Artikel Belajar dan Bermanfaat

Bahaya, Inilah Macam Macam Penyakit Pada Mulut yang Wajib Diwaspadai

Loading...
Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
loading...

Mulut pada manusia berfungsi sebagai pengunyah dan penghancur makanan sebelum masuk ke kerongkongan untuk selanjutnya diproses oleh perut. Didalam mulut terdapat gigi yang berguna untuk mengunyah makanan dan juga lidah yang berfungsi untuk merasakan apa yang kita makan. Karena setiap hari mulut selalu dimasuki oleh banyak jenis makanan, tentu mulut akan sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu, kesehatan mulut harus selalu kita perhatikan karena apabila kita abai terhadap kesehatan mulut, maka berbagai penyakit akan mudah masuk. Sebagai informasi, berikut ini adalah beberapa macam penyakit pada mulut yang harus anda waspadai kedatangannya: 


1. Sariawan. Sariawan juga sering disebut dengan stomatitis di dunia kedokteran. Sariawan merupakan sebuah kondisi dimana pipi bagian dalam / bibir bagian dalam terdapat luka yang mengakibatkan rasa sakit yang berkepanjangan. Pada saat kita sedang mengalami sariawan, makanan apa saja yang masuk kedalam mulut akan membuat luka tersebut menjadi sakit, terutama makanan yang pedas dan juga asam. Penyebab terjadinya sariawan biasanya karena pipi bagian dalam maupun bibir bagian dalam tergigit pada saat mengunyah makanan sehingga menimbulkan luka dan terjadilah sariawan. Namun ada juga penyebab lain dari sariawan yang harus anda tahu seperti kurangnya vitamin C, zat besi dan vitamin B yang masuk ke tubuh. Selain itu sariawan juga dapat terjadi karena penggunaan obat kumur yang terlalu lama.


2. Radang gusi / gingivitis. Pernahkah kita mengalami gusi yang bengkak? Jika ya, itulah yang dinamakan dengan radang gusi atau istilah kedokterannya disebut juga dengan gingivitis. Penyakit ini disebabkan karena kondisi mulut yang tidak bersih sehingga membentuk karang dan plak pada gigi. Apabila berhimpitan dengan gusi, maka gusi akan mengalami infeksi yang disebabkan banyaknya bakteri pada karang gigi. Radang gusi juga dapat disebabkan karena orang tersebut merokok, jarang gosok gigi, menggosok gigi terlalu keras, dll.


3. Glositis / pembengkakan pada lidah. Kasus pembengkakan pada lidah memang jarang terjadi, namun ada baiknya anda mewaspadainya. Penyebab dari pembengkakan lidah antara lain karena mulut yang kering, kurangnya zat besi dalam tubuh, dan juga karena alergi terhadap obat atau makanan tertentu. 

4. Gigi terlalu sensitif. Pada saat meminum es / meminum minuman panas apakah gigi anda terasa ngilu? Jika iya, maka anda positif mengalami gigi sensitif. Gigi sensitif atau juga yang disebut dengan hipersensitivitas dentin disebabkan karena turunnya lapisan gusi sehingga bagian gigi yang harusnya terlindungi oleh gusi menjadi terbuka. Faktor alami terjadinya gigi sensitive adalah karena usia yang semakin tua. Namun ada faktor lain yang menyebabkan timbulnya gigi sensitif seperti terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis, asam, atau terlalu dingin. Bleaching atau metode memutihkan gigi juga menjadi salah satu penyebab penyakit ini muncul. Untuk mengatasi hal ini, hindarilah terlalu sering konsumsi makanan yang asam, manis, dan juga dingin. Selain itu, jangan langsung menggosok gigi setelah makan. Pilihlah pasta gigi yang banyak mengandung fluoride dan zat anti plak. 

5. Gigi karies. Gigi karies atau dental caries adalah kondisi dimana struktur gigi menjadi rusak karena infeksi. Pada kondisi yang ringan, karies gigi ini akan menyebabkan gigi menjadi berlubang. Akibatnya, gigi sering terasa sakit atau ngilu. Pada kasus yang lebih parah, karies gigi dapat menyebabkan infeksi pada rongga mulut, gigi menjadi patah atau tanggal, atau yang paling parah adalah kematian. 

6. Tumor gigi. Kasus tumor gigi memang jarang terjadi, namun tumor juga dapat terjadi di gigi. Tumor jenis ini termasuk kedalam tumor yang berbahaya karena dapat menimbulkan kematian. Tumor ini menyerang gigi yakni ditandai dengan adanya daging tumbuh yang akan membentuk jaringan hidup pada gigi dan juga rahang. Penyebab tumor gigi bermacam-macam mulai dari kurangnya kebersihan mulut, karena mencabut gigi dengan tidak tepat, atau juga karena bakteri yang berkembang biak pada gigi. 

7. Lidah menjadi hitam. Apakah anda pernah menjumpai orang dengan lidah yang berwarna kehitaman? Lidah yang berubah warna dari warna merah menjadi kehitaman memang sangat jarang terjadi, namun dapat terjadi pada seseorang yang terlalu sering mengonsumsi kopi, teh, rokok, atau obat-obatan antibiotik. 

8. Leukoplakia atau plak gigi yang disebabkan karena benda asing yang dimasukkan ke mulut seperti kawat gigi, gigi palsu, atau puntung rokok. Nah, itulah macam-macam penyakit pada mulut yang harus anda tahu agar anda lebih bisa menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Masih ada banyak penyakit mulut lainnya yang belum disebutkan karena penyakit yang bisa timbul pada mulut sangatlah banyak. Untuk itu, rutinlah menjaga kebersihan mulut agar anda terhindar dari penyakit diatas.

Demikianlah informasi kesehatan mengenai macam-macam penyakit pada mulut yang mesti di waspadai oleh orang-orang. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahaya, Inilah Macam Macam Penyakit Pada Mulut yang Wajib Diwaspadai