Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat Daun Sendok: Daun Ajaib Antibakteri dan Antiperadangan.

Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Manfaat Daun Sendok-Mungkin sebagian kita masih asing mendengar daun sendok. Daun sendok dari kandungan yang tak kalah dengan tanaman herbal lainnya, juga dapat anda manfaatkan untuk menyebuhkan berbagai penyakit yang bernaung dalam tubuh anda. Tanaman daun sendok merupakan tanaman terna tahunan dan tumbuh tegak dengan tinggi 15-20 cm. Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar, berbentuk bundar telur sampai lanset melebar, tepi rata atau bergerigi kasar tidak  teratur, permukaan licin atau sedikit berambut, pertulangan melengkung, panjang 5-10 cm, lebar 4-9 cm, dan berwarna hijau. Bunga majemuk, tersusn dalam bulit dengan panjang sekitar 30 cm, ukuran kecil, dan berwarna putih. Buah berbentuk lonjong atau bulat telur, berisi 2-4 biji, keriput, dan berwarna hitam. 

Plantago mayot L atau biasa dikenal dengan sebutan daun sendok memiliki banyak sebutan lain, yaitu ki urat, ceuli, ceuli uncal (Sunda); meloh kiloh, otot-ototan, sangkabuah, sembung otot, suri pandak (jawa); daun urat, daun urat-urat, daun sendok, ekor angin, kuping menjangan (Sumatera); korongoat (Minahasa). 

Seperti tanaman herbal lainnya, daun sendok juga memiliki segudang khasiat atau manfaat. Herba daun sendok memiliki sifat dingin dan berasa manis. Herba ini dapat anda gunakan dan manfaatkan untuk menghilangkan rasa haus. Biji tanaman daun sendok memiliki sifat yang manis dan dingin yang memiliki manfaat penyembuhan atau khasiat dalam perbaikan kondisi dalam beberapa jenis penyakit misalnya penyakit batu ginjal, disentri, dan penyembuhan luka. Daun sendok sebagai spesies yang tumbuhan obat dengan manfaat yang banyak, akan tetapi saat ini belum banyak dibudidayakan oleh masyarakat dalam meraup manfaat dan khasiat daun sendok sebagai kesehatan dan pengobatan. 

Baca Juga: 

Kandungan Senyawa Aktif dalam Daun Sendok 

Tahukah anda mengenai kandungan dari daun sendok yang mengakibatkan kita dapat menggunakan manfaat dan khasiat sehingga dapat menyembuhkan dan menyehatkan tubuh kita. Bagi teman-teman yang sempat membuka informasi ini sungguh sangat beruntung karena herba yang satu ini mengandung plantagin, aukubin, asam ursolik, beta-sitosterol, n-hentriakontan, dan plantogluside yang terdiri atas methyl D-galaktulonat, D-galaktosa, L-arabinosa, dan L-rhammosa. Selain itu, herba ini memiliki kandungan tanin, flavonoid (apigenin,lutelin, nepetin, baikalein, skutellarin, hispidulin), asam klorogenat, asam kafeat, asam fumarat, dan asam asam bensoat. 

Biji daun sendok yang memiliki kandungan asam planterolik, plantasan (dengan komposisi xylosa, arabinosa, rhamnosa, dan asam galakturonat) aucubin, protein, musilago, asam suksinat, kolin, syringin, adenin, syringin, asam lemak seperti stearat, linoleat, plamitat, linolenat, arakidat, oleat), sertaflavonon glikosida. Sementara itu, bagian akar mengandung naphazolin. 

Khasiat dan Manfaat Daun Sendok 
Daun sendok diketahui dapat digunakan dalam mengobati penyakit yang disebabkan dari adanya infeksi oleh bakteri atau dari adanya/terdapatnya peradangan, misalnya disenri, hipersentivitas atau energi dan diare. 

Baca Juga:


Perlu kita ketahui: 
  • Kalium yang terkandung didalam herba yang terdapat daun sendok memiliki sifat sebagai peluruh kencing dan dapat melarutkan endapan garam kalsium yang ada dalam ginjal dan kandung kemih. 
  • Zat aktif aukubin memiliki manfaat dan khasiat yang mampu melindungi hati dari pengaruh beracun yang dapat merusak sel-sel hati baik itu yang bersifat hepatoprotektor dan juga memiliki manfaat atau khasiat sebagai antiseptik.  

Tanin, Aucubin, dan Flavonoid-Senyawa Antibakteri, Antiperadangan, dan Anti-Alergi

Daun sendok yang sebagaimana kita ketahui di atas dalam penjalan kandungan daun sendok memiliki kandungan seperti tanin, aucubin, dan flavonoid (apigenin). Ketiganya merupakan senyawa yang memiliki efek antibakteri. Hasil penelitian Ardiana Kurniawati yang menunjukkan suatu hasil bahwa ekstrak daun sendok yang memiliki manfaat dan khasiat dalam mengmbat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Esherichia coli. Keduanya sebagai bakteri yang menyebabkan terhadap terjadinya infeksi saluran pencernaan misalnya diare. 

Studi yang dilakukan oleh in vitro oleh Febby E.Kandau yang diterbitkan pada Eugenia tahun 2009 yang menyatakan bahwa daun sendok memiliki aktivitas antibakteri dalam pertumbuihan bakteri seperti Pseudomonas aeruginosa, misalnya bakteri yang mampu menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan dan endokarditis. 

Studi in vitro lain yang dilakukan oleh Wiwin Nur Azizah dari Universitas Muhammadiyah Malang yang dalam penelitiannya menemukan sebuah hasil bahwa infesu daun sendok memiliki pengaruh manfaat dan khasiat terhadap penghambatan pertumbuhan bakteri Shigella dysentriae-bakteri penyebab disentri. Hal tersebut disebabkan dari adanya kandungan aucubin dalam daun sendok yang secara farmakologi memiliki manfaat sebagai antidisentri. 

Selain memiliki aktivitas antibakteri, daun sendok juga mempunyai aktivitas anti-inflamasi dan anti-alergi karena dari adanya kandungan flaovonoid, katalpol, aucubin, dan tanin. Sebagaimana menurut studi preklinis yang pernah dilakukan oleh Agung Endro Nugroho dan dipublikasikan pada Majalah Farmasi Indonesia pada tahun 2004 yang menyatakan bahwa ekstrak daun sendok dapat anda manfaatkan untuk menghambat rekasi anatilaksis (Hipersentivitas atau alergi). 

Baca Juga:

Bagian yang Biasa Digunakan 

Bagian yang dapat kita manfaatkan dari tanaman herba ini adalah semua bagian dari tanamannya seperti, akar, biji dan daun. Bagian yang pada umumnya seringkali digunakan sebagai pengobatan adalah daun dan biji. 

Ramuan Daun Sendok 
1. Ramuan Obat Disentri 
Bahan yang perlu anda sediakan adalah 15-30 gram daun sendok segar, yang dicuci bersih dan 1 ssdt madu. Adapun cara-cara dalam memanfaatkan atau meramu sehingga dapat anda gunakan adalah tumbuk halus daun sendok segar, lalu peras hingga terkumpul satu gelas air perasan. Kemudian tambahkan madu dan aduk hingga rata, lalu kukus sebentar. Setelah itu, minum ramuan sekaligus hangat-hangat. 

2. Ramuan Obat Hepatitis dan Radang Usus 
Bahan yang perlu anda sediakan dalam mengobati hepatitis dan radang usus, cukup dengan segenggam daun sendok segar, 7 poyonh rimpang temulawak segar, 4 gelas air (800ml). Tata cara meramunya adalah sangrai rimpang temulawak segar, lalu rebus bersama daun sendok hingga tersari menjadi dua gelas air. Minum ramuan dua kali sehari yang mana masing-masing satu cangkir (200 ml). Ulangi konsumsi selama 7 hingga 14 hari. 

3. Ramuan Obat Rematik 
Tata cara meengobati rematik yang sebagaimana kita telah ketahui bagaimana itu penyakit rematik tersebut yang terkadang banyak diidap oleh para lansia, dan tak hanya itu rematik juga kini banyak menyerang usia muda. Maka dari itu, untuk mengobati rematik dengan daun sendok yang terbilang sangatlah mudah dan murah ini adalah menyedian daun sendok segar secukupnya yang disesuaikan menurut lokasi rematiknya, dan air secukupnya. Cara membuatnya adalah dengan rebus daun sendok dan air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada bagian yang terasa sakit. Ganti ramuan tersebut setiap 3 jam sekali. 

4. Ramuan Obat Encok 
Dalam meramu untuk mengobati encok dengan menggunakan bahan dasar daun sendok saatlah muda, cukup dengan menyediakan daun sendok segar secukupnya, kemudian cuci bersih. Begitupula dengan cara pembuatan yakni tumbuk daun sendok segar hingga halus. Balurkan pada bagian tubuh yang sakit. 

5. Ramuan Peluruh Buah Air Kecil 
Bahan 30 gram daun sendok segar, cuci bersih, 2 sendok makan madu. Cara membuatnya tumbuk daun sendok hingga lumat. Peras dan saring sampai terkumpul air perasan sebanyak setengah gelas. Tambahkan satu sendok makan madu, kemudian minum sekaligus sekali sehari. 

http://www.artikelsiana.com/










Baca Juga:


Demikianlah informasi mengenai Manfaat Daun Sendok, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, baik semoga menambah wawasan kita secara bersama-sama tentang tanaman yang dapat yang memiliki manfaat atau khasiat dalam mengobati penyakit dan juga mungkin kiranya informasi tersebut dapat mengilhami teman-teman untuk mengaplikasikan atau menyediakan daun sendok sebagai bahan pengobatan anda dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman 

Referensi: 
  • Puspaningtyas, Ervira Desty. The Miracle of Fruits: Keajaiban 30 Buah untuk mencegah dan mengatasi aneka penyakit. Jakarta: AgroMedia Pustaka. 2013.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Daun Sendok: Daun Ajaib Antibakteri dan Antiperadangan.