Manfaat Strawberry Untuk Tubuh Anda, Sesuai Kandungannya...

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat Strawberry - Strawberry (Fragaria vesca) adalah strawberry yang tumbuh liar yang awalnya ditemukan di Eropa, Asia dan Amerika Utara. Jenis stroberi yang biasa dibudidayakan adalah Fragaria x ananassa, hasil dari persilangan di Eropa dari dua spesies, F. Virginiana dan F.  Chiloensis.

Ada sekitar 100 varietas strawberry yang tumbuh di Amerika, bervariasi dalam ukuran, warna dan rasa. Secara botani, stroberi bukan buah yang sebenarnya, tapi merupakan pembengkakan tangkai bunga setelah terjadi penyerbukan. 

Sebelum mengacu ke Manfaat dan khasiat strawberry, mungkin anda tidak asing lagi dengan stroberi yang mana Strobery rasanya manis, berair, dengan warna buah yang merah cerah. Untuk menghindari pembusukan, cucilah stroberi ketika akan dimakan. Jangan mencucinya langsung setelah dipetik jika ingin disimpan di lemari Es. 

Kandungan Nutrisi & Zat Berkhasiat Dalam Strawberry 

Kenapa Strawberry bermanfaat ?.. Apa khasiat strawberry ?.. Apa benar strawberry bermanfaat ?.. Pertanyaan ini akan terjawabkan pada kandungan nutrisi stroberi dan mari kita simak secara seksama

Strawberry misalnya berrier lainnya, memiliki kandungan ellagic acic, asam sitrat, malic acic, phenolic acic, flavonoid, tanin, lignan, vitamin C dan serat tidak larut. Kandungan gulanya khususnya glukosa dan fruktosa. Kandungan air pada stroberi sekitar 90%. Setengah cangkir strobery mengandung 42 mg vitamin C, yang dapat memenuhi sekitar 70% kebutuhan sehari. Setengah cangkir strobery mengandung serat tidak larut sekitar 3-5 g. 

Ellagic acic bekerja sebagai antioksidan kuat yang bermanfaat dan berkhasiat dalam mengurani kerusakan akibat radikal bebas oksigen. Dengan begitu, proses perubahan sel normal menjadi sel kanker dapat dicegah. Manfaat dan khasiat strobery tidak berhenti disitu saja, kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker dan infeksi.

Manfaat vitamin C dalam buah strobery juga berperan dalam pencegahan timbulnya katarak karena dapat mencegah oksidasi protein di lensa mata. Serat tidak larut bekerja sebagai absorben sehingga dapat mempermudah dalam pencernaan atau buang air besar.  Serat tidak larut juga bermanfaat dan berkhasiat dalam mencegah perubahan dalam asam empedu yang menjadi senyawa berbahaya sebagai penyebab kanker.

Manfaat dan Khasiat Strawberry

Strobery sifatnya sejuk, astringen dan tonik. Berkhasiat antioksidan, detoksikasi karsinogen, pencahar (laksatif) untuk mengatasi sembelit, peluruh kencing (diuretik ringan), memperbaiki gangguan pencernaan, mencegah kemunduran fungsi otak, mengurangi risiko timbulnya kanker, dan mencegah katarak.

Pemakaian luar jus stroberi tersebut bermanfaat dan berkhasiat untuk mengatasi kulit terbakar sinar matahari, luka di kulit, bisul, infeksi, gigitan serangga, dan memudarkan warna kuning pada gigi. Akar dan daun strobery bermanfaat dan berkhasiat mengatasi diare, disentri, mual dan gout.

Cara Pemakaian 


Stroberi sebaiknya dalam mengonsumsi adalah dimakan sesegar mungkin untuk mendapatkan kandungan Vitamin C yang optimal. Irisan atau jus stroberi harus sedini mungkin dikonsumsi agar vitamin C tidak berkurang karena lepasnya enzim yang menghancurkan vitamin C tersebut. Biasa dibekukan, dibuat selai jelli, es krim, sirop atau hiasan kue.

Manfaat Strawberry Dalam Tinjaun Penelitian & Fakta Strawberry

  • Penelitian laboratorium di Universitas Cornell menggunakan delapan tipe ekstrak strobery yang berbeda dan ternyata bahwa strobery dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati secara signifikan. 
  • Penelitian laboratorium di Universitas Georgia menunjukkan bahwa ekstrak senyawa phenolic dapat menghambat pembelahan sel kanker kolon dan menyebabkan kematian sel tersebut. 
  • Penelitian di Lousiana State University yang menunjukkan bahwa gallic acid yang dapat menghambat pembentukan pembuluh darah baru di sel-sel kanker sehingga sel kanker lapar dan tidak berkembang 
  • Antioksidan golongan polyphenois pada stroberi, blueberry, dan cranberry bermanfaat dan berkhasiat untuk memelihara fungsi otak. Penelitian pada tikus tersebut menunjukkan akan manfaat stroberi bahwa diet ekstrak strobery yang diberikan dalam waktu lama dapat mencegah kemunduran fungsi kognitif yang berhubungan dengan usia. 
  • Peneliti dari British Medical Journal menyatakan, konsumsi jus dari golongan berry harus dikurangi jika pasien juga minum obat warfarin karena adanya kemungkinan interaksi yang meningkatkan terjadinya perdarahan 
  • Daerah Cina, buah stroberi dimanfaatkan untuk pengobatan batuk, tenggorokan bengkak, dan sakit, disentri, diabetes militus, seminal emission, bisul, koreng, serta digigit serangga dan ular. 

Perhatian: 

Dari manfaat dan khasiat buah strawberry, ternyata juga memiliki efek samping walau jarang terjadi karena strawberry menstimulasi produksi histamin dan menimbulkan efek samping misalnya sesak napas (asma), gatal-gatal (urtikaria), dan kemerahan (rash).

Baca Juga: 

43 Manfaat Air Kelapa: Manfaat Bagi Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda
50 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda
76 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan, Bikin Anda Melongo
Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Beragam Penyakit
36 Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut
50 Manfaat Jahe Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda
28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Strawberry, yang pada kali ini berjudul Manfaat Strawberry Untuk Tubuh Anda, Sesuai Kandungannya.... Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Referensi: 
  • Dalimartha, Setiawan dan Adrian, Adrian Felix. Fakta Ilmiah Buah Sayur: Berbagai khasiat untuk menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit dan berdasarkan hasil penelitian ilmiah dalam dan luar negeri. Publisher: Penebar PLUS+

.
Blog, Updated at: 01.32