36 Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih|Umbi yang terkenal memiliki manfaat dan khasiat dalam dunia kesehatan yaitu bawang putih, karena manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih dapat digunakan baik pria, wanita, anak, ibu hamil, kulit wajah, rambut dan seluruh bagian tubuh terdapat manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan secara umum. Manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih tidak berhenti disitu saja, manfaat bawang putih tidak hanya bermain tunggal dalam kesehatan dan kecantikan tubuh, melainkan bawang putih juga dapat dipadukan tanaman obat-obatan lainnya, guna memaksimalkan efek atau khasiat dalam penyembuhan penyakit atau singkat kata sebagai bahan ramuan obat-obatan tradisional.  

Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan

Bawang putih, dalam pengenalan lebih jauh manfaat dan khasiat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut dapat ditinjau dari berbagai pendekatan, salah satunya sejarah manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih. Secara historis, pemanfaatan bawang putih tidak hanya populer di masa kini, melainkan manfaat bawang putih sudah dikenal khasiatnya sejak dimulai pada peradaban manusia. Sebagaimana pembuktian manfaat bawang putih dari pernyataan Hipocrates bahwa sejak zaman Babilonia dan Yunani, bawang putih dimanfaatkan sebagai obat perangsang (prespiran) yang memiliki manfaat dan khasiat untuk obat sembelit, tidak hanya itu bawang putih juga berkhasiat pelancar air seni.

 Aristoteles pernah menguji manfaat dan khasiat bawang putih sebagai pengobatan di tahun 335 SM, tidak hanya itu, diabad pertengahan, manfaat bawang putih digunakan sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi kehilangan nafsu makan, gangguan paru, gigitan ular, batuk rejan, dan kebtakan.

Manfaat bawang putih dalam catatan sejarah Mesir Kuno bahwa bawang putih memiliki peran dalam pembangunan piramida-piramida besar yang saat dikerja, para pekerja diberi makanan bawang putih dengan jumlah yang besar. Menurut keyakinan mereka bahwa bawang putih memiki manfaat dan khasiat menangkal penyakit, dan juga memiliki manfaat dan khasiat untuk memberi dan menambah daya tahan tubuh agar tetap kuat. 

Sedangkan ulasan sejarah manfaat dan khasiat bawang putih saat Perang Dunia Ke-2, bawang putih dikonsumsi prajurit tempur karena manfaat bawang putih yang diyakini dan bertujuan memberikan khasiat untuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh dalam menangkal dan menyembuhkan berbagai penyakit. 

Dicina pun begitu, manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih sudah dikenal sejak dulu sebagai pengobatan tradisional, karena saat itu cina sering menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai pengobatan termasuk bawang putih, alasannya cina menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai pengobatan adalah tidak hanya menyembuhkan bagian tubuh yang sakit, tetapi mengobati seluruh bagian tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh. Hal ini karena bahan-bahan alami yang bergizi bagi tubuh. 

Setelah pembuktian manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih secara historis, manfaat bawang putih dan khasiat bawang putih dapat juga ditinjau dari berbagai cerita-cerita rakyat akan khasiat bawang putih yang mana diakhir tahun 60-an, seorang bibi yang membawa botol berisi kapsul bawang putih, atau "pearles".  Bibi mengatakan manfaat bawang putih bahwa dengan mengonsumsi kapsul bawang putih dapat menjaga tubuh agar senantiasa sehat. Manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih terus diyakininya menjelang beberapa bulan ulang tahun ke-100 ia meninggal. Dari cerita ini, mungkin ada yang berfikir bahwa manfaat dan khasiat bawang putih memberi umur yang panjang seperti bibi Nancy, tetapi manfaat dan khasiat bawang putih jangan dijadikan pengukuran umur panjang bibi Nency karena dari riwayat mengatakan bahwa bibi tersebut selalu melakukan aktivitas sehat, dan selalu sarapan pagi dengan apel dan pisang. 

Dari cerita bibi Nancy diatas, dan anda yang berkesimpulan bahwa terdapat manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih menambah umur atau memperlama hidup dan kembali berubah karena mengetahui bahwa pola hidup bibi Nancy sehat, tetapi menurut penelitian bahwa manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih tidak menyebutkan memberi umur panjang, namun bawang putih berkhasiat sebagai zat alami anti penuaan karena bawang putih dapat bermanfaat meremajakan urat-urat darah lebih mudah 15 tahun. Manfaat bawang putih yang luar biasa. Tidak hanya itu, ada banyak lagi yang menceritakan pengalaman manfaat dan khasiat bawang putih. 

Diabad ke-17, ketika terdapat suatu wabah yang melanda sebagian belahan Eropa, terdapat dua kelompok pendeta yang menjadi perhatian yaitu pendeta Perancis dan pendeta Inggris yang bertahan hidup lebih lama karena mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang banyak dalam melawan wabah sampar.

Berdasarkan buku Complete Herbal (1653) oleh Nicholas Culpeper mengklaim bahwa bawang putih sebagai penyembuh dari segala penyakit: suatu obat untuk semua penyakit dan luka. Bawang putih melancarkan air seni, dan siklus bulanan wanita, mengobat gigitan anjing gila dan gigitan binatang lain yang berbisa, membunuh cacing pada anak-anak, luka dan buang air, dahak, menghilangkan sakit kepala, dan lemas. Bawang putih merupakan pencegah serta obat bagi wabah apa saja, sakit tenggorokan atau bork bernanah. 


36 Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut

Berbagai pujian terhadap manfaat dan khasiat bawang putih dalam menyembuhkan berbagai penyakit, pengobatan, kesehatan dan kecantikan, terdapat juga suatu catatan sejarah kepopuleran bawang putih sekaligus manfaat dan khasiatnya tidak diyakini lagi yaitu pada awal abad ke-19 di Inggris, dari Ny Beeton dalam karya buku masak Victorian-nya  tidak menulis bawang putih dan dianggap bawang putih tidak cocok sebagai bahan masakan dan hanya senyeka pada mangkuk salad. Sebagai orang menyatakan: "Bau bawang putih umumnya dianggap menusuk hidung".

Diawal abad ke-20, awal kebangkitan bawang putih dalam menyebarkan manfaat dan khasiatnya, saat itu mereka pernah mendengar manfaat dan khasiat bawang putih dari sumber-sumber asing. Maka diperang Dunia I, orang Rusia memanfaatkan bawang putih yang telah dilumatkan dan manfaat bawang putih untuk pembalut luka, mencegah pembusukan, dan terus berlanjut dalam menggunakan manfaat bawang putih sebagai penyembuh dalam Perang Dunia I, dan lanjut di Perang Dunia ke-2 bawang putih telah dikenal sebagai "Penelisin Rusia". Sedangkan di libanon, manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih dikenal sebagai resep untuk diet.

Diakhir 20 tahun terakhir manfaat dan khasiat bawang putih mengalami masa kebangkitan. Sebegitu besarnya pengaruh khasiat bawang putih sehingga di tahun 1994, didirikanlah Pusat Informasi Bawang Putih- dan sampai saat ini terus berkembang di Sussex Timur, untuk mempromosikan manfaat bawang putih sebagai obat segala penyakit dari masuk angin yang umum hingga penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Dan masih banyak lagi manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih yang pernah hanya sebatas mitos, dongeng, kisah oleh nenek-nenek moyang, dan sekarang telah terbukti dan tidak perlu lagi diragukan alasan menggunakan manfaat dan khasiat bawang putih.  

Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan

 Bawang putih dengan nama ilmiah Allium sativum L.  Bawang putih hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan. Bawang putih yang digunakan bersama campuran seperti bawang merah, tomat dan jahe. Rasanya yang pedas dengan aroma yang tajam membuat masakan terasa gurih, saking populernya bawang putih sebagai bumbu maasakan dan bawang putih sebagai obat herbal penyembuh berbagai penyakit atau manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih yang membuatnya terdapat berbagai penamaan disetiap daerah berbeda khususnya indonesia dan beberapa mancanegara yaitu sebagai berikut...

Nama-Nama Bawang Putih



Berbagai pembuktian-pembuktian manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih mulai dari zaman yunani kuno, cerita-cerita rakyat, buku, dan berdasarkan catatan-catatan sejarah, tidaklah mungkin cukup menyakinkan anda manfaat dan khasiat bawang putih tanpa adanya pembuktian secara ilmiah manfaat dan khasiat bawang putih. Terdapat satu pendekatan atau peninjaun lagi dalam membuktikan manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih melalui kandungan gizi bawang putih yang notabene dapat dijadikan rujukan membuktikan manfaat bawang putih secara ilmiah, sehingga pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenak anda seperti bagaiman awang putih dapat bermanfaat dalam mengobati penyakit ? bagaimana bawang putih bermanfaat untuk kecantikan kulit ?.. bagaimana bisa manfaat bawang putih sebanyak itu ?... Pertanyaan akan terjawab pada kandungan gizi bawang putih yang membuktikan manfaat bawang putih atua khasiat bawang putih. Kandungan gizi bawang putih dapat anda lihat dibawah ini...

Kandungan Bawang Putih

Masyarakat banyak yang percaya akan khasiat dan manfaat bawang putih, tetapi masih sedikit diantara mereka yang mengetahui alasan ilmiah dibalik manfaat dan khasiat bawang putih. Mereka tahu manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih hanya sebatas pada bentuknya yang menyerupa gasing, baunya yang menyengat, warnanya putih, sebagai bumbu penyedap masakan, dan cerita-cerita bahwa bawang putih berkhasiat. 

Tabel Kandungan Zat Gizi Bawang Putih Per 100 gram bahan sebagai Pembuktikan Manfaat dan Khasiat Bawang Putih
Kandungan Gizi Bawang Putih Dalam Membuktikan Manfaat dan Khasiat Bawang Putih



















Bawang putih mengandung minyak asiri yang mudah menguap di udara bebas. Minyak asiri dari bawang memiliki kemampuan antibakteri dan antiseptik. Aroma khas yaitu alisin yang mengandung sulfur dengan struktur tidak jenuh dan dalam beberapa detik saja terurai senyawa dialil sulfida. Didalam tubuh, alisin merusak protein kuman penyakit, kuman penyakit tersebut mati. Alisin zat aktif mempunyai daya antibiotika cukup ampuh. Diduga kemampuan alisin 15 kali lebih kuat dari penisilin. 

Scordinin berperan sebagai enzim pertumbuhan dalam proses germinasi (pembentukan tunas) dan pengeluaran akar bawang putih. Scordinin diyakini meningkatkan daya tahan tubuh (stamina) dan perkembangan tubuh. Hal ini dapat terjadi karena kemampuan bawang putih dalam bergabung dengan protein dan menguraikannya, sehingga protein tersebut mudah dicerna oleh tubuh. 

Antistres
Dr. Gilles Fillion dari Institute Pasteur di Prancis bahwa bawang putih membantu pelepasan serotonin yang berfungsi mengatur suasana hati dan perilaku seperti rasa cemas, muring, sakit, agresi, strees, kurang tidur, dan ingatan. Kadar serotonin yang tinggi dalam otak akan menenangkan mempermudah tidur, dan mengatasi kesedihan. 

Bawang putih saat ini dikenal dengan umbi seribu khasiat. 

Sulfur, Antibiotik Alami dan Pereda Flu Batuk
Salah satu zat aktif pada bawang putih yang keluar ketika bawang putih dihancurkan dengan cara dicingcang atau ditumbuk adalah sulfur (belerang). zat ini berperan sebagai antibiotik alami yang efektif bagi tubuh. 
Penelitian Los Angeles terhadap lima orang mengalami kripto menujukkan bahwa seluruh gejala berkurang setelah mereka mengonsumsi bawang putih. Kripto terjadi karena sistem pertahanan tubuh melemah karena penyakit atau paparan obat. Penelitian membuktikan bahwa bawang putih bermanfaat dan berkhasiat bagi kekebalan tubuh karena mengandung antibakteri dan antijamur. Kandungan dalam bawang putih yang melawan kripto, herpes virus, sitomegalovirus, organisme mikrobakteri atau kandida, kriptosporidiosis dan HIV. 
36 Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut

Manfaat dan khasiat bawang putih yang dapat menjadi obat alternatif untuk flu dan batuk, jika tidak ingin mengonsumsi obat kimia. Dapat dengan mengonsumsi bawang putih secara langsung atau dalam masakan karena kandungan sulfur dalam bawang putih yang meningkatkan dan mempercepat kegiatan membrane muccous pada saluran pernapasan. Efek yang diberikan dapat melegakan pemanpatan dan membantu mengeluarkan lendir. 

Tidak hanya itu, manfaat bawang putih dan khasiat bawang putih dapat membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit karena kandungan phytochemical. Penelitian di tahun 1992 oleh Universita Brigham Young di Utah bahwa bawang putih tumbuh dalam minyak dapat membunuh Rhinivirus tipe 2 penyebab umum flu. 

Antiaging dan Antikanker
Penelitian Dr. Yongxiang Zhang dari University of Tokyo Jepang bahwa bawang putih dapat menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan. Penelitian dilakukan pada hewan membuktikan bawang putih membantu menghambat proses penuaan. 

Menghambat sel kanker dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi bawang putih secara teratur. Penelitian oleh Memorial Sloan Kattering Cancer Center menemukan bahan kimia bernama SAMC dalam bawang putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Selain itu, zat organosulfida dalam bawnag putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia penyebab kanker, khususnya kanker perut dan usus besar. Peneliti dari Penn State University merekomendasikan untuk membiarkan dulu potongan atau tumbukan bawang putih paling sedikit 10 menit agar bawang membentuk kandungan-kandungan memerangi kanker untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 
 
Mengurangi Risiko Komplikasi Pre-eklampsia
Sebagian ibu hamil menderita gejala pre-eklamsi ketika dalam masa kehamilan, yaitu meningkatnya tekanan darah dan kandungan protein dalam urine. Kondisi tersebut bagi ibu hamil sangat berbahaya karena membahayakan ibu dan janin dikandungnya. Untuk mengurangi pre-eklamsia, anda dapat menggunakan manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih dengan mengonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan. Walaupun pre-ekslamsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks. tetapi konsumsi bawang putih dapat memberikan manfaat dan khasiatnya dengan mengurangi kemungkinan terjadi.
Vitamin dan Mineral Penting 
Zat aktif lain yang terdapat dalam bawang putih yang tidak kalah manfaat dan khasiatnya bagi pengotan kesehatan dan kecantikan kulit adalah asam amino; zat mineral adalah germanium, selenium, zink, serta vitamin A, B, dan C. Allicin yang memiliki manfaat dan khasiat kesehatan dan kecantikan kulit.

Beberapa ulasan-ulasan pembuktian manfaat bawang putih dan khasiat bawang putih diatas mulai dari pendekatan secara historis, cerita-cerita rakyat, ulasan ilmuan, dan pembuktian konkrit yaitu kandungan gizi bawang putih sehingga bawang putih bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit dengan dapat dijadikan obat herbal dan  campuran bahan-bahan obat-obatan lainnya seperti campuran lemon, madu, minyak zaitun, cuka apel, telur, dan tentu saja cara penggunaan atau cara pengolahan bawang putih sangatlah mudah dan murah sebagai resep obat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Pertanyaan selanjutnya mengenai manfaat bawang putih dan khasiat bawang putih adalah apa sajakah itu manfaat bawang putih ?.. atau apa sajakah khasiat bawang putih ?... dan manfaat bawang putih itu dapat mengobati penyakit apasaja ?.. atau khasiat bawang putih dapat mengobati penyakit apasajah, menyehatkan apa saja dibagian tubuh, dan tentu saja bagaimana bawang putih dapat bermanfaat dalam kecantikan kulit dan rambut. 

Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan


Berikut manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih bagi tubuh untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit, dan mempercantik atau kecantikan tubuh anda...

1. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Diabetes. Bawang putih bermanfaat dan berkhasiat untuk diabetes dengan mengontrol diabetes dan gejala-gejala yang dapat menimbulkan diabetes, dengan mengonsumsi bawang putih setiap hari sesudah makan. Pagi, siang dan malam yang masing-masing dua atau tiga siung sekali makan. Dari pengalaman, mereka yang bobot badannya dibawah 60 kg untuk menggunakan dosis dua siung bawang atau 7 gram sekali makan. Sedang yang lebih dengan dosis 3 siung bawang atau 10 gram.

Bawang putih dan cara pengolahan atau penggunannya untuk obat diabetes adalah dapat dibuat sambal kecap dengan diiris-iris bersama bawang merah dan cabe untuk teman makan nasi. atau dimemarkan kemudian diseduh dengan air panas sebanyak setengah gelas dan diblender, atau dijus; bawang putih diparut, diseduh air panas lalu minum setelah hangat bersama ampas-ampasnya.

36 Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut

Sebelum menggunakan atau mencoba manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih untuk obat diabetes adalah dengan memeriksa diabetes anda ke laboratorium atau dokter. Lalu gunakan resep tersebut selama seminggu, setelah itu cek kembali dan jika terjadi penurunkan kadar gula darah yang cukup banyak dosis diturunkan. Jika telah mendekati normal, kurangi konsumsi bawang putih.

2. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Flu. Flu dapat diobati tanpa menggunakan obat-obatan dipasaran dan harga mahal. Kini terdapat manfaat bawang putih untuk mengobati flu. Bawang putih dapat mengobati flu karena kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih yang membuatnya bau dan rasa khas dengan meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, untuk membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Kandungan phytochemical yang membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

Cara pengolahan atau cara penggunaan bawang putih untuk mendapatkan manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih untuk mengobati flu adalah dengan menghancurkan bawang putih dan masukkan ke dalam susu dingin di dalam panci, lalu panaskan sekitar 1-2 menit, dan minum hangat-hangat. 

3. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Obat Batuk. Cara membuat obat batuk dengan menggunakan tanaman-tanaman herbal atau alami atau pengobatan tradisional dengan bawang putih adalah dengan cara pembuatan obat batuk dengan bawang putih adalah cairan bawang putih sebanyak 5 tetes ke dalam 1 sendok teh, diminum sebanyak 3 kali sehari.

4. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kolesterol. Biasanya dalam mengobati kolesterol dengan bawang putih itu dengan menggunaan jenis bawang putih lanang untuk obat kolesterol. Salah satu studi yang menunjukkan manfaat dan khasiat bawang putih sebagai obat kolesterol adalah dengan mengonsumsi 600 mg bawang putih setiap hari dapat menurunkan kolesterol secara dratis.

Salah satu studi yang dilakukan The Journal of The Royal College of Physicians oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 bahwa bawang putih merupakan agen yang dapat mengurangi lemak dan suplemen bawang putih sangat bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat menurunkan kolesterol tinggi. Menurutnya penurunan terbesar secara keseluruhan adalah 12% dari total kolesterol dalam 4 minggu perawatan.

5. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kanker. Bawang putih dengan kandungan  Organosulfida dalam bawang putih bermanfaat dan berkhasiat dalam memerangi kanker khususnya manfaat dan khasiat bawang putih untuk kanker perut dan usus besar. Organosulfida membantu hati dalam memproses senyawa kimia beracun. Berdasarkan penlitian Penn State University menyarakan untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk mengobati kanker atau khasiat bawang putih disaat setelah bawang putih dipotong atau ditumbuk tunggu hingga 12 menit,untuk membentuk kandungan memerangi kanker.

6. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kanker Payudara dan Kanker Prostat. Bawang putih dapat bermanfaat dan berkhasiat bagi anda dalam mencegah dan menghamt pertumbuhan kanker payudara dan kanker prostat seperti resep diatas tentang manfaat bawang putih dan khasiat bawang putih untuk obat kanker.

7. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Ibu Hamil atau Kehamilan. Dari riset terbaru bawang putih dapat mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia (meningkatkan tekanan darah kandungan protein urine). Manfaat bawang putih untuk ibu hamil adalah menaikkan berat badan bayi dan meningkatkan keselamatan ibu hamil. Riste Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan Dr. I Das di Academic  Departement of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK. Menyimpulkan walaupun pre-eclampsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks, mengonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan dapat mengurangi kemungkinan komplikasi kelahiran. Kelambatan pertumbuhan bayi sangat berbahya bagi ibu dan anak yang terjadi kira-kira diantara sepuluh kehamilan.

Hasil ekstrak bawang putih pada sel-sel plasenta memungkinkan menderita kondisi tersebut terbukti dapat menstimulasi pertumbuhan dan kegiatan enzim penting yang tidak normal pada kehamilan juga berkurang.

8. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Wasir. Wasir/Ambeien dapat disembuhkan dengan bawang putih. Manfaat bawang putih untuk obat ambeien  sangatlah mudah dalam proses pembuatan obat wasir/ambeien. Cara menggunakan manfaat bawang putih untuk ambeien adalah dengan membersihkan daerah anus dan sekitarnya dengan menggunakan air hangat dan sabun, oleskan jus/beberapa siung bawang puting yang telah dimemarkan sebanyak 3-5 kali pada anus yang telah dibersihkan, tunggulah hingga beberapa menit lalu bersihkan.

9. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Bagi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi). Bawang putih bermanfaat dan berkhasiat untuk darah tinggi (hipertensi). Memanfaatkan bawang putih untuk penderita hipertensi dapat terjadi karena khasiat bawang putih yang mengurangi ketegangan saluran darah arteri. Tidak hanya itu manfaat bawang putih bagi hipertensi, bawang putih juga menormalkan detak jantung dan gejala pusing, sesak nafas dan pembentukan gas dalam saluran pencernaan. 

10. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang PutihUntuk Meningkatkan Stamina. Bawang putih bermanfaat dan berkhasiat dalam menambah atau meningkatkan stamina sehingga bawang putih bermanfaat dan berkhasiat dalam meningkatkan antibiotik yang menambah daya tahan tubuh. Kajian mendalam manfaat bawang putih ternyata berkhasiat sebagai sumber stamina dan kekuatan fisik tinggi. Anda yang tiba-tiba sakit, mudah lelah merupakan konsumsi yang wajib mendapatkan manfaat dan khasiat bawang putih dengan cara mengolah bawang putih yang biasa dilakukan yaitu dalam olahan masakan dan menelannya. 

11. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Jantung. Jantung merupakan bagian terpenting atau organ terpenting dalam tubuh manusia sehingga kesehatan jantung harus diperhatikan dan dijaga. Dalam menjaga kesehatan jantung dan mengembalikan kesehatan jantung anda dapat memanfaatkan bawang putih karena khasiat bawang putih yang dapat mencegah serangan jantung, membantu mengecilkan sumbatan pada arteri jantung dari penelitian yang telah dilakukan dengan cara mengonsumsi bawang putih secara teratur sekitar 2-3 siung setiap hari anda dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena serangan jantung.

12. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Dengan Antibakteri. Bawang putih dari hasil penelitian mengandung asam amino allicin yang memiliki sifatantibakteri,antiviral dan antifungal khususnya dalam mengatasi parasit usus. Kemampuan bawang putih yang mirip dengan penicillin dapat mengatasi bakteri walaupun tidak dimaksukkan sebagai pengganti penicillin, namun bawang putih dapat digunakan manfaat dan khasiatnya sebagai obat untuk bakteri.

13. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengobati Infeksi Luka. Bawang putih bermanfaat dalam mengobati infeksi luka dengan gerus bawang dan ambil airnya, lalu lulurkan pada ke luka. Luka sebelumnya dilapisi dengan perban tipis.


14. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengobati Kutil dan Masalah Kulit. Khasiat bawang putih yang dapat melawan infeksi dan bakteri membuatnya menjadi bahan pengobatan yang efektif dalam mengatasi kutil dan masalah kulit lainnya.

36 Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut


15. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengurangi Sakit Tenggorokan dan Sakit Gigi. Manfaat bawang putih untuk sakit gigi dengan mengurangi dan bahkan dapat menyembuhkan sakit gigi yang anda derita dan juga sakit tenggorkan karena sifatnya antibakteri dan anestesi sehingga membantu menyembuhkan sakit gigi. Cara mengolah manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih cukup dengan kupas kulit bawang putih, kunyah bawang dan telan airnya.

16. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Obat Wajah Jerawat. Bawang putih bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat jerawat. Dalam pembuatan bawang putih buat jerawat sangatlah mudah anda gunakan dalam cara membuat obat jerawat anda dengan bawang putih tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, jerawat anda dapat hilang dengan mudah. Berjerawat merapakan masalah yang amat penting, caranya dengan bawang putih adalah tumbuk halus bawang putih sampai membentuk pasta dan oleskan pada bagian yang bermasalah di kulit misalnya kulit. Tidak hanya itu resep obat jerawat ini dapat juga sebagai obat kutil dan eksim.

`18. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Obat Sakit Kepala. Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat sakit kepala adalah dengan menghaluskan umbi bawang putih dengan ditumbuk dan ditempelkan sebagai kompres di dahi.

19. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Asma. Bawang putih sangat bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat asma. Cara membuat obat asma dengan bawang putih adalah dengan menumbuk halus 3 siung bawang putih, lalu campur dengan 1 sdm madu dan gula batu secukupnya hingga merata. Peras/saring dan minum setiap pagi hingga keluhan sembuh. Manfaat bawang putih untuk asma dalam resep ini juga dapat digunakan mengobati masuk angin dan batuk.

20. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Sebagai Obat Hepatitis (Sakit Kuning). Manfaat bawang putih dalam mengobati sakit kuning (hepatitis) yang penyakit ini sangat berbahaya. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit kuning adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih, lalu rebus bersama gula batu (1 bongkah sebesar telur ayam) dengan 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih, aduk hingga merata, kemudian disaring. Minum sebanyak 2 kali 2 sendok makan setiap pagi dan sore.

21. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengatasi Sembelit. Bawang putih dapat anda gunakan dalam mengatasi sembelit atau pencernaan yang kurang lancar, cara mengolah bawang putih untuk obat sembelit adalah menghaluskan bawang putih dan bawang merah secukupnya dengan cara ditumbuk, lalu peras. Air hasil perasan bawang putih di saring dan diminum seperti biasa.

22. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengobati Luka Memar. Cara membuatnya sangatlah mudah dengan menumbuk halus bawang putih, lalu tambahkan sendok makan madu. Campurkan hingga merata, lalu oleskan pada memar anda.

23. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengobati Luka Akibat Benda Tajam Berkarat. Cara membuatnya dengan membakar umbi bawang putih, lalu celupkan ke dalam minyak kepala. Tumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada luka anda.

23. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Vitalitas Pria. Manfaat bawang putih bagi vitalitas pria atau zakar atau penis, yang bagi pria, vitalitas sangat mempengaruhi hubungan dan mempererat hubungan anda. Khasiat bawang putih untuk vitalitas  dapat dibuat dengan cara mudah cukup dengan mengkonsumsinya setiap hari, namun bagi anda yang memiliki masalah dengan bau badan, diharapkan untuk tidak mengonsumsinya karena bawang putih dapat menambah bau badan anda. Bawang putih dapat bermanfaat bagi vitalitas atau memperpanjang penis dan memiliki manfaat dalam mencegah ejakulasi dini karena senyawa alami seperti aliin yang didukung oleh enzim alinase, alisin, dan asam piruvat, ammonia, sulfur yang berkhasiat untuk vitalitas pria.

24. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Miss V Yaitu Manfaat Bawang Putih Untuk Keputihan.  Cara memanfaatkan bawang putih untuk obat miss v yang salah sat adalah keputihan dengan mengonsumsi bawang putih satu siung sehari dapat membantu dan mempercepat penyembuhan infeksi karena zat anti fungal atau anti jamur.

25. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Vertigo. Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk mengatasi vertigo adalah sangatlah mudah dengan cara mengonsumsi setiap hari 5-7 siung yang dicincang seperti obat yang pake air putih setiap pagi sebelum bekerja.

26. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Varises. Cara membuat obat varises dengan bawang putih adalah dengan menggunakan 5 siung bawang putih yang kemudian dicincang halus yang disimpan ke dalam toples bersih tambahkan 3 buah perasan jeruk nipis dan 2 sendok minyak zaitun dan tutup rapat hingga 12 jam lamanya. Setelah itu gunakan ramuan herbal untuk varises dengan bawang putih dll dengan menggosokkan kekaki yang terkena varises. Sebelum itu kocok toples agar seluruh ramuan tercampur sebelum digunakan.

28. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Asam Urat. Bawang putih dapat bermanfaat untuk asam urat karena khasiat bawang putih yang meredakan atau mengurangi rasa sakit misalnya nyeri, kesemutan, pega linu pada persendian yang memang wajar muncul pada penderita asam urat, bawang putih dapat bermanfaat karena adanya zat anti-inflamasi yang terkandung, tidak hanya itu bawang putih juga bermanfaat dan berkhasiat dalam mengurangi kadar purin karena kandungan bawang putih yang mengikat purin berlebih dan dibuang ke anus sehingga asam urat menjadi normal kembali. Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk asam urat adalah dengan mengonsumsi 2siung bawang putih setiaphari.

29. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Asam Lambung (Maag). Cara mendapatkan manfaat bawang untuk asam lambung (maag) adalah sangatlah mudah cukup dengan menyiapkan beberapa siung bawang putih yang diparut sampai halus. Hasil parutan dimasukkan ke dalam satu gelas air hangat yang diaduk hingga rata. Saring arinya, kemudian dikonsumsi sebagai obat maag setiap hari. Lakukan secara rutin untuk meredakan maag. Perlu anda ketahui bahwa maag atau asam lambung tidak hanya dapat disembuhkan atau diatasi dengan bawang putih karena faktor-faktor terjadi maag (asam lambung) itu menjadi penentu anda dapat mengatasi maag atau tidak.

29. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Herpes. Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk herpes adalah dengan mencincang bawang putih dan meletakkan pada tempat yang melepuh setidaknya selama 20 menit lalu bersihkan, lalu bilas dengna air hangat. Ulangi proses tersebut selama 5 kali untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk menghilangkan herpes anda. Manfaat bawang putih untuk herpes dapat terjadi karena anti-fungal,antibakteri, antivirus dan kandungan mineral seperti zat besi, fosfor, sulfur, dan kalsium dan minyak esensial seperti allicin yang disebut sebagai antibiotik alami.

30. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Ibu Menyusui. Bawang putih dapat bermanfaat untuk ibu menyusi dengan khasiat yang memberikan ibu dapat menyusui lebih lama dan bayi dapat tertarik minum ASI dari jurnal Pediatrics.

31. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengatasi Mastitis. Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk mengatasi mastitis adalah dengan mengonsumsi 2 hingga 5 siung bawang putih perharinga sebagai tambahan dari obat yang diberikan dokter. Mastitis adalah kondisi payudara bengkak karena adanya sumbatan susu atau terkena infeksi.

32. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Ereksi Lebih Lama. Lagi-lagi bawang putih memberikan manfaat untuk vitalitas pria dengan manfaat bawang putih buat ereksi yang lebih lama, hal ini berdasarkan studi oleh Dr. Graham Jackson, konsultan St Thomas Hospital di London, bahwa allicin dapat meningkatkan dorongan seks dari laki-laki yang mengalami masalah ereksi.

33. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Rambut (Kerontokan). Bawang putih dapat mencegah rambut anda rontok karena senyawa antibakteri yang dapat memusnahkan parasit dan infeksi di kepala. Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk rambut rontok adalah dengan menghaluskan bawang putih lalu menambahkan minyak zaitun yang kemudian dioleskan di kulit kepala. Lakukan setiap hari dengan rutin.

34. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Rambut Botak. Cara mendapatkan manfaatkan bawang putih untuk rambut botak agar rambut anda dapat kembali tumbuh adalah dengan pembuatan yang sangat mudah, cukup menghaluskan bawang putih menggunakan blender, oleskan ke rambut, biarkan selama seharian.

35. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Menurunkan Berat Badan. Bawang putih dapat menurunkan berat badan anda karena kandungan zat anti-inflamasi yang membantu mengatur sel lemak dalam tubuh kita. Bertambahnya berat badan karena lemak yang terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit ke sel-sel lemak atau adipcytes atau dinamakan proses sisten inflamasi. Vinylidthiin zat yang terdapat bawang putih bermanfaat dalam menghambat terjadi proses inflamasi yang tentu saja dapat menurunkan berat badan dan mencegah bertambahnya berat badan.

36. Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Diet. Bawang putih bermanfaat untuk diet karena kandungan kalori rendah, namun kaya nutrisi, vitamin C dan kalsium serta zat besi. Sehingga bawang putih dapat menjadi salah satu resep diet anda.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih, Terdapat Juga Efek Samping Yang Wajib Anda ketahui

Efek Samping 
Selain sejumlah manfaat dan khasiat bawang putih yang menjaga kesehatan, penyembuh berbagai penyakit dan mempercantik kulit wajah, dan rambut, ternyata terdapat efek samping yang ditimbulkan jika mengounsumsi bawang putih berlebihan. Aroma yang menganggu. Selain itu, bawang putih dapat mengurangi kemampuan darah untuk membeku, artinya jika anda penderita trombositopenia (kekurangan unsur dalam darah yang berfungsi untuk membekukan darah) dan yang mengonsumsi obat antirombosit atau antibeku (misalnya wafarin), berkonsultasi dengan dokter berkaitan dengan jumlah konsumsi bawang putih. Walaupun penelitian mengenai manfaat bawang putih belum begitu banyak dilakukan, tetapi penggunaannya sebagai rempah tetap aman.

Cara Tepat Dalam Mengonsumsi Bawang Putih Untuk Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Yang maksimal
Bagian yang biasa dikonsumsi bawang putih adalah akar yang bentuk umbi lapis. Bagian ini dilapisi oleh kulit tipis dan memiliki bau tajam. Cara pengonsumsiannya, umumnya dicampur bersama bum-bum lainnya dalam suatu maskaan, atau dengan mencapurnya dengan rempah-rempah ketika digunakan sebagai obat jamu. Meningkatkan kesadaran akan manfaat bawang putih juga membuat bawnag produsen menciptakan versi praktis dari bawang putih, yaitu bentuk tablet. Selain itu mulai dikembangkan penggunaan bawang putih dalam bentuk tepung.

Baca Juga: 


36 Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut
Demikianlah informasi mengenai 36 Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 36 Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit, Rambut. 
  • Syamsiah, Siti Iyam. 2003. Khasiat & Manfaat Bawang Putih: Raja Antibiotik Alami. 
  • Kurniawati Nia, Tim Redaksi Qanita. 2010. Sehat & Cantik Alami Berkat: Khasiat Bumbu Dapur. 
  • Sunarjono, Hendro. 2013. Bertanam 36 Jenis Sayur. Depok: Penebar Swadaya. 
  • Hidayat Syamsul. dkk. 2015. Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta: AgriFlo.
  • Rizki, Farah. 2013. The Miracle of Vegetables. Jakarta: AgroMedia Pustaka.
  • Andareto, Obi. 2015. Apotik Herbal di Sekitar Anda. Jakarta: Pustaka Ilmu Semesta. 
  • Evennett, Karen. Khasiat Bawang Putih. Karen

.
Blog, Updated at: 09.07