Artikel Belajar dan Bermanfaat

21 Manfaat Yoghurt: Minuman untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda, Lihat No. 20

Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
Loading...
loading...

Manfaat Yoghurt-  Dewasa ini, ada banyak produk penerapadan bioteknologi, salah satunya Yoghurt,. Yoghurt memiliki manfaat yang terkandung didalam minuman ini. Manfaat tersebut, perlu dipelajari lebih lanjut, apakah yogurt aman untuk dikonsumsi dan memiliki citra rasa, walau memang yogurt, banyak dikonsumsi masyarakat, namun benarkah bermanfaat bagi tubuh kita?. Merupakan sebuah pertanyaan besar bagi kita, apalagi yang doyan dengan yogurt dan tentu saja, mengkonsumsi sesuatu tidak hanya kenikmatan yang ingin kita cari, tetapi manfaatnya juga tak boleh luput sebagai menu makanan dan minuman anda, apalagi manfaat yogurt. Maka dari itu, dari berbagai sumber yang kami temukan, dapat kami paparkan bagaimana itu sebenarnya yogurt dan bagaimana sebenarnya manfaat yogurt serta manfaat meminum yogurt.

Bagaimana itu Yogurt? Jangan nganggug aja tapi di BACA 

Yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yogurt dapat dibuat dari susu apa saja, walau dari sari kacang kedelai. Yogurt umumnya dalam produksi modern masih didominasi dari varian susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang kemudian berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur misalnya gel dan aroma unik pada yogurt. Yogurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa buah, rasa vanila, atau rasa cokelat juga populer. Yogurt berasal dari bahasa Turki yakni yogurt yang diambil dari kata sifat yakni yogun yang berarti tebal dan padat, atau dapat juga dari kata kerja yogurmak, yang berarti memijat dan berart membuat padat aslinya. 

Yogurt adalah salah satu hasil olahan susu yang mengalami fermentasi akibat aktivitas enzim yang dihasilkan oleh bakteri Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus (Wahyu, 2009), dan memiliki cita rasa asam yang khas, Anonim (2001) mengemukakan bahwa diantara bakteri-bakteri asam laktat tersebut, kedua bakteri tersebut jika ditambahkan dalam proses pembuatan yogurt akan menghasilkan yogurt dengan tekstur, aroma dan rasa paling baik.  

Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus tergolong dalam bakteri asam laktat (BAL) yang dapat digunakan untuk memfermentasi air susu. BAL akan menurunkan kadar laktosa sebanyak 25-30%, sehingga susu fermentasi aman dikonsumsi oleh orang laktose intolerant. Air susu yang telah difermentasikan itu, dikenal di pasaran dengan istilah yogurt (susu asam). Di pasaran yogurt terbagi dalam dua jenis, yaitu yogurt plain dan drink yogurt

Dalam proses pembuatan yogurt kedua bakteri asam laktat tersebut bersimbiosis memecah laktosa (gula susu) menjadi asam laktat sehingga akan mampu menurunkan pH air susu dan menciptakan rasa asam pada air susu yang difermentasikan. Yogurt dilaporkan memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibanding susu yang biasa hanya mengandung 60% kalori, sedangkan pada yogurt terdapat 88% kalori serta memiliki daya cerna yang lebih tinggi (Davis, 1963). Selanjut-nya Rahayu dan Sudarmadji (1989) berkata bahwa nilai gizi yohurt pada umumnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu segar. Peningkatan demikian terjadi dari proses fermentasi terjadi degradasi komponen-komponen susu dan sintesis vitamin oleh bakteri. 

Yogurt mengandung asam laktat yang cukup tinggi, sedikit atau tidak mengandung alkohol sama sekali, bertekstur semi padat atau dapat dikatakan smooth, kompak serta rasa asam yang menyegarkan. Sementara mennurut Kusrahayu bahwa yogurt adalah sebagai produk olahan susu sapi, baik dari susu skim maupun susu penuh dengan strater lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus sehingga menghasilkan produk dengan tekstur dan cita rasa tertentu. 

ManfaaYogurt Untuk Kesehatan dan Kecantikan 


1. Manfaat Yogurt: Kaya Kalsium 
Kalsium merupakan sebagai salah satu mineral penting bagi tubuh anda. Tentu bagi kalangan pembaca, telah mengetahui apa manfaat mineral bagi tubuh anda?. Mineral bermanfaat untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Lalu bagaimana dengan manfaat yogurt?..manfaat yogurt menyajikan hal ini. Dapat dilihat tabel diatas, kalsium yogurt yang tinggi, sehingga tulang dan gigi atau kesehatan tubuh anda dapat terjaga.

2. Manfaat Yogurt: Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup yang jika diambil dalam jumlah yang besar dapat melindungi tubuh dari penyakit. Probiotik merangsang produksi imunoglobulin, sel-sel plasma dan limfosit yang bertanggung jawab untuk sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh school of medicine di yale university menemukan bahwa yoghurt akan menjadi teman yang baik saat untuk menangkal pilek dan infeksi virus lainnya.

3. Teman yang baik untuk usus
Probiotik bertanggung jawab menghilangkan zat berbahaya dari usus, seperti racun dan kuman, mencegah usus dari kerusakan.

4. Manfaat Yogurt: Mencegah Sembelit
Sembelit merupakan suatu masalah kesehatan yang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Sebuah studi yang diterbitkan dalam european journal of clinical nutrition menunjukkan bahwa bifidobacterium dan lactobacillus yang ditemukan dalam yogurt selain memulihkan keseimbangan flora usus sehingga membuat usus lebih sehat.

5. Manfaat Yogurt: Kanker sekutu
menurut national cancer institute amerika serikat, orang yang makan yoghurt, memiliki risiko jauh lebih rendah terserang kanker daripada orang yang tidak mengkonsumsi yoghurt.

6. Manfaat Yogurt: Menurunkan Berat Badan
kandungan kalsium tinggi yogurt dan mencegah penyimpanan lemak dan metabolisme aktif juga menjadi camilan rendah kalori. Sebuah studi yang diterbitkan dalam international journal of obesity menunjukkan bahwa peserta obesitas yang mengonsumsi yogurt rendah lemak kehilangan 22% berat badan lebih banyak berat dibandingkan mereka yang hanya diet. Yang tanpa makan yoghurt

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
yoghurt mengandung kalsium, kalium dan magnesium membantu mengeluarkan sodium yang terkait dengan tekanan darah tinggi.  Sebuah penelitian di tufts university di boston, usa menunjukkan bahwa orang yang makan yoghurt setidaknya 1 porsi setiap tiga hari, mereka 31% lebih kecil kemungkinannya terkena hipertensi.

8. Manfaat Yogurt: Melindungi terhadap karies
menurut penelitian oleh ilmuwan jepang, yogurt alami dapat berguna untuk memerangi halitosis, kerusakan gigi dan penyakit gusi karena mengandung bakteri aktif, khususnya "lactobacillus bulgaricus" dan "streptococcus thermophilus".

0. Manfaat Yogurt: Menyehatkan Kulit 
idak hanya memberikan manfaat dari dalam tubuh, yoghurt juga dapat anda gunakan sebagai masker dan krim untuk kecantikan tubuh dan wajah. Dengan kandungan tinggi asam laktat mempertahankan kelembaban kulit dan juga sangat baik untuk regenerasi sel kulit mati.

10. Manfaat Yogurt: Menurunkan kolesterol darah
Bakteri asam laktat dapat mengatur pelepasan kolesterol dari hati menuju darah (Nakazawa  dan Hosono 1992). Kusumawati  (2002) juga menyatakan bahwa isolate bakteri  asam laktat dapat mereduksi  kolesterol  serum darah dan dapat mempertahankan keseimbangan mikroflora usus.

11. Manfaat Yogurt: Mencegah kanker
Winarno (1997) menyatakan  bahwa bakteri asam laktat dapat membuat senyawa racun menjadi tidak aktif. Senyawa racun tersebut merupakan  zat karsinogenik  yang  dihasilkan  dari metabolisme triptofan,  fenol,  amine,  dan senyawa nitroso yang diproduksi bakteri usus. Selain itu, senyawa racun dihasilkan dari pencernaan lemak dalam jumlah yang besar yang akan menstimulasi   sekresi   empedu
sehingga   asam   empedu   dan   kolesterol meningkat.  Peningkatan  senyawa  tersebut  dirubah  oleh
bakteri  usus  ke dalam asam empedu sekunder, derivatif, aromatik polisiklik hidrokarbon, astrogen, dan epoxida yang ada hubungannya dengan proses karsinogenik.

12. Manfaat Yogurt: Mencegah infeksi urogenital
Berdasarkan  penelitian  terhadap wanita yang mengalami  infeksi vagina, kemudian    mengkonsumsi yoghurt    secara    teratur    yang    mengandung L. acidophilus maka kejadian infeksi mengalami penurunan dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi yoghurt (Jenie 2007).

13. Manfaat Yogurt: Mengobati TBC
Penderita TBC umumnya mengalami defisiensi gizi meskipun tidak semuanya.   Jika   tidak   terjadi   defisiensi   gizi,   penderita   cukup   diberikan suplemen peningkat sistem kekebalan tubuh. Sedangkan jika mengalami defisiensi gizi yang ditandai dengan kadar albumin rendah maka diperlukan suplemen   dan   multivitamin.   Selain   vitamin   A,   penderita   TBC   dengan defisiensi gizi membutuhkan tambahan mineral seng serta zat besi (Fe).

Penderita TBC umumnya mengkonsumsi  obat dalam jangka waktu lama sehingga   memerlukan   vitamin   K.  Hal   tersebut   dikarenakan   flora   usus penderita   rusak   akibat   pemaikaian   antibiotik   jangka   panjang   sehingga produksi vitamin K secara alami juga megalami gangguan. Sedangkan untuk mengembalikan  keseimbangan  bakteri dalam ususnya diperlukan tambahan prebiotik dan probiotik (Nirmala 2006).

14. Manfaat Yogurt: Mengatasi Laktose Intolerance
Laktose intolerance  merupakan gejala malabsorpsi  laktosa yang banyak dialami  oleh  penduduk  di beberapa  negara  Asia  dan Afrika.  Faktor  utama penyebabnya adalah terbatasnya enzim laktase tubuh sehingga tidak mampu mencerna  dan  menyerap  laktosa  dengan  sempurna.  Hal  tersebut mengakibatkan  mual,  diare,  atau gejala  sakit  perut  setelah  mengkonsumsi susu. Penelitian membuktikan  bahwa susu dapat dikonsumsi oleh penderita Lactose intolerance apabila di dalamnya ditambahkan kultur starter. Menurut Jenie  (2007),  probiotik  dapat  mengatasi  lactose  intolerance karena  bakteri asam laktat di dalamnya dapat menguraikan laktosa susu menjadi monosakarida,  yaitu glukosa dan galaktosa.  Kedua monosakarida  tersebut mudah dicerna atau diserap oleh tubuh.

15. Manfaat Yogurt: Memberi pengaruh pada jalur gastrointestinal
Pengaruh yang diberikan antara lain menurunkan bakteri yang merugikan pada  usus  dan  menekan aktivitas  metaboliknya.  Selain  itu,  bakteri  asam laktat  juga memberi  efek menurunkan  bakteri yang  merugikan  serta  dapat meningkatkan total motilitas pada usus.

16. Manfaat Yogurt: Menormalkan pergerakan usus
Bakteri asam laktat berperan dalam pergerakan usus karena kegiatannya pada jalur gastrointestinal.  Padatan yang terdapat pada fase normal adalah

10-30%.  Bila  jumlah  padatan  pada  feses  melebihi  30%  maka  seseorang dapat dikatakan mengalami  konstipasi,  sedangkan  bila dibawah  10% maka dikatakan sebagai diare (Hartanti 2007). Nakazawa dan Hosono (1992) menunjukan  bahwa  konsumsi  yoghurt  dapat  meningkatkan Bifidobacterium spp. pada usus dan menormalkan pergerakan usus.

17. Manfaat Yogurt: Mencegah Diare
L. casei, L. acidophilus, dan L. Bulgaricus memproduksi agen antimikoba seperti acidophilin dan bulgarican yang menghambat pertumbuhan bakteri patogen dalam usus (Jenie 2007).

18. Manfaat Yogurt: Menigkatkan sistem imunitas
Bakteri asam laktat dapat meningkatkan β-limfosit yang membantu menghancurkan benda asing, meningkatkan IgA, IgB, dan IgM yang berperan sebagai antibodi, dan menigkatkan  sel interferon yang dapat membantu  sel darah putih melawan penyakit. 

19. Manfaat Yogurt: Menghambat proses penuaan
Pada   orangtua   (lansia)   jumlah   Bifidobacteria   mengalami   penurunan drastis  atau  bahkan menjadi  musnah.  Clostridia  termasuk  C.  perferinges secara bermakna  meningkat  jumlahnya  dan Lactobacilli,  Streptococci,  serta Enterobactericiae juga meningkat. Fenomena tersebut merupakan akibat dari suatu proses penuaan yang sedang terjadi. Kenyataan tersebut menunjukan bahwa manfaat mempertahankan  kehadiran  bakteri  Bifidobacteria  di dalam usus besar untuk menghambat proses penuaan (Winarno 1997).

20. Manfaat Yogurt: Meningkatkan pertumbuhan dan daya cerna
Winarno  (1997)  menyatakan  bahwa  keberadaan  Bifidobacteria  longun dalam usus erat kaitannya dengan meningkatnya jangka hidup pada tikus percobaan. Sebagian besar spesies Bifidobacteria mampu memetabolisir seyawa polisakarida dan oligosakarida yang tidak dapat dicerna sehingga menjadi  asam  asetat  dan asam  laktat  dimana  E. coli dan C. perferingens tidak mampu melakukannya. Sedangkan Nakazawa dan Hosono (1992) menyatakan bahwa tikus yang diberi yoghurt menunjukan pertambahan berat badan dan ini semua berhubungan dengan daya cerna/absorpsi yang baik.

21. Manfaat Yogurt: Mempercepat waktu transit (Mencegah Konstipasi)
Probiotik  dapat aktif sampai  usus dimana  di dalam usus bakteri-bakteri tersebut memproduksi asam organik dan menurunkan pH sehingga dapat mempercepat waktu transit di usus (Jenie 2007). 

Manfaat Yogurt: Kandungan Yogurt 

21 Manfaat Yogurt: Minuman Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Anda
Ilustrasi:  cdn.bisnisukm.com/2007/09/cara-membuat-yoghurt.jpg

Bahan dasar pembuatan yogurt adalah dapat berasal dari susu sapi atau susu kambing (susu segar dan suus pasteurisasi), baik susu full cream maupun susu skim. Komposisi masing-masing yogurt dari kedua bahan tersebut dapat anda lihat dibawah ini. 

Kandungan dan Komposisi dari Susu dan Yogurt (per 100 gram bahan) 

Baca Juga: 

Manfaat Semangka: Buah Sehat, Karena Manis dan Segar Tak Cukup
Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif
Manfaat Kacang Merah Turunkan Kolesterol dan Diabetes, Caranya?..
15 Manfaat Pare: Si Pahit Kaya Manfaat Bagi Kecantikan, Kesehatan dan Pengobatan hingga HIV/AIDS

Demikianlah informasi mengenai 21 Manfaat Yogurt: Minuman Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Anda.  Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik dijadikan sebagai rujukan literatur dalam berbagai hal keseharian anda, atau sebagai rujukan memperteguh bahwa yogurt sangatlah bermanfaat untuk anda dan kita konsumsi. Apalagi yang perlu kita koreksi, selain rasa yang enak juga manfaat yang enak, bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan anda atau kegagahan anda. Sekian dan Terima Kasih. 

Referensi Manfaat Yogurt: 

  • Satuhu, S., 1993. Penaganan dan Pengolahan Buah. Penebar Sawdaya, Jakarta. 
  • Rahman, A., S. Fardiaz, W. P. Rahayu, Siliantari, dan C.C. Nurwitri. 1992. Teknologi Fermentasi Susu. Direktorat Jenderal Pendidikan TInggi, PAU Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor. 
  • Widoro, Wahyu. Bioteknologi Fermentasi Susu. Pusat Pengembangan Biokteknologi Universitas Muhammadiyah Malang. 2002. 
  • Swamilaksita, Prita Dhyani. Konsumsi Dan Persepsi Manfaat Minuman Probotiotik Pada Lansia Di Kota Bogor. Program Sutdi Gizi Masyarakat Dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian, ITB. 2008. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 21 Manfaat Yoghurt: Minuman untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda, Lihat No. 20