Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 15 January 2017

Tips Mencegah Terkena Penyakit Batu Ginjal Pada Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah kewajiban bagi kita sebagai seorang manusia. Kesehatan adalah pemberian dari Tuhan yang tidak ternilai harganya. Bayangkan apabila kita menderita suatu penyakit, tentu hidup kita akan menjadi susah dan akan memakan biaya yang tidak sedikit untuk menyembuhkannya. Salah satu penyakit yang dapat terjadi pada manusia secara mendadak tanpa terlebih dahulu terdeteksi keberadaannya adalah penyakit batu ginjal.

Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang sulit terdeteksi keberadaannya karena tidak terasa gejala awalnya. Namun apabila batu ginjal sudah mulai membesar, barulah penyakit tersebut akan terasa sakit. Batu ginjal sendiri terjadi karena pengkristalan pada urine yang terjadi pada ginjal. Urine dalam ginjal mengendap dan mengeras seperti batu. Apabila sudah besar dan tersumbat di kandung kemih, maka kita akan merasakan rasa nyeri yang sangat sakit. Apabila sudah terjadi seperti ini, tentu langkah medis harus dilakukan untuk menghancurkan batu ginjal tersebut dari tubuh kita.

Tentu kita tidak ingin penyakit batu ginjal ini menyerang tubuh kita. Berikut ini ada beberapa tips dan usaha untuk mencegah penyakit batu ginjal yang bisa anda lakukan:

Tips Mencegah Terkena Penyakit Batu Ginjal Pada Tubuh

 

-    Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit batu ginjal adalah dengan mengonsumsi air putih secara cukup setiap hari. Air putih memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk tubuh kita. Salah satu manfaat dari air putih adalah dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal. Air putih yang kita konsumsi dapat mencairkan zat-zat pembentuk batu ginjal seperti kalsium, asam urat, dan yang lainnya yang mengendap dalam ginjal. Zat-zat tersebut akan mencair dan akan dikeluarkan melalui urine kita sehingga batu ginjal tidak akan terbentuk. Rutinlah mengonsumsi air putih paling sedikit 8 gelas per hari agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit ini.


-    Tips berikutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan kalsium untuk tubuh. Kalsium juga sangat penting untuk tubuh kita agar kita terhindar dari penyakit batu ginjal. Tubuh yang kekurangan kalsium akan membuat oksalat pada tubuh menjadi meningkat. Peningkatan kadar oksalat inilah yang memicu terbentuknya batu ginjal. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian, anda dapat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu, dan lain sebagainya.

-    Apabila anda ingin terhindar dari penyakit ini, sebisa mungkin untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Jumlah maksimal kadar garam yang boleh dikonsumsi per hari adalah 2300 mg. Jika lebih dari itu, maka akan beresiko terkena berbagai macam penyakit yakni batu ginjal. Garam yang dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan meningkatnya kadar kalsium dalam ginjal sehingga pembentukan kristal di ginjal akan semakin cepat.

-    Selain membatasi asupan garam dalam tubuh, anda juga harus membatasi asupan protein yang berasal dari hewan atau protein hewani. Protein hewani yang kita konsumsi akan menyebabkan asam urat dalam tubuh menjadi meningkat, sedangkan asam urat sendiri merupakan komponen terbentuknya batu ginjal dalam tubuh sehingga anda harus membatasi jumlahnya.

-    Jika anda sudah pernah mengalami batu ginjal, maka anda harus mewaspadai beberapa makanan seperti coklat, tea, sayur bayam, dan beberapa kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat memicu terbentuknya batu ginjal kembali sehingga anda harus mengurangi konsumsi makanan tersebut.
Mungkin itulah beberapa tips dan usaha yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal pada tubuh. Dengan melakukan tindakan pencegahan, tentu anda akan menghemat lebih banyak waktu daripada harus mengobati.

Demikianlah informasi tentang tips mencegah terkena penyakit batu ginjal pada tubuh. Semoga informasi kesehatan ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai penyakit batu ginjal.

Tips Mencegah Terkena Penyakit Batu Ginjal Pada Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin