20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
20 Manfaat Daun Salam|Tanaman salam merupakan tanaman berkayu yang banyak memanfaatkan daun salam sebagai daun bermanfaat dan berkhasiat. Daun salam sebenarnya sudah lama dimanfaatkan bagi para ibu rumah tangga sebagai bumbu. Namun, banyak masyarakat belum mengetahui manfaat daun salam sebagai pengobatan penyakit dan bermanfaat dalam kecantikan atau memperindah wajah dan kulit. Sehingga untuk itu kami akan mengenalkan kepada teman-teman mengenai manfaat daun salam yang anda tidak mengira dan tanpa memerlukan biaya mahal dalam pengobatan cukup dengan mengkonsumsi daun salam, manfaatnya dapat anda rasakan. 

Tanaman salam sudah banyak dan tersebar di berbagai negara terutama di Asia Tenggara, mulai dari Burma, Indocina, Thailand, Semenanjung Malaysia, Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Pohon yang ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan primer dan sekunder. Tanaman salam adalah pohon dengan ketinggian sekitar 20 meter yang dapat dibudidayakan dari ketinggian 5 hingga 1000 meter permukaan laut. Sedangkan untuk pemeliharan tanaman kaya manfaat ini sangat mudah dengan lahan yang jumlah air cukup dan tumbuh daerah terbuka dengan banyak unsur hara.

Tanaman salam atau tanaman obat yang kaya manfaat ini memiliki nama yang cukup banyak misalnya di daerah sumatera (ubar serai), jawa  (manting), sunda (gowok). Seidangkan di malaysia (samak, kelak samak, serah), Tionghoa (Duo hua pu tao). dan masih banyak lagi sebutan tanaman obat ini.

Daun salam memiliki ciri-ciri diantaranya majemuk, menyirip genap, permukaan licin, tepi rata, ujung meruncing, pangkal runcing, panjang 10-14 cm, lebar 4-8 cm, tangkai panjang kurang lebih 1 cm, pertulangan menyirip, permukaan atas hijau tua, permukaan bawah hijau muda.

Kandungan Daun Salam

Kandungan kimia yang terdapat dalam daun salam yang bermanfaat mengobati dan mempercantik kulit adalah tannin, flavonoid, minyak atsiri, eugenol, seskuiterpen, triterpenoid, fenol, steroid, lakton, saponin, dan karbohidrat. Tidak hanya itu, daun salam mengandung beberapa vitamin yaitu vitamin C, vitamin A, thiamin, riboflamin, niacin, vitamin B6, vitamin B12 dan folat, dan kandungan mineral daun salam adalah selenium. (Hariana, 2011).

Kandungan daun salam dapat membuktikan manfaat daun salam  bahwa dapat dijadikan sebagai obat tradisional atau obat alami yang dapat menyembuhkan atau mengobati penyakit karena sudah ada bukti ilmiah yang mana itu kita mengacu kepada kandungan daun salam itu sendiri. Ada banyak tanaman atau tumbuhan di Indonesia yang bermanfaat bagi tubuh kita, dan dapat dijadikan solusi utama dalam pengobatan penyakit-penyakit. Seperti halnya daun salam yang bermanfaat dalam mengobati penyakit dan dapat dijadikan sebagai resep kecantikan anda baik itu wajah, kulit, rambut dan menghilangkan jerawat ternyata daun yang mudah, murah ini dapat merangkum kebutuhan kita, apa sajakah itu ?.. manfaat daun salam ?.. Berikut informasi mengenai manfaat daun salam sebagai pengobatan dan kecantikan, obat tradisional..

20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan

1. Manfaat Daun Salam Untuk Diet. Badan gemuk biasanya membuat gerak anda lamban dan mempengaruhi penampilan. Tetapi anda jangan khawatir, karena daun salam bermanfaat dalam menurunkan berat badan anda secara alami. Manfaat daun salam untuk diet dapat anda lakukan dengan cara mencuci bersih 7 lembar daun salam. Seduh daun salam hingga setengah jam. Kemudian minum selagi masih hangat dua kali sehari selama satu bulan secara rutin.
 
2. Manfaat Daun Salam: Obat Mencret. Daun salam dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah pencernaan anda salah satunya yakni manfaat daun salam sebagia obat mencret. Cara mendapatkan manfaat daun salam, cukup dengan menggunakan 15 gram daun salam segar yang dicuci dan direbus ke dalam 1 gelas air selama 15 menit, kemudian hasil rebusan daun salam diminum segaligus.

3. Manfaat Daun Salam: Mengobati Penyakit Diabetes. Menurut Hembing (1996; Aliadi 1996). Mengatakan bahwa daun salam bermanfaat atau berkhasiat mengobati kencing manis atau diabetes militus. Cara mendapatkan manfaat daun salam mengobati pengakit diabetes dengan mengkonsumsi bubuk daun salam selama 1 bulan, dengan kandungan antioksidan pada daun salam memungkinkan dapat bermanfaat untuk memproses insulin sehingga baik bagi penderita diabetes.

4. Manfaat Daun Salam: Obat Batuk. Daun salam bermanfaat dan berkhasiat dalam mengobati batuk anda dengan penyakit bawaan seperti pilek, flu dan infeksi. Cara mendapatkan manfaat daun salam tersebut cukup dengan merebus 2-3 lembar daun salam dengan air cukupnya, tunggu hingga 10 menit. Setelah itu, rendam kain ke dalam air hasil rebusan dan letakkan pada dada untuk mengobati batuk, pilek dan flu. 

5. Manfaat Daun Salam: Obat Asam Urat. Asam urat terjadi karena kandungan purin yang menumpuk pada tubuh, namun untuk sebagian manfaat daun salam yang mana dapat mengobati asam urat dengan cara merebus 10 lembar daun salam yang telah dicuci bersih ke dalam 10 gelas air hingga menyisahkan 5 gelas. Setelah itu, hasil rebusan daun salam anda minum dua kali sehari. 

6. Manfaat Daun Salam: Pencegahan Kanker. Daun salam bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi kanker karena kandungan asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang sifatnya melindungi  dan melawan kanker. 

7. Manfaat Daun Salam: Mengobati Sakit Mata dan Menyehatkan Mata. Daun salam memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi yang baik untuk mata, cukup dengan mengkonsumsi setiap hari daun salam atau dengan mengusapkan air rebusan daun salam.
8. Manfaat Daun Salam: Meredakan dan Mengobati Maag. Daun salam bermanfaat dan berkhasiat dalam mengobati penyakit maag. Cara mendapatkan manfaat daun salam sebagai pengobatan maag adalah merebus 15-20 lembar daun salam yang telah dicuci bersih dengan setengah liter air. Setelah airnya mulai mengurang, tambahkan gula aren. 

9. Manfaat Daun Salam: Merangsang Kehamilan. Kandungan asam folat daun salam membuatnya bermanfaat untuk ibu hamil selama periode penconception (3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan). Asam Folat mencegah terjadinya cacat pada anak. Dan merangsang kehamilan bagi calon ibu yang kesulitan hamil.

10. Manfaat Daun Salam: Mengobati Hipertensi (Menurunkan Tekanan Darah Tinggi)
Hipertensi terjadi karena 3 faktor utama yaitu pola makan, aktivitas, dan emosi. Banyak yang sulit mengontrol ini dan beralih mengkonsumsi ramuan kimia. Namun sebelum menggunakannya, mari pertimbangkan daun salam yang bermanfaat dalam mengobati hipertensi. Cara memanfaatkan daun salam hanya dengan merebus 7-10 lembar daun salam yang telah dicuci bersih dan jumlah air rebusan daun salam sebanyak 3 gelas air dan sampai tersisa 1 gelas, kemudian minum air rebusan daun salam setengah gelas dalam sekali minum yang dilakukan secara rutin 2 kali sehari. 

11. Manfaat Daun Salam: Mengobati Mimisan. Daun salam bermanfaat  dalam mengobati mimisan, cukup dengan menghaluskan daun slam sebanyak 2-3 lembar dan rebus ke dalam 200 ml air hingga tersisa setengahnya. Lalu saring airnya dan minum secara rutin dan teratur sebagai obat mimisan anda.
12. Manfaat Daun Salam: Mengobati Stroke. Penderita stroke kebanyakan berasal dari garis keturunan , sehingga anda wajib mengatur pola makan dan gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal yang bermanfaat mengobati stroke yaitu daun salam bermanfaat dalam mengobati stroke. Cara memanfaatkan daun salam, cukup dengan mengkonsumsi daun salam tanpa mencampurkan bahan yang mengandung lemak dan makanan jeroan. 

13. Manfaat Daun Salam: Mengatasi Insomnia. Daun salam bermanfaat bagi anda dalam mengatasi sulit tidur (insomnia) dengan cara meneteskan ekstrak daun salam ke dalam air minum dan minumlah air tersebut. 

14. Manfaat Daun Salam: Mengobati Demam dan Infeksi. Daun salam bermanfaat dalam mengatasi demam anda cukup dengan merebus 3 lembar daun salam yang telah dicuci bersih selama 10 menit. Lalu rendam kain di hasil rebusan daun salam dan tempelkan di dahi dan di dada anda.   

15. Manfaat Daun Salam: Memutihkan Gigi. Daun salam bermanfaat dalam memutihkan gigi anda cukup dengan menggosokkan daun salam pada gigi anda, untuk mendapatkan manfaat masikmal daun salam lakukan 1 kali dalam 3 hari.

Manfaat Daun Salam Bagi Kecantikan Kulit

Daun salam juga bermanfaat dalam mengatasi masalah-masalah kulit anda yaitu sebagai berikut... 

16. Manfaat Daun Salam: Obat Kudis. Daun salam bermanfaat juga dalam mengatasi kudis, cukup dengan menggiling 1 lembar daun salam hingga halus dan menyerupai bubur. Setelah itu balurkan pada kulit yang terserang kudis dan lakukan resep ini secara teratur untuk manfaat daun salam maksimal. 

17. Manfaat Daun Salam: Obat Gatal-Gatal. Cara memanfaatkan daun salam dalam mengobati gatal-gatal sangat sederhana dan mudah serta seperti cara pembuatan obat kudis diatas yaitu dengan menggiling daun salam hingga halus lalu oleskan pada kulit yang yang gatal. 

18. Manfaat Daun Salam: Mencegah Kulit Keriput. Daun salam bermanfaat dalam mencegah timbulnya kulit keriput yang menyebabkan anda kelihatan tua atau kulit stres. Cara memanfaatkan daun salam dalam mencegah penuaan dini dengan merebus 5 daun salam kering ke dalam 2 gelas air dengan wadah yang tertutup dan setelah itu buka tutupnya dan biarkan selama 2 menit. Tuangkan hasil rebusan ke dalam mangkuk besar dan tutupi kepala anda dengan handuk dan hirup uangpnya atau dekatkan ke wajah. 

Manfaat Daun Salam Kecantikan Rambut

Tidak hanya masalah kulit, daun salam juga bermanfaat dalam mengatasi maslaah-masalah rambut yaitu sebagai berikut...

19. Manfaat Daun Salam: Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe. Daun salam bermanfaat juga dalam mengatasi rambut rontok dan ketombe, cukup dengan memberikan minyak daun salam yang bermanfaat sebagai tonik

20. Manfaat Daun Salam: Menguris Kutu Rambut. Manfaat daun salam dalam mengobati kutu rambut cukup dengan merebus 50 gram daun salam dengan 400 ml air. Saring air hasil rebusan daun salam dan berikan ke rambut  tunggu hingga 3-4 jam dalam menyingkirkan kutu kepala secara aktif.

Baca Juga: 


Demikianlah informasi mengenai 20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu manfaat daun salam bagi kesehatan, manfaat daun salam bagi kecantikan kulit, manfaat daun salam bagi kecantikan rambut anda. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan
  • Utami, Prapati dan Puspaningtyas, Ervira Desty. The Miracle of Herbs. Jakarta: AgroMediaPustaka 
  • Hidayat, Syamsul, Rodame dan Napitupulu. 2015. Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta: AgriFlo. 
  • Prof. Hembing. Ensiklopedia Milenium, Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia.
  • ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/MPK/article/viewFile/1037/770 (khasiat daun salam Eugenia polyantha Wight, Sebagai antidiare pada tikus putih)
  • core.ac.uk/download/files/379/11723111.pdf (ARTIKEL PENELITIAN PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SALAM (Eugenia polyantha) TERHADAP KADAR HDL KOLESTEROL SERUM TIKUS JANTAN GALUR WISTAR HIPERLIPIDEMIA Diajukan untuk memenuhi tugas dan melengkapi persyaratan dalam menempuh Program Sarjana Fakultas Kedokteran Disusun oleh :Vincentius Agung
  • eprints.undip.ac.id/41966/1/577_Astri_Praba_Shinta_G2C009087.pdf, PERBEDAAN PERUBAHAN KADAR KOLESTEROL LDL SETELAH PEMBERIAN EKSTRAK DAN REBUSAN DAUN SALAM (Eugenia polyantha) PADATIKUS SPRAGUE DAWLEY DIBERI PAKAN TINGGI LEMAKASTRI PRABA SHINTA
  • journal.unair.ac.id/filerPDF/MKH-21-2-15.pdf, Uji Aktivitas Penurun Kadar Glukosa Darah Ekstrak Daun Eugenia polyantha pada Mencit yang Diinduksi Aloksan Test Pharmacological Effect of Ethanolic Extract of Eugenia polyantha Leaves as for Decreasing Glucose Level Activity on Mice Induced by Alloxan Herra Studiawan dan Mulja Hadi Santosa
  • repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/41053/3/Chapter%20II.pdf
  • digilib.unila.ac.id/3807/14/BAB%20II.pdf
  • herbalisnusantara.com/tanamanobat/1-119.pdf

.
Blog, Updated at: 08.21