Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tips Diet Vegetarian untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Alami

Loading...
Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
loading...

Gemuk adalah sebuah kata yang enggan didengarkan oleh kebanyakan wanita. Karena kegemukan tidak hanya membuat penampilan kurang sedap dipandang bahkan yang lebih penting adalah kegemukan sangat buruk bagi kesehatan.

Tidak terkecuali pada ibu hamil, ketidak sedang melewati masa mengandung, kebanyakan para ibu-ibu hamil ngidam ingin makan ini itu. Tidak teraturnya pola makan dan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi, merupakan salah satu faktor penyebab kegemukan pada ibu hamil.

Diet vegetarian adalah cara yang baik untuk mencegah kegemukan pada wanita hamil. Diet yang baik adalah dimana asupan gizi yang masuk kedalam tubuh seimbang dan mengurangi bahan makanan dengan lemak hewani berlebih serta kolesterol yang tinggi.

Tips Diet Vegetarian untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Alami



Ibu hamil harus melatih diri untuk menghindari makanan instan seperti fast food, mie instan serta makanan kaleng walaupun kontennya buah maupun sayur, karena mengandung pengawet buatan bahkan lebih berbahaya lagi mengandung pewarna sintetis, selain itu juga makanan tersebut kurang fresh karena terlalu lama disimpan.

Pada saat mengandung, asupan gizi yang paling utama untuk ibu hamil yaitu kalsium. Dengan diet vegetarian, bagi Anda ibu hamil dapat mengkonsumsi tahu, susu kedelai, yogurt, brokoli, keju dan kacang-kacangan sebagai menu diet Anda. Karena didalam bahan makanan tersebut mengandung banyak kalsium yang berfungsi untuk pembentukan tulang pada calon bayi saat masih dalam kandungan.

Selain kalsium, asam folat juga merupakan kebutuhan gizi utama untk ibu hamil. Anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan, asparagus, kangkung, gandum, brokoli, bayam dan sereal yang mengandung banyak asam folat, asam folat berfungsi  untuk membentuk sistem saraf  pada janin Anda, mengurangi bahkan mampu mencegah resiko cacat pada bayi. Serta omega-3 yang membantu pembelahan sel dan perkembangan otak,  membantu produksi DNA serta membentuk sel darah merah.

Setelah kedua nutrisi diatas, masih banyak lagi asupan gizi yang paling utama untuk ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin B12, vitamin E, vitamin D, protein, zat besi dan zinc. Asupan gizi tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi vegetarian food seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau serta buah-buahan seperti apel, jeruk, jambu biji, tomat dan masih banyak lagi sesuai selera dan ketersediaan dipasaran.

Semua asupan gizi tersebut sangat diperlukan untuk perkembangan janin saat dalam kandungan. Bijak saat memilih bahan makanan karena pada era modern seperti sekarang banyak buah ataupun sayur menggunakan pestisida secara berlebihan dalam proses penanamannya, cuci dengan baik sebelum di konsumsi.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapat nutrisi yang seimbang selama kehamilan, perbanyak gerak dan menjaga stamina agar tidak terlalu lelah serta memelihara mood, jangan sampai terlalu strees ataupun terlalu takut menghadapi proses persalinan.

Jika Anda mempunyai kerabat atau keluarga yang sedang mengandung, bantu untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Diet Vegetarian untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Alami