Artikel Belajar dan Bermanfaat

[Ampuh] 55+ Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Minyak zaitun yang biasa disebut dengan olive oil di pasaran memang sekarang ini mulai banyak diminati. Sudah banyak orang yang menggunakan minyak ini untuk konsumsi setiap hari. Umumnya minyak ini gunakan untuk memasak dan juga dijadikan tambahan pada salad. Harga minyak zaitun memang lebih mahal dibandingkan dengan minyak goreng biasa. Itu karena minyak ini hampir sebagian besar adalah impor. Karena memang tanaman zaitun mungkin tidak bisa tumbuh dengan subur di tanah indonesia yang tropis. Tanaman zaitun merupakan tanaman yang tumbuh di daerah timur tengah. Selain timur tengah ada banyak sekali negara lain dengan tanah mirip timur tengah yang mulai membudidayakan zaitun. Di indonesia kemungkinan besar daerah yang cocok di tanami zaitun adalah daerah flores dan nusa tenggara yang memang memiliki tanah cenderung kering. Biasanya minyak zaitun dijual di swalayan dan sangat jarang sekali penjual di pasar tradisional yang menjual minyak zaitun. Hal tersebut dikarenakan peminat utama minyak zaitun sebagian besar adalah orang perkotaan. Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat, manfaat minyak zaitun sangat nyata untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca uraian berikut ini.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Mengurangi angka kematian

Sebuah fakta unik datang dari negeri di eropa. Sebuah negara yang bernama albania ternyata memiliki jumlah angka kematian paling sedikit di dunia. Setelah dilakukan berbagai macam penelitian, ternyata menguak fakta jika negara yang mayoritas muslim ini memiliki banyak sekali jenis makanan harian yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan. Kandungan minyak zaitun memang sangat kompleks jadi tidak salah jika minyak ini bisa membuat seseorang semakin sehat dan menjadikan sebuah negara minim kematian karena kandungan nutrisi tersebut.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Memelihara kesehatan jantung

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan jantung disebabkan adanya kandungan lemak tak jenuh pada minyak ini. Lemak tak jenuh memang sangat dibutuhkan oleh jantung dan bisa membuat kualitas jantung semakin baik. Manfaat utama dari lemak tak jenuh adalah untuk mengendalikan kolestrol yang ada pada tubuh. Kolestrol yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama gangguan jantung. Jadi bagi anda yang merasa memiliki masalah dengan kesehatan jantung sangat disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun. Minyak zaitun bisa anda gunakan sebagai penganti minyak goreng ketika memasak.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Mencegah kanker

Minyak zaitun adalah jenis minyak yang paling sehat di dunia. Itu karena kandungan lemak jenuh pada minyak zaitun ini sangat rendah dan bisa dikatakan sangat minimal. Selain itu ada kandungan zat lain yang ada pada minyak zaitun yaitu antioksidan. Adanya kandungan antioksidan yang ada pada minyak zaitun bisa membuat radikal bebas yang bisa memicu berbagai macam kanker hilang. Anti oksidan yang ada pada minyak zaitun sangat tinggi dan selain itu sangat ampuh untuk memperbaiki metabolisme tubuh seseorang.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Menurunkan kolestrol

Kolestrol jahat yang ada pada tubuh akan memicu berbagai macam penyakit lain yang sangat berbahaya. Kolestrol sangat erat kaitannya dengan stroke dan juga jantung koroner. Ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk menurunkan kolestrol. Salah satu yang paling umum adalah dengan mengkonsumsi obat penurun kolestrol. Cara ini memang sangat ampuh tetapi anda tidak bisa terus mengkonsumsi obat karena berbahaya bagi kesehatan jangka panjang. Lebih baik anda menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan zat yang bisa membuat kolestrol pada darah turun dengan signifikan. Selain mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin anda harus juga memadukannya dengan olahraga yang rutin minimal 2 hari sekali. Jenis olahraga yang anda lakukan tidak harus olahraga berat. Olahraga ringan di rumah seperti push up juga bisa membuat kolestrol pada darah menjadi hilang.

       Mengatasi hipertensi

Manfaat minyak zaitun sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Italia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Aldovaroro bersama timnya di universitas Napoli menyebutkan mengkonsumsi minyak zaitun ternyata ampuh untuk menurunkan tekanan darah minimal 7 poin. Penelitian ini dilakukan dengan memberdayakan sekitar 32 pasien. Hasil penelitian ini juga sudah dipublikasikan pada berbagai macam media. Bagi anda yang memang mengalami masalah hipertesi maka tidak ada salahnya menggunakan minyak zaitun sebagai terapi penyembuhan.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Minyak zaitun mirip dengan ASI

Kemiripan minyak zaitun dengan ASI adalah dari segi lemak yang dikandung. Dimana ASI dan minyak zaitun memiliki lemak dengan tipe tungal. Jenis lemak ini memang sangat sesuai dengan kebutuhan manusia karena tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Malah bisa membuat tubuh semakin sehat. Dengan alasan tersebut pula minyak zaitun aman jika digunakan untuk mengolah makanan untuk bayi.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Menyehatkan usus

Pada minyak zaitun terdapat zat yang bernama oleuropein aglycone. Zat yang satu ini sangat jarang ada dan sulit untuk anda dapatkan pada bahan makanan lain. Manfaat zat ini adalah menjaga suplai darah ke usus agar tetap stabil. Selain itu zat ini juga sangat ampuh untuk menjaga usus dari kerusakan serta mematikan bakteri jahat yang ada pada usus. Karena kompleksnya manfaat minyak zaitun untuk usus maka sebagian besar dokter di Eropa menyarankan orang yang mengalami masalah dengan usus untuk menganti minyaknya dengan minyak zaitun agar masalah kesehatan ususnya dapat diatasi.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah pemicu utama berbagai macam penyakit yang ada pada tubuh. Radikal bebas harus anda basmi. Tetapi cukup sulit untuk membasmi radikal bebas jika anda tidak menjalankan hidup sehat serta berolahraga. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan, zat yang satu ini akan mengikat radikal bebas dan mengeluarkannya dari tubuh. Jika tubuh anda sudah terbebas dari radikal bebas maka anda akan merasakan banyak sekali perubahan. Perubahan utama yang akan muncul adalah tubuh menjadi lebih terasa fit dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Mengurangi resiko terjadi penyumbatan darah

Penyumbatan darah yang terjadi akan memicu masalah dengan kesehatan jantung. Anda pastinya harus memahami jika tubuh harus mendapatkan pasokan darah yang cukup. Apabila pasokan darah kurang maka nutrisi yang didapatkan tubuh juga menjadi berkurang. Itu karena nutrisi pada tubuh disalurkan melalui darah. Selain memicu masalah tersebut penyumbatan darah juga akan membuat kerja jantung semakin keras. Adanya penyumbatan pada darah umumnya akan menjadikan jantung bekerja 2 kali lebih keras dan itu akan memicu masalah kesehatan jantung. Minyak zaitun bisa membuat penyumbatan darah menjadi hilang karena adanya kandungan zat memang sangat ampuh untuk mencegah terjadinya pembekuan darah yang bisa menyebabkan penyumbatan.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Mengobati maag

Penyakit maag adalah jenis penyakit yang bisa sering kambuh. Jika anda memang menderita penyakit ini maka anda harus waspada. Penyakit ini bisa kapan saja kambuh apalagi anda tidak memiliki jam makan yang teratur. Manfaat minyak zaitun untuk mengobati maag disebabkan adanya zat yang bisa membuat hormon pemicu maag menjadi hilang. Apabila maag kambuh sangat disarankan untuk mengkonsumsi minimal 1 sendok minyak zaitun agar maag dapat sembuh dan anda menjadi normal kembali.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Mengobati stroke

Stroke sekarang ini tidak hanya menyerang orang dengan usia lanjut. Anda yang masih muda juga rawan terkena penyakit ini. Stroke akan membuat sistem syaraf pada tubuh anda menjadi terganggu. Sebagian besar orang yang mengalami stroke akan lumpuh. Ada banyak sekali jenis terapi yang bisa anda gunakan untuk mengobati stroke. Tetapi biaya yang anda butuhkan cukup mahal. Mengkonsumsi minyak zaitun bisa membuat syaraf kembali bekerja dengan normal. Selain itu kandungan nutrisi yang ada pada minyak ini akan membuat kekebalan tubuh penderita semakin baik dan tidak mudah terserang komplikasi penyakit yang lain seperti penyakit jantung.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Mengobati nyeri

Sebagian besar orang tidak tahan dengan rasa nyeri. Itu karena rasa nyeri memang sangat menyiksa. Nyeri yang dimaksud adalah nyeri karena luka ataupun karena penyakit dalam. Kandungan oleokantal yang ada ada minyak zaitun bisa membuat rasa nyeri hilang dengan cepat. Rasa nyeri umumnya disebabkan karena adanya peradangan pada bagian tubuh misalnya karena luka. Luka pada tubuh akan memicu tubuh untuk melakukan tindakan natural yaitu mengobati dirinya sendiri. Pengobatan alami tersebut akan memicu peradangan yang bisa sangat menyakitkan, tergantung dari ukuran luka yang anda derita. Mengoleskan minyak zaitun pada luka akan membuat luka menjadi tidak terasa nyeri serta mempercepat proses pengeringan luka.
      

Manfaat Minyak Zaitun untuk 

Anti radang
Manfaat minyak zaitun untuk anti radang sudah banyak dibuktikan karena minyak ini memang memiliki kandungan zat anti radang. Hampir semua jenis radang bisa disembuhkan dengan menggunakan minyak ini seperti radang tenggorokan, radang tulang dna bahkan radang otak. Selain memiliki anti radang minyak zaitun juga memiliki zat anti bakteri dimana bisa membunuh bakteri berbahaya yang bisa memicu radang semakin parah.

       Manfaat Minyak Zaitun untuk Baik untuk kesehatan mata

Dengan mata yang sehat kita bisa semakin melihat indahnya dunia. Pada zaman mesir kuno ada sebuah ritual unik dimana seseorang membasuh matanya dengan minyak zaitun. Dengan cara ini dipercaya penglihatan seseorang akan menjadi lebih tajam saat perang. Para ksatria zaman mesir kuno menganggap ritual tersebut wajib dilakukan apabila akan perang. Sekarang ini terkuat jika ritual tersebut memang bisa membuat mata semakin sehat. Itu karena minyak zaitun memiliki zat yang bisa membuat mata semakin sehat. Minyak zaitun juga lebih encer jika anda bandingkan dengan jenis minyak lain. Tetapi anda tidak perlu membasuh mata anda dengan minyak karena itu bisa berbahaya jika tidak didampingi orang yang ahli. Anda cukup rajin mengkonsumsi minyak zaitun agar mata semakin sehat.
Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan
      Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghaluskan kulit
Kandungan nutrisi yang kompleks pada minyak zaitun dipercaya bisa membuat kulit semakin halus. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker kulit. Dengan cara ini kulit bisa secara cepat menyerang nutrisi yang ada pada minyak zaitun. Kelebihan utama menghaluskan kulit menggunakan minyak zaitun adalah dari segi keamanan. Dimana minyak zaitun sangat aman untuk kesehatan kulit anda. Apabila anda menggunakan bahan kimia yang memutihkan kulit pastinya akan sangat berbahaya dna bisa memicu iritasi pada kulit anda.
       Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan selulit
Setelah melahirkan biasanya wanita akan memiliki banyak sekali selulit dibadan. Walaupun kadang tidak terlihat tetapi sangat menganggu terutama dengan pasangan. Manfaat minyak zaitun untuk selulit memang nyata, itu karena minyak zaitun memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat sel kulit baru tumbuh dengan baik. Cara penggunaan minyak zaitun sangat mudah. Anda cukup mengolesi bagian tubuh yang memiliki selulit dengan menggunakan minyak zaitun. Dalam 2 minggu anda sudah melihat selulit mulai tersamarkan dengan baik.
       Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan noda hitam pada wajah
Noda hitam pada wajah umumnya disebabkan karena paparan sinar matahari secara langsung. Bagi anda yang memang bekerja dbawah sinar matahari langsung sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya. Karena selain bisa memicu noda hitam pada wajah, sinar matahari juga bisa memicu kanker kulit yang sangat mengerikan. Menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi noda hitam aplikasinya sangat mudah. Anda cukup menggunakan minyak zaitun sebagai olesan noda hitam. Lakukan secara rutin dan hasilnya akan terlihat.
       Manfaat Minyak Zaitun untuk Memanjangkan rambut
Sekarang ini sudah banyak sekali produk sampo yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utama. Itu karena minyak zaitun memang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Selain bisa membuat rambut semakin panjang, manfaat minyak zaitun yang lain adalah membuat rambut tidak kering. Bagi anda yang merasa memiliki keluhan rambut kering sangat disarankan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai bahan tambahan ketika anda keramas.
       Manfaat Minyak Zaitun untuk Memutihkan kuku
Kuku memang kadang diremehkan, karena orang menganggap jika kuku tidak membutuhkan perawatan khusus. Padahal kuku sama dengan bagian tubuh lain yang membutuhkan nutrisi yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik. Apabila anda merasa kuku kotor dan terlihat tidak bersih maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini akan mengangkat semua kotoran yang ada pada kuku dengan cepat.
       Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghaluskan telapak tangan
Telapak tangan yang halus juga menjadi sebuah nilai tambah bagi seorang wanita. Tidak bisa dibayangkan jika penampilan seseorang sangat anggun tetapi memiliki tangan yang kasar. Maka ketika berjabat tangan akan membuat rasa percaya diri semakin berkurang. Menggunakan minyak zaitun sebagai olesan tangan akan membuat kulit semakin lembut. Selain itu cara ini juga bisa membuat bakteri yang ada pada tangan menjadi mati.
manfaat minyak zaitun

Tidak ada alasan bagi anda sekarang ini untuk meremehkan minyak zaitun. Dari uraian diatas maka kita akan semakin mengerti manfaat minyak zaitun yang begitu nyata. Anda harus mengerti jika sekarang ini ada 3 jenis minyak zaitun yang ada di pasaran. Jenis yang pertama adalah extra virgin, jenis minyak zaitun yang satu ini adalah yang paling bagus bagi kesehatan dan kecantikan. Itu karena extra virgin adalah minyak zaitun yang paling alami. Jenis yang kedua adalah zaitun virgin, jenis yang kedua ini memiliki kadar keasaman yang lebih tinggi mencapai 3 persen. Jenis yang ketiga adalah zaitun fino. Jenis ini adalah campuran antara extra virgin dan juga zaitun virgin. Untuk pemilihan jenis minyak yang sesuai anda bisa sesuaikan juga dengan kebutuhan anda. Tetapi umumnya harga minyak extra virgin adalah yang paling mahal karena sangat asli dan tanpa campuran. Anda juga harus waspada jika membeli minyak zaitun di pasaran karena sekarang ini banyak sekali minyak zaitun palsu yang ada di pasaran.
Baca juga: 


Deskripsi: manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan memang sangat banyak dan sudah teruji secara klinis karena sudah dilakukan berbagai penelitian.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : [Ampuh] 55+ Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan