Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 15 April 2016

Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala & Cara Mengobati Penyakit Herpes

Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala & Cara Mengobati Penyakit Herpes|Herpes adalah penyakit dari virus anggota famili hepertoviridae yang dapat menular dengan terlihat ruam bintik-bintik merah nanah yang berkelompok. Penyakit herpes. Saat ini dikenal ada dua macam penyakit herpes yaitu herpes zoster dan herpes simpleks. Kedua macam penyakit herpes tersebut berasal dari virus atau penyebab penyakit herpes ini yang mana penyakit herpes zoster disebabkan virus Varicella zoster. Herpes Zoster tumbuh dalam bentuk ruam memanjang di pagian tubuh kanan atau kiri saja. 

Sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh herpes simplex virus (HSV). HSV sendiri dibedakan menjadi dua yaitu HSV-1 yang menyerang bagian pinggang hingga daerah sekitar mulut (herpes simpleks labialis), dan HSV-2 yang menyerang bagian pinggang ke bawah. Namun sebagian besar penyakit herpes genitalis disebabkan oleh HSV-2, tapi ada juga dari HSV-1 karena hubungan kelamin secara orogenital, atau disebut oral seks, serta penularan melalui tangan. 

Gejala Penyakit Herpes

Herpes genitalis primer memiliki masa inkubasi antara 3-7 hari. Gejala penyakit herpes genitalis primer bersifat berat tetapi tidak tampak, khususnya jika lukanya berada pada daerah mulut rahim pada perempuan. Awalnya, gejala penyakit herpes ini diawali dengan rasa terbakar beberapa jam sebelumnya pada daerah yangterjadi luka. Setelah itu timbul rasa gejala seperti tidak enak badan, sakit kepala, nyeri otot, demam, dan kelelahan. Luka yang terjadi berbentuk vesikel yang bergerombol dengan ukuran sama besar. Vesikel yang berisi cairan mudah pecah sehingga menimbulkan luka yang melebar. Bahkan ada kalanya kelenjar getah bening pada daerah sekitarnya membesar dan terasa nyeri jika draba. 

Sedangkan bagi pria, gejala tersebut akan tampak jelas karena tumbuh pada daerah kulit bagian luar kelenjar penis, batang penis, buah zakar, atau daerah anus. Sebaliknya, gejala herpes genitalis primer sulit terdeteksi karena letaknya bersembunyi. Herpes genitalis pada wanita umumnya menyerang bagian labia majora, labia minora, klitoris, malah sampai pada leher rahim (serviks) tanpa adanya gejala klinis herpes genitalis primer dengan sering disertai rasa nyeri pada saluran kencing. 

Gejala Penyakit Herpes atau Ciri-Ciri Penyakit Herpes
Disaat seorang pria telah terinfeksi herpes genitalis atau terkena herpes genitalis dapat diketahui dengan gejala atau ciri-ciri herpes genitalis umum yang biasa sering terjadi yaitu...
1.Gejala Penyakit Herpes: Kesemutan dan gatal-gatal daerah alat kelamin
Kesemutan dan gatal pada daerah kelamin merupakan gejala herpes genitalis yang paling umum. Gejala penyakit herpes genitalis disebabkan oleh virus yang sudah mulai merusak jaringan kulit di alat kelamin dan menyebabkan gatal-gatal misalnya kesemutan.
2.Gejala Penyakit Herpes: Timbulnya benjolan berisi cairan pada penis atau daerah genital
Benjolan pada daerah ini, bisa sekecil jerawat namun banyak. Benjolan tersebut akan pecah dan menyebabkan luka perih pada kulit. Luka tersebut menyebabkan luka kering misalnya koreng setelah beberapa hari.
3.Gejala Penyakit Herpes: Demam, Kelelahan, Pusing Kepala, dan anggota badan terasa sakit dan linu mirip dengan gejala penyakit flu
Gejala herpes genitalis ini, menyebabkan penderita tidak menyadari sudah terinfeksi virus herpes, dikarenakan gejalanya mirip dengan flu. Setelah sembuh dari gejala herpes genitalis ini, biasanya penderita menularkan virus tersebut sehingga herpes genitalis dapat menyebar.
4.Gejala Penyakit Herpes: Pembengkakan kelenjar getah bening yang berada di selangkangan
Hal ini terjadi karena virus herpes genitalis yang menyerang daerah genital saja. Namun pembengkakan terjadi daerah lain dapat berbeda dar jenis herpesnya.
5.Gejala Penyakit Herpes: Nyeri atau terasa misalnya terbakar saat buang air kecil
Virus herpes genitalis merupakan virus yang menyerang daerah genital atau alat kelamin. Karena nyeri saat buang air kecil adalah salah satu gejalanya. 

Penularan dan Pencegahan Penyakit Herpes Genitalis

 Baik HSV-1 maupun HSV-2 menular dari kontak kulit, ciuman hubungan seks dan oral seks. Herpes sangat mudah ditularkan saat luka aktif. Namun, virus juga dapat menyebar selama tidak ada gejala yang tampak dan ditularkan dari daerah yang kelihatannya tidak aktif. Sebagian besar dari penularan herpes genitalis terjadi dari kontak seksual. Sulitnya penyakit herpes genitalis, biasanya penderita tidak sadar bahwa ia sedang kambuh, sehingga dengan melakukan seks yang tidak terlindungi, ia menularkan virus ke pasangannya. 

Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala & Cara Mengobatinya

Infeksi HSV-2 memang akibatnya tak sampai menimbulkan kematian bagi orang dewasa. Akan tetapi, herpes genitalis memerlukan penanganan serius, sebab selain belum memiliki obat herpes atau vaksin yang efektif, terlebih lagi perkembangan penyakit herpes sulit diramalkan. Infeksi primer din yang segera diobati besar kemungkinan dapat mencegah penyakit tersebut kambuh, sedangkan infeksi rekuren (ulangan) dapat dibatasi tingkat kambuhnya. 

Suami atau istri dengan pasangan pernah terinfeksi herpes genitalis perlu melakukan proteksi individual dengan cara menggunakan dua macam alat perintang, yaitu spermicidal foam (busa pembasmi sperma) dan kondom. Spermicidal foam mampu mematikan virus, sedangkan kondom berfungsi untuk menghambat atau mengurangi masuknya virus. Sedangkan bagi penderita berusaha menyingkirkan faktor-faktor telah diutarakan diatas. 

Sedangkan bagi Ibu hamil yang mengidap penyakit herpes genitalis, jika penularan (transmisi) pada trimester 1 kehamilan, hal itu biasanya mengakibatkan abortus. Sedangkan ibu hamil pada trimester I umunya terjadi kelahiran prematur. Ibu yang menderita herpes genitalis lantas telah melahirkan bayi dapat menderita kelainan yang beragam, mulai dari hepatitis, ensefalitis bahkan dapat lahir dalam keadaan tidak bernyawa atau mati. 

Selain pencegahan penyakit herpes genitalis terhadap penularan serta menghindari faktor-faktor penyebab penyakit herpes genitalis bagi penderita, yang urgensi pula adalah kondisi kejiwaan bagi penderita herpes genitalis ini. Asumsi yang menyebar bahwa penyakit herpes adalah penyakit kotor, tidak dapat disembuhkan, menular, dapat menyeabkan orang terkena herpes akan malu, takut dan depresi hingga tidak ingin pemeriksaan dan berobat, padahal jika melakukan pengobatan penyakit herpes genitalis sedini mungkin maka penyakit lebih mudah dikendalikan. 

Penyakit herpes genitalis menular, melalui kontak kulit langsung yatu daerah yang terinfeksi ke daerah yang tertular. Seperti saat seorang terinfeksi mencium atau melakukan hubungan seks misalnya vagina, oral maka menyebabkan pasangannya tertular, serta herpes jenis ini sangat mudah menular pada seorang yang kondisinya sedang tidak fit atau sakit dengan gejala penyakit herpes genitalis atau ciri-ciri penyakit herpes genitalis yaitu kesemutan, rasa gatal dan sensasi sebelum muncul apapun di kulit. 

Cara Menghindari Penyakit Herpes

Pada dasarnya cara termudah dalam menghindari penyakit herpes genitalis adalah dengan tidak bergonta-ganti pasangan, sebab penyakit herpes genitalis disebut juga penyakit herpes kelamin yang mudah menular pada orang yang biasa berganti-ganti pasangan.

Banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi virus herpes karena terkadang herpes tidak menimbulkan gejala. Bagaimana penularan penyakit herpes ini dan cara menghindari penyakit herpes ?..

Sebelumnya telah dinformasikan diatas, bahwa penyakit herpes terbagi dua yaitu penyakit herpes zooster (shingles) yang terlihat seperti cacar dan penyakit herpes genital (herpes simplex).

Penyebab Penyakit Herpes Zooster dan Herpes Smplex
Kedua penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang berbeda, namun keduanya penyakit yang menular. Cara menghindari dan sebagai penyebab penyakit herpes adalah sebagai berikut...
  • Menggunakan kondom baik laki-laki atau perempuan. karena telah diteliti bahwa kondom latex jika digunakan dengan benar, prakteknya dapat mengurangi risiko penularan. 
  • Jujur dengan pasangan jika salah satu memiliki infeksi penyakit seksual, hal tersebut dapat membantu mengurangi penularan melalui kontak seksual. 
  • Jangan melakukan seks oral, jika seorang tengah flu atau memiliki HSV-1 di mulut. karena dapat menyebar virus ke alat kelamin. 
  • Setia pada pasangan (monogami) dan pratik seks aman setiap kali berhubungan tanpa ada pengecualian. Mengurangi gesekan dan mencegah timbulnya luka kecil di vagina atau penis berpotensi masuknya virus ke tubuh. 
  • Mencuci tangan setelah menyentuh luka sebelum menyentuh bagian tubuh lain untuk menghindari penyebaran virus. 

Pencegahan Penyakit Herpes

Pencegahan herpes genitalis tentu dilakukan dari diri kita sendiri dan keluarga. Untuk penyakit herpes genitalis tidak menular diantara anggota keluarga yaitu dengan pencegahan herpes genitalis adalah menghindari kontak fisik khususnya hubungan seksual dengan penderita herpes gentialis.

Herpes genitalis, atau herpes simpleks virus tipe dua disebarkan dengan kontak kulit dengan individu lain yang penderita penyakit herpes. Hal ini merupakan salah satu cara yang ditularkan penyakit herpes genitalis dari satu orang ke orang lain. Virus herpes simpleks tipe dua hidup dalam molekul kecil pada kulit dan selaput lendir. Untuk menginfeksi individu lain, virus herpes simpleks masuk melalui lecet kecil pada kulit dan terkadang juka selaput lendir yang berada di mulut atau daerah genital dari individu yang terinfeksi penyakit herpes genitalis.

Baca Juga: 

14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Dengan Alami
20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter
Ciri-Ciri Kanker Serviks Sesuai Stadium, Cegah Sekarang Juga
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu ?..
Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat
16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

Demikianlah informasi mengenai Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala & Cara Mengobati Penyakit Herpes. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.  

Referensi: Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala & Cara Mengobati Penyakit Herpes
  • Andareto, Obi. 2015. Penyakit Menular di Sekitar Anda. Jakarta: Pustaka Ilmu Semesta
  • dr. Faisal Yatim, DTM&H..,MPH. Penyakit Kandungan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala & Cara Mengobati Penyakit Herpes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin