38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
40 Manfaat Daun Sirsak|Buah yang populer dikalangan ekonomi lemah, namun manfaat buah sirsak atau khasiat buah sirsak tidaklah yang selemah itu, apalagi manfaat daun sirsak yang sering digunakan pengobatan berbagai penyakit dan masalah-masalah kecantikan baik kulit maupun rambut. Populer buah sirsak dibandingkan dengan yang lain memang kalah dari jenis buah yang lain, namun buah sirsak sedang naik daun karena khasiat dan manfaat daun sirsak yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Sirisak (Annota Muricata) awalnya hanya dikenal tanaman buah, namun saat ini juga sebagai tanaman obat dengan khasiat yang luar biasa, seperti yang dilaporkan lembaga penelitian Amerika Serikat bahwa manfaat sirsak, apalagi manfaat daun sirsak mampu membunuh alami sel kanker, bahkan keampuhannya 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. 

Selain sifatnya yang antikanker, sirsak berkhasiat dan bermanfaat dengan sifat antibakteri dan antijamur yang efektif melawan jenis parasit atau cacing. Bahkan manfaat sirsak sampai dapat mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi, depresi dan strees) dan masih banyak lagi yang kebanyakan dalam pengobatan itu menggunakan manfaat sirsak pada daun sirsak yang banyak bermanfaat dalam mengobati penyakit. 

Informasi kali ini, semoga bermanfaat bagi anda mengenai khasiat tanaman sirsak serta kandungannya berdasarkan sumber-sumber buku yang khusus menangani tanaman-tanaman obat-obatan dan dapat menjadi pertimbangan anda dalam menggunakan daun sirsak sebagai media pengobatan penyakit anda dengan memaparkan manfaat-manfaat daun sirsak yang dapat mengobati penyakit apa sajahakah daun sirsak tersebut atau manfaat daun sirsak dibidang pengobatan penyakit yang mana saja dan tidak hanya manfaat daun sirsak di bidang pengobatan kesehatan, daun sirsak juga berkhasiat dan bermanfaat dalam hal pengobatan dan perawatan kecantikan kulit dan rambut anda. Sebelum menginformasikan khasiat dan manfaat daun sirsak, mari kita pertama-tama mengenal daun sirsak yaitu sebagai berikut...

38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit

Sirsak merupakan tanaman tropis yang buahnya memiliki aroma dan rasa khas. Daging buahnya berwarna putih susu, rasanya manis-asam dan berbiji kecil. Buah sirsak dapat dengan mudah didapatkan di pasar tradisional dan sampai supermarket. Tanaman sirsak memiliki nama spesies Annona Muricata Linn, merupakan salah satu tanaman dari kelas Dicotyledonae,keluarga Annonaceae, dan genus Annona. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda adalah Zuurzak yang berarti kantong asam. Tanaman dengan buah tropis yang didatangkan ke Nusantara oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda di abad ke-19, Zuurzak bukan tanaman asli Eropa. 

Sirsak merupakan tanaman tahunan yang tumbuh dan berbuah sepanjang tahun jika kondisi air tanah yang terdapat selama pertumbuhan sirsak terpenuh. Tanaman yang asalnya di daerah tropis di Benua Amerika, yaitu Hutan Amason (Amerika Selatan), Karibia, dan Amerika Tengah. Di tempat asalnya, sirsak merupakan buah yang penting dan bergensi.

Sirsak memiliki sebutan nama yang berbeda disetiap negara dan bahkan daerah misalnya di Inggris sirsak disebut dengan soursop, portugal: graviola, Brasil: paw paw, Spanyol: guanabana, Cina: ang mo lau leen, Malaysia: durian belanda, India: aathakka pazham. Sedangkan di Indonesia sendiri misalnya jawa disebut dengan nangka sebrang, Sunda: nangka walanda, Madura: nangka buris, Bali: Srikaya Jawa, Nias: durio ulondro, Aceh: deureuyan, Lampung: Jambu Landa, dan Minangkabau: durian betawi. 


38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit
Secara umum, pohon sirsak memiliki tinggi sekitar 3-10 meter dengan bercabang rendah dan ranting batang yang sedikit rapuh. Bentuk daun sirsak yang memanjang, seperti lanset atau bulat telur sungsang, ujung yang meruncing pendek, permukaan atas daunnya yang berwarna hijau tua, dari permukaan bawah berwarna hijau muda.

Kulit buah sirsak berduri lunak. Jika buah sirsak masih muda, warnanya adalah hijau dan jaraknya rapat. Sedangkan bagi buah sirsak yang sudah tua berwarna kehitaman dan durinya lunak merenggang. Daging buahnya berwarna putih gading dan memiliki banyak biji. Bunga sirsak memiliki warna kuning dan bentuknya kerucut yang tidak beraturan.

Jenis-Jenis Sirsak

Terdapat tiga jenis sirsak antara lain sebagai berikut...
1. Sirsak Biasa
Buah yang berukuran kecil sampai besar, berkulit licin, dan berduri. Rasa buahnya yang masam sedikit manis dan berkadar air tinggi. Sirsak jenis tersebut cocok dalam dibuat dodol, wajik atau campuran es krim. 
2. Sirsak Ratu
Sirsak yang pertam kali dikembangkan di kawasan Pelabuhan Ratu (Sukabui). Oleh karena itu disebut dengan sirsak ratu. Buah yang ukurannya lebih kecil sampai besar, berkulit licin, dan berduri. Daging buahnya bertepung, kering dan terasa manis. 
3. Sirsak Mandalika
Tampilan buah yang mirip dengan buah nona, yakni bulat kecil dengan daging buah yang warnya kuning, berbiji banyak dan terasa manis. Tanaman ini banyak dijumpai di Cianjur dan Sukabumi. 
4. Sirsak Bali
Sirsak yang penamaanya karena sirsak banyak terdapat di Bali yang biasanya disebut dengan sirsak gundul, sirsak sabun, sirsak irian dan sirsak mentega jenis yang ukurannya lebih kecil dari sirsak pada umumnya dengan berat sekitar 200-300 gram dengan ciri buah yang licin, tidak berduri dan dagingnya manis yang cocok dibuat jus.
Kandungan Daun Sirsak
38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit: Kandungan Daun Sirsak

38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit

Sudah banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat daun sirsak dalam penyembuhan berbagai penyakit.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh 

1. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Mencegah Infeksi. Kandungan nutrisi daun sirsak yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindarkan infeksi dengan merebus daun sirsak 4-5 lembar ke dalam 4 gelas air hingga tersisa 1 gelas air dan konsumsi ramuan duan sirsak secara teratur yaitu sekali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat dan khasiat daun sirsak karena senyawa antioksidan daun sirsak yang dapat menjaga kesehatan tubuh anda.

2. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Diabetes. Batas kadar gula darah yang normal itu dari 70mg-120mg.Kandungan nutrisi yang ada dalam daun sirsak berkhasiat dan bermanfaat dalam menstabilkan kadar gula darah dalam kondisi normal. Sehingga daun sirsak dijadikan sebagai solusi dalam pengobatan obat herbal diabetes alami.

Cara pembuatan obat daun sirsak dalam mengobati diabetes adalah dengan mengambil 2-5 helai daun sirsak. Bersihkan dengan air bersih mengalir yang guna menghilangkan kuman dan bakteri. Rebus daun sirsak dalam 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Minum secara rutin di saat pagi hari dan malam hari untuk penderita diabetes. Lakukan dengan rutin 3-4 hari, dan kemudian cek perkembangan kadar gula darah anda.

3. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Kanker.
khasiat dan manfaat daun sirsak yang paling penting dalam dunia pengobatan yakni mengobati kanker dimana penyembuhan dengan daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan kemoterapi yang dapat menghasilkan efek samping dan biaya yang dapat dikatakan mahal, sedangkan daun sirsak tanpa membeli pun anda dapat mendapatkan khasiat dan manfaat daun sirsak secara gratis . Dari berbagai penelitian, membuktikan bahwa manfaat dan khasiat daun sirsak yang aktif 10.000 kali lebih kuat dibandingkan kemoterapi yang dapat melawan sel-sel kanker. Jenis kanker yang dapat diobati dengan daun sirsak adalah kanker prostat, payudara, dan paru-paru.

Cara membuat obat kanker dengan daun sirsak cukup dengan merebus 10 daun sirsak ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan, lalu manfaat dan khasiat daun sirsak dapat anda dapatkan dengan mengkonsumsinya.


38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit


4. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Asam Urat. Dengan mengkonsumsi daun sirsak anda mendapatkan manfaat sebagai obat asam urat yang cara membuat obat asam urat dengan daun sirsak cukup dengan merebus 6-10 daun sirsak yang sudah tua tapi akan hijau setelah dicuci. Rebus daun sirsak dalam 2 gelas air dan didihkan sampai 1 gelas saja. Ramuan daun sirsak ini anda dapatkan manfaatnya dengan mengkonsumsi sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari untuk manfaat dan khasiat daun sirsak yang maksimal.

5. Manfaat Daun Sirsak Sebagai obat Rematik. Daun Sirsak berkhasiat dan bermanfaat dalam mengobati rematik, yang umumnya dirasakan oleh orang tua. Daun sirsak dapat berkhasiat dan bermanfaat mengobati rematik karena sifat anti radang.

Cara membuat obat rematik dengan daun sirsak cukup dengan menghaluskan daun sirsak dan oleskan pada daerah bagian tubuh yang terasa sakit atau nyeri akibat dari arthritis dan eksim serta rematik dengan teratus yaitu dua kali sehari. Diamkan dalam beberapa menit hingga daun mengering untuk mendapatkan manfaat dan khasiat daun sirsak.

6. Manfaat Daun Sirsak Dalam Mengobati Sakit Punggung. Daun Sirsak dapat mengobati sakit punggung yang biasanya muncul ketika berolahraga dan bertambahnya usia. Adapun pengobatan secara kimia, itu terdapat efek samping sehingga alangkah lebih baiknya dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak yang dapat mengobati sakit punggung.

Cara membuat obat sakit punggung dengan daun sirsak, cukup dengan merebus 20 lembar daun sirsak ke dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas air. Konsumsi 3/4 cangkir ramuan daun sirsak sekali dalam sehari untuk mendapatkan khasiat dan manfaat daun sirsak agar mengatasi masalah sakit punggung anda.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kesehatan Kulit dan Kecantikan Kulit

Daun sirsak juga bermanfaat dalam mengobati kulit dan mempercantikan kulit, macam-macam masalah kulit yang dapat diobati dan dipercantik dengan menggunakan daun sirsak adalah sebagai berikut...

7. Manfaat Duan Sirsak Sebagai Obat Komedo.
Daun sirsak dapat berkhasiat dan bermanfat dalam mengobati komedo anda dengan mengoleskan pada kulit pada daun sirsak yang telah halus.

8. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Eksim. Eksim (eczema) merupakan salah satu yang sering digunakan pada kelainan kulit (salah satu penyakit kulit). Salah satunya kelainan kulit basah atau kelainan kulit yang terlalu kering.

9. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Bisul. Daun sirsak ternyata juga dapat membantu mengobati bisul. Cara penggunaannya cukup mudah, ambil beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai, haluskan, dantempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.

10. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Jerawat Alami. Daun sirsak juga bermanfaat dalam menghilangkan jerawat secara alami. Tentu khasiat dan manfaat daun sirsak yang satu ini sangat membantu dan sangat penting untuk menambah penampilan atau membersihkan wajah. Cara membuat khasiat dan manfaat daun sirsak ini cukup dengan menggunakan 7 lembar daun sirsak yang masih berwarna hijau, tumbuk hingga halus, campurkan daun sirsak dengan air tawar secukupnya, gunakan sebagai masker, sedangkan untuk manfaat daun sirsak sebagai obat jerawat alami yang maksimal adalah gunakan sebelum tidur.

Manfaat Daun Sirsak Pada Pengobatan Kesehatan Rambut dan Kecantikan Rambut

38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit
Selain kulit, daun sirsak juga berkhasiat dan bermanfaat dalam kesehatan rambut dan kecantikan rambut. Manfaat dan khasiat daun sirsak pada rambut adalah sebagai berikut..
 
11. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Penghilang Kutu. Daun sirsak memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan parasit yang tumbuh pada kulit kepala seprti kutu. Dan tidak hanya itu daun sirsak berkhasiat dan bermanfaat dalam menghilangkan ketombe. Cara menggunakan khasiat dan manfaat daun sirsak dengan merebus daun sirsak 10-20 menit lalu gunakanlah air rebusan daun sirsak sebagai keramas.

12. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Rontok. Daun sirsak bermanfaat juga dalam menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok dengan memberikan vitamin-vitamin yang terdapat dalam kandungan daun sirsak. Cukup dengan merebus daun sirsak seperlunya dan balurkan ke rambut anda ke seluruhan.

13. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Menyehatkan Rambut. Sudah jelas dari kandungan daun sirsak yang banyak bermanfaat terhadap rambut yang tentu saja hal ini bermanfaat dan berkhasiat dalam menyehatkan rambut dengan tidak mudahnya rambut menjadi putih atau uban.

Manfaat Daun Sirsak 

38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit
Manfaat daun sirsak banyak digunakan sebagai obat, zat intisari daun sirsak yang efektif memerangi dan menjadi bahan obat. Manfaat dan khasiat daun sirsak dan efeknya sebagai obat adalah sebagai berikut..
14. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Antibakteri: Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri
15. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Antivirus: Untuk menghambat perkembangan virus
16. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker
17. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Antitumor: Untuk Menghambat pertumbuhan tumor
18. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Antiparasit: Untuk Menghambat perkembangan parasit
19. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Antimalaria: Mencegah malaria
20. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Antileishmania: Antileishmania
21. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Antispasmodic: Zat yang dapat merelaksasikan otot polos
22. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Antikonfulsan: antikonvulsan
23. Manfaat Daun Sirsak Sebaai Astrigen: Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir
24. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Antimutagenik: Zat yang menghambat mutasi gen
25. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Analgesik: Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri
26. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Anti-inflamasi: Zat yang menekan peradangan
27. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan
28. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Hipotensi: Zat yang menurunkan tekanan darah
29. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Hipoglikemik: Zat yang menurunkan kadar gula darah
30. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Diuretik: The emetik dari aurine
31. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Penenang: Zat yang menenangkan
32. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Nervin: Untuk memperkuat saraf / saraf tonik
33. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Kardiodepresan: Menekan aktivitas jantung
34. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Galactogogue: Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI
35. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat penenang: Zat yang menenangkan
36. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Stomakik: Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan 
37. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah
38. Manfaat Daun Sirsak Sebagai Vermifuge: Zat yang dapat membunuh cacing usus

38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit

Baca Juga:

14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
20 Obat Ambeien//Wasir Tradisional, Obati Ambeien Secara Alami
50 Manfaat Jahe Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda
20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan
Daun Kelor: 20 Manfaat Daun Kelor Kesehatan & Kecantikan
32 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan & Kecantikan
20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter

Demikianlah infomasi mengenai 38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu manfaat daun sirsak bagi kesehatan, manfaat daun sirsak dalam kecantikan kulit, manfaat daun sirsak dalam kecantikan rambut. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

.
Blog, Updated at: 12.52