Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 3 February 2017

15 Cara Ampuh Meredakan Kram Saat Menstruasi Secara Alami

Menstruasi adalah hal yang wajar terjadi pada kaum hawa yang telah memasuki tahap pubertas. Bagi perempuan normal, siklus menstruasi biasanya terjadi setiap bulan sekali dan berlangsung selama seminggu. Saat menstruasi terjadi, maka wanita menjadi mudah marah serta sering terasa sakit pada bagian perut. Perut kram pada saat menstruasi tentu sangat menyakitkan dan menyiksa. Maka dari itu banyak dari kaum hawa yang memilih untuk mengonsumsi obat pereda rasa nyeri saat menstruasi.

Untuk meredakan kram saat menstruasi, sebenarnya kita dapat mengonsumsi bahan makanan yang alami atau tanpa harus menggunakan obat-obatan. Bagaimanapun juga, obat-obatan yang dikonsumsi secara terus menerus akan menimbulkan efek yang kurang baik untuk tubuh. Sebenarnya ada beberapa cara ampuh meredakan kram saat menstruasi yang bisa anda lakukan. Berikut penjelasannya untuk anda:

15 Cara Ampuh Meredakan Kram Saat Menstruasi Secara Alami



Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan lebih memperhatikan lagi pola makan harian. Saat menstruasi, kita sebaiknya lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Kurangilah mengonsumsi lemak jenuh seperti yang terdapat pada gorengan dan yang lainnya. Namun bukan berarti anda tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak sama sekali. Anda tetap dapat mengonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti ikan dan juga makanan yang dibuat dengan minyak zaitun. Mengonsumsi buah dan sayur yang cukup akan membantu meringankan gejala kram pada perut saat mens. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi minyak ikan dan juga vitamin B1 selama masa menstruasi. Minyak ikan dan vitamin B1 dipercaya dapat meredakan kram pada saat menstruasi.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengonsumsi teh setiap hari. Teh mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh serta beberapa jenis teh ternyata mengandung rempah yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit saat kram.

Selain dengan makanan yang anda konsumsi, ternyata mengatasi rasa nyeri dan kram saat menstruasi juga dapat dilakukan dengan cara memijat secara perlahan dengan menggunakan minyak. Pemijatan ini dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.

Apabila masih sering terasa nyeri dan kram pada perut, anda dapat mengompres bagian yang sakit dengan menggunakan air hangat. Air hangat yang dikompreskan pada bagian perut dapat membuat aliran darah lebih lancar sehingga kram dapat teratasi. Selain itu, air hangat dapat membuat efek tenang dan rileks.

Terakhir, rutinlah untuk melakukan olahraga setiap hari agar terhindar dari kram saat menstruasi. Pada saat kita melakukan olahraga, maka tubuh akan melepaskan endorphin yang berefek pada hilangnya rasa nyeri pada tubuh.


Lakukanlah tips diatas dengan teratur selama masa menstruasi agar anda terhindar dari kram perut. Dengan mengetahui cara ampuh meredakan kram saat menstruasi, maka anda tidak perlu takut lagi terkena kram perut dan juga nyeri saat menstruasi karena hal tersebut dapat anda atasi dengan mudah tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

Demikianlah informasi kesehatan tentang cara ampuh meredakan kram ketika sedang menstruasi secara alami. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang cara meredakan kram saat menstruasi

15 Cara Ampuh Meredakan Kram Saat Menstruasi Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin