiat Blueberry 

Blueberry merupakan buah berkandungan flavonoid tinggi, khususnya antosianin, yakni pigmen berwarna biru, ungu, dan merah yang memiliki manfaat dan khasiat antioksidan dan antiangiogenik. Antosianin memiliki manfaat dalam menstabilkan jaringan kolagen yang terdapat dalam kulit dan pembuluh darah vena yang membuktikan bahwa kandungan tersebut bermanfaat dan berkhasiat bagi anda dalam menyehatkan, kuat dan melenturkan kulit anda.

Baca Juga:


Manfaat dan khasiat Blueberry, kaya akan sumber vitamin C, E dan riboflavin, mangan, serat larut dan tidak larut misalnya pektin dan tanin. Setiap 100 g blueberry mengandung 57 kalori; 0,7 g protein; 0,3 g lemak; 14,5 g karbohidrat; 2,4 serat; dan 9,9 gula alami yakni fruktosa dan glukosa. 

Manfaat dan Khasiat Blueberry

Sebagaimana diterangkan diatas bahwa Blueberry memiliki manfaat dan khasiat akan antioksidan, antibakteri, antiradang, dan antiangiogenik (menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru ke jaringan tumor sehingga pertumbuhan tumor berhenti karena berhentinya pasokan makanan), dan laksatif ringan. 

Kandungan antioksidan blueberry bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit alzheimer, penyakit mata yang bermanfaat dan berkhasiat dalam menerangkan penglihatan, mencegah katarak, glaukoma, diabetic retinopaty, dan melindungi mata terhadap degenerasi makula atau kerusakan jaringan mata), serta menghambat pertumbuhan kanker. 

Manfaat dan khasiat Blueberry juga dibuktikan dalam sebuah jelajah dalam penelitian yang berguna bagi anda dalam pengobatan gangguan sirkulasi darah misalnya varises, wasir (hermoroid), dan tukak lambung (ulkus peptikum). Pengobatan tradisional menggunakan Blueberry untuk pengobatan baik diare maupun sembelit. Blueberry juga menjaga kesehatan saluran kencing karena memiliki kandungan yang bermanfaat dan berkhasiat yakni dapat mengeliminasi infeksi E. Coli. 

Manfaat dan Khasiat Blueberry: Penelitian Berbicara Fakta

Berdasarkan hasil riset dari peneliti Universitass Tufts yang mengalisis kandungan antioksidan dari 60 buah dan sayuran. Ternyata, kandungan antioksidan Blueberry menduduki urutan teratas sehingga bagi anda yang mengetahui manfaat dan khasiat antioksidan bagi kesehatan atau dalam pengobatan dan juga seperti manfaat dan khasiat antioksidan diatas dari Blueberry anda dapat menyimpulkan tersendiri jika Blueberry menduduki urutan teratas. 

Baca Juga:

Manfaat Ceri: Si Kerdil Ceri Penangkal Penyakit Mematikan
Manfaat Daun Sukun: Daun Ajaib Melawan Kanker dan Menjaga Jantung
Manfaat Belimbing: Raih Vitamin C di Bintangnya Belimbing
Manfaat Kacang Panjang: Panjang Bentuknya, Panjang Manfaatnya

Penelitian terus berlanjut dengan sample binatang, penelitian membuktikan bahwa Blueberry yang diberikan kepada binatang memiliki manfaat dan khasiat dalam melindungi sel otak dari stres oksidatif yang bermanfaat dan berkhasiat dalam mengurangi kejadian penyakit yang berhubungan dengan usia, misalnya penyakit alzheimer. 

Pemberian blueberry pada tiku tuas (setara dengan pemberian 1 cangkir Blueberry pada manusia dewasa) membuktikan manfaat dan khasiat Blueberry memiliki manfaat dan khasiat dalam meningkatkan kapasitas belajar dan keterampilan motorik. 

Blueberry memiliki manfaat juga dalam memperbaiki kondisi sensitivitas terhadap cahay terang, retinopati diabetes, dan degenerasi makula yang dibuktikan dari penelitian klinis. Tidak hanya itu, antiosianin yang bermanfaat dan berkhasiat bagi tubuh anda, bagi kesehatan, dan bagi pengobatan anda mampu meningkatkan khasiat vitamin C yang bermanfaat dalam pembentukan kolagen di kulit dan pembuluh darah. 

Selanjutnya, Blueberry dapat mencegah infeksi saluran kemih dengan meningkatkan keasaman urin. Keadaan tersebut dapat membantu membunuh bakteri dan mencegah perkembangbiakan bakteri di dinding kandung kemih. Blueberry juga terdapat dalam Tahitian Noni Juice (TNJ) yang terdiri dari mengkudu, anggur merah, dan blueberry. 

Peringatan: 

Sekalipun Blueberry memiliki manfaat dan khasiat yang besar bagi tubuh anda dalam pengobatan, dan kesehatan, namun tetap saja Blueberry memiliki efek samping atau bagi anda yang penderita batu kalsium oksalat di ginjal atau penderita penyakit di ginjal untuk menghindari mengkonsumsi buah ini karena Blueberry mengandung sejumlah oksalat. 

Manfaat dan Khasiat Blueberry yang dominan 

  • Mencegah penyakit alzheimer 
  • Menghambat Kanker
  • Mengobati Varises 

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai manfaat dan khasiat Blueberry. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi misalnya menambah pengetahuan anda akan buah-buahan yang bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan dan penyembuhan penyakit, atau menggunakan Blueberry sebagai menu keseharian anda sebagai upaya dalam menerapkan ilmu berdasarkan dari Informasi ini. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 
Dalimartha S, dan Adrian F. 2013. Fakta Ilmiah Buah Sayur. Jakarta: Penebar plus+. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat dan Khasiat Blueberry: Mencegah Alzheimer, Kanker dan Mengobati Varises