Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat & Khasiat Bunga Mawar: Cantik di Luar, Cantik di Dalam

Loading...
Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
loading...

Mawar tidak hanya cantik dan menawan, tetapi juga memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan anda. Manfaat dan khasiat mawar, semakin menyempurnakan rupa mawar yang hanya terkesan oleh sebagian orang sebagai tanaman hias dan hanya dikatakan cocok sebagai pajangan, atribut percantik rumah atau gedung, melainkan manfaat dan khasiat mawar kini dapat digunakan sebagai hal yang sangat penting bagi tubuh, kulit dan kesehatan anda. Sehingga, bagi teman-teman yang dulunya, masih menganggap mawar sebagai perhiasan tanpa guna, kini kami akan menginformasikan manfaat dan khasiat mawar bagi tubuh anda. 

Tentu, bagi kita semua tak asing lagi dengan bunga mawar ini. Biasanya di kalangan para remaja, dijadikan sebagai pemikat hati pasangannya, dan segala macamnya. Tapi, mungkin informasi ini akan mengubah paradigma atau pola pikir teman-teman untuk memikat hati teman-teman terhadap manfaat dan khasiat bunga mawar.

Tidak hanya itu, mawar juga dapat teman-teman manfaatkan di dapur anda. Secara sederhana, memiliki manfaat sebagai bumbu. Mungkin ini terkesan dongeng atau hal yang menyerupainya. Akan tetapi, sangat jelas dan fakta penelitian membuktikan bahwa mawar dapat anda manfaatkan dalam dapur anda.

Kami tidak mengharapkan teman-teman untuk mempercayai terlebih dahulu, atau mungkin setelah membaca infomasi ini anda tidak mempercayai informasi ini. Tapi, perlu kami tekankan kepada teman-teman mengenai manfaat dan khasiat bunga mawar untuk menyimak secara seksama dan sertakan komentar anda, jika memang informasi ini kurang menarik, kurang bermanfaat, kurang anda percayai, kurang anda mengerti. Begipun sebaliknya.

Baca Juga:

Manfaat Bawang Dayak: Umbi Ajaib Penakluk Kanker & Diabetes Militus
Manfaat Daun Sendok: Daun Ajaib Antibakteri dan Antiperadangan 

Manfaat Bunga Mawar dalam Sejarah

Mawar dikenal sebagai ratu bunga. Latar belakang sejarah (historis) menarik dicermati oleh kalangan masyarakat luas. Mawar tidak bisa dipisahkan dari tatanan kehidupan dan penghidupan manusia. Konon sejak zaman dahulu kala, bunga merupakan simbol atau lambang kehidupan religi dalam peradaban manusia.

Mawar diduga sama tuanya dengan perkembangan peradaban nenek moyang terdahulu. Di temukannya fosil bunga mawar yang berusia 40 juta tahun di Colorado dan Oregon Amerika Serikat (Rukmana, 1995:11). Popularitas mawar tidak pernah pudar sepanjang zaman cerita kharismatik tentang bunga mawar.

Menurut Rukmana (1995:11), mawar mempunyai nilai magis, yaitu sebagai tetesan darah Adonis seorang kekasih Dewi Venus yang mati dalam pertempuran. Konon versi cerita ini mengungkapkan sewaktu Adonis terbunuh darahnya menetes di tanah dan menjelma menjadi mawar.

Baca Juga:

Manfaat Buah Delima: Buah Cantik, Sejuta Manfaat Bagi Tubuh Anda 
Manfaat Buah Ceri: Si Kerdil Penangkal Penyakit Mematikan 

Manfaat dan Khasiat Bunga Mawar: Hey Cantik

Dibalik keelokan warna bunga mawar, ternyata mengandung khasiat sebagai obat alami. Bilamana teman-teman berjalan-jalan ke suatu daerah yang jauh dari Indonesia, mungkin saja teman-teman pernah kesana, dan jika belum semoga teman-teman dapat kesana secepatnya. Amin. Yah, daerah tersebut, Bangkok. Di Bangkok, teman-teman akan menjumpai makanan yang terbuat dari bunga mawar. Tak sedikit restoran di Bangkok yang menyuguhkan menu andalan dari bahan bunga-bunga apalagi bunga mawar, yang menjadi jargon banyak restoran disana.

Bunga mawar merah dan merah muda memiliki manfaat dan khasiat sebagai bunga potong, baik di perkantoran, hotel, maupun di rumah penduduk. Padahal jika telah berumur 3-4 hari, bunga tersebut akan layu dan kehilangan daya tarik sehingga harganya jatuh. Berdasarkan pendapat Saati (2001): bunga mawar yang telah layu masih mengandung pigmen antosianin. Lalu, tahukah manfaaat antosianin?

Antosianin sebagai salah satu zat pewarna alami berwarna kemerah-merahan. Larut dalam air dan tersebar luas di dunia tumbuh-tumbuhan. Banyak diisolasi, dimanfaatkan dalam beberapa bahan olahan, makanan maupun minuman (Tranggono, 1990). Kondisi asam antosianin, lebih stabil dibandingkan dengan pada kondisi basa atau netral. Dipengaruhi beberapa faktor antara lain pH, temperatur, oksigen, ion logam (Nollet, 1996). Antosianin juga tergolong senyawa flavonoid bermanfaat dan berkhasiat sebagai antioksidan alami (Madhavi, et al., 1996).

Antosianin, merupakan pigmen yang bermanfaat dan berkhasiat sebagai aktivitas antioksidan. Bermanfaat menghentikan reaksi radikal bebas dengan menyumbangkan hidrogen atau elektron pada radikal bebas dan menstabilkannya (Madhavi, et al., 1996). Menurut Francis (1985) dan Markakis (1982), mengapa dapat bermanfaat? karena terdapatnya 2 cincin benzena yang dihubungkan dengan 3 atom C dan dirapatkan oleh 1 atom O sehingga terbentuk cincin diantara 2 cincin benzena pada antosianin.

Baca Juga:

Manfaat Daun Sukun: Daun Ajaib Melawan Kanker dan Menjaga Jantung Sehat
Manfaat Daun Belimbing Raih Vitamin C di Bintangnya Belimbing

Mawar sangat aman anda konsumsi dan memiliki sejumlah khasiat. Mungkin bagi anda yang selalu berkunjung ke situs yang menginformasikan manfaat dan khasiat apa saja, teman-teman tidak asing lagi mendengar Minyak atsiri yang mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan anda, yakni geraniol dan limonene.

Tahukah teman-teman dengan kandungan ini?., Kedua kandungan tesebut, memiliki manfaat sebagau antiseptik, pembunuh jamur candida albican. Suatu jamur penyebab yang sering melanda perempuan yakni penyebab keputihan. Kandungan tersebut pada intinya dapat menambah daya tahan tubuh anda. Apalagi bagi perempuan.

Berdasarkan pendapat Yulianingsih, dkk (2006) yang dikutip oleh Ribkahwati, minyak atsiri mawar yang diekstrak dari bahan mahkota bunga berfungsi menjaga kelembaban kulit dan membantu menyamarkan kerutan pada kulit. Efek emosional minyak atsiri mawar adalah menenangkan, mengurangi depresi, stress, ketegangan, mengendorkan saraf dan membantu mengatasi masalah insomnia.

Minyak atsiri mawar juga bermanfaat sebagai antiseptik, adstringen, bakterisidal, diuretik, laksatif, dan sedatif. Penelitian yang dilakukan oleh Retani membuktikan bahwa minyak atsiri bunga mawar mempunyai daya hambat terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans. 1,2,3
 
Di sisi luar mawar, menapik sebuah keindahan warna yang sungguh mempesona. Begitu pula dengan harumnya aroma bunga mawar. Teman-teman tentu pernah menghirup aroma mawar, dan measakan nikmatnya. Apalagi bagi perempuan yang biasa menerima kadoh manis dan terindah dari pasangannya, di suguhkan bunga dan yang pasti pertama anda lakukan adalah menghirup aroma.

Perlu teman-teman ketahui, manfaat dan khasiat harum aroma bunga mawar digunakan sebagai aromaterapi yang bermanfaat dalam menenangkan, dan meningkatkan mood teman-teman. Jadi, jika pasangan teman-teman marah, berilah bunga mawar, maka semoga redahlah amarahnya sebelum negara api menyerang. Maksudnya, sebelum kata putus menghantarkan anda ke neraka. Maksudnya Jomblo.

Minyak esensial mawar (Rosa damascene Mill) memiliki bau yang agak menyengat, aroma segar, memiliki warna kuning hingga merah. Minyak dari tanaman mawar memiliki sifat antidepresan, antiseptik, adstringen, bakterisidal, diuretik, laksatif, dan sedatif. Minyak ini tidak mengiritasi kulit yang sensitif dan penguapannya dapat berfungsi sebagai relaksan. Penelitian Emerson (2004) membuktikan bahwa minyak esensial yang memiliki kandungan fenol, carvacrol, thymol, dan terpene tinggi dapat membunuh hampir semua mikroba, yang salah satunya adalah minyak esensial mawar (Rosa damascena Mill).4

Baca Juga:

Manfaat Kacang Panjang: Panjang Bentuknya, Panjang Manfaatnnya
Manfaat Makan Jengkol: Si Bau yang Kaya Manfaat

Manfaat dan Khasiat Bunga Mawar

http://www.artikelsiana.com/

Awalnya, bunga mawar dibawa bangsa Persia sekitar abad ke-10. Saat ini, beberapa besar air mawar dan minyak esensial mawar masih berasal dari daerah ini. Meskipun dibutuhkan banyak kelopak bunga mawar untuk membuat air mawar, namun banyak manfaat yang bisa didapat dari air bunga mawar. Selain indah dipandang, keharuman bunga mawar banyak disuka orang. Air bunga mawar juga memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat air bunga mawar:
1. Perawatan Kulit   
Air mawar dimanfaatkan untuk perawatan kulit karena aman dan cukup lembut untuk semua jenis kulit. Air mawar memiliki kinerja yang sangat baik pada kulit kering dan yang mengalami penuaan, maupun pada kulit yang berminyak dan rentan terhadap jerawat. Air mawar memiliki astringen yang memiliki khasiat dan manfaat seperti tonik yang bermanfaat dalam mengurangi kemerahan, dari dampak pembesaran kapiler darah.
2. Efek Menenangkan
Air mawar bagus jika ditambahkan ke dalam bak air panas untuk berendam dan relaksasi. Air mawar memiliki efek dalam menenangkan dan telah dimanfaatkan untuk mengobati stres, ketegangan saraf, psikosomatis seperti stres akibat tukak lambung, dan penyakit jantung.
3. Vitamin
Kelopak bunga mawar yang digunakan untuk membuat air mawar mengandung banyak vitamin, termasuk diantaranya adalah vitamin A, B3, C, D, dan E. Selain itu, falvonoid (antioksidan), tanin, dan zinc juga sering ditemukan dalam air mawar. Semua kandungan tersebut berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan kesehatan kulit secara keseluruhan.
4. Teh Herbal
Air mawar, sebagai teh herbal untuk terapi atau pengobatan stres perut serta infeksi kandung kemih. Teh herbal air mawar juga berfungsi sebagai minuman hangat yang memiliki efek menenangkan.
5. Perisa Makanan
Banyak makanan eksotis yang ditambahkan dengan sejumlah kecil air mawar untuk mendapatkan rasa yang unik dan menarik. Contoh makanan yang diberi air mawar diantaranya adalah kue Yunani, kari India, es krim, puding, Baklava, dan marzipan. Air mawar (rosewater) merupakan antiseptik yang bermanfaat untuk memelihara dan merawat kulit.


http://www.artikelsiana.com/

Manfaat Bunga Mawar ntuk Kulit Anda
Berikut adalah beberapa manfaat air mawar untuk kulit:
1. Anti penuaan
Air mawar membantu melawan tanda-tanda penuaan dan melindungi kulit dari keriput dan peradangan.
2. Menghaluskan kulit
Bahan pembersih alami dari air mawar menjadi komposisi yang ampuh untuk melawan jerawat.
Kandungan air mawar juga bisa mengencangkan dan mengurangi ukuran pori-pori, sehingga membuat kulit anda terlihat lebih muda dan halus.
3. Mencegah penyakit kulit
Air mawar membantu menjaga keseimbangan pH alami kulit sehingga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim.
4. Menyeimbangkan minyak kulit
Produksi sebum dapat diseimbangkan dengan menggunakan air mawar. Hal ini berlaku untuk orang dengan kulit berminyak maupun kulit kering.
5. Membersihkan kulit
Sifat antibakteri yang dikandung didalam air mawar, memiliki manfaat dan khasiat dalam membersihkan kulit secara menyeluruh namun tetap lembut. Air mawar yang lembut dapat mencegah kerusakan kulit saat membersihkan wajah setiap hari.

Baca Juga:

34 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Keccantikan Kulit Anda
21 Manfaat Yoghurt: Minuman untuk Kesehatan Anda. Lihat No. 20
 
Demikianlah informasi mengenai manfaat bunga mawar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berkhasiat bagi kita semua, dan informasi ini dapat menambah pengetahuan anda, serta dapat menjadi bahan pertimbangan dalam rutinitas dalam menambah referensi untuk menjaga kesehatan teman-teman sekarang ini, dan kedepannya.
Referensi:  

1. Mulyana Y, Warya S, Fika, Inayah. Efek aroma terapi minyak esensial mawar (Rosa Domacena Mill) terhadap jumlah bakteri udara ruangan berpendingin. J Medika Planta; 2011 Okt:1(4).
2. Ribkahwati, dkk. Profil minyak atsiri mahkota bunga mawar (Rosa hybrid L.) kultivar lokal. (Internet). Available from. www.researchgate.net/profile/hery_purnobasuki/publication/251237292_profil_minyak_atsiri_mahkota_bunga_mawar_(rosa_hybrida /file/60b7d51ef9e642e65e .pdf.
3. Retnani AD. Pengaruh minyak atsiri bunga mawar (rosa hybrida) terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans. (Internet). Available from. repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/17105/gdlhub- %20%2881%29xx_1.pdf?sequence=1.
4.Hariana A. Tumbuhan obat dan khasiatnya. Depok: Penebar Swadaya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat & Khasiat Bunga Mawar: Cantik di Luar, Cantik di Dalam