Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 3 February 2016

23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Obat Diabetes Herbal|Diabetes adalah penyakit tertua di dunia. Diabetes berkaitan dengan metabolisme kadar glukosa dalam darah. Secara medis, diabetes militus didefinisikan suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia) akibat kekurangan insulin (Badawi, 2009). 
Diabetes militus erat kaitannya dengan mekanisme pengaturan gula normal. Peningkatan kadar gula darah memicu produksi hormon insulin oleh kelenjar pankreas. Diabetes militus merupakan penyakit yang banyak menyebabkan terjadinya penyakit lain (komplikasi). Komplikasi yang paling mematikan dan sering terjadi adalah serangan jantung dan stroke. Karena berkaitan dengan kadar gula yang terus meninggi, sehingga pembuluh darah rusak, saraf, dan struktur internal lainnya. 

Diabetes militus merupakan salah satu contoh penyakit degeneratif yang menjadi pembicaraan hangat berbagai kalangan dan bukan lagi menjadi konsumsi para dokter (Badawi, 2009). 

Penyakit diabetes militus (DM) adalah penyakit akibat gangguan sel pankreas (kelenjar getah perut) yang beraibat kelenjar tidak cukup dalam mengeluarkan insulin (fermen pencernaan), sehingga glukosa makanan dan minuman sebagian besar terbuang karena tidak dapat diubah menjadi glikogen. Ditahun 2014, Diabetes militus ancaman serius didunia. Global Status report on NCD World Health Organization (WHO) tahun 2010 yang melaporkan bahwa 60% penyebab kematian semua umur di dunia adalah karena penyakit tidak menular (PTM). Diabetes menduduki peringkat ke-6 PTM sebagai penyebab kematian. Sekitar 1,3 juta orang meninggal akibat diabetes dan 4% persen meninggal sebelum usia 70 tahun. Diperkirakan tahun 2030 Diabetes Militus menduduki peringkat 7 sebagai penyebab kematian dunia. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri berada di no.7 dengan jumlah penderita sebantak 8,5 juta orang. 

Jenis-Jenis Diabetes

 Ada 2 jenis diabetes militus berdasar waktu dimulainya penyakit, yaitu tipe 1 dan tipe 2 yaitu sebagai berikut...
  • Diabetes Militus Tipe 1. IDDM (Insulin Dependent Diabetes Militus) atau DM pada remaja (juvenile). Pada jenis terdapat destruksi dari sel-sel beta pankreas sehingga tidak memproduksi insulin lagi dan mengakibatkan sel-sel tidak bisa menyerap glukosa dari darah. Karena itulah kadar glukosa darah meningkat di atas 10 mmol/l, yakni nilai ambang ginjal sehingga glukosa berlebihan dikeluarkan lewat urine bersama banyak air (glycosuria).  Tipe yang terjadi pada orang-orang dibawa usia 30 tahun dan paling dimulai pada usia 10-13 tahun. Insiden tipe 1 diabetes militus negara Barat telah berlipatganda dalam 20-30 tahun yang lalu. Karena penderita senantiasa membutuhkan insulin, maka tipe 1 disebut IDDM. Penyebabnya belum jelas suatu infeksi virus menimbulkan reaksi auto-imun berlebihan untuk menanggulangi virus. Akibatnya sel-sel pertahanan tubuh tidak hanya membasmi virus, melainkan turun merusak sel-sel Langerhans. Dalam waktu 1 tahun sesudah diagnosa, 80-90% penderita tipe 1 memperlihatkan antibodi sel beta dalam darahnya. Diabetes militus pada tipe faktor keturunan juga memegang peranan. 
  • Diabetes Tipe 2, pada orang dewasa (maturity onset) atau NIDDM (Non Insulin Dependent Diabetes Militus). Diabetes militus tipe 2 umumnya mulai di atas usia 40 tahun dengan insidensi lebih besar pada orang gemuk. Diperkirakan 5-10% orang-orang di atas usia 60 tahun mengidap diabetes tipe 2. Tipe yang bersifat silent killer, karena seperti kebanyakan keadaan baru manifes dengan terjadinya gejala stadiun lanjut seperti dengan ditemukannya komplikasi infark jantung atau gangguan penglihatan.  
Artikel Terkait: 
Penyebab-Penyebab Diabetes & Pencegahan Diabetes 

Tanda dan Gejala Diabetes Militus

Seseorang dapat dikatkaan menderita Diabetes militus jika menderita dua dari tiga gejala dibawah ini yaitu sebagai berikut..
1. Keluhan TRIAS
  • Banyak minum 
  • Banyak kencing
  • Penurunan berat badan yang tak jelas sebabnya 
2. Kadar glukosa darah pada waktu puasa sama atau lebih 126 mg/dl 
3. Kadar Glukosa darah dua sesudah makan sama atau lebih 200 mg/dl (Tjokroprawiro, 2006). 

Sedangkan gejala-gejala kronik diabetes militus meliputi
  • Kesemutan 
  • Kulit terasa panas seperti tertusuk-tusuk jarum 
  • Kram 
  • Lelah
  • Terasa tebal dikulit
  • Mudah ngantuk 
  • Mata Kabur 
  • Gigi mudah goyah dan mudah leas
  • Gatal disekitar kemaluan terutama pada wanita
  • Kemampuan seksual menurun bahkan impoten 
  • Ibu hamil sering mengalami keguguran atau kematian janin dalam kandungan atau berat bayi lahir lebih dari 4 kg. 
Artikel Terkait: 
Penyakit Diabetes: Ciri-Ciri Gejala Diabetes (Kencing Manis) 
Diabetes militus yang seluruh penjelasan diatas telah jelas bahwa diabetes militus sangat berbahaya dan tentu memerlukan obat yang dapat mengatasi penderita diabetes militus dimana jika menggunakan produk-produk obat kimiawi yang bukan dari tanaman atau tumbuhan, yaitu suntik insulin sepanjang hidupnya, hal tersebut bukanlah jalan keluar yang terbaik jika menggunakan obat-obatan kimia dan akan mengakibatkan komplikasi pada organ-organ tubuh yang lain. Sehingga banyak para penderita diabetes militus lebih memilih obat-obatan tradisional dalam mengurangi dan menyembuhkan atau mengatasi penyakit diabetes mereka. 

Dokter mungkin menghadapi pasien yang menggunakan obat herbal, sehingga perlu menyadari diakuinya efek dari produk herbal tersebut. Dokter perlu menyadari dampak buruk dari kemungkinan yang timbul dari interaksi obat medis dengan herbal yang digunakan. (Yaheya & Ismail). Dimana ada sekitar 101 dari 657 Pasien yang dirawat disuatu rumaha sakit adalah pengguna sediaan herbal.

Berdasarkan hasil data, bahwa masyarakat di Kabupaten Tabalong umumnya memperoleh obat tradisional. Kebanyakan berasalan praktis, mudah ditemui, dan harganya yang relatif murah. Lebih dari setengah di kabuaten tersebut menggunakan obat tradisional. (Jamal & Suhardi, 1999). 

Obat tradisional adalah obat yang terbuat dari bahan alami terutama tumbuhan dan waniran budaya bangsa telah turun temurun secara empirik. Secara umum di dalam tumbuhan obat (rimpang, akar, batang, daun, bunga, dan buah) terdapat senyawa aktif misalnya tripenoid, glikosida, fenolik, minyak atsiri, dan sebagainya yang sifanya antiviral, anti bakteri serta imunomodulator. Komponen senyawa aktif tersebut berguna menjaga kesegaran tubuh serta melancarkan peredaran darah. 

Pencegahan dan Pengelolaan Diabetes Militus

Dalam pengelolaan diabetes militus, sejak awal harus dicegah kemungkinan timbulnya komplikasi kronis sehingga penderita dapat hidup sehat dan wajar berdampingan dengan penyakitnya. Peningkatan nilai kualitas hidup penderita diabetes militus lebih ditekankan dan diupayakan mencegah selama mungkin timbulnya komplikasi kronis. 

Tindakan umum dalam pengelolaan diabetes sampai saat ini tetap berdasarkan 3 hal pokok yaitu..
  • Diet. Semua penderita harus memulai diet pembatasan kalori, terlebih pada penderita yang overwight. Makanan perlu dipilih terutama untuk pembatasan karbohidrat terutama murni (gula), lemak hewani, dan lemak rantai pendek untuk mencapai kadar glukosa dan lipida darah normal.
  • Olahraga. Bila olahraga dilakukan secara teratur dapat mengurangi resistensi insulin, sehingga insulin dapat digunakan dengan lebih baik oleh sel tubuh dan dosisnya dapat diturunkan. 
  • Mengurangi faktor resiko, seperti berhenti merokok. Nikotin dapat berpengaruh buruk terhadap penyerapan glukosa oleh sel.
Tujuan jangka pendek dalam pengelolaan diabetes adalah menghilangkan keluhan dan gejala penyakit diabetes militus terutama normalisasi kadar gula darah. Tindakan yang dilakukan yaitu... 
  • Penderita NIDDM (tipe 2). Bila tindakan umum tidak/kurang efektif untuk menormalkan glukosa darah, perlu digunakan obat hipogklikemik. Insulin baru disuntikkan bila obat oral antidiabetika tidak memberika efek yang diinginkan atau menunjukkan resistensi. 
  • Penderita IDDM (tipe 1). Penderita dibawah usia 40 tahun umumnya memerlukan insulin (0,6-0,9 UI/ kg/hari) dan tidak dianjurkan minum obat hipoglikemik. Tujuan pengobatan adalah agar nilai glukosa darah dibawah 120 mg/dl (saat lambung kosong). 
Usaha pengobatan melalui penggunaan obat sangat perlu dilakukan oleh masyarakat, sehingga tumbuhan obat dapat diramu menjadi obat tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit bagi masyarakat seperti tumbuhan obat penderita diabetes yang dapat mereka mengelola sendiri. Tanaman obat di pekarangan rumah penduduk perlu dipelihara dengan biak sehingga masyarakat lebih mengenal jenis tanaman yang dijadikan sebagai obat tradisional. Manfaat dan kegunaan obat tradisional sangat banyak sekali masyarakat bisa meramu dan menggunakan jenis-jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat tradisional baik itu penyembuhan berbagai penyakit dan terkhusus penyakit diabetes militus yang dapat anda meramu sendiri atau melakukan pengobatan sendiri mengenai penyakit anda dengan menggunakan tanamn-tanaman obat-obatan yang sesuai dengan penyakit anda. Seperti yang kami informasikan dibawah ini yakni obat diabetes militus herbal, alami, tradisional yang dapat anda buat sendiri dirumah dengan harga yang sangat terjangkau...

23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

1. Obat Diabetes Herbal: Jintan hitam (Nigella sativa) 
Jintan Hitam merupakan antimaag yang efektif karena dapat menurunkan sekresi asam lambung dan memiliki efektifitas setara dengan simetidin (Rajkapoor, et al.,2002; Khalil, et al., 2010). Efek pengobatan lain yang telah teruji dari ekstrak jintan hitam adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah dan HbA1C pada penderita diabetes tipe 2 (Mohtashami, et al.,2005).

23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Evaluasi klinik yang dilakukan oleh Sabzghabaee, et al., (2012),membuktikan bahwa jintan hitam memiliki efektivitas yang baik dalam mengobati dislipidemia karena mampu menurunkan kadar LDL dan kolesterol hingga 7,6% dan 4,8%, dan secara signifikan menurunkan kadar trigliserida hingga 16,6% setelah pemberian selama 4 minggu

2. Obat Diabetes Herbal: Brotowali (Tinospora tuberculata) 
Sudah diakui dapat digunakan sebagai antimalaria karena memiliki kandungan tinokrisposid. Ekstrak brotowali juga diketahui memiliki aktivitas hipoglikemik karena dapat menurunkan serum glukosa melalui mekanisme peningkatan sekresi insulin pada tikus normal maupun tikus yang mengalami diabetes melitis tipe 2, sedangkan percobaan pada tikus yang mengalami diabetes melitus tipe 1 brotowali bekerja dengan cara mengurangi kadar glukosa tanpa mengubah tingkat insulin (Lam et al,. 2012).

23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Penelitian yang dilakukan Praman, et al., (2011) membuktikan bahwa brotowali dapat digunakan dalam terapi hipertensi karena dapat menurunkan tekanan darah melalui reseptor adrenergik-2

3. Obat Diabetes Herbal: Salam (Eugenia polyantha)
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Stusiawan dan Santosa (2005) diketahui bahwa ekstrak etanol dari salam dapat menurunkan secara bermakna kadar glukosa darah mencit yang diinduksi dengan aloksan. Penelitian lain yang dilakukan oleh Agung (2008) menyatakan bahwa pemberian ekstrak salam selama 15 hari berpotensi sebagai antidislipidemia karena dapat meningkatkan kadar HDL tikus jantan galur wistar

4. Obat Diabetes Herbal: Kumis Kucing (Orthosiphon Stamineus)
Seluruh bagian tumbuhan dipakai untuk obat, basah atau kering (dianginkan dahulu, lalu dijemur di panas matahari). Khasiat dari tumbuhan ini adalah untuk mengobati sejumlah penyakit yaitu memperlancar pengeluaran air kemih (diuretic), rematik, batuk, masuk angina, sembelit, sakit pinggang, anti radang, radang ginjal, batu ginjal dan kecing manis. 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Kandungan kimia yang ada yaitu Orthosipohon glikosida, zat samak, minyak atsiri, minyak lemak, saponin, garam, kalium, dan myonistiol. Menggunakan dosis 30-60 gr (kering) atau 90 -120 gr (basah) direbus, dapat juga kering atau basah diseduh sebagai teh (Mahendra 2005).

5. Obat Diabetes Herbal: Jahe (Zingiber Offcinale Rosc)
Jahe telah dikenal bermanfaat sebagai minuman penghangat badan, dan digunakan masyarakat sebagai bumbu masakan, pemberi aroma roti dan kue. Jahe memiliki kandungan aktif yaitu oleoresin. Oleoresin adalah campuran minyak atsiri sebagai pembawa aroma dan sejenis dammar sebagai pembawa rasa. Oleoresin mengandung komponen gingerol, paradol, shogaol, zingerone, resin dan minyak atsiri (Ramadhan, 2010). 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Secara tradisional ekstrak jahe digunakan sebagai obat sakit kepala, obat batuk, masuk angina, gangguan pada saluran pencernaan, stimulant, diuretic, rematik, menghilangkan rasa sakit, obat anti mual dan mabuk perjalanan, karminatif (mengeluarkan gas dari perut) dan sebagai obat luar untuk mengobati gatal digigit serangga, kesleo, bengkak serta memar (Shukla and Singh, 2007). Berbagai penelitian membuktikan bahwa jahe mempunyai sifat anti oksidan dan anti kanker. Selain itu, jahe mampu menaikkan aktivitas salah satu sel darah putih, yaitu sel natural killer (NK) dalam melisis sel targetnya yaitu sel tumor dan sel yang terinfeksi virus (Zakaria dan Rajab, 1999). Pengolahan jahe sebagai obat yang berupa minuman penghangat badan dan biasa diminum pada saat demam dikenal sebagai wedang jahe. Cara pembuatan wedang jahe adalah sebagai berikut…
  • Siapkan seruas jari rimpang jahe yang sudah tua. 
  • Cuci bersih tapi jangan dikupas kulitnya, lalu tiriskan atau angin-anginkan supaya agak kering
  • Bakarlah jahe di atas api seperti membakar sate hingga benar-benar matang, yaitu sudah agak berubah warna dan kulitnya agak gosong.
  • Setelah dibakar, jahe dimemarkan 
  • Masukkan ke gelas lalu seduh dengan air panas, tambahkan gula merah, madu atau gula batu secukupnya. Khusus madu jangan dimasukkan pada saat air masih panas tapi dimasukkan ketika air sudah hangat-hangat kuku. 
  • Wedang jahe siap dinikmati.
6. Obat Diabetes Herbal: Ciplukan (Physalis peruviana)
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Daun ciplukan dapat digunakan untuk obat penyakit borok di kaki yaitu dengan cara daun ciplukan 1 genggam ditumbuk dan ditempelkan di tempat yang sakit. Buah ciplukan mengandung senyawa kimia asam sitrum dan fisalin, dan asam malat, alkaloid, tannin, kriptoxantin, vitamin C dan gula (Mahendra, 2005). Cara mengobati diabetes militus menggunakan ciplukan adalah dengan menggunakan tumbuhan ciplukan yang sudah berbuah dicabut beserta akar-akarnya dan dicuci hingga bersih. Kemudian dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring, diminum 1 kali sehari.

7.  Obat Diabetes Herbal: Mahkota Dewa
Berdasarkan penelitian saragih (2001) terbukti bahwa rebusan daging buah segar mahkota dewa (Phaleria macrocarpa. (Scheff) Boerl) mampu menurunkan kadar glukosa darah secara bermmakna pada tikus yang menderita diabetes militus tergantung insulin meskipun efek yang dihasilkan lebih rendah daripada efek insulin. Perasan daging buah makhkota dewa menghasilkan efek hipoglikemik yang setara dengan tolbutamin pada tikus yang menderita diabetes militus yang tidak bergantung insulin (Bestari, 2001). Dari kedua penelitian tersebut menggambarkan bahwa daging buah makutadewa mampu menurunkan kadar glukosa darah tikus percobaan yang menderita diabetes militus baik tergantung atau tidak tergantung insulin (Primsa, 2002).  
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Cara pembuatan obat tradisional diabetes militus dengan tanaman mahkota dewa adalah buah yang masih hijau diiris tipis, dijemur sampai kering, kemudian disedu dengan air panas mendidih, dan didinginkan, airnya diminum pagi dan sore.

8. Sambiloto. 
Seluruh tanaman sambiloto dapat digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengatasi diabetes militus (Utami, 2003). Sambiloto (Angrographis paniculata (Burm.f.) Nees) mengandung senyawa aktif andrografolida yang menurut Munawwara (2004) mempunyai aksi seperti insulin.  Penggunaan tumbuhan obat tidak sederhana yang dipikirkan orang selama ini. Semuanya harus dipelajari dan memerlukan pengalaman tersendiri. Salah mengenali tumbuhan obat yang dimaksud juga tidak akan menyembuhkan penyakit. Apalagi, salah menggabungkan beberapa tumbuhan obat yang khasiatnya berlawanan (Dalimartha, 2007). Obat herbal seperti obat-obat lainnya, tidak bias dikonsumsi sembarangan. Tetap ada dosis yang harus dipatuhi, seperti halnya resep dokter. Buah mahkota dewa, misalnya, hanya boleh dikonsumsi dengan perbandingan 1 buah dalam 3 gelas air (Suarni, 2005). Buah mahkota dewa segar yang dikonsumsi secara langsung, bisa menyebabkan bengkak di mulut, sariawan, mabuk, kejang sampai pingsan (Dalimartha, 2007).
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Cara pembuatan obat herbal penderita diabetes militus dengan tanaman sambiloto adalah dengan pengolahan 10-20 lembar daun dicuci direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air kemudian diminum.

9. Obat Diabetes Herbal: Daun Insulin (Tithonia diversifolia)
Tanaman yang berasal dari meksiko yang memiliki sebutan di Indonesia yaitu rondo semoyo, kembang bulan, dll. Beberapa penelitian di luar negeri seperti Toshihiro Mura dkk dari Departement of Clinical Nutrition, Suxuka, University of Medical Sdence, Jepang tahun 2005. Bahwa ekstrak ethanol daun insulin pada tikus penderita Diabetes militus tipe 2 memiliki berat badan 20-25 gram. Konsentrasi larutan yang digunakan yaitu 100 mg/kg, 500 mg/kg, dan 1.500 mg/kg berat badan.
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Sebagai control digunakan tikus yang diberi air destilasi 20 ml/kg. Kadar gula dalam tikus diukur tiap minggu. Hasilnya kadar gula darah tikus mengalami penurunan secara signifikan. Semakin tinggi ekstrak etanol maka semakin tinggi pula penurunannya.  Sedangkan cara membuat obat diabetes militus dari daun insulin adalah 
  • Ambil 10 Lembar daun insulin (bisa daun segar ataupun daun yang kering) 
  • Rebus dalam 4 gelas air 
  • Biarkan rebusan sampai tersisa 3 gelas
  • Diminum saat hangat atau dingin. Ampas sisa rebusan dapat direbus kemblai hingga warna bening.
Untuk penyembuhan jamu daun insulin dapat dikonsumsi 3x sehari (setiap minum 1 gelas). Jika gula darah sudah turun frekuensi konsumsi jamu bisa dikurangi menjadi 2x sehari dan 1x sehari. Rutin memeriksa kadar gua darah sangat penting dilakukan untuk mengontrol gula darah. Pengobatan diabetes militus dengan jamu daun insulin harus dibarengi dengan diet gula.

10. Obat Diabetes Herbal: Bungur (Lagestroemia speciosa Pers)  
Bungur adalah salah satu tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes militus. Pengobatan tradisional atau herbal sebagai obat diabetes, digunakan dalam bentuk rebusan. Biji tanaman yang digunakan dalam mengobati tekanan darah tinggi dan kencing manis. Sedangkan daun digunakan untuk mengobati kencing batu, kencing manis, dan tekanan darah tinggi.
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Karena kandungan kimia yang dimiliki daun bungur sebagai obat diabetes adalah saponin, flavonoid, dan tannin. (Dalimartha, 2003). Berdasarkan hasil penetlian, penggunaan air rebusan daun bungur dengan kepekatan 10% dan 20% yang diberikan secara oral pada kelinci mampu menurunkan kadar gula darah sebesar 85,97% dan 96,27% dibandingkan (Astiti, 1990) Menurut Kakuda et al (1996), ekstrak daun bungur mampu menekan peningkatan kadar gula darah secara signifikan pada tikus diabetes tipe 2 dibandingkan dengan tikus control.

11. Obat Diabetes Herbal: Daun Ubi Jalar (Ipomoea batatas L)
Daun yang dipercaya dapat menurunkan kadar glukosa dara yang tinggi. Secara tradisional, daun ubi jalar sebagai obat kencing manis, penyakit kanker, antioksida, hipolipidemia dan sebagai obat demam berdarah. Cara pembuatan obat diabetes dengan daun ubi jalar adalah dengan mengumpulkan daun ubi jalar sekitar 100 gram direbus dengan 1 liter air sampai tinggal 500 ml, kemudian air rebusan tersebut diminum. 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Kandungan yang terdapat dalam ubi jalar adalah senyawa protein, karbohidrat, karoten, serat, flavonoid, vitamin B1, B2, B6, C, Kalsium, Fosfor, Zat Besi. Sedangkan ekstrak umbi ubi jalar kulit putih dosis 4g/ hari berkhasiat menurunkan glukosa darah dan kolsterol berdasarkan penelitian ekstrak umbi jalar kulit putih efektif untuk diabetes militus tipe 2 yaitu meningkatkan sensitifitas insulin dan menurunkan kolsterol. (Ludvik, 2002. Kusano, 2000).

12. Obat Diabetes Herbal: Temu Lawak (Curcuma zanthorniza Roxb). 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Tanaman obat yang sudah melegenda di indonesia ini bermanfaat dalam saluran pencernaan, gangguan liver, kandung empedu, panckreas, usus halus, sariawan, TBC, tekanan darah tinggi, tonikum, sariawan, sakit kuning, dan kurang darah dimana kita ketahui bahwa diabetes militus terjadi karena adanya gangguan pada pankreas dan ginjal sehingga temulawak dapat anda gunakan sebagai obat tradisional atau obat alami anda dalam mengatasi diabetes militus dengan cara menggunakan atau cara membuat obat diabetes militus dengan temulawak adalah temulawak diparut/ditumbuk halus, ditambah sir matang lalu diperas, sirnya diminum.

13. Obat Diabetes Herbal: Meniran (Phyllanthus urinaria) 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Tanaman ini dapat bermanfaat dan mengobati penyakit ginjal, kuning, dan kencing nanah, dan sebagaimana kita ketahui diabetes militus juga dapat terjadi karena adanya gangguan pada ginjal. Sehingga tamanan ini dapat menjadi obat herbal anda dalam menyembuhkan penyakit diabetes militus anda dengan cara pembuatan obat tradisional ini adalah seluruh bagian tanaman meniran ditambah kunyit direbus dan adas dengan 3 gelas air, airnya diminum pagi dan sore.  

14. Obat Diabetes Herbal: Lidah Buaya (Aloe sp)

23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Cara pembuatan obat herbal dengan lidah buaya adalah dengan menggunakan helaian lidah buaya dimasak dengan air 3 gelas hingga tersisa 1 gelas, air rebusan ditambah madu/gula merah. Empulur lidah buaya dipotong kecil-kecil, kemudian dicampur dengan madu sampai rata (batuk, sesak nafas).  dan kemudian dicampurkan lalu diminum. Lidah buaya dapat mengobati penyakit ambien, kencing manis, rambut rontok, kencing nanah, cacingan pada anak, batuk dan sesak nafas. 

15. Obat Diabetes Herbal: Tapak darah Putih (Elephanthopus scaber) 
Cara pembuatan obat herbal ini adalah dengan menggunakan 10 daun tapakdara direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, setelah dingin diminum, diulang sampai sembuh (diabetes militus) 20 gram daun tapakdara kering, 10 gram bunga krisan, direbus dengan 2,5 gelas air sampai mendidih dan disaring diminum tiap sore.  
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Tapak dara putih berkhasiat dalam mengobati diabetes militus, asma, tangan gemetar, hipertensi, leukimia, luka bakar dan luka baru. 

16. Obat Diabetes Herbal: Keji Beling (Strobilanthes Crispa) 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Tanaman ini yang digunakan sebagai obat herbal diabetes militus adalah daunnya, yang dilakukan dengan mengolah 3-5 lembar daun dicuci dan diremus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air,kemudian diminum. 

17. Obat Diabetes Herbal: Pegagan/Kaki kuda (Centella Asiatica) 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Tanaman yang sangat jarang ditelinga kita namun ternyata bermanfaat dalam pengobatan penyakit diabetes militus dimana yang menjadi obat herbal ini adalah daunnya yang dimanfaatkan sebagaimana yang diolah dengan mengumpulkan 5-7 lembar daun dicuci direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas, kemudian diminum. 

18. Obat Diabetes Herbal: Manggis (Garania Mangostana L)
Tanaman yang satu ini sangat bermanfaat dan berkhasiat banyak baik itu sebagai obat diabetes militus dan adanyak banyak lagi yakni gejala stroke, asam lambung, antioksidan anti kanker, hipertensi, dan sangat cocok menjadi obat herbal dalam penyembuhan diabetes militus karena kita ketahui dan berdasarkan informasi diatas bahwa diabetes militus membawa komplikasi dengan berbagai organ-organ tubuh dan menyebabknya penyakit. 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Cara pembuatan obat ini adalah kulit buahnya diiris, kemudian dikeringkan, disangrai, dijadikan serbuk, diseduh, dan diminum. 

19. Obat Diabetes Herbal: Labu Silam (Sechium edule) 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Mungkin anda berfikir bahwa labu itu mengandung gula dan rasa manis, dan tentu saja akan menyebabkan diabetes militus, ternyata itu tidak benar, karena nyatanya labu bermanfaat dalam mengobati penyakit diabetes dan cara pembuatannya sangat mudah dengan disadap batangnya, airnya hasil sadapan kemudian diminum. 

20. Obat Diabetes Herbal: Kelor (Moringa Oleifera)
Siapa yang tidak kenal dengan tanaman ini, dan beruntunglah bagi anda selalu mengkonsumsi tanaman ini karena tanaman ini merupakan salah satu obat herbal yang dapat mencegah dan mengatasi diabetes militus, dimana tidak hanya itu kelor juga bermanfaat dalam mengatasi hipertensi, kolesterol, sariawan, kurap, biduran dan masih banyak lagi.
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Untuk pengolahan obat herbal penderita diabetes militus dengan kelor adalah dengan menggunakan daunnya dimana dibutuhkan 10-15 lembar daun, dicuci, direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air kemudian diminum.  

21. Obat Diabetes Herbal: Bunga Pukul (Mirabilis jalapa)
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Obat penderita diabetes militus dengan cara pengolahan adalah menyediakan 1-3 lembar daun salam dicuci, direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air, disaring, dan diminum. 

22. Obat Diabetes Herbal: Bambu Kuning (Bambusa Vulgaris Schrad) 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Bambu kuning sebagai obat penderita diabetes militus adalah yang digunakan daunnya, dengan cara mengumpulkan 3-7 lembar daun yang dicuci direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas kemudian diminum.  

23. Obat Diabetes Herbal: Jambu Biji
Jambu biji dapat menjadi obat anda dalam mengatasi diabetes militus karena jambu biji meningkatkan trombosit dalam darah, yang manfaat dari jambu biji ini tentu akan berdampak baik pada penyakit anda diabetes militus.
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Cara pembuatan obat diabetes militus dengan jambu biji adalah buah di jus, ditambahkan madu atau gula merah, langsung dikonsumsi. Daun mudanya direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas ditambahkan madu, digunakan sebagai minuman (menambah trombosit) Daun jambu mudah ditambah garam sedikit lalu ditumbuk halus dan diberi air, saring dan hasil saringan diperas dan diminum. Dapat dicampur dengna parutan kunyit untuk diambil airnya. 

Produk Herbal Sebagai Obat Diabetes Militus

Kalaupun anda tidak ingin kesusahan dalam pembuatan obat herbal diabetes militus, anda dapat juga memilih produk herbal diabetes militus. Produk obat herbal diabetes militus adalah sebagai berikut... 

1. Produk Obat Diabetes Herbal: Jamsi
Jamsi (Jamu Diabetes) meruakan minuman fermentasi dari hasil ekstraksi bahan-bahan alami tradisional dengan teknologi nano. Bahan dari Jamsi adalah mahkota dewa, mengkudu, kurkuma, daun sambiloto dan pegagan. Jamsi dapat menurunkan gula darah dalam tubuh.
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Jamsi dibuat oleh Ibu Ning Harmanto yang telah menghasilkan penghargaan Internasional Research Journal Of Pharmaci Pharmalogi (IRJPP) serta ISNN: 2251-0176. Izin Bpom no. Registrasi TR 053649111. dan telah berstandar Internasional GMP (Good Manufacturing Pracetices) serta HAACP (Hazard Analysis And Critical Control Points). Untuk Informasi lanjutnya anda dapat menghubungi 0856-9171-1871 atau PIN BBM 5BD3D052.

2. Produk Obat Diabetes Herbal: K-Muricata
Obat diabetes tipe 1, 2 adalah K-Muricata yang terbuat dari ekstrak daun sirsak dan tanaman keladi tikus. Daun sirsak mengandung senyawa acetogenins yang mampu meregenerasi setiap sel tubuh yang rusak, tak terkecuali sel-sel beta pankreas. Sehingga sel beta pankreas dapat kembali bekerja seperti sedia kala untuk memproduksi insulin dalam jumlah cukup, sehingga kadar gula darah tetap dalam batasan normal, Selain itu memiliki aktivitas anti-hiperglikemia yang dapat menurukan kadar gula darah dengan cepat.
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Sedangkan ekstrak keladi tikus mengandung senyawa Ribozome Inactivating Protein (Rips) berperan aktif dalam proses regenerasi sel tubuh. Rips telah teruji klinis mengatasi resistensi insulin dengan mengembalikan sensitifitas sel-sel tubuh inslin, sehingga tubuh menggunakan insulin dengan efektif dan kadar gula darah terkontrol. Aturan minum obat diabetes ini 2x1 sachet sehari.

3. Produk Obat Diabetes Herbal: Amazon Berries 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Obat dengan perpaduan bahan-bahan tradisional dalam menyembuhkan penyakit diabetes militus. Bahan tersebut: Acai Berry, Guarana, Acerola, Zaitun, Black Plum dan Manggis. Obat diabetes ini dapat menyembuhkan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan kadar gula darah, mengurangi gejala diabetes militus, meningkatkan fungsi pankreas produksi insulin, mengembalikan respon sel-sel tubuh, mempercepat penyembuhan luka diabetes, meningkatkan stamina dan vitalitas. Aturan minum 2x1 sachet sehari. 

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai  23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
  • pbpapdi.org/images/file_halo_internist/Halo%20Internis%20Edisi%2018;%20Obat%20Herbal%20Masuk%20Pelayanan%20Kesehatan%20Formal%20%20_5.pdf
  • download.portalgaruda.org/article.php?article=80557&val=4892
  • eprints.ums.ac.id/14946/2/BAB_1.pdf
  • biofarmaka.ipb.ac.id/biofarmak/2013/Lomba%20Blog%2052%20Daun%20Insulin%20(Tithonia%20diversifolia)%20untuk%20Pengobatan%20Diabetes%20Mellitus%20Tipe%202.pdf
  • pps.unud.ac.id/thesis/pdf_thesis/unud-262-1190947783-bab%20i%20tari.pdf
  • eprints.ums.ac.id/26318/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
  • bio.unsoed.ac.id/sites/default/files/Pemanfaatan%20Tumbuhan%20Obat%20Tradisional.pdf
  • download.portalgaruda.org/article.php?article=104856&val=1322
  • repository.unib.ac.id/8363/2/IV,V,LAMP,II-14-tut.FK.pdf

23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin