Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat Daun dan Khasiat Pandan Wangi Bagi Kesehatan Anda

Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Tahukah anda dengan Daun Pandan?. semoga anda mengetahui daun ini. Daun yang biasa kita manfaatkan untuk membuat makanan ketupat ini ternyata memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh anda, dan kita semua. Biasanya kita banyak melihat daun ini pada saat hari raya ummat muslim atau idul fitri atau idul adha, bersama ayam dan makanan lain-lainnya. 

Baca Juga:


Dari hal tersebut, tentu teman-teman atau kita semua telah mengingat makanana ini dan daun pandan wangi ini. Semoga saja tidak membuat anda untuk merindukan ketupat pada saat hari raya tersebut, atau membuat anda tidak sabaran menanti hari raya idul fitry atau idul adha. Jika anda tidak sabaran menantinya, maka teman-teman sama dengan admin. 

Baiklah, kita kembali ke pembahasan manfaat daun dan khasiat pandan wangi bagi kesehatan kita. Tahukah anda, dari mana asal daun pandan tersebut?. Tentu sebagian dari kita mengatakan "tidak tahu, atau sudah dari sananya, atau maaf saya belum lahir".

Admin pun sama dengan teman-teman, baru mengetahui asal muasal daun pandan ini dan bagaimana sebenarnya daun pandan, serta manfaat daun pandan. Jelasnya untuk mengetahui siapa yang melahirkan daun pandan, dan apa manfaat dan khasiat daun pandan wangi dapat anda simak dibawah ini teman-teman... 

Daun Pandan Wangi

Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb). Pandan wangi tumbuh di daerah tropis dan banyak ditanam di halaman atau di kebun. Pandan kadang tumbuh liar di tepi sungai, tepi rawa, dan di tempat-tempat yang agak lembap, tumbuh subur dari daerah pantai sampai daerah dengan ketinggian 500 m dpl. Perdu tahunan, tinggi 1-2 m.

Batang bulat dengan bekas duduk daun, bercabang, menjalar, akar tunjang keluar di sekitar pangkal batang dan cabang. Daun tunggal, duduk, dengan pangkal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Helai daun berbentuk pita, tipis, licin, ujung runcing, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40-80 cm, lebar 3-5 cm, berduri tempel pada ibu tulang daun permukaan bawah bagian ujung-ujungnya, dan warnanya hijau.

Baca Juga: 

Kandungan Daun Pandan Wangi

Daun pandan rupanya juga tak hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk bahan makanan ataupun bahan kain namun juga dapat diolah sebagai salah satu hidangan minuman yang cukup menyegarkan dan menyehatkan. Bagi para ibu rumah tangga jelas sangat akrab dengan daun yang satu ini karena aroma dari daun pandan ini sangat menggairahkan dan meningkatkan nafsu untuk memakan makan tersebut.

Pandan Wangi atau yang dalam bahasa latin bernama Pandanus amaryllifolius Roxb merupakan salah satu tanaman yang biasanya tumbuh di sekeliling rumah atau dipagar-pagar dengan kondisi tanah yang lembab. Terlepas dari hal diatas ternyata daun pandan juga memiliki khasiat dan manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh kita. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan beberapa kandungan.

Pandan wangi juga dilaporkan memiliki aktivitas antidiabetik pada ekstrak air, antioksidan pada ekstrak air dan metanol, antikanker pada ekstrak etanol dan metanol, dan antibakteri pada ekstrak etanol dan etil asetat (Prameswari dan Widjanarko, 2014; Ghasemzadeh and Jaafar, 2013; Chong et al., 2012; Muhardi dkk., 2007). 

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan beberapa kandungan yang ada di daun pandan yang diunggah di situs wikipedia. Beberapa kandungan tersebut diantaranya senyawa alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Kandungan Daun Pandan sebagai berikut :

Alkaloida
Alkaloid adalah senyawa organik yang terdapat di alam bersifat basa atau alkali dan sifat basa ini disebabkan karena adanya atom N (Nitrogen) dalam molekul senyawa tersebut dalam struktur lingkar heterosiklik atau aromatis, dan dalam dosis kecil dapat memberikan efek farmakologis pada manusia dan hewan.

Saponin
Saponin merupakan senyawa dalam bentuk glikosida yang tersebar luas pada tumbuhan tingkat tinggi. Saponin membentuk larutan koloidal dalam air dan membentuk busa yang mantap jika dikocok dan tidak hilang dengan penambahan asam.

Flavonoida
Flavonoid adalah suatu kelompok senyawa fenol yang terbesar yang ditemukan di alam dan terkandung pada tumbuhan, baik di daun, batang, buah maupun bunga. SENYAWA FLAVONOID merupakan senyawa metabolit sekunder yang terdapat pada tanaman hijau, kecuali alga.

Tanin
Tanin secara umum didefinisikan sebagai senyawa polifenol yang memiliki beratmolekul cukup tinggi (lebih dari 1000) dan dapat membentuk kompleks denganprotein.

Baca Juga:

Polifenol (polyphenol) merupakan senyawa kimia yang terkandung di dalam tumbuhan dan bersifat antioksidan kuat. Polifenol adalah kelompok antioksidan yang secara alami ada di dalam sayuran (brokoli, kol, seledri), buah-buahan(apel, delima, melon, ceri, pir, dan stroberi), kacang-kacangan (walnut, kedelai, kacang tanah), minyak zaitun, dan minuman (seperti teh, kopi, cokelat dan anggur merah/red wine). Polifenol umumnya banyak terkandung dalam kulit buah, sehingga ada benarnya kalau kita dihimbau untuk mengkonsumsi apel dan bit beserta kulitnya.

Manfaat Daun dan Khasiat Pandan Wangi

Dari hal diatas nampak jelas bahwa memang benar jika daun pandan memiliki khasiat dan manfaat yang besar bagi kesehatan. Berikut beberapa Manfaat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan beserta cara menggunakannya :
  1. Obat alami penambah nafsu makan
  2. Untuk membuat obat herbal penambah nafsu makan, sediakan 2 lembar daun tanaman pandan kemudian rebus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas, tambahkan madu atau gula sebagai pemanis. Agar manfaat daun pandan diserap secara maksimal, minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.
  3. Menurunkan darah tinggi
  4. Khasiat daun pandan wangi untuk menurunkan darah tinggi bisa anda peroleh dengan membuat ramuan alami 2 lembar daun tumbuhan pandan yang direbus memakai 2 gelas air. Minum setiap pagi dan sore hari supaya darah tinggi anda kembali normal.
  5. Obat herbal rematik dan pegal linu
  6. Sediakan 3 lembar daun pandan wangi lalu iris tipis-tipis, seduh dengan 1/2 gelas minyak kelapa yang sudah dipanasi. Kemudian aduk sampai daun menjadi layu dan tunggu hingga dingin. Campurkan ramuan tadi dengan minyak kayu putih secukupnya lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena rematik atau pun pegal linu.
  7. Menenangkan rasa gelisah dan obat galau
  8. Manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk membuat ramuan tradisional penenang pikiran. Saat anda merasa gelisah, Siapkan 3 lembar daun ini kemudian cuci sampai bersih. Seduh dengan segelas air panas dan tambahkan 1 sendok teh madu manis, minum ramuan selagi hangat.
Demikianlah informasi mengenai Manfaat Daun dan Khasiat Pandan Wangi. Semoga teman-teman dapat menerima informasi ini dan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah pengetahuan kita terhadap berbagai tanaman yang kaya manfaat yang notabene berada di sekitar kita, atau dapat kita terapkan secara bersama-sama akan manfaat daun dan khasiat pandan wangi bagi tubuh kita, bagi pengobatan kita untuk menjaga kesehatan kita bersama-sama dari bahan yang sangat terjangkau dan terbilang biasa kita temukan di sekitar kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 
Nugraheni, D. 2012. Karya Tulis Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb), Lidah Buaya (Aloe barbadensis Milleer), dan Daun Mangkokan (Nothopanax scutellarium Merr) Sebagai Minyak Rambut Alami. Makalah: SMA Negeri 1 Kutowinagun. Online datasmaku.blogspot, co.id. Diakses Rabu, 5 April 2017 pukul 02:00. 
Mardiyaningsih A dan Aini R. 2014. PENGEMBANGAN POTENSI EKSTRAK DAUN PANDAN (Pandanus amaryllifolius Roxb) SEBAGAI AGEN ANTIBAKTERI. Yogyakarta: Jurnal Pharmaciana. Volume 4, No. 2.  
Sudianto, G. 2016. Manfaat Daun dan Khasiat Pandan Wangi. Blitar: BP4K  Blitar. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Daun dan Khasiat Pandan Wangi Bagi Kesehatan Anda