Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 14 March 2017

9+ Makanan untuk Menurunkan Panas Anak secara Alami dan Ampuh

Saat anak menderita sakit flu atau pilek biasanya si kecil mengalami demam atau panas. Saat demam, biasanya anak cenderung rewel dan membuat orang tua khawatir.

Banyak sekali obat yang bisa ditemukan di apotik yang menawarkan khasiat untuk menurunkan panas. Namun tidak semua anak mau untuk mengkonsumsi obat dengan alasan pahit.

Selain obat ternyata ada alternatif lain yang tidak banyak diketahui  orang tua dalam hal menurunkan panas pada anak secara alami,yaitu makanan.

Ada beberapa ajenis makanan yang mampu menurunkan demam atau panas pada tubuh si kecil secara alami. Makanan apa saja itu?

Berikut ini makanan untuk menurunkan panas pada anak secara alami :

1. Bubur
Makanan pengganti nasi ini memang biasa di konsumsi bagi mereka yang sedang sakit. Wajar sekali saat di rumah sakit, salah satu menu utama yang dihidangkan tidak lain yaitu bubur.

Bubur biasa dijadikan makanan pokok pengganti nasi karena tekstur dari bubur begitu halus sehingga mudah dicerna dan menghasilkan energi.

Dengan energi yang cukup, akan mempercepat proses penyembuhan . Dengan begitu suhu badan anak akan cepat turun dan berangsur sembuh.

2. Telur Rebus
Tidak semua anak mau mengkonsumsi bubur saat sakit. Gunakan telur rebus sebagai pengganti menu makanan untuk menurunkan panas pada anak.

Telur rebus selain mengandung protein yang tinggi, juga sebagai sumber energi  yang membuat tubuh tetap bertenaga.

Dengan begitu anak akan cepat sembuh. Tapi perlu diingat, pastikan anak Anda tidak alergi terhadap telur,karena beberapa orang mengalami alergi saat mengkonsumsi telur.

3. Yogurth
Olahan susu yang satu ini bisa dikonsumsi saat anak sedang mengalami demam agar suhu badan anak cepat turun dan stabil.

Bahkan kandungan prebiotik pada susu feremntasi ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Dengan mengkonsumsi yogurth, panas atau demam pada anak akan cepat sebuh bahkan mencegah anak terkena virus yang menyebabkan sakit pilek dan flu.

4. Sup Ayam
Saat mengalami flu atau demam, mengkonsumsi makanan yang berkuah dan hangat terasa begitu nikmat.

Sup ayam selain lezat, mengandung mineral, vitamin yang tinggi dan baik untuk mempercepat penyembuhan saat  mengalami flu.

Vitamin yang terkandung dari rempah, sayuran serta ayam pada sup membantu tubuh untuk melawan virus, bakteri dan infeksi.

Usahakan untuk menggunakan ayam tanpa lemak saat mengkonsumsi sup ayam, karena lemak pada ayam kurang baik untuk proses pencernaan.

5. Bawang Putih
Saat memberikan asupan berupa bubur atau sup ayam pada anak saat sedang demam, usahakan untuk menambahkan beberapa siung bawang putih.

Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat menagkal radikal bebas pada tubuh serta sebagai antibiotik alami pada tubuh yang dapat mencegah bakteri serta menyembuhkan penyakit.

6. Bayam
Jenis sayuran hijau yang satu ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat anak sedang mengalami demam atau panas.

Kandungan mineral serta vitaminnya yang tinggi seperti vitamin A, Vitamin B6 dan Vitamin C serta betakaroten, folat , niasin serta zat lainnya mampu menurunkan demam pada anak.

Bahkan bayam pun termasuk salah satu jenis sayuran yang mampu meningkatkan sistem imun si kecil.

Berikan sayur bayam saat anak sedang panas demam, usahakan untuk langsung dikonsumsi. Karena apabila di diamkan terlalu lama, sayur bayam justru akan menjadi racun yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.
7. Buncis
Selain bayam, buncis pun bisa dijadikan menu makanan untuk menurunkan panas demam pada anak.  Buncis mengandung serta,zat, mineral serta vitamin yang tinggi.

Kandungan vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C dan Vitamin K serta kandungan mineral seperti zat besi, mangan, kalium serta antioksidan nya mampu menurunkan demam pada anak dengan cepat.

8. Oat
Oat selain menjadi makanan pengganti bagi penderita jantung, makanan yang satu ini bisa dijadkan alternatif untuk menurunkan panas pada anak.

Kandungan protein, lemak, karbohidrat, serta serat pada oat menjadi sumber nutrisi yang mudah diserap oleh tubuh ketika sakit.

Kandungan mineral serta vitamin lainnya pada oat seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, natrium, folat, niacin, tiamin, Vitamin E dan K  mampu meningkatkan sel darah putih, melawan bakteri dan infeksi serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

9. Sayuran Kukus
Mengkonsumsi sayuran memang sangat dianjurkan karena kandungan vitamin dan mineralnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Sayuran yang diolah dengan cara di kukus merupakan salah satu makanan yang tepat untuk dikonsumsi bagi anak yang sedang mengalami demam atau panas karena kandungan vitaminnya yang masih utuh.

Beberapa jenis sayuran yang tepat untuk dikonsumsi yaitu jenis sayuran hijau seperti brokoli, buncis, kubis, bayam, sawi dll.

9+ Makanan untuk Menurunkan Panas Anak secara Alami dan Ampuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin