Artikel Belajar dan Bermanfaat

55+ Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Ampuh


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Anda pasti sudah tidak asing dengan teh. Teh adalah tanaman yang umumnya tumbuh di daerah dengan suhu dingin. Di jawa penghasil teh yang utama adalah daerah wonosobo karena daerah tersebut memang dingin dan cocok untuk tanaman teh. Berbicara mengenai teh sebenarnya ada banyak sekali jenis teh. Dari teh hijau, teh hitam, teh putih dll. Dari sekian banyak jenis teh tersebut yang paling familiar adalah teh hitam dan teh hijau. Teh hitam adalah teh yang memiliki ciri warna hitam pada saat kita menyeduhnya. Begitu pula teh hijau yang memiliki warna agak kehijauan pada saat kita seduh. Sekarang ini banyak orang yang lebih suka mengkonsumsi teh hijau. Itu karena manfaat teh hijau sangatlah banyak, baik manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Sekarang ini juga kita dengan mudah bisa menemukan teh hijau di pasaran, baik yang memiliki harga mahal atau biasa dianggap teh hijau premium atau yang memiliki harga murah. Baik yang memiliki harga mahal ataupun murah sebenarnya manfaatnya sama. Tetapi kadang memang citarasa yang dimiliki teh hijau berbeda beda jadi anda bisa menyesuaikan dengan selera anda. Dari pada berlama lama lebih baik akan segera saya jabarkan manfaat teh hijau untuk kesehatan dan juga kecantikan.
Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan
       Mencegah penuaan dini
Penuaan dini adalah hal sulit untuk kita hindari. Itu karena hukum alam, semakin berumur orang maka akan semakin terlihat tua. Tetapi jika penuaan terjadi tidak pada masanya itu adalah hal yang kurang menyenangkan. Anda pasti tidak mau usia masih muda tapi sudah dianggap tua. Sekarang ini banyak sekali obat obatan yang bisa digunakan untuk mengatasi penuaan dini. Tetapi anda harus waspada karena tidak semua obat obatan yang ada di pasaran aman untuk anda konsumsi. Ada banyak sekali obat yang tidak lulus BPOM. Lebih baik anda menggunakan bahan alami yang pasti aman.
Teh hijau mengandung zat yang bernama klorofil. Zat yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi penuaan dini. Sebuah penelitian yang dilakukan menyebutkan jika zat yang ada pada teh hijau bisa menghilangkan garis halus pada wajah dan sangat efektif mengatasi penuaan pada usia 20 sampai 35 tahun. Jadi jika anda merasa mengalami penuaan dini jangan lupa untuk rajin mengkonsumsi teh hijau yang sudah pasti sehat.
       Mengeluarkan racun dalam tubuh
Manfaat teh hijau selanjutnya adalah mengeluarkan racun pada tubuh anda. Jika ada orang yang mudah sakit ataupun sering terkena penyakit parah maka biasanya didalam tubuhnya terdapat racun. Racun tubuh itu berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kadang seseorang tidak sadar jika racun dalam tubuhnya sangat banyak dan baru sadar apabila sudah terkena penyakit yang kronis.
Dengan mengkonsumsi teh hijau maka racun yang ada pada tubuh anda akan hilang. Hilangnya racun akan bersama dengan keluarnya keringat dan juga urin. Pada teh hijau terdapat zat yang bernama tanin dan antioksidan. Kedua zat tersebut akan bersatu untuk mengeluarkan racun tubuh yang berbahaya secara aman.
       Mengurangi kadar gula
Kita semua pasti sadar jika diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya. Memang penyakit ini diakibatkan oleh pola hidup kita yang buruk. Konsumsi gula yang berlebihan adalah pemicu utama penyakit ini jadi bagi yang merasa mengkonsumsi gula berlebih maka mulai sekarang pantau kesehatan anda.
Penyakit diabetes sebenarnya adalah sumber dari berbagai macam penyakit lain jadi anda harus segera mengobatinya. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Pada teh hijau terdapat zat alkaloid. Zat ini bersifat antidiabetes dan bisa membuat kadar gula pada darah turun dalam waktu yang cepat. Sangat disarankan jika penderita diabetes mengkonsumsi teh hijau secara rutin setiap hari.
       Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat teh hijau lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Apabila anda mudah sakit dan juga lelah itu adalah sebuah tanda jika kekebalan tubuh anda tidak baik. Kekebalan tubuh seseorang adalah faktor yang sangat penting dan wajib ditingkatkan. Semakin baik kekebalan tubuh seseorang maka akan membuat berbagai macam penyakit baik yang sepele ataupun kronis tidak akan mendekat.
Untuk bisa memiliki kekebalan tubuh yang baik seseorang harus bisa menjalankan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Pada teh hijau terdapat polifenol dan natrium yang sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda. Tetapi hal yang wajib anda perhatikan adalah pada saat mengkonsumsi teh hijau jangan pernah dikasih gula. Itu karena jika diberi gula maka akan membuat manfaat teh hijau tidak akan maksimal.

       Mengobati eksim
Manfaat teh hijau untuk mengobati eksim memang sudah menjadi rahasia umum. Itu karena cara ini sudah digunakan sejak lama. Kandungan klorofil serta flavonoid yang ada pada teh hijau memang sangat ampuh untuk mengobati eksim. Anda cukup memberikan olesan teh hijau pada bagian tubuh yang terkena eksim. Lakukan secara rutin pagi dan sore, dalam beberapa hari akan terlihat eksim mulai sembuh dan terkelupas.
Selain bisa mengobati eksim, teh hijau juga bisa untuk mempercepat penyembuhan luka. Itu karena pada teh hijau terdapat kandungan protein yang bisa mengatasi pembengkakan. Cara kerja zat tersebut sangat unik yaitu dengan memperbaiki sel yang rusak dan membentuk sel baru agar luka dapat sembuh dan tidak ada bekas luka yang nampak.
       Baik untuk kesehatan tulang
Tulang adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital. Tulang harus mendapatkan nutrisi yang pas agar bisa tetap sehat dan maksimal. Banyak orang yang sudah tua mudah menderita penyakit tulang, itu karena pada saat muda mereka tidak menjaga tulang dengan baik. Padahal untuk menjaga tulang sangat mudah yaitu dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya.
Salah satu kebutuhan nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tulang adalah kalsium. Kalsium akan membuat tulang bisa berkembang dan bisa meregenerasi sel tulang. Dengan pertumbuhan sel tulang yang baik maka tulang akan sehat. Teh hijau memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi. Sebuah fakta unik menyebutkan jika orang yang rajin mengkonsumsi teh hijauakan memiliki tulang yang lebih sehat.
       Mengobati alergi kulit
Banyak orang yang memiliki alergi bawaan. Tetapi sebenarnya untuk bisa menghindari alergi sangat mudah. Yaitu dengan menjauhi penyebab alergi. Misal ada seseorang yang alergi makan udang lebih baik orang tersebut tidak mengkonsumsi udang agar tidak muncul alergi. Ada banyak sekali jenis alergi dan umumnya adalah alergi yang muncul pada kulit. Salah satu tanda alergi adalah gatal dan juga bentol bentol.
Cara alami untuk mengatasi alergi adalah dengan menggunakan teh hijau.Manfaat teh hijau untuk mengatasi alergi memang sudah nyata. Teh hijau mengandung zat yang bisa membuat peradangan pada alergi cepat teratasi. Jika orang yang terkena alergi sampai peradangan parah maka akibatnya bisa sangat fatal. Jadi lebih baik apabila keluarga anda ada yang terkena alergi segera diberi teh hijau.
       Mengobati demam tinggi
Kandungan teh hijau diataranya adalah polifenol, magnesium dan juga alkaloid. Ketiga zat tersebut memang terbukti ampuh untuk mengobati demam tinggi. Umumnya demam tinggi disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam menerima kondisi cuaca yang berubah dalam waktu singkat. Apabila orang mengalami perubahan tubuh yang ekstrim misal karena kehujanan atau karena efek lain maka akan membuat suhu tubuhnya menjadi meningkat.
Suhu tubuh yang tinggi tersebut akan membuat anda tidak bisa beraktifitas dengan nyaman. Bahkan tidak sedikit orang yang sampai pingsan karena panas tubuh yang berlebihan. Pada anak anak demam tinggi juga bisa memicu kejang. Apabila anda menderita demam tinggi maka anda bisa mengkonsumsi teh hijau panas. Kandungan zat teh hijau sangat sesuai untuk anda yang tidak ingin mengkonsumsi obat berlebihan saat sakit.
       Mengatasi tekanan darah tinggi
Anda harus memahami jika darah tinggi adalah salah satu penyakit yang bisa memicu penyakit lain. Darah tinggi merupakan pemicu penyakit stroke jadi anda harus sangat waspada dengan penyakit ini. Ada banyak sekali pemicu darah tinggi dan umumnya dikarenakan pola hidup yang buruk serta malas olahraga. Padahal selain darah tinggi hampir semua jenis penyakit disebabkan oleh pola hidup yang buruk. Jadi mulai sekarang mulai hidup sehat dan rajin olahraga.
Teh hijau memiliki kandungan kalium, kafein dan juga seng. Ketiga zat tersebut bisa membuat tekanan darah menjadi normal dalam tempo yang cepat. Apabila anda merasa tekanan darah naik lebih baik segera menyiapkan teh hijau pahit dan meminumnya agar tekanan darah dapat turun dengan cepat.
       Menurunkan gejala penyakit jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari jepang menyebutkan jika teh hijau memiliki zat polifenol, klorofil dan juga mineral yang bisa membuat kesehatan jantung semakin baik. Apabila kesehatan jantung seseorang terjaga maka pastinya akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.
Penyakit jantung kronis bisa membuat seseorang meninggal secara tiba tiba. Salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia adalah jantung. Jadi apabila anda memiliki tanda tanda gejala penyakit jantung maka anda harus langsung memeriksakan kondisi jantung anda. Dan salah satu untuk bisa menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi teh secara rutin setiap hari. Jadi apabila anda ingin merasakan manfaat teh hijau untuk jantung maka jangan lupa untuk mengkonsumsi teh hijau setiap hari.
Manfaat Teh hijau untuk kecantikan
       Mencerahkan wajah
Wajah yang mulus dan cerah adalah impian semua orang, banyak orang yang merasa tidak percaya diri karena memiliki wajah yang kusam dan tidak mulus. Sekarang ini ada banyak sekali di pasaran muncul berbagai macam obat yang bisa membuat wajah semakin cerah. Itu karena sebagian besar obat pemutih dan pencerah wajah yang ada di pasaran mengandung zat mercuri yang sangat berbahaya.
Apabila anda mau cara yang aman dan murah lebih baik anda menggunakan teh hijau. Zat klorofil pada teh hijau terbukti ampuh bisa mencerahkan wajah. Selain itu sel kulit mati yang ada pada wajah bisa terangkat dengan sempurna. Selain bisa membuat wajah semakin cerah, teh hijau juga bisa membuat jerawat hilang. Caranya cukup mudah. Anda cukup merebus air teh hijau dan biarkan selama 4 jam. Setelah itu gunakan untuk mencuci muka. Akan lebih baik jika anda mencuci muka dengan menggunakan teh hijau pada saat pagi hari setelah bangun tidur.
       Menghilangkan mata panda
Apabila anda memiliki guratan warna hitam pada sekitar kantung mata itulah yang disebut mata panda. Mata panda umumnya disebabkan karena banyak hal. Seperti kurang tidur atau karena kurangnya nutrisi yang ada. Mata panda akan sangat menganggu penampilan anda. Apalagi bagi anda yang merasa penampilan itu hal yang utama.
Manfaat teh hijau untuk mengatasi mata panda sudah teruji. Itu karena teh hijau bisa mengangkat sel kulit yang hitam di sekitar mata. Dengan terangkatnya sel kulit mati tersebut maka akan membuat mata panda menjadi hilang. Caranya adalah dengan menggunakan teh hijau yang celup. Teh hijau yang telah anda kasih air cukup anda gunakan sebagai masker mata. Apabila anda melakukan cara ini secara rutin maka akan membuat mata panda hilang dengan cepat dan aman untuk kesehatan mata anda.
       Melebatkan rambut
Jika anda memiliki rambut tidak lebat maka anda bisa menggunakan teh hijau sebagai solusi. Itu karena teh hijau memiliki nutrisi yang baik dan mudah diserap oleh rambut. Selain bisa membuat rambut menjadi lebat juga bisa membuat rambut menjadi lebih hitam. Cara yang satu ini lebih aman dan nyaman dari pada anda membeli obat pelebat rambut yang mahal dan belum tentu aman.
Cara menggunakan teh hijau untuk melebatkan rambut sangat mudah. Anda cukup merebus teh hijau dan menggunakan air rebusan tersebut untuk keramas. Dalam 1 bulan jika anda melakukan ritual ini secara rutin kami yakin rambut anda akan semakin lebat dan indah.
       Menghaluskan telapak tangan
Ketika anda sedang berjabat tangan pastinya akan merasa tidak nyaman jika tangan terasa kasar. Ada banyak hal yang bisa membuat tangan menjadi kasar. Umumnya tangan kasar diakibatkan karena pekerjaan kasar seperti mencuci dan juga bisa dikarenakan kurangnya nutrisi pada kulit tangan.
Apabila anda mau membuat telapak tangan menjadi lebih halus maka anda bisa menggunakan teh hijau untuk mencuci tangan. Ambil sedikit teh hijau yang lembut (sangat disarankan untuk menggunakan teh hijau celup dan lepas bungkusnya) gunakan untuk mencuci tangan secara rutin.
Dari semua penjelasan yang ada diatas pastinya anda semakin mengerti banyaknya manfaat yang dimiliki oleh teh hijau. Mulai sekarang jangan ragu untuk rajin mengkonsumsi teh hijau karena teh hijau adalah salah satu obat herbal yang aman. Selain mengkonsumsi teh hijau kita juga harus menjalankan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat akan membuat kita semakin sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Hindari konsumsi makanan yang bisa memicu penyakit seperti makanan yang mengandung kolestrol tinggi. Olahraga juga kita harus lakukan dengan rutin. Dengan olahraga secara rutin maka akan membuat semua organ tubuh kita semakin sehat. Olahraga bisa membuat lemak pemicu berbagai macam penyakit akan hilang. Jenis olahraga yang anda lakukan cukup olahraga yang sederhana tapi sehat seperti senam atau joging. Semoga artikel mengenai manfaat teh hijauyang satu ini bisa memberi banyak manfaat untuk anda. Salam sehat.
Deskripsi: manfaat teh hijau sangat banyak baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Salah satu manfaat nyata teh hijau untuk kesehatan adalah mengatasi darah tinggi.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 55+ Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Ampuh