Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 5 February 2016

Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..

Penyebab Kanker Serviks| Kanker Serviks merupakan pembunuh yang berada di peringkat 1 perenggut nyawa kaum perempuan. Kanker Serviks terjadi bukan tanpa sebab, melainkan kanker serviks diiringi dengan beberapa penyebab-penyebab yang biasa dilakukan dan tanpa disadari kanker serviks telah mengerogoti anda. Tentu kita semua tidak menginginkan itu terjadi, yang mana kanker serviks telah menggerogoti anda sehingga perlunya kita mengenal penyebab-penyebab kanker serviks atau apa yang membuat kanker serviks dapat menyerang perempuan yang pada kali ini kami akan mengupas jauh penyebab kanker serviks dibawah ini..

Kanker Serviks adalah kanker yang tumbuh sel-sel servik yang sebelumnya sel normal menjadi ke sel-sel abnormal. Kanker serviks dibedakan atas tiga tipe yaitu karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma, dan karsinoma adenoskuamosa.

Karsinoma sel skuamosa berasal dari sel yang melapisi eksoserviks yang mana terdapat sebagian besar kanker serviks itu ditemukan sebanyak 80-90% kasus dengan jenis ini. Sementara itu, adenokarsinoma serviks berasal dari sel kelenjar mukosa pada endoserviks. Di rentang waktu 20-30 tahun belakangan, jumlah kasus adenokarsinoma serviks mengalami peningkatan.

Artikel Terkait: 
Ciri-Ciri Kanker Serviks Sesuai Stadium, Cegah Sekarang Juga 

Kasus kanker serviks atau kanker mulut rahim tertinggi di indonesia dengan peringkat pertama wanita dan setiap tahun bertambah 15.000 kasus kanker serviks.

Penyebab kematian banyak perempuan yah kanker serviks, yang menjadi permasalahan utama adalah karena kurangnya informasi atau sosialisasi yang diketahui masyarakat bahwa apa itu sebenarnya kanker serviks, dalam dunia serba teknologi sekarang ini sudah banyak tersedia informasi untuk mengatasi dan mencari informasi kanker serviks dan tentu bukan lagi barang sulit bagi anda dalam memahami kanker serviks dengan dampak no. 1 bagi anda dan bukan hanya anda lingkungan anda juga akan berpengaruh.

Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
Cegah Kanker Serviks Dengan Mengetahui Penyebabnya...
Stadium Kanker Serviks 
Penilitian stadium pada pasien kanker serviks sangatlah penting. Hal ini berkaitan dengna pengobatan dan bagaimana cara pemulihan yang akan nantinya dilakukan. Stadium kanker servik adalah sebagai berikut..

Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
 

 

 

 

 

 

 

Kanker Serviks: Faktor Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks pada diri seorang wanita tidak muncul secara tiba-tiba, akan tetapi terakumulasi dari berbagai faktor yang berisiko. Anda saja faktor risiko dipahami dengan benar pasti namanya kanker serviks akan terhindar, dengan tentunya beberapa syarat lagi yakni memahami penyebab kanker serviks, sehingga kami meminta anda untuk membaca seluruh penyebab kanker serviks dengan teliti. Penyebab kanker serviks adalah sebagai berikut...
1. Penyebab Kanker Serviks: Infeksi HPV (Human Papilloma Virus)
Faktor risiko utama kanker serviks adalah infeksi HPV (Human Papilloma Virus), virus yang masuk ke dalam tubuh dari permukaan kulit, alat kelamin, tenggorokan dan mulut.  Tipe HPV terdapat sekitar 100 dengan infeksi yang biasanya itu ditandai dengan bentuk kutil (papilloma). Tipe disetiap bagian pada tubuh anda berbeda-beda misalnya di tangan, dikaki, mulut, lidah, alat kelamin ataupun anus itu memiliki tipe HPV.
Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
Tipe HPV (Condyloma acuminata) adalah HPV 6 dan HPV 11. Walaupun tipe ini hanya mengakibatkan penyakit infeksi kelamin, namun kedua tipe HPV dapat juga berisiko penyebab kanker. Sedangkan untuk Tipe HPV sebagia risiko penyebab tinggi terjadi kanker adalah HPV 16, HPV 18, HPV 31, HPV 33 dan HPV 45. Dua pertiga penyebab kanker serviks adalah infeksi HPV 16 dan 18. Selain menyebabkan kanker serviks, juga dapat menyebabkan kanker penis, kanker mulut pada wanita dan pria, kanker vulva (bibir kemaluan) dan vagina dari virus HPV.
2. Penyebab Kanker Serviks: Riwayat Kanker Serviks Dalam Keluarga
Wanita dengan kebiasaan merokok berisiko 2 kali penyebab terkena kanker serviks dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Setiap batang rokok yang kita isap, maka akan bertambah besar meningkatnya risiko anda dan dapat menjadi penyebab utama kanker serviks. 
Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..

Perlu anda ketahui, rokok mengandung bahan karsinogen yaitu bahan kimia yang memicu kanker dan diserap ke dalam paru-paru dan masuk ke dalam darah dan akhirnya dibawah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Para peneliti bahwa bahan kimia menjadi penyebab kerusakan DNA sel serviks dan berkembang menjadi kanker serviks. Selain itu, merokok dapat menurunkan daya tahan tubuh dalam memerangi infeksi HPV.

3. Penyebab Kanker Serviks: Imunosupresi
Faktor risiko lainnya adalah kondisi imunosupresi atau menurunnya daya tahan tubuh, yang mana daya tahantubuh ini sebagai penghancur sel-sel kanker serta menghambat pertumbuhan dan penyebarannya. Contoh penderita imunosupresi yakni penderita AIDS. Virus yang merusak fungsi kekebalan tubuh seorang, sehingga wanita penderita AIDS memiliki risiko tinggi terinfeksi HPV dan berkembang menjadi kanker serviks. Umumnya penderita AIDS memiliki waktu yang relatif cepat dari pra kanker ke kanker karena imunosupresi.
Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
Selain itu, kondisi imunosupresi juga terdapat pada wanita pengonsumsi obat-obatan penurun daya tahan tubuh, misalnya wanita penderita penyakit autoimun (daya tahan tubuh yang menyerang organ tubuh karena dianggap sebagai musuh) atau wanita yang sedang melakukan transplantasi organ tubuh.
4. Penyebab Kanker Serviks: Infeksi Chlamida
Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
Chlamida adalah salah satu kuman penyebab infeksi organ reproduksi yang menyebar karena kontrak seksual. Ciri wanita terinfeksi chlamidia adalah sering mengeluhkan nyeri daerah panggul. Namun tidak sedikit juga chlamidia ini mengalami keluhan (asimtomatik). Dari beberapa penelitian, infeksi chlamidia terdapat dalam darah wanita yang berisiko kanker serviks.
5. Penyebab Kanker Serviks: Diet
Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
Pola makan atau diet seseorang berpengaruh besar terhadap risiko kanker serviks. Wanita yang jarang mengonsumsi buah dan sayur berisiko tinggi menderita kanker serviks. Sehingga begitu dengan wanita yang mengalami obesitas atau kegemukan cenderung terkena adenokarsinoma serviks.
6. Penyebab Kanker Serviks: Penggunaan Kontrasepsi Hormonal
Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
Pil KB
Penggunaan konsepsi hormonal di waktu lama meningkatkan risiko menderita kanker serviks. Penggunaan selama 10 tahun meningkatkan risiko hingga dua kali. Wanita dengan rencana menggunakan alat kontrasepsi hendaknya berdiskusi dengan tenaga kesehatan sebelum memutuskan suatu metode kontrasepsi, khususnya bagi wanita dengan risiko tinggi penderita kanker serviks. Berbeda dengan kontrasepsi hormonal, penggunaan kontrasepsi IUD menurunkan risiko kanker serviks dan risiko kanker endometrium rahim. 

7. Penyebab Kanker Serviks: Kehamilan Multipel atau Lebih Dari Tiga Kali
Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
Wanita yang pernah hamil selama 9 bulan sebanyak 3 kali memiliki risiko terkena kanker serviks yang lebih tinggi. Belum secara pasti diketahui penyebab mengapa kanker serviks berisiko tinggi bagi hamil dari tiga kali dimana beberapa penelitian menyebutkan bahwa karena mereka akan lebih rentan infeksi HPV diakibatkan menurunnya daya tahan tubuh selama kehamilan sehingga kanker dapat tumbuh. 
 
8. Penyebab Kanker Serviks: Usia Saat Pertama Hamil atau Melakukan Hubungan Seksual
Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
Usia seseorang ketika hamil pertama atau pertama kali berhubungan seksual itu berpengaruh terhadap kejadian kanker serviks. Semakin muda usia disaat hamil pertama atau melakukan hubungan seksual, risiko terkena kanker serviks akan semakin meningkat. Wanita dengan usia 17 tahun atau kurang dari saat pertama hamil memiliki risiko menderita kanker serviks dua kali lipat yang dibandingkan dengan wanita hamil pertama kali di usia 25 tahun atau lebih. 

9. Penyebab Kanker Serviks: Kemiskinan 
Kemiskinan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker serviks. Kemiskinan bukanlah merupakan faktor langsung, akan tetapi nyatanya seseorang wanita dengan pendapatan rendah akan cenderung memiliki keterbatasan akses pengetahuan tentang kanker serviks.

Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
Begitu juga dengan biaya kesehatan atau tes pap smear membutuhkan biaya tidak murah. Tidak hanya itu, kondisi lingkungan yang kurang baik dan menyebabkan mudahnya terinfeksi berbagai penyakit yang dapat melemahkan daya tahan tubuh mereka. 

10. Penyebab Kanker Serviks: DES (Diethylstilbestrol) 
Penggunaan hormon DES untuk wanita hamil tahun 1940-1971 meningkatkan risiko anak perempuan yang dikandungnya dengan menderita skuamos sel karsinoma serviks atau adenokarsinoma serviks atau vagina.
11. Penyebab Kanker Serviks: Penyakit Menular Seksual 
Seringnya berganti-ganti pasangan seksual dan jenis kegiatan seksual (anal atua oral seks) dapat meningkatkan risiko menderita kanker serviks.
Gejala-Gejala Kanker Serviks
Kanker serviks biasanya hanya dideteksi atau diketahui jika kondisi sudah parah. Wanita yang memiliki lesi pra-kanker atau kanker serviks stadium awal, umumnya tidak merasakan keluhan. Keluhan biasanya mulai tumbul saat kanker mulai bersifat invasif dan menyerang organ atau jaringan tubuh di sekitarnya. Gejala-gejala yang biasa dikeluhkan bagi penderita kanker serviks adalah sebagai berikut...
  • Perdarahan pada vagina yang sifatnya abnormal, contohnya perdarahan di luar siklus menstruasi, setelah berhubungan intim, setelah douching atau pemeriksaan panggul, dan perdarahan setelah menopause.
  • Rasa sakit saat bersenggama
  • Periode menstruasi lebih lama atau lebih berat dari biasanya
  • Keputihan tidak normal dengan ciri berlendir kental, berwarna kuning atau kecokelatan, berbau busuk dan gatal. 
  • Keluarnya air kemih dan tinja dari vagina pada stadium akhir.
Pemeriksaan Kanker Serviks
Kanker serviks dapat ditemukan dengan diagnosis ke dokter dengan saran pemeriksaan berikut ini..
  • Pap Smear, dilakukan pengambilan cairan vagina untuk diperiksa
  • Colposcopy atau teropong leher rahim (serviks). 
  • Biopsi, untuk pengambilan sampel jaringan serviks dengan dilakukan pemeriksaan oleh ahli patologi.
  • Tes Penanda Tumor SCC. 
  • Pemeriksaan Panggul 
Demikianlah informasi mengenai Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah itu ?..Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Sumber: Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?..
  • Nurwijaya, Hartati., Adnrijono dan Suheimi. Cegah dan Deteksi Kanker Serviks. Jakarta: PT Ales Media Komputindo.  
  • Wijayakusuma, Hembing M. H. Atasi Kanker Dengan Tanaman Obat. Jakarta: Puspa Swara, 2005.
  • Handayani, Lestari., Suharmiati dan Ayuningtyas, Atika. Menaklukkan Kanker Serviks dan Kanker Payudara Dengan 3 Terapi Alam. Jakarta Selatan: Agro Media Pustaka

Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Apa Sajakah Itu...?.. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin