50 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit, Wajah, dan Rambut

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat Jeruk Nipis|Jeruk nipis, buah yang populer sebagai pelengkap masakan,  Namun apakah anda sudah mengetahui manfaat jeruk nipis atau khasiatnya yang sebagian besar dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan kesehatan dan kecantikan kulit, wajah dan rambut. Sesuai dengan judul tulisan ini yaitu 90 manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan, mari kita sedikit membayangkan manfaat jeruk nipis yang hampir mencapai angka 100 dalam pengobatan penyakit dan masalah-masalah kulit yang mungkin saja teman-teman baru mengetahui bahwa ada sebanyak ini manfaat jeruk nipis, yang kadang kala hanya dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan, bumbu masakan, atau penambah cita rasa makanan. Tetapi hal ini juga sedikit memberikan manfaat karena teman-teman selalu menggunakan jeruk nipis masakan kalau boleh dikata setiap harinya, artinya teman-teman banyak manfaatkan manfaat jeruk nipis, namun belum mengetahui manfaat seperti apa yang didapatkan karena jeruk nipis tidak hanya digunakan pada masakan, tetapi dapat dibuat jus jeruk nipis, lulur jeruk nipis, shampo jeruk nipis, sabun jeruk nipis dan masih banyak lagi. Dengan demikian, masalah-masalah yang kami angkat pada tulisan kali ini yaitu manfaat jeruk nipis pada kesehatan, manfaat jeruk nipis pada kecantikan baik itu kulit, wajah dan rambut, serta varian-varian olahan jeruk nipis untuk manfaat jeruk nipis yang maksimal. Kesemua masalah tersebut dapat teman-teman lihat dibawah ini....

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Pembahasan pertama pada artikel manfaat jeruk nipis adalah pengenalan jeruk nipis, sebelum membahas manfaat jeruk nipis agar pengetahuan kita tentang jeruk nipis tidak hanya semata-mata pada manfaat jeruk nipis semata-mata saja, namun tersusun rapi mulai dari pengenalan jeruk nipis, kandungan jeruk nipis dan manfaat jeruk nipis yang kesemua dapat anda lihat dibawah ini....

Jeruk nipis/limau nipis merupakan tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tumbuhan yang biasa dimanfaatkan buahnya dengan bentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, dengan diameter 3 hingga 6 cm, umumnya mengandung daging dengan rasa masam yang miri dengan lemon. Pemanfaatan jeruk nipis yang biasa digunakan sejak dahulu dan mungkin sampai sekarang adalah menggunakan manfaat jeruk nipis sebagai obat batuk yang ditambahkan dengan kapur untuk menurunkan demam dan perasannya digunakan sebagai obat batuk. 

Jeruk nipis atau dengan nama ilmiah adalah Citrus aurantifolia (Cristim). Di berbagai daerah jeruk nipis memiliki nama tersendiri, misalnya di Jawa dikenal dengan nama jeruk nipis (Sunda) dan jeruk pecel; Sumatera, jeruk nipis dikenal dengan nama kelangsa (Aceh); Kalimantan dikenal dengan lemau nepi; Sulawsi dikenal dengan lemo ape, lemo kapasa (bugis), dan lemo kadasa (makassar), Maluku dengan nama puhat em nepi (Buru), ahlusi hisni, aupfisis (Seram), inta, lemonepis, ausinepsis, usinepese (Ambon), dan Wanabeudu (Halmahera) sedangkan di Nusa tengara  disebut jeruk alit, kapulungan, lemo (bali), dangaceta (Bima), madutelong (Flores), mudakenelo (Solor), dan delomakii (Rote). 

Jeruk nipis memiliki banyak dahan dan ranting, tinggi sekitar 0,5-3,5 m, batang pohon berkayu uler, berduri dan keras. Sedangkan dipermukaan kulit luarnya memiliki warna warna tua dan kusam, daun majemuk, berbentuk elipis dengan pangkal membulat, ujung tumpul, dan tepi beringgit, panjang daun 2,5-9 cm dan lebar sekitar 2-5 cm. 

Bunga jeruk nipis berukuran majemuk/tunggal yang tumbuh pada daerah ketiak daun atau di ujung batang dengan diameter sekitar 1,5-2,5 cm, kelopak bunga memiliki bentuk seperti mangkok berbagi 4-5 dengan diameter sekitar 0,4-0,7 cm yang berwarna putih kekuningan dan tangkai putik silindris putih kekuningan. Daun mahkota berjumlah 4-5 yang bentuknya bulat telur atau lanset dengan panjang sekitar 0,71-1,25 cm dan lebar sekitar 0,25-0,5 cm yang berwarna putih. Tanaman jeruk nipis pada umur 2 1/2 tahun mulai berbuah. Buahnya berbentuk bulat besar yang mirip dengan ukuran bola pingpong dengan diameter 3.5-5 cm berwarna (kulit luar) hujau atau kekuning-kuningan.

Kandungan Jeruk Nipis Sebagai Fakta Ilmiah Manfaat Jeruk Nipis 
Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat dan berkhasiat seperti asam sitrat, minyak atsiri (sitral, lemonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktiladehid, noniladehihid); asam amino (triptofan, lisin); damar, asam sitrun, glikosida, fosfor, vitamin B1 dan C, kalsium, lemak, glikosida. Tidak hanya itu, kandungan jeruk nipis juga memiliki senyawa saponon danflavonoid yakni hesperidin (hesperetin 7-rutinosida), tangeretin, naringin, eriocitrin, eriocitrocide. Kandungan senyawa hesperidin bermanfaat untuk antiinflamasi, antioksidan, dan menghambat dalam sintesis prostaglandi dan menghambat azoxymenthane (AOM) yang dapat menginduksi karsinogenesis pada colon kelonci, dan dapat menghambat N-butil-N-(4- hidroksi-butiil) nitrosamin yang dapat menginduksi karsinogenesis pada kandung kemih tikus.


Jeruk nipis mengandung 7% minyak essensial yang mengandung citral, limonen, fenchon, terpineol, bisabolene, dan terpenoid lainnya. Gue, et al (2006), meneliti kandungan D-Limonene yang mampu menghambat proliferasi dan menginduksi apoptosis pada sel Hl-60 dan sel K562. Buah jeruk nipis bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat batuk, obat pegal linu, penurun panas, ambeien, obat disentri, sembelit, jerawat, kepala pusing/vertigo, mencegah rambut rontok, amanedel, mimisan, radang hidung (getahnya), menghentikan kebiasaan merokok, flu/demam, haid tidak teratur, difteri, ketombe, dan penyakit anyang-anyangan.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) yang dikenal sebagai tanaman kaya manfaat dan khasiat. Buah dengan rasa yang pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah bervariasi.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit, Wajah, dan Rambut

Berdasarkan pendapat Dr. Setiawan Dalimartha, anggota dari Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T) DKI Jakarta, air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap rasa masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, dan juga dapat membersihkan karat pada logam, kulit yang kotor dan campuran jamu.

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai ramuan herbal yang memiliki manfaat dan khasiat untuk menghilangkan sumbatan vital, energi, peluruh dahak (mukolitik), keringat, obat batuk, dan peluruh kencing (deuritik) dan berperan dalam membantu proses pencernaan.

Jeruk nipis mengandung minyak terbang lomonene dan lonalool, juga flavonoid, misalnya poncirin, rhoifolin, hesperidine, dan naringin. Kandungan buah yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain itu asam sitrat, kalisum, fosfor, besi dan juga vitamin A, B1 dan C. Asam sitratnya yang dapat mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Sedangkan pendapat menurut kedua para ahli yaitu Hj. Sarah Kriswanti, seorang herbalis yang tinggal di Bandung dan juga Dr. Setiawan Dalimartha dari Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia (Hiptri), yang memberikan cara mendapatkan manfaat jeruk nipis sebagai obat herbal yang membantu dalam penyembuhan penyakit. 

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut.

1. Manfaat Jeruk Nipis: Obat Ambeien. Jeruk nipis dapat dimanfaatkan dalam mengobati ambeien dengan cara pengolahan yaitu mengunakan sebanyak 10 gr akar ohon jeruk nipis dicuci bersih, kemudian direbus pada air 1 liter dengan 1/2 jam, lalu disaring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

2. Manfaat Jeruk Nipis: Obat Batuk. Dengan menggunakan satu jeruk nipis yang dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam yang diaduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula, kemudian diaduk hingga seluruhnya rata, konsumsilah ramuan jeruk nipis tersebut setiap hari hingga sembuh untuk hasil maksimal manfaat jeruk nipis anda dapatkan.

3. Manfaat Jeruk Nipis: Obat Amandel. Jeruk nipis dapat anda manfaatkan dalam pengobatan amanedel dengan memanfaatkan 3 kulit jeruk nipis yang dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut digunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4  kali sehari.

4. Manfaat Jeruk Nipis: Obat Anyang-Anyangan. Jeruk nipis dapat bermanfaat dan berkhasiat mengobati anyang-anyangan dengan menggunakan 2 jeruk nipis yang dicuci, diperas lalu ditambahkan gula batu secukupnya dan tambahkan 1 gelas air panas. Aduk saat hangat dan minum setiap hari sekali untuk manfaat jeruk nipis maksimal.

5. Manfaat Jeruk Nipis: Hipertensi. Jeruk nipis dapat mengobati tekanan darah tinggi dengan cara menyediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Bersihkan hingga bersih, kemudian beri air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus seluruh bahan ke dalam 3 gelas air bersih hingga 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Hasil saringan tersebut anda minum sebanyak 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan tersebut dengan memberi tambahan sedikit madu. Lakukan setiap hari.

6. Manfaat Jeruk Nipis: Vertigo. Jeruk nipis dapat diolah dengan memberikan setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan dengan memberikan tambahan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosoklahke tengkuk, peliis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

7. Manfaat Jeruk Nipis: Batu Ginjal. Cara memanfaatkan jeruk nipis dalam mengobati penyakit batu ginjal adalah dengan menggunakan dua butir perasan jeruk nipis kampung yang diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan secara rutin setiap hari hingga sembuh untuk hasil maksimal dalam mendapatkan manfaat jeruk nipis.

8. Manfaat Jeruk Nipis: Batuk Disertai Influenza. Cara mengobati batuk disertai flu dengan jeruk nipis sangatlah mudah dengan memotong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, kemudian peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Beri 1/2 sendok teh air kapur sirih dengan diaduk rata. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari 2 sendok makan.

9. Manfaat Jeruk Nipis: Obat Difteri. Cara mendapatkan manfaat dan khasiat jeruk nipis sebagai pengobatan difteri adalah dengan menggunakan dua jeruk nipis yang dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas yang diberi 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur hingga dua menit saat masih hangat lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

10. Manfaat Jeruk Nipis: Obat Haid Tidak Teratur. Cara mendapatkan manfaat jeruk nipis sebagai pengobatan haid tidak teratur adalah dengan menggunakan tiga sendok makan air jeruk nipis yang diberi 1 sendok makan madu dan ditambahkan 2 gelas air panas yang diaduk hingga rata. Konsumsi ramuan tersebut selagi hangat 3 kali sehari.

11. Manfaat Jeruk Nipis: Obat Demam atau Flu. Dalam menggunakan jeruk nipis sebagai obat demam atau flu dengan menggunakan satu jeruk nipis yang dicuci dan diperas, dengan ditambahkan dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita. atau dengan menggunakan satu jeruk nipis yang dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, dan kemudian diberi 1 sendok makan madu dan kemudian diminum sekaligus.

12. Manfaat Jeruk Nipis: Radang Tenggorokan. Jeruk nipis dapat anda manfaatkan dengan menggunakan 3 potong buah jeruk nipis masak, lalu diperas. Seduh air perasaannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

13. Manfaat Jeruk Nipis: Kurap atau Panu. Jeruk nipis dapat anda manfaatkan untuk mengatasi kurap atau panu yang dicuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu ditumbuk halus. Tambahkan air perasan i buah jeruk nipis dengan diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, kemudian dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari hingga sembuh.

14. Manfaat Jeruk Nipis: Sakit Gigi. Membuat obat sakit gigi dengan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, kemudian aduk hingga rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu dibuang. Lakukanlah 4-6 kali sehari.

15. Manfaat Jeruk Nipis: Pegal Linu. Jeruk nipis dapat anda manfaatkan sebagai obat pegal linu dengan mencuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina dan daun sambiloto yang masing-masing 1/3 genggam, 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian rendam ke dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

16. Manfaat Jeruk Nipis: Demam atau Panas Saat Malaria. Cara mengolah jeruk nipis sebagai obat demam atau panas saat malaria adalah dengan menyediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd) (Blumea balsamifera L.), dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan hasil saringan tersebut anda minum dua kali pagi dan sore.

17. Manfaat Jeruk Nipis: Diabetes. Jeruk nipis ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk diabetes, pernyataan ini berdasarkan yang dirilis dari American Diabetes Association karena jeruk nipis memiliki serat yang dapat membantu makanan untuk membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah sebagai risiko serius untuk pasien diabetes.

Jeruk nipis dari buah jeruk mempunyai glikemik rendah yang tidak menyebabkan lonjakan tak terduga kadar glukosa.

18. Manfaat Jeruk Nipis: Penyakit Jantung. Manfaat jeruk nipis yang satu ini mungkin sangat amat penting karena ada pada daerah jantung yang mana sebelumnya diketahui bahwa serat larut yang sama dapat membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah dengan membuat tekanan darah menjadi lebih rendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL (kolesterol buruk). Selanjutnya, serat larut mengurangi peradangan pada pembuluh darah dengan tindakan pencegahan yang dikenal terhadap penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

19. Manfaat Jeruk Nipis: Asam Urat. Terdapat dua penyebab asam urat yang pertama adalah akumulasi radikal bebas dalam tubuh dan kedua adalah akumulasi racun dalam tubuh. Sedangkan hubungan asam urat dengan jeruk nipis karena jeruk nipis membantu mencegah kedua penyebab ini dengan sumber antioksidan dan pendetoks (vitamin-C & Flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

20. Manfaat Jeruk Nipis: Gangguan Kemih. Jeruk nipis dapat bermanfaat bagi anda karena kandungan kalium yang tinggi, efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang tersimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis dapat membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Selain itu, dapat membersihkan penyumbatan air seni yang berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

21. Manfaat Jeruk Nipis: Anti Kanker. Jeruk nipis dapat anda manfaatkan sebagai pencegahan kanker karena kandungan zat anti kanker seperti flavonoid yang mana peran dari flavonoid adalah membunuh dan mencegah kerusakan sel. Sehingga jeruk nipis sangat baik untuk anda konsumsi setiap hari untuk pencegahan kanker dan manfaat jeruk nipis maksimal.

22. Manfaat Jeruk Nipis: Radang Sendi. Jeruk nipis dapat bermanfaat dan berkhasiat bagi anda karena dapat menyembuhkan radang sendi karena kandungan

23. Manfaat Jeruk Nipis: Obat Varises. Jeruk nipis dapat berkhasiat dalam menghilangkan varises dengan mudah, yaitu gunakan 1-2 buah jeruk nipis, kemudian potong jeruk nipis menjadi dua bagian, selanjutnya usapkan bagian dalam jeruk nipis papda varises anda. Lakukan hal ini pagi dan malam secara rutin karena proses penyembuhan tidak bisa instan. 

24. Manfaat Jeruk Nipis: Terkilir. Jeruk nipis dapat anda manfaatkan dalam mengobati kaki atau apa saja itu yang sedang terkilir dengan menyediakan 3 buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya lalu diperas dan disaring. Setelah itu, berilah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan untuk mengobati terkilir tersebut dilakukan dengan mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

25. Manfaat Jeruk Nipis: Lendir Di Tenggorokan. Bagi anda yang sedang mengalami penyakit ini, dapat dengan mudah anda sembuhkan dengan memotong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk hingga rata. Ramuan tersebut dapat anda minum saat perut kosong.

26. Manfaat Jeruk Nipis: Obat Antimabuk. Bagi anda yang hendak berpergian jauh hendaknya menggunakan manfaat jeruk nipis sebagai obat antimabuk anda dengan meminum perasan air buah jeruk nipis . Atau hanya dengan mencium aroma remasan kulit jeruknya saja dapat menghilangkan rasa mabuk di perjalanan walau perjalan jauh sekalipun

27. Manfaat Jeruk Nipis: Gangguan Buang Air Kecil. Jeruk nipis dapat anda manfaat atau gunakan khasiatnya untuk meringankan atau mengatasi gangguan anda disaat buang air kecil dengan meminum air perasan buah jeruk nipis yang ditambahkan dengan gula batu sedikit untuk tidak terlalu asam.

28. Manfaat Jeruk Nipis: Bau Keringat, Bau Ketiak, dan Bau Badan Lainnya. Jeruk nipis dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan bau badan atau bau apapun pada tubuh anda dengan memanfaatkan perasan buah jeruk nipis yang dicampur dengan perasan sedikit sekapur sirih. Ramuan tersebut dapat anda gunakan dengan membuat sebagai obat gosok ke bagian badan yang menghasilkan bau.

29. Manfaat Jeruk Nipis: Maag. Cara membuat obat maag dengan menggunakan jeruk nipis adalah gunakan 1 buah jeruk nipis ke dalam gelas 250 cc air putih hangat , kemudian belah jeruk nipis menjadi dua lalu peras ke dalam air hangat tersebut, minumlah obat maag ini disaat bangun tidur sebelum perut bersisi makanan , untuk masa penyembuhan maag anda dengan memanfaatkan jeruk nipis tergantung pada kondisi fisik masing-masing dapat hitungan hari, minggu atau bahkan bulan. 

30. Manfaat Jeruk Nipis: Mengurangi Risiko Stroke Bagi Perempuan. Berdasarkan studi Asosiasi Jantung Amerika, perempuan yang mengkonsumsi sejumlah varian jeruk dalam jumlah besar memiliki risiko rendah yaitu 19% risiko stroke dibandingkan dengan perempuan yang mengkonsumsi sedikit jeruk. Namun dari penelitian tersebut menyarankan agar berhati-hati membeli jeruk atau jus anggur di supermarket karena kadar gula yang sebagian besar. Sehingga alangkah lebih baiknya membuat sendiri perasan jeruk nipis kedalam masakan anda, sekaligus menambah cita rasa makanan dan minuman.

31. Manfaat Jeruk Nipis: Kurangi Risiko Kanker Hingga 50%.  Jeruk nipis berkhasiat dalam mengurangi risiko kanker hingga 50% karena kandungan limoninnya yang cukup tinggi yang hampir setara dengan kandungan vitamin C, limonin pada jeruk nipis terdapat dalam bentuk glikosida. Menurut The Commonwealth Scientifif and Industrial Research Organization (2003), bahwa diet dengan buah-buah golongan stirus misalnya jeruk nipis dapat mengurangi risiko kanker hingga 40-50%. Selain mengurangi risiko kanker, jeruk nipis juga bermanfaat dalam melangsingkan tubuh, dan menurunkan kolesterol dalam darah.

32. Manfaat Jeruk Nipis: Turunkan Kolesterol dan Hambat penuaan. Dengan kandungan hesperidin jeruk nipis yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol darah, tekanan darah, dan mendukung kerja vitamin C dengan membentuk kolagen, sehingga kulit anda dapat terlihat awet muda.

33. Manfaat Jeruk Nipis: Menghambat Osteoporosis Untuk Ibu Lansia. Sesuai dengan penjelasan diatas yaitu kandungan jeruk nipis, hesperidin yang menjaga massa tulang, khususnya pasca monopause, yang dapat berkhasiat dan bermanfaat dalam menghambat laju osteoporosis.

34. Manfaat Jeruk Nipis: Membantu Pencernaan. Kandungan flavonoid dari jeruk nipis berkhasiat dan bermanfaat dalam membantu menenangkan perut dan membantu pencernaan. Karena air panas dengan jeruk nipis dan madu yang sangat populer sebagai tonik sesudah makan malam.

35. Manfaat Jeruk Nipis: Meningkatkan Kesehatan Mata. Jeruk nipis memiliki manfaat yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan mata, hal ini dapat terjadi karena kandungan vitamin C serta antioksidan dalam buah jeruk nipis dapat melindungi mata dari penuaan dan degenrasi. Tidak hanya itu kandungan flavonoid memberikan perlindungan kepada mata terhadap iritasi dan infeksi.

36. Manfaat Jeruk Nipis: Mengobati Sariawan. Jeruk nipis dapat berguna bagi anda sebagai pengobatan sariawan karena kandungan vitamin C yang tinggi membuat anda tidak perlu lagi menggunkan manfaat jeruk nipis untuk obat sariawan.

37. Manfaat Jeruk Nipis: Difteri. Jeruk nipis dapat bermanfaat dan berkhasiat bagi anda untuk mengobati difteri yaitu salah satu penyakit saluran pernafasan dengan mencuci dua buah jeruk nipis, lalu diperas yang diseduh dengan 1 gelas air panas dan ditambah 1 sendok makan madu. Setelah itu, gunakan untuk berkumur selama 2 menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

38. Manfaat Jeruk Nipis: Membunuh Bakteri. Jeruk nipis dapat bermanfaat bagi anda untuk terhindar dari berbagai penyakit karena jeruk nipis dapat membunuh bakteri selain membunuh cacing juga membasmi bakteri yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Jenis penyakit yang dapat diatas oleh jeruk nipis dari penyebab bakteri adalah malaria, tipes, kolera, dan difteri.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit 


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit, Wajah, dan RambutJeruk dapat bermanfaat bagi anda selain untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh anda, juga dapat bermanfaat dan berkhasiat dalam mempercantik wajah, kulit anda karena terdapat berbagai kandungan jeruk nipis yang kompleks dalam menyehatkan kulit sehingga menambah kecantikan anda, mulai dari jerawat, flek hitam, bekas noda jerawat, melembabkan kulit, memutihkan kulit, mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kecantikan kulit anda. yang dapat anda lihat dibawah ini...

39. Manfaat Jeruk Nipis: Menghilangkan Jerawat dan Bekas Noda. Jerawat biasanya disebabkan karena kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Jerawat merupakan masalah yang biasa terjadi pada kulit berminyak dan bakteri pada pori-pori wajah memperburuk peradangan, dan meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Diatas telah dijelaskan bahwa jeruk nipis memiliki sifat antibakteri, dan antibioik serta sifatnya yang asam  dapat mengontrol kelebihan berminyak.

40. Manfaat Jeruk Nipis: Mengatasi Pori-Pori Membesar. Kandungan astringent yang biasa digunakan untuk kecantikan dan perawat kulit produk dalam meningkatkan penampilan kulit wajah. Jeruk nipis dengan sifat astringent dapat mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih untuk membuat kulit lebih cerah.

41. Manfaat Jeruk Nipis: Menghilangkan Noda Hitam. Beberapa cara dalam menghilangkan noda hitam dengan menggunakan manfaat jeruk nipis adalah dengan menerapkan air jeruk nipis pada kapas dan oleskan ke bagian gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit, kemudian pastikan untuk tetap tinggal dalam rumah hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena air jeruk nipis membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Saran dalam manfaat jeruk nipis setelah menggunakan tips tersebut adalah gunakan tabir surya sebelum keluar rumah.

42. Manfaat Jeruk Nipis: Anti-Penuaan. Jeruk nipis dapat anda manfaatkan sebagai resep anti-penuaan pada wajah atau agar wajah tetap awet muda yaitu dengan cara mengupas jeruk nipis dan gosok pada kulit, atau dengan cara membuat masker alami dengan bahan kulitt jeruk nipis yang secara otomatis dapat mengurangi pigmentasi berlebihan akibat paparan sinar matahari atau UV, membentuk melanin yang mempengaruhi warna kulit, dari hal tersebut kemudian muncul bintik-bintik gelap dan tanda-tanda penuaan.

43. Manfaat Jeruk Nipis: Kulit Bersinar. Kulit bercahaya merupakan idaman baik itu pria dan wanita, untuk mendapatkan kulit bercahaya dengan memanfaatkan jeruk nipis adalah dengan mengoleskan kulit jeruk nipis yang ditambahkan dengan air hangat yang kemudian dicampur dengan madu dan perasan jeruk nipis setiap bagi secara teratur untuk manfaat dan khasiat jeruk nipis.

44. Manfaat Jeruk Nipis: Menjaga Kelembaban Alami Kulit. Perasan jeruk nipis dapat anda gunakan untuk menjaga kelembaban kulit dengan menambahkan putih telur yang kemudian dijadikan sebagai masker jeruk nipis, gunakan secara teratur untuk manfaat dan khasiat jeruk nipis.

45. Manfaat Jeruk Nipis: Menghapus Kulit Mati. Jeruk nipis dapat bermanfaat bagi anda dalam menghapus kulit mati karena kandunganasam sitrat pada kulit jeruk nipis berguna mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sudah biasa dalam perawatan kecantikan di berbagai tempat SPA serta pengobatan meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah, agar anda melakukan secara teratur, maka manfaat jeruk nipis anda dapatkan maksimal.

46. Manfaat Jeruk Nipis: Mengencangkan Pori-Pori. Jeruk nipis dapat mengencangkan pori-pori kulit anda karena kandungan astringent efektif dalam mengecangkan otot-otot sementara sehingga dapat mengurangi roduksi minyak untuk memberikan kulit lebih cerah dan sempurna.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menyehatkan Rambut

Selain bermanfaat untuk menyembuhkan, mencegah dan mengobati penyakit serta mempercantik, memperindah kulit, manfaat jeruk nipis tidak sampai disitu saja karena manfaat jeruk nipis juga dapat bermanfaat dalam menyehatkan, mempercantik rambut anda. Lalu, apa sajakah manfaat jeruk nipis untuk rambut ?.. benarkah itu jeruk nipis memiliki manfaat dan khasiat untuk rambut..dibawah ini menjawab jeruk nipis dapat anda jadikan resep atau cara dalam menyehatkan rambut anda...

47. Manfaat Jeruk Nipis: Rambut Menjadi Kinclong. Baik pria dan wanita tentu mengidamkan rambut yang berkilau atau bersinar, lalu bahan yang sangat murah dan terjangkau dalam membuat rambut menjadi kinclong adalah air jeruk nipis yang ditambahkan dengan madu dan minyak zaitun dengan pemakaian sebelum mencuci rambut.

48. Manfaat Jeruk Nipis: Meningkatkan Pertumbuhan Rambut. Jeruk nipis sudah lama dimanfaatkan sebagai solusi dalam mengobati kebotakan atau rambut yang selalu rontok, karena manfaat jeruk nipis untuk rambut karena kandungan vitamin C yang merupakan nutrisi utama  dalam pertumbuhan rambut.

49. Manfaat Jeruk Nipis: Menghilangkan Ketombe. Jeruk nipis dapat menghilangkan ketombe anda, dengan cara membasuh rambut dengan air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Diamkan rambut sebenar dan bilas dengan air dingin hingga bersih, kemudian bilas rambut dengan shampo yang mengandung jeruk nipis.

50. Manfaat Jeruk Nipis: Mencerahkan Warna Rambut. Air jeruk nipis dapat bermanfaat dan berkhasiat dalam mencerahkan warna rambut anda tanpa menggunakan bahan kimia dan cara mendapatkan manfaat jeruk nipis tersebut adalah gunakan perasan air jeruk nipis pada rambut sambil duduk dibawah sinar matahari selama satu jam. Cara tersebut dapat membuat rambut menjadi cerah. 

 Cara Menjaga Manfaat Jeruk Nipis Dengan Penyimpanan Jeruk Nipis Yang Tepat. 

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit, Wajah, dan Rambut

Manfaat jeruk nipis dapat anda dapatkan masimal ketika buah jeruk nipis yang anda gunakan itu masih segar, atau berkualitas, dimana bulan April hingga Agustus merupakan puncak dari musim jeruk nipis yang banyak tersedia ditoko dengan memilih jeruk nipis yang sesuai dengan besar dan beratnya, warna kuning cerah, aroma jeruk segar. Selain dari itu jangan anda gunakan, misalnya jeruk nipis hijau gelap karena belum matang dan air yang masih kurang, tidak hanya itu hindari buah dengan bintik-bintik gelap disetiap permukaan jeruk nipis. 

Dalam menyimpan jeruk nipis itu dengan membungkus kantong plastik lalu disimpan ke dalam lemari es, yang dapat membuat tetap awet selama seminggu. Sedangkan untuk menyimpan perasan jeruk nipis di kompartemen freezer untuk digunakan nanti.

Manfaat Jeruk Nipis, Tidak Luput Dari Efek Samping 

Beberapa orang tentu aman dalam menggunakan manfaat jeruk nipis secara langsung dan tidak langsung, namun pada sebagian orang, perasan jeruk nipis yang langsung ke kulit tidak aman karena kulit yang sensitif dan begitu juga ketika terpapar sinar matahari, sehingga perlu menggunakan tabir surya sebagai pelindung luar.

Tidak berhenti disitu saja, air jeruk nipis memiliki Ph sekitar 2,0 yang kadar keasaman sangat tinggi sehingga terkadang pada beberapa orang menimbulkan sensasi terbakar jika bersentuhan dengan mulut, lidah, dan bibir. Lalu jika dikonsumsi dlaam jumlah yang besar dapat menimbulkan penyakit dan ulkus lambung kondisi asam lambung. Maka dari itu, bijaklah memanfaatkan jeruk nipis, alangkah lebih baiknya walaupun sedikit, namun dilakukan secara rutin itu lebih baik. 

.
Blog, Updated at: 06.03