Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 13 October 2016

Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif

Bayam, yah sayuran yang kita kuliti saat ini. Manfaat bayam menjadi cerita pada kali ini karena dia telah berkilah diam-diam menghayutkan. Walau, bayam pada sebuah cerita film yang mungkin bagi kalangan 90-an sudah tak asing dengan tokoh Animasi yang mengonsums sayur mejadi kuat, yah dialah Popeye Si Pelaut. Tentu anda masih mengenalnya. Ada apa cerita Popeye dengan Sayur Bayam ?.. 

Popeye sebenarnya telah mengisahkan manfaat bayam atau sayur bayam. Di dalam cerita itu, mungkin anda masih mengingatnya, ketika telah mengonsumsi sayur bayam dia menjadi seakan-akan kesurupan entah apa yang "memasukinya" menjadi kuat antah berantah hingga dapat mengalahkan Brutus musuh bebuyutannya atau rival sejatinya.  

Kita semua telah diberikan informasi yang dikemas dengan sebuah cerita yang ditujukan untuk bayamnya ternyata mata kita lebih tertuju pada Popeye. Animasi yang secara tidak langsung mengajak khalayak penonton untuk menyukai makan sayur, terutama pada sayur bayam, agar kerasukan atau kesurupan ala Popeye, maksudnya agar mendapatkan manfaat kuat seperti Popeye Si Pelaut. 

Baca Juga: 
 
Jika pertanyaan ini, muncul dalam benak teman-teman artinya anda ingin cari tahu manfaat bayam tapi jika tidak diharapkan teman-teman mencari tahu atau bertanya yakni apa saja yang terdapat dalam bayam ?.. hingga Popeye Si Pelaut dapat menjadi kuat ?. dan mengapa admin informasikan mengenai manfaat bayam ?.. Apakah benar bayam memiliki kemampuan yang begitu hebat membuat Popeye yang sudah tak bertenaga dan tak berdaya hingga dapat mengalahkan musuh hanya dengan sekaleng bayam ?.. 

Sebelum melangkah jauh ke lantai 10, mari kita secara bertahap-tahap membahas manfaat sayur bayam. Sabar yah.. 

Sayuran yang memiliki nama Amaranthus sp. dianggap atau "katanya" raja sayuran. Tidak hanya manusia yang punya raja, ternyata sayuran juga punya raja. Bayam dikatakan raja karena kandungan gizinya yang tinggi. Berasal dari Amerika Selatan dan Tengah dari suku asli Meksiko, Aztec, yang telah membudidayakan bayam berjuta tahun yang lalu. 

Konon katanya, Di kalangan suku tersebut bayam merupakan tanaman yang penting dan dibudidayakan hingga dijadikan patung-patungan dewa-dewa dengan adonan bayam. Dari kalimat ini dapat kita petik, orang-orang dulu, telah mainkan adonan dengan membuat berbagai rupa, mirip anak-anak yang lain masak atau buat kue. 

Suku Aztec telah mengetahui manfaat bayam bagi kesehatan tubuh, terbukti tentaranya dibekalii bayam sebagai pelengkap kesehatan. Namun, ketika angin ribut dan hujan pun bercucuran hadir dan membasahinya,  penjelajah Spanyol mendarat ke Meksiko 500 tahun yang lalu, menghancurkan patung-patung dewa serta membakar ladang bayam, ladang "kesurupan" (ladang manfaat). 

Bahkan, mereka akan mengkukum mati bagi siapa saja yang menanam atau memakan biji bayam. Tidak begitu jelas apa sebenarnya maksud si Penjelajah Spanyol ini, melarang produksi bayam turun drastis kalangan masyarakat Aztec. Mungkin menurut admin, Spanyol takut dikalahkan Popeye Si Pelaut, atau Spanyol tak suka makan bayam sama seperti kalian (maaf), dan lagi-lagi atau Spanyol lagi kesurupan akibat makan bayam. Entahlah itu apa, hanya bayam yang tahu penyiksaan yang didapatkan oleh Spanyol.. (Ceritanya kemana, dibawa enjoy saja). 

Sedangkan untuk di Negara kita Tercinta yakni Indonesia, bayam masuk pada abad ke-19 atau sekitar tahun 1900. Pantas indonesia baru bisa merdeka 1945, bayamnya baru ada di Indonesia, terlambat kuat. (tanggap lucu saja) 

Tanaman bayam yang mudah tumbuh di Iklim panas dan semi- gersang yang ada dua jenis bayam yang kita kenal atau memang teman-teman belum mengenal sama sekali, (kasian).. yakni bayam cabut atau bayam sekul alis bayam putih dan bayam petik. Seperti namanya, yah itulah Indonesia memberika nama agar penjelasan yang sangat mudah, bayam cabut adalah bayam yang dipanen dengan dicabut seluruh bagian tanaman beserta akar-akarnya. Dan tentu saja bayam petik adalah bayam yang panennya dilakukan dengan cara dipetik pada bagian daun atau pucuk daun tersebut. Masa bayam petik dapat berulang selama tanaman masih produktif. Bayam yang memiliki batang kemerahan disebut dengan bayam merah, sedangkan untuk bayam yang batangnya putih disebut dengan bayam putih. 

Sabar-sabar... Setelah asal usul dimana lahirnya ini Si Bayam "katanya bermanfaat". Sebelum itu, mari kita lihat Kandungan Gizi Bayam, supaya tak dikata mitos, dongeng atau konon katanya...

Kandungan Gizi Bayam 
Bayam memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain seratnya bermanfaat masih banyak lagi kandungan gizi yang membuat bayam memiliki manfaat seperti animasi Popeye Si Pelaut Puup Puup...Berikut kandungan zat gizi lengkap dalam bayam.
Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif
Bayam mempunyai beragam manfaat. Hingga, sayuran yang menjadi prioitas pertama di Rumah Sakit DKI Jakarta. Berdasarkan kemuka dari Direktoat Gizi Departemen Kesehatan, bayam mengandung beragam jenis vitamin dan garam-garam mineral yang memiliki manfaat untuk tubuh. Berikut kandungan bayam dan manfaat bayam untuk kesehatan teman-teman. (Mulailah makan sayur, makan bayam). 

Vitamin dan Mineral, Pencegah Anemia 
Bayam merupakan sayuran yang paling pada gizi dan sangat biak sebagia sumber zat hijau atau klorofil. Sebagian vitamin dan mineral yang terdapat dalam bayam adalah vitamin A, B kompleks, C, E, K, karoten, mangan, kalsium dan yodium. 
Selain itu, bayam pun mengandung protein yang dalam takaran tertentu dengan jumlah setara dan kandungan protein dalam daging. Kandungan besi dalam bayam yang relatif tinggi dibandingkan dengan sayuran yang lain Kandungan ini sangatlah berguna untuk para penderita anemia. Akan tetapi, seperti pada sauran yang lainnya, zat besi dalam bayam sangatlah sukar diserap oleh tubuh. Untuk membantu penyerapannya, sebaiknya bayam dikonsumsi bersama dengan sumber makanan lain. 

Lutein dan Asam Folat, Pencegah Penyakit Jantung 
Lutein dan asam folat yang tedapat di dalam bayam dapat mencegah penyakit jantung dari bayi lahir cacat pada bagian syaraf. Asam folat bermanfaat untuk melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang dapat dengan mudah larut dan mengandung vitamin B9. Bayam ternya juga kaya magnesium yang memiliki manfaat sebagai pembentukan batu empedu. Jumlah magnesium pada bayam seerti dengan ikan, pisang, kismin, kacang almond dan avokad. 

Manfaat bayam dapat anda rasakan nikmatnya dalam berbagai bentuk baik sebagai makanan konsumsi, meningkatkan kinerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Daun bayam dapat anda manfaatkan karena dapat membersihkan darah persalinan serta dapat memperkuat akar rambut. Akarnya pun demikian memiliki manfaat untuk mencegah disentri. 

Jika kita mengatamati manfaat bayam yang telah admin informasikan diatas, dan ta berlebihan jika kami menjuluki bayam sebagai rasa sayuran bukan karena Popeye Si Pelaut Puup Puup, tapi mulai dari kandungan dan manfaat yang diberikan. 

Tapi disamping manfaat yang diberikan terdapat pula hal-hal yang harus diperhatikan dalam bayam, karena tak semua orang dapat mengonsumsi bayam, teutama bagi kadar asam urat dalam darah yang cukup tinggi dan rematik. Demikian dapat terjadi, bayam memiliki atau mengandung purin yang cukup tinggi, yang mengakibatkan kondisi penderita asam urat dapat memperburuk dan harus dibatasi. 

Cara Tepat Mengonsumsi Bayam 
Bayam tak disarankan untuk memanaskan kembali sayuran bayam yang sudah dalam bentuk makanan. Daun bayam bisa diolah menjadi gado-gado dll. Mengonsumsi bayam sebaiknya dilakukan sesaat setelah bayam diolah. Jangan membiarkan bayam terlalu lama. Hindari mengonsum bayam yang sudah didiamkan di atas meja lebih dari lima jam. Selain mengandung ferri (Fe+3) misalnya yang telah dijelaskan di atas, bayam juga mengandung nitrat (NO3) yang jika teroksidasi dengan udara menjadi nitrit (NO2) yang ssifatnya tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun. 

Sebisa mungkin segera olah bayam setelah kita membelinya. Semakin lama bayam disimpan di dalam lemari es, senyawa nitrit (NO2) bersifat racun kadarnya akan terus meningkat. Efek racun ini berdampak pada sel darah merah, yaitu hemoglobin. Ikatan nitrit dengan hemoglobin yang menyebabkan akan kehilangan kemampuannya dalam mengikat oksigen. 

Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif





Baca Juga:


Demikianlah informasi mengenai Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif. Semoga teman-teman dapat menerima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.Sala Berbagi Teman-Teman.

 Referensi: 
  • Riski, Farah. The Miracle of Vegetables. I. Jakarta: Agromedia Pustaka, 2013. hlm. 15-19
Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif

Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin