Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat Bawang Dayak: Umbi Ajaib Penakluk Kanker & Diabetes Militus

Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement
Loading...
loading...

Manfaat Bawang Dayak- Apakah anda tahu bawang dayak? bawang dayak yang memiliki manfaat dan khasiat yang cukup mempesona ini, apakah anda tahu? sayang sekali jika anda masih berpikir untuk mengingat bawang dayak ini, dan berkira-kira mengenai bawang dayak. Perlu kita ketahui, bahwa bawang dayak dengan kandungan memiliki khasiat dan manfaat yang cukup mampu menaklukkan apa yang kita hadapi saat ini, atau keluarga/teman disekitar anda yang sedang diderai oleh masalah-masalah penyakit atau yang mengganggu kesehatan tubuh anda atau mereka. 

Bawang dayak, terbilang cukup asing kita dengar dan dipublikasikan berbagai media massa dan situs-situs kesehatan dalam menguak manfaat dan khasiat bawang dayak. Tapi, tentu kita ketahui hanyalah kata "bawang", yang mana sering kita gunakan disaat kita ingin menambah cita rasa makanan kita. Akan tetapi, yang kita bahas saat ini, bukanlah bawang, bawang secara umum, melainkan bawang dayak secara khusus yang memunkinkan kita untuk memilih bawang yang bermanfaat bagi kesehatan kita bersama-sama. 

Pertanyaannya, siapasih yang tidak ingin sehat?, siapasih yang ingin hidup berkualitas?, dan siapsih yang ingin memanfaatkan hasil alam yang penuh dengan manfaat dan khasiat bagi tubuh kita?. Tentu pertanyaan ini, sangatlah konyol jika kita melontarkannya dan begitu pula ketika kita menjawabnya. Mengapa? karena kesehatan, dan hidup berkualitas tak perlu lagi kita pertanyakan, atau menimbang-nimbangnya. Jika itu baik maka kita gunakan, jika itu bermanfaat dan berkhasiat, maka kita gunakan. Akan tetapi, jika itu buruk maka hindari, dan jika itu tidak bermanfaat dan berkhasiat maka tinggalkan. Ini adalah sebuah hal yang wajar saja. Maka dari itu, bawang dayak sebagai tanaman memiliki manfaat dan khasiat tentulah dapat kita gunakan dalam keseharian kita. Sebelum itu, mari kita bersama-sama mengkaji kandungan bawang dayak. Apakah benar bawang dayak memiliki manfaat dan khasiat sebagaimana seharusnya?, apakah benar bawang dayak terbukti secara ilmiah dalam mengungkap manfaat dan khasiat bawang dayak?. Olehnya itu, persoalan demikian akan dibahas dibawah ini.....

Baca Juga:

Bawang Dayak 

Tanaman herba asal Borneo, bawang dayak merupakan salah satu tanaman herba yang dipercayai dapat mendatangkan manfaat dan khasiat bagi kesehatan kita. Bawang dayak dipercayai memiliki peranan sebagai antikanker, mencegah penyakit jantung, meningkatkan imunitas, antiperdarahan dan juga antiperadangan. 

Amerika Tropis, yah itulah bawang dayak berasal. Tak ayal, jika tanaman demikian disebut dengan bawang sabrang, dimana dalam mencapai berbagai daerah tertentu, tanaman herba harus menyeberang terlebih dahulu. Sementara itu, di Indonesia, tanaman herba ini lebih dikenal dengan nama bawang dayak dimana salah satu tanaman khas Kalimantan Tengah. Bahkan, bawang sabrang atau bawang dayak telah dikembangkan secara khusus di Kalimantan Tengah sebagai tanaman obat dalam menyembuhkan berbagai penyakit untuk hidup berkualitas bagi kesehatan kita. 

Bawang dayak merupakan tanaman yang berumput atau secara sederhana bergerombol dan memiliki batang basah dan tinggi dapat mencapai 50 cm, umbi panjang memiliki bentuk bulat telur, berwarna merah misalnya bawang merah dan tidak berbau. Daun bawang dayak yang memiliki warna beriga, mirip dengan anggrek tanah. Bunganya berwarna putih dan biasanya mekar pada sore hari selama beberapa jam. 

Bawang dayak mempunya nama latin Eleutherine americana Merr. Hal ini dikarenakan dari adanya kandungan senyawa aktif eleutherine dalam bawang. Bawang dayak mempunyai sinonim Eleuitherine palmifolia Merr. Selain dari pada itu, bawang dayak yang juga mempunyai berbagai sebutan nama diantaranya seperti bawang dayak (palangkaraya dan Samarinda); bawang lubak (Samarinda); bawang kapal (Sumatera) bawang sayup (Melayu); bawang siyem, brambang sabrang, teki sabrang, luluwa sapi (jawa), bawang kapal, bawang merah hutan, bawang hutan atau kambe (Dayak). Namun, terdapat dari beberapa orang, menyebutnya sebagai bawang berlian atau bawang arab. 

Kandungan Senyawa Aktif dalam Bawang Dayak 

Bawang dayak mengandung berbagai senyawa yang aktif yang terdiri dari naphtoquinonens dan turunannya, misalnya elecanacine, eleutherol, eleutherine, dan eleuthernone. Selain dari pada itu, bawang dayak memiliki kandungan yang memiliki manfaat dan khasiat misalnya steroid, glikosida, flavonoid, alkaloid, triterpenoid, fenolik, saponin, dan tanin yang dapat kita manfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan kita.

Baca Juga:

Khasiat dan Manfaat Bawang Dayak

Telah sejak lama bawang dayak memiliki manfaat sebagai obat aneka penyakit yang diantara lain misalnya sembelit, sulit dalam buang air kecil, radang usus, bisu, disentri, muntah, dan luka hingga bermanfaat dan berkhasiat dalam mengobati penyakit kuning. Tidak hanya itu, terdapat beberapa penyakit berat yang dapat di sembuhkan dari manfaat dan khasiat bawang dayak misalnya hipertensi, kanker payudara, hiperkolesterol dan diabetes militus yang sangatlah dipercaya mampu mengatasi masalah ini, dengan manfaat bawang dayak. Walau demikian, studi akan manfaat dan khasiat bawang dayak untuk kesehatan dan kecantikan masih belum banyak dilakukan. 

Tahukah Anda? 
  • Bawang dayak memiliki manfaat dan khasiat untuk mengobati hipertensi. Sebagaimana diterangkan oleh Prof. Dr. Sidik Apt (Guru Besar emiritus Fakultas Farmasi Universita Padjajaran) yang mana menurutnya bawang dayak mengandung alisin. Senyawa yang notabene bermanfaat dan khasiat menurunkan tekanan darah dan menurunkan ketentalan darah. 
Kandungan naphtoquinones dalam bawang dayak dikenal sebagai antimikroba, antifungal, antiparasitik, dan anticivirial. Selain dari pada itu, naphtoquinones mempunyai bioktivitas sebagai antikanker dan antioksidan. Bukah hanya itu, kandungan glikosida, alkaloid, saponin dan flavonoid memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan, dan diabetes militus. Sebuah studi preklinis yang dilakukan oleh Sa'roni, dkk. yang dipublikasikan pada Cermin Dunia Kedokteran 1992 menyatakan bahwa bawang dayak mempunyai efek anti-inflamasi atau antiperadangan.

 Antioksidan, Penangkal Radikal Bebas

Tahukah anda bahwa bawang dayak memiliki khasiat sebagai antimelanogenesis atau memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya bintik atau titik-titik hitam di kulit anda dan antioksidan memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas. Mengapa bawang daya memiliki manfaat dan khasiat ini? karena kandunga senyawa golongan alkaloid, steroid (triterpenoid), saponin, flavonoid, glikosida, glikosida antrakinon dalam bawang dayak. 

Berdasarkan Dr. Sukrasno MS, farmakolog dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung bahwa bawang dayak yang kaya akan antosianin-senyawa perwarna alami yang memberikan warna merah pada bawang dayak. Berdasarkan Prof. Dr. Sidik, Apt. (Guru Besar emiritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran) antosianin merupakan antioksidan yang memiliki peran dalam menetralkan radikal bebas. Berkurangnya kadar radikal bebas yang terdapat dalam tubuh, risiko dalam menderita penyakit kanker, jantung beserta diabetes semakin dapat berkurang. 

Fenolik Sederhana dan Naphtokuinones, Agen Antikanker

Berdasarkan de Padua, dkk dalam PLant Resources of Soueth East Asia di tahun 1999, yang mana menurutnya bahwa yang terdapat dalam kandungan bawang dayak yakni fenolik, secara sederhana tanin, antosianin, dan quinines dalam bawang dayak sebagai senyawa yang mempunyai efek terhadap pengobatan kanker. Sebuah studi yang dilkukan oleh seorang yang bernama Vita Permanasari, Fakultas Kedokteran UGM yang menyatakan bahwa ekstrak bawang dayak mempunyai manfaat dan khasiat untuk menghambat perkembangna sel kanker darah manusia. 

Hasil riset ilmiah yang dilakukan Himawan Budityastomo dari Fakultas Kedokteran Universitas Suamtera Utara membuktikan ekstrak bawang dayak mampu menurunkan tingkat ekspresi cyclin-E sel kanker rahim manusia. Turunnya aktivitas cycilin-E meemiliki manfaat akan terjadinya apoptosis atau yang dinamakan dengan kematian sel kanker. Sementara itu menurut Pert Babula, seorang peneliti dari Departement of Natural Drugs, Univerisity of Veterinary and Pharmaceutical Sciences, Republik Cek, naphtokuinones dalam bawang dayak sebagai senyawa yang memiliki manfaat dan khasiat sebagai agen antikanker.

Bawang Dayak, Pemelihara Kesehatan Ginjal

Penelitian lain yang dilakukan oleh Farmasi Universitas Lampung yakni Arnida, dkk yang menjelaskan ekstrak bawang dayak memiliki manfaat dan khasiat menurunkan kadar kalsium urine, meningkatkan volume air seni selama 24 jam yang bersifat diuretik atau peluruh kencing, dan dapat menurunkan pH air seni. Aktivitas diuretik pada bawang dayak dapat bermanfaat memudahkan dalam penghancuran dan pengeluaran batu ginjal. 

Eleutherol, Eleutherinoside A, dan Eleuthoside B, Pelawan Diabetes

Bawang dayak dengan manfaat yang dapat mengobati diabetes. Maria DPT Gunawan Puteri, dkk. dari Devisi Biosains, Universitas Hokkaido, Jepang dapat berhasil dalam mengisolasi tiga senyaw aktif dalam bawang dayak, yakni eleuthoside B, eleutherol, dan eleutherinoside A. Ketiga dari senyawa ini mampu dipercaya memiliki manfaat dan khasiat dalam mengatasi diabetes mmelitus. 

Eleutherinoside A dalam bawang dayak memiliki peran yang mampu menghambat alfa-glukosidase. Alfa-glukosidase yang pada permukaan membran sel usus memiliki peran yang bermanfaat dan berkhasiat memecah pati dan disakarida menjadi glukosa. Jika aktivitas alfa-glukosidase terhambat, maka penyerapan glukosa juga terhambat sehingga kadar gula yang terdapat dalam darah akan mampu berkurang. Sedangkan itu, berdasarkan Valentina Indrajati, herbalis yang bertempat di Kabupaten Bogor didaerah Provinsi Jawa Barat, kandungan alkaloid yang terdapat dalam bawang dayak mempunyai aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah. 

Anda Harus Tahu: 
  • Berdasarkan studi preklinis yang dilakukan oleh Armiin Stegani dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung, konsumsi 3,6 gram per kg bobot tubuh hewan uji menyebabkan 50% kematian hewan coba. Dengan kata lain, jika kita asumsikan kepada manusia, dapat mengonsumsi bawang dayak sebanyak 216 gram pada orang yang dengan bobot badan memiliki 60 kg tidak menyebabkan keracunan atau kematian. 

Bagian Yang di Manfaatkan untuk Pengobatan dan Menjaga Kesehatan Anda

Bagian yang dapat anda manfaatkan pada bawang dayak adalah bagian umbi dan daunnya. Bawang dayak dapat digunakan dalam bentuk segar, manisan, simplisia atau bubuk. 

Ramuan Herbal Bawang Dayak
1. Ramuan Terapi Kanker 
Dalam memanfaatkan bawang dayak sebagai terapi kanker adalah cukup dengan 20 gram irisan bawang dayak kering, 10 gram sambiloto kering, 20 gram irisan umbi temuputih kering, 10 gram keladi tikus kering, 20 gram rumput mutiara kering, dan 5 gelas air (1 liter). Adapun dalam cara pembuatan bawang dayak sebagai terapi kanker adalah merebus semua bahan hingga tersari menjadi setengah bagian. Kemudian saring dan minum selagi hangat sebanyak tiga kali sehari, masing-masing sebanyak 200 ml. Waktu minum sebaiknya  satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.
2. Ramuan Obat Sembelit
Sediakan 50 gram bawang dayak segar, cuci bersih, parut hingga 1/2 gelas air panas (100 ml) . Cara membuatnya adalah dengan memeras parutan bawang dayak, kemudian saring, tambahkan hasil parutan dengan air panas, dan minum dua kali sehari, pagi dan sore hari masing-masing seperempat gelas.

http://www.artikelsiana.com/

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Bawang Dayak. Semoga teman-teman dapat menerima dan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam kehidupan kita sehari-hari, apalagi ketika terjadi sebuah masalah kesehatan kita, maka janganlah kita ragu-ragu untuk menggunakan manfaat dan khasiat bawang dayak. Sekian dan terimakasih. Salam Berbagi Teman-Teman 

Referensi: 

  • Puspaningtyas, Ervira Desty. The Miracle of Fruits: Keajaiban 30 Buah untuk mencegah dan mengatasi aneka penyakit. Jakarta: AgroMedia Pustaka. 2013
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Bawang Dayak: Umbi Ajaib Penakluk Kanker & Diabetes Militus