Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 28 March 2017

Manfaat dan Khasiat Mentimun Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda

Tahukah anda dengan mentimun?.. Buah yang satu ini, tentu kerak kali tersedia dalam campuran menu makanan anda. Namun, tahukah anda dengan manfaat dan khasiat mentimun itu?. Tentu sebagian dari kita kurang mengetahui manfaat dan khasiat mentimun apalagi manfaat mentimun dalam penyembuhan berbagai penyakit yang membuat kita untuk tidak menyangka dan tidak menyangkal manfaat dan khasiat mentimun yang dapat dibuktikan melalui kandungan mentimun.

Walaupun manfaat dan khasiat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan, masih banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui dan ingin merasa tahu untuk menambah pengetahuan mengenai buah-buahan yang dapat digunakan sebagai media pengobatan untuk anda, yang segala informasi ini, umumnya ditujukan kepada anda, dan kita semua.

Mungkin teman-teman yang menyempatkan waktu untuk melihat artikel ini untuk menyimak baik-baik manfaat apa yang diberikan mentimun bagi kesehatan dan kecantikan anda yang selama ini tidak diketahui, yang selama ini hanya di konsumsi dan yang selami ini hanyalah sebuah makanan tanpa manfaat. Inilah manfaat mentimun sebagai berikut... 

Baca Juga:

Khasiat dan Manfaat Cengkeh: Rempah Ajaib si Antibiotik Alami
9+ Makanan untuk Menurunkan Panas Anak secara Alami dan Ampu

Mentimun

Mentimun (Cucumis sativusL) sebagai tanaman semusim (setelah berbunga dan berbuah tanaman mati), sifat menjalar atau memanjat, perantaraan alat pemegang berbentuk pilin atau spiral dan Habitus herba lemah melata atau setengah merambat.

Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, umumnya di usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik. 

Baca Juga:

Manfaat Brotowali: Batang Ajaib Pelindung Hati dan Antikmiroba
Ikan Tuna: Khasiat & Manfaat Terbesar Ikan Tuna Bagi Kesehatan Anda

Buah timun berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo, tumbuh bergantung, mempunyai panjang 10-20 cm, berbiji banyak dan mengandung air. Daging buahnya berwarna kuning pucat sampai jingga terang.

Daunnya bertangkai panjang, bentuknya lebar bertaju dengan pangkal berbentuk jantung, ujung runcing tepi bergerigi. Batangnya berbulu halus-halus. Bunganya berwarna kuning. Mentimun ada beberapa jenis, antara lain watang, turus, suri, dan krai. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam

Manfaat Mentimun

Mentimun ternyata bukan hanya untuk dimakan mentah sebagai lalap, rujak, atau diasinkan sebagai teman nasi. Buah hijau muda ini ternyata memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan, antara lain:
  1. Mentimun yang kaya serat berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun.
  2. Mentimun dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, memiliki khasiat meringankan penyakit hipertensi, terutama akibat hipersensitivitas terhadap natrium seperti garam dapur, petsin, atau soda kue.
  3. Mentimun dapat memperlancar buang air kecil sehingga dapat mengurangi beban kerja jantung dan menurunkan tekanan darah.
  4. Manfaat mentimun dalam menurunkan tekanan darah atau hipertensi hasil   penelitian   Fauziah   R.M.   dari Fakultas    Keperawatan    Universitas    Sumatera Utara, 2010  mengenai  pemanfaatan  mentimun terhadap    penurunan    tekanan    darah    yang dilakukan  selama  tujuh  hari  dengan frekuensi konsumsi    dua    kali    sehari    terhadap    pasien hipertensi rawat jalan, dilaporkan  bahwa terjadi penurunan tekanan darah setelah mengkonsumsi jus mentimun dengan menghentikan   konsumsi   obat   antihipertensi selama perlakuan. Sampel penderita hipertensi yang  memanfaatkan  mentimum  81  kali  lebih  besar   mengalami   penurunan  tekanan   darah  dibandingkan   dengan   responden   yang   yang tidak memanfaatkan mentimun (Erhadestria S dan Tjiptaningrum A, 2016: 3-4).
  5. Mentimun yang sifatnya dingin juga dapat dipakai untuk mengobati gigitan serangga, gatal-gatal karena tumbuhan dan memadamkan kulit yang terbakar matahari. Bagian tubuh yang tersiram air panas pun jika dibalut dengan parutan daging mentimun akan dengan cepat terobati.
  6. Biji mentimun mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati penyakit cacingan.
  7. Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan sebaliknya, rendah kalori, sehingga mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.
  8. Mentimun juga mengandung flavonoid dan polifenol sebagai antiradang serta mengandung asam malonat yang berfungsi menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak, yang baik untuk mengurangi berat badan.
  9. Mentimun juga mengandung kukurbitasin C, yang berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.
  10. Mentimun adalah bahan penyegar yang dingin, obat pembersih sekaligus pelembab bagi semua jenis kulit wajah. Irisan mentimun maupun sari mentimun dapat ditempelkan pada wajah secara rutin untuk menghambat hadirnya keriput dan membuat kulit makin lembut. Mentimun bermanfaat  untuk  menghaluskan  kulit  wajah,  menyegarkan kulit   dan   mengencangkan  kulit.  Tidak hanya itu,   mentimun   memiliki manfaat dan khasiat khasiat   untuk memutihkan  kulit,  sebagai  astringent, mengencangkan  pori,  pembersih  kulit, mengurangi noda pada kulit wajah, menghambat penuaan, menghilangkan keriput dan menambah kandungan air pada kulit dan baik untuk perawatan kulit sensitif. Mentimun mempunyai pH yang mirip dengan pH kulit sehat yaitu berkisar antara 4-6 (Surtiningsih, 2005).
  11. Mentimun terkenal efektif menghilangkan jerawat ringan. Tempelkan irisan mentimun di bagian wajah dan jerawat biasanya cepat sekali hilang.

Baca Juga:

 
Kandungan Buah Mentimun:
Mentimun dipercaya mengandung zat-zat saponin (mengeluarkan lendir), protein, lemak, kalsium, fosfor, belerang, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji buah mentimun mengandung banyak vitamin E yang dapat menghambat penuaan dan menghilangkan keriput. Selain itu, mentimun juga mengandung 0.65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2.2%.

Ketimun  diduga  memiliki  khasiat  untuk  beberapa  penyakit,  seperti  hipertensi,  sariawan,  batu  ginjal,  dan  penyejuk  kulit.  Sari  ketimun  banyak  dijumpai  dipasaran  dalam  bentuk  pembersih  dan  penyegar  kulit,  berguna  juga  sebagai  rejuvenator  sehingga  kita  tampak  lebih  segar  dan  lebih  muda. Ketimun  buah  yang  rendah  kalori,  kaya  akan  air,  dan  merupakan  sumber vitamin C dengan kandungan yang cukup tinggi, juga mengandung flavonoid.  Diketahui  bahwa  vitamin  C  dan  flavonoid  mempunyai  efek Antioksidan dengan memutus reaksi radikal bebas yang sangat reaktif yang cenderung  membentuk  radikal  baru  (Santoso, P dkk, 2005:1-2). 
Demikianlah informasi mengenai Manfaat Batang Serai. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua baik berupa menambah pengetahuan, bahan penelitian selanjutnya atau sebagai rujukan penelitian anda, ataukah manfaat dan khasiat dapat kita aplikasikan atau jadikan sebagai Menu  dalam kehidupan kita sehari-hari. Sekian dan Terima Kasih.  Salam Berbagi Teman-Teman.
Referensi:
  • Utami, K. 2011. Sehat dan Segar dengan Mentimun (Cucumis sativus L). (Online) http:/ntb.litbang.pertanian.go.id/. Diakses 28 Maret 2017.
  • Santoso, P dkk. 2005. Pengaruh Ketimun (Cucumis Sativus) Sebagai Antioksidan Terhadap Perlindungan Keru-suhan Membran Sel Akibat Pemberian Asap Rokok. Jurnal Jurnal Penelitian Medika Eksakta. Vol. 6 No. 1. (Online) http:/www.journal.unair.ac.id/. Diakses 28 Maret 2017.
  • Erhadestria S dan Tjiptaningrum A. 2016. Manfaat Jus Mentimun (Cucumis sativus L.) sebagai Terapi untuk Hipertensi.Lampung: Jurnal Majority Majority Volume 5 No. 1. (Online) http:/jukeunila.com/. Diakses 28 Maret 2017.

Manfaat dan Khasiat Mentimun Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin