Artikel Belajar dan Bermanfaat

34 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda

Loading...
Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
loading...

Asam Jawa merupakan kultivar tanaman tropis. Buahnya berupa polong berwarna coklat dengan rasa khas dan juga manfaat yang khas untuk kesehatan dan kecantikan anda. Manfaat asam jawa sudah menjadi warisan obat herbal atau penyembuh penyakit yangt telah lama digunakan oleh nenek moyang kita baik itu masih berstatus nusantara atau telah bernama Indonesia.  

Asam Jawa merupakan sejenis buah yang masam rasanya biasa digunakan sebagai bumbu yang banyak di masakan Indonesia. Dapat digunakan sebagai perasan atau penambah rasa asam makanan, seperti pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Asam jawa tumbuh dari pohon yang dinamai dengan Tamarindus Indica, yang termasuk dalam suku Fabaceae (leguminosae). Nama asam jawa bermacam-macam.

Baca Juga:


Asam jawa merupakan tumbuhan tropis. Sejarah asam jawa diperkirakan tanaman yang kaya manfaat ini dari savana Afrika Timur yang mana jenis liarnya ditemukan. Semenjak ribuan tahun, tanaman ini telah menjelajah ke Asia tropis, dengan telah menjelajah ke Asia Tropis, dan ke Karbia dan Amerika Latin. 

Manfaat Asam Jawa: Kandungan Nutrisi  dalam Asam Jawa 

Mengapa kita ingin mengupas kandungan asam Jawa?.. mungkin pertanyaan yang kita lontarkan agaknya terkecan ingin melucu, padahal tentu saja, ingin membuktikan keilmiahan asam jawa, agar tak terkesan cocologi (ngawur) dalam menjelaskan manfaat asam jawa. 

Berangkat dari berbagai literatur untuk mencari manfaat asam jawa, maka ketemulah kami akan kandungan nutrisi dari asam jawa. Beberapa senyawa yang dikandungnya seperti appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin, dan gula invert. Sedangkan komposisi dalam herbal asam Jawa yang matang di Pohon per-`100 Gram adalah sebagai berikut.. 
1. Kalori sebesar 239 kal 
2. Protein 2,8 gram 
3. Lemak 0,6 gram 
4. Hidrat arang 62,5 gram 
5. Zat Besi 0,6 miligram 
6. Kalsium 74 miligram 
7. Fosfor 113 miligram
8. Vitamin C 2 miligram 
9. Vitamin A 30 SI 
10. Vitamin B1 0,34 miligram

Manfaat Asam Jawa: Si Asam yang Membahana 

Daging buah asam jawa yang bermanfaat ini, mengandung bermacam-macam asam yang sebelumnya telah kami jelaskan. Manfaat Asam Jawa dikupas terilhami agar segala sesuatu yang menjadi warisan nenek moyang tersebut dikaji secara ilmiah, apakah betul dapat bermanfaat ataukah tidak. Dari hasil penulisan kandungan asam jawa, dapat kita lihat sendiri, asam jawa memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita. Tapi tahukah teman-teman manfaat apa sajakah itu?..

Baca Juga:


Berbicara mengenai hal ini, dapat kita simak dalam penuturan manfaat asam jawa untuk kesehatan dan kecantikan tubuh anda, seperti dalam buku pintar tanaman obat:431 jenis tanaman penggempur aneka penyakit yang ditulis oleh redaksi AgroMedia yang menuliskan bahwa asam jawa dengan zat kimia yang dikandungnya bermanfaat dan bersifat antiradang, penurun panas, antibiotik, dan mengilangkan bengkak. Sedangkan untuk khasiat asam jawa adalah batuk, demam, sakit perut, panas, rematik, asma dan batuk. Selain dari itu asam jawa juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan, luka( luka baru dan luka borok), eksim, bisul, bengkak disengat lipat atau lebah, gigitan ular berbisa dan rambut rontok. 

Beberapa manfaat asam jawa seperti dalam buku tersebut, memuat berbagai gejala atau penyakit yang biasa kita derai dalam keseharian kita. Tapi, tidak hanya itu saja manfaat asam jawa yang dapat digali, maka teman-teman, kami ajak untuk menggali manfaat asam jawa lainnya dengan herbal asam jawa. Bagaimana sih manfaat herbal asam jawa?.. simak dibawah ini... 

Manfaat Asam Jawa
1. Mengobati eksim dan bisul 
Asam kawak (daging buah asam jawa yang matang dan telah diolah dan warnaya menjadi hitam) sebesar telur burung puyuh direndam dalam air 1 gelas sehingga mengembang, 5 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris, gula aren untuk pemanis. Semua didihkan sehingga airnya tinggal setengah. DIminum 1x sehari. 

Sedangkan untuk ditempelkan: asam kawak sebesar telur puyuh, sedikit garam dan sedikit minyak dicampurkan dan dilumatkan. Lalu tempelkan obat tersebut ke bisul anda. 

2. Mengobati Jerawat 
Manfaat asam jawa yang satu ini, tentulah sebagai kabar gembira bagi kita agar terlihat cantik dan gagah karena asam jawa dapat mengobati jerawat dan dengan bahan alami, tentu risiko untuk merusak kulit kita sangatlah kurang dibandingkan dengan bahan-bahan produksi yang notabene tercampur dengan zat-zat kimiawi. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengeruk manfaat asam jawa yakni 12 helai daun sambiloto, 10 iris temulawak, kencur 5 cm, 1 sendok teh adas (foeniculum vulgare mill atau fennel atau venkel), 10 helai daun jintan, semua dicuci. Lumatkan dengan asam kawk sebesar telur puyuh. Beri 1/1/2 gelas air, saring dan ampasnya diperas dengan kain. Minum 3x sehari. 

Untuk obat luarnya: asam jawa diberi air bersih, diremas-remas, disaring dan airnya dipakai untuk mencuci muka saat akan tidur malam.

3. Mengobati Alergi 
Herbal asam jawa dapat mengobati alergi dengan bahan-bahan seperti 2-3 golong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, 1/4 sendok kapur sirih. Semua bahan untuk meracik manfaat asam jawa mengobati alergi dengan direbus ke dalam 3 gelas air hingga mendidik tinggal 2 gelas dan saring. Kemudian diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. 

4. Mengobati Luka Baru
Bagi teman-teman yang sedang luka, manfaat asam jawa menyajikan untuk hal ini. Tapi ingat ini bukan luka, luka sakit hati. Cara mendapatkan manfaat asam jawa ini adalah dengan mengambil daun asam jawa secukupnya, dikunyah hingga lumat. Kemudian ditempelkan pada luka. 

5. Mengobati Reumatik
Cara memanfaatkan asam jawa untuk mengobati rematik adalah dengan menggunakan 1 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa yang kemudian ditumbuk hingga halus dan dikompres pada bagian yang sakit. 

6. Menghaluskan Kulit
Masalah-masalah kulit yang biasa kita derai, dapat diobati dengan memanfaatkan asam jawa. Daerah lipatan seperti siku, lutut, maupun ketiak kadang lebih gelap dari daerah tubuh yang lain. Untuk menghaluskan dan menghilangkan daerah yang gelap tersebut, gunakan asam jawa. Campurkan asam jawa secukupnya yang kemudian diberi sedikit air, dan gosokkan di daerah yang bermasalah setiap kali mandi. Hasilnya akan memuskan karena selain memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit juga bermanfaat menghaluskan kulit. 

7.  Menyembuhkan Keputihan 
Herbal asam kawak, daun beluntas dan kunyit menyembuhkan keputihan dengan asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas lalu dicuci, kunyit 5 cm dicuci, dikups, dan tanbahkan sedikit gula aren. Daun gelas air panas. Masukkan asam dan gula yang kemudian diaduk-aduk hingga gula larut. Peras dengan kain lalu diminum menjelang tidur malam setiap hari.

8. Mengobati Batuk Kering
Kali ini, asam jawa menyajikan manfaat untuk bagi anda yang sedang menderita batuk kering. Tentu hal demikian sangat tidak menyenangkan, apalagi anda memiliki aktivitas yang sedemikian rupa banyaknya. Maka dari itu, anda dapat menggunakan herbal daun asam, daun saga dan kayu manis untuk mengobati batuk kering anda dengan 2 gelas daun asam, 2 gelas daun saga, 5 cm kayu manis cina yang kemudian dicuci, direbus kedalam 3 gelas ai hingga airnya tingal 2 gelas. Diminum siang hari, sebagai pengganti air minum biasa. Ulangi selama beberapa hari.

9. Mengobati Nyeri Haid Untuk Remaja
Pagi anda yang masih berusia remaja, anda dapat menggunakan herbal asam kawak dan dengan gula aren. Caranya dengan menyediakan 10 iris temulawak yang dicuci terlebih dahulu sebelum diiris, gula aren untuk memperbaiki rasa, direbus dengan segelas air hingga menyisahkan setengah dari air tersebut. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh. Aduk hingga asamnya mengembang. Diminum 1x sehari selama seminggu sebelum haid.

10. Menanggulangi Haid Bau Anyit 
Herbal asam kawak, temulawak dan gula aren menanggulangi haid bau nyir dengan cara menyediakan asam kawak yang sebesar telur burung puyuh yang dicampur dengan 10 iris temulawak yang terlebih dahulu dicuci sebelum diiris dan irisan gula aren. Seduh dengan segelas air. Aduk rata. Setelah dingin kemudian disaring. Diminum 1x sehari selama haid.

11. Menyembuhkan Gatal Berupa Titik Merah Bergelembung Air
Asam jawa memberikan solusi untuk teman-teman yang lagi mengidap hal demikian. Caranya dengan mengiris delapan temulawak yang sebelum itu dicuci dan tambahkan gula aren yang direbus kedalam segelas air, hingga menyisahkan setengah. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh, aduk hingga asam keluar sarinya. Saring dan minum selama 1x sehari sampai sembuh.

12. Mengobati Mobili 
Herbal buah dari asam jawa dan tambahkan kunyit dapat anda manfaatkan dengan mengobati morbili. Caranya adalah dengan menyediakan 1-2 potong buah asam jawa yang telah masak, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kemudian kunyit diparut, dan bahan-bahan tersebut dicampur secara merata. Penggunaannya dengan menjadikan bedak atau obat gosok bagi penderita morbili.

13. Mengobati Sakit Perut 
Herbal polong buah asam jawa, tambahan kapur siri dan minyak kayu putih dapat mengobati sakit perut dengan bahan-bahan seperti 3 polong buah asam jawa yang telah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya, kemudian seluruh bahan tersebut dicampur secara merata dan dimanfaatkan sebagai obat gosok khususnya pada bagian perut.

14. Mengobati Sakit Panas 
Herbal polong buah asam dan garam mengobati sakit panas dengan bahan-bahan 2 potong asam jawa yang telah masak, garam secukupnya dengan kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas, yang kemudian disaring dan diminum biasa.

15. Mengobati Demam
Herbal daun asam jawa dan adas pulawars dengan mengobati demam. Caranya dengan menyediakan segenggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya yang kemudian dua bahan tersebut direbus dengan 1/2 liter air hingga mendidih, kemudian disaring dan diminum selama 2 kali sehari, pagi dan sore.

16. Mengobati Asma
Herbal kulit pohon asam jawa dan adas pulawares dengan mengobati asma adalah dengan 2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya, dengan cara menyajikan yakni kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter iar hingga mendidih, kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari.

17. Mengobati Gigitan Ular Berbisa 
Herbal biji asam jawa dapat anda manfaatkan untuk mengobati gigitan ular. Tentu manfaat asam jawa ini, sangatlah cocok bagi teman-teman pendaki atau yang suka menaiki gunung. Caranya dengan menyediakan biji asam jawa yang kemudian dibelah menjadi dua, dan belahan biji bagian dalam ditempelkan pada luka bekas gigitan ular tersebut. Jumlah biji yang digunakan sesuai dengan kebutuhan anda.

18. Menurunkan Kolesterol Anda
Manfaat asam jawa ini, terbilang sungguh sangatlah penting untuk anda ketahui, apalagi bagi teman-teman yang telah menginjak usia tak lagi muda atau dilingkungan anda sendiri. Cara menggunakan manfaat asam jawa untuk mengobati atau menurunkan kolesterol adalah dengan menyiapkan 200 gram asam jawa dan ditumbuk hingga halus. Tuangkan ke dalam 200 ml air panas lalu disaring. Setelah itu, air saringan tersebut diminum sebanyak 3x sehari.

19. Mengobati Ambeien 
Ambeien, salah satu gejala yang sulit untuk anda atau kita menjalankan aktivitas, dan bahkan seringkali dilanda ke tidak percayaan diri. Maka dari itu, perlulah teman-teman untuk mengatasi ambien dengan manfaat asam jawa, walaupun dipikiran teman-teman sangatlah tidak mungkin, tapi coba kita taruhan akan manfaat asam jawa, apakah betul tak dapat menyembuhkan ataukah bisa. Cara mengujinya dengan menyiapkan bahan 6 gram daun keji beling, 6 gram meniran, 3 gram temulawak, dan 1 gram asam jawa. Keseluruhan bahan tersebut, direbus kedalam 1 liter air. Kemudian, biarkan air mendingin dan saring. Saringan air tersebut diminum sebanyak 3 kali dalam sehari.

20. Mengobati Darah Rendah 
Pusing saat ingin beranjak dari tidur, yah bisa saja itu karena tekanan darah anda. Jika memang demikian tekanan darah anda, maka manfaatkanlah asam jawa yang sangatlah cocok dengan ramuan-ramuan alami. Caranya sediakan 5 gram asam jawa, 10 gram gula, 250 gram daun bayam, 15 gram cabai rawit dan garam secukupnya. Setelah itu, rebus daun bayam setengah matang untuk anda sajikan sebagai lalapan. Lalu untuk bahan lainnya, adalah ditumbuk halus untuk disajikan sebagai sambal lalapan anda yang kemudian dapat anda konsumsi di siang hari dengan nasi beras merah. Manfaat asam jawa untuk mengobati darah rendah dapat anda dapatkan, yah tentu saja dengan kebiasaan setiap hari.

21. Mengobati Campak 
Cara memanfaatkan asam jawa untuk mengobati campak adalah dengan menyediakan segelas daun asam, 3 rimpang kunyit segar yang kemudian dicuci, diiris, sedikit garam dan gula aren. Keseluruhan bahan tersebut direbus ke dalam 2 gelas air hingga menyisahkan setengah air tersebut. Cara menyeduh manfaat asam jawa untuk mengobati campak adalah dikonsumsi di pagi dan sore hari.

22. Mengobati Borok
Lagi-lagi manfaat asam jawa dapat mengobati borok. Bagi teman-teman yang sedang menderita atau dilingkungan sekitar anda, perlulah untuk disampaikan hal ini. Cara mendapatkan manfaat asam jawa ini adalah dengan menyediakan biji-biji asam yang dicuci, dikupas, dilumatkan kemudian ditempelkan pada borok tersebut.

23. Mengobati Bengkak, Sengatan Lipan atau Lebah
Lipan dan lebah, tak perlu saya jelaskan bagaimana sakitnya gigitan tersebut, dan kalau perlu anda cek sendiri. Lepas dari itu, untuk anda yang membutuhkan pengobatan bengkak dari gigitan lebah atau lipan adalah dengan menyediakan 3-5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Cara pembuatannya, terlebih dahulu membersihkan bagian bengkak dengan kain yang telah dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditaburi atau dapat anda tempelkan dengan bubukan biji asam jawa tersebut.

24. Mengobati Sariawan 
Herbal asam muda dapat anda gunakan untuk mengobati sariawan anda, dengan cara menyediakan secangkir daun asam muda, sepotong kunyit 5 cm, kesemua itu dicuci, kunyit diiris. Rebus dengan 4 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Agar rasanya enak boleh ditambahkan gula aren saat direbus, kemudian disaring, minum pagi dan sore. Kemudian ulangi hingga beberapa hari.


Baca Juga:


Demikianlah informasi 34 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda, semoga teman-teman dapat menerima dan tentunya bermanfaat bagi kita semua. Adapun informasi manfaat ini, diambil dari berbagai sumber baik dari buku-buku maupun dari media sosial yang tentu saja, memerlukan penyaring khusus untuk membuktikan orisinil dari manfaat asam Jawa dan juga manfaat asam jawa sangatlah patut untuk kita ketahui, terlebih lagi penyajian yang sangatlah sederhana dan kesederhanan atau kealamiahan dari bahan-bahan untuk mengobati berbagai penyakit dan mempercantik kulit, dan rambut anda, sangatlah dibutuhkan serta sertakan komentar anda. Maka dari itu, kami dan teman-teman menutup dengan ucapan, sekian dan terimakasih.

34 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda
cdn2.tstatic.net/jabar/foto/bank/images/asam-jawa_20150430_140800.
Manfaat Asam Jawa: Artikelsiana.com

Referensi Manfaat Asam Jawa: 
  • Andini. 199 Tips Cantik Mudah dan Murah dari Rumah. Cet-1. Yogyakarta: Media Pressiondo, 2009. 
  • Hatta, Muhammad. Mukjizat Herbal dan Khasiatnya Dalam AL-Qur'an. Jakarta Timur: Mirqat. 2016. 
  • AgroMedia. Buku Pintar Tanaman Obat. Cet-1. Jakarta: Agromedia Pustaka. 2008. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 34 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda