14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Obat Kolesterol|Kolesterol bukan merupakan lemak, melainkan suatu senyawa yang menyerupai lilin. Kolesterol sebenarnya adalah alkohol dalam bentuk murni yang terlihat seperti kepingan kecil-kecil yang berwarna seperti mutiara. Kolesterol tidak dapat larut dalam air. Antioni Vallisnieri, sarjanawan dari Prancis di tahun 1733 mengemukakan bahwa batu empedu (gallstone) dapat larut dalam alkohol. Tak hanya Vallisnieri, juga Poulletier de la Salla yang juga dari Prancis di tahun 1769 mengekstrak suatu bahan dari batu empedu yang larut dalam alkohol. 

Di awal tahun 1815, Michel Eugene Chevreul (1786-1889) yang juga dari Prancis menemukan asam lemak dengan berhasil memisahkan bahan berbentuk kepingan kristal kecil-kecil yang warnannya putih dari bahan semacam lilin yang tidak dapat dijadikan sabun. Di tahun 1842, dia baru dapat menemukan zat putih pada empedu manusia dan hewan yang disebut dengan cholesterine. Kata yang diambil dari bahasa Yunani yait chole yang berarti padat. Kemudian, selama 20 tahun setelah itu, para peneliti berhasil menemukan cholesterine dalam jaringan otak, darah, tumor dan di dalam telur ayam. Cholesterine yang terdapat di telur, batu empedu, dan empedu tersebut ternyata sama. Pada tahun 1886, seorang pakar patologi Jerman bernama Rudolf Vichow (1821-1902) mulai mempelajari aterosklerosis, mengamati proses terjadinya pengerasan dan penyumbatan pada pembuluh darah. 

Pada awal abad ke-20, terdapat ilmuwan yang telah mengetahui bahwa cholesterine mengandung molekul yang menyerupai alkohol. Karenya, mulai saat itu istilah cholesterine diganti dengan cholesterol. Kemudian tahun 1905, Adolf Windaus, seorang mahasiswa tingkat doktoral di Institut Kimia Unversitas Freiberg, Jerman yang mencoba menentukan struktur kimia kolesterol. Bersama peneliti lainnya, di tahun 1910, Adolf Windaus menyatakan bahwa jaringan jantung dapat rusak disebabkan aterosklerosis yang mengandung kolesterol tinggi dibandingkan dengan jaringan yang normal. Riset yang luar biasa membuat Windaus dianugerahi dengan hadiah nobel di tahun 1928.  Walaupun, akhirnya diketahui penjelasan struktur molekul kolesterolnya salah, panitia penganugerahan hadiah Nobel tidak mencabut dan Windaus tetap mencoba meneruskan penelitian untuk memperbaikinya. 20 tahun kemudian, ilmuwan menemukan struktur kimia kolesterol yang benar. 

Di tahun 1930 dari otopsi mayat telah diketahui banyak kejadian endapan keras di pembuluh darah orang miskin yang kekurangan makanan. Setelah selesai Perang Dunia kedua, para ilmuwan dengan segenap mencurahkan perhatian dalam mengatasi penyakit jantung yang jumlahnya semakin meningkat. Kebanyakan peneliti mengambil kesimpulan bahwa terjadinya pengerasan dan penebalan dinding pembuluh darah adalah akibat metabolisme kolesterol yang tidak normal. Hal ini telah di uji dari eksperimen hewan percobaan misalnya ayam, anjing, tikus, kelinci dan keras. Salah satunya peningkatan kadar kolesterol dalam darah dari makanan, obat atau yang merusak pembuluh darah. Dalam banyak hal telah menyerupai arterosklerosis pada manusia. Journal of Cronic Diseases Volume 4 tahun 1956, halaman 364, bahwa hubungan penyakit jantung dengan kolesterol awalnya pada 1953. 

Salah seorang "peserta" polemik tersebut adalah Dr. Ancel Keys dari Universitas Minneseto yang melaporkan adanya hubungan positif antara konsumsi lemak hewan. dan kejadian arterosklerosis atau pengerasan dan penebalan dinding pembuluh darah. Akibat polemik muncul penelitian bahwa seseorang yang memiliki serm (cairan darah yang terpisah setelah dara membeku) kolesterol tinggi kemungkinan besar menderita arterosklerosisi dibandingkan dengan orang yang memiliki serum kolesterol rendah. Di tahun 1964, American Heart Association mengajurkan untuk mengurangi konsumsi kolesterol maksimun 300 mg pe hari. Atas anjuran ini hampir semua pemerintahan dan jawatan seluruh dunia telah mengikutinya. 

Apa itu Kolesterol ?..  

Kolesterol adalah salah satu senyawa lemak yang lunak, berwarna kuning dan seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh, khususnya di dalam hati. Setiap hari, hati menghasillkan sekitar 800 miligram kolesterol. Tidak hanya hati, kolesterol berasal dari makanan produk hewani, misalnya daging, ayam, kuning telur, otak, susu, makanan laut dan produk olahan susu. Kolesterol dalam darah berasal dari makanan hanya seperempatnya diserap usus, sedangkan sisanya merupakan hasil produksi sel-sel hati.
Sebelum mendakwa kolesterol itu jahat, diketahui kolesterol kadar nomal berguna bagi kesehatan. Kolesterol salah satu bentuk lemak yang penting yang diperlukan tubuh, Sel-sel tubuh memerlukan kolesterol untuk tumbuh dan berkembang.  Jadi, manusia tidak dapat hidup tanpa Kolesterol dan kolesterol menjadi masalah jika darah berlebihan. 

Manfaat Kolesterol Pada Tubuh

Kolesterol ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak hanya dikenal memiliki banyak mudarat atau menyebabkan berbagai penyakit datang. Manfaat kolesterol adalah...
  • Membentuk hormon seks yang penting bagi perkembangan dan fungsi organ seksual. 
  • Pertumbuhan jaringan otak dan saraf. 
  • Membentuk hormon korteks adrenal untuk metabolisme dan keseimbangan garam dalam tubuh. 
  • Bahan baku pembentukan asam garam empedu yang berfungsi meningkatkan pembuangan lemak.
  • Pembungkus jaringan saraf dan melapisi membran sel. 
  • Membuat vitamin D yang bermanfaat untuk menyerap kalsium tubuh sehingga kesehatan tulang terjaga. 

Kolesterol Jahat dan Kolesterol Baik

Low density lipoprotein (LDL) adalah pengangkut kolesterol terbesar dalam darah. Kolesterol disebarkan ke seluruh sel jaringan tubuh dan pembuluh darah dalam bentuk LDL. Di dalam perjalanan, muatan kolesterol yang berlebihan mudah tercecer dan menempel di sepanjang pembuluh darah. Akibatnya menyebabkan proses penyempitan dan pengerasan pembuluh darah (arterosklerosis). Oleh karena itu, LDL disebut juga "kolesterol jahat". 

Kerja LDL berlawanan dengan HDL (high density lipoprotein), yaitu mencegah proses arteriosklerosis. High density lipoprotein yang berperan menangkap kolesterol bebas yang berceceran untuk diangkut kembali ke hati dan selanjutnya diuraikan, lalu dibuang ke kandung empedu sebagai asam empedu sehingga timbunan kolesterol menjadi berkurang. Oleh karena itu, HDL disebut dengan kolesterol baik. Kadar kolesterol HDL yang tinggi sangat penting untuk kesehatan.  

Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi 

Selain dari faktor genetik (faktor internal), terdapat juga faktor eksternal yang memengaruhi kadar kolesterol darah adalah sebagai berikut.. 
1. Makanan
Makanan yang mengandung kolesterol, lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi, misalnya keju, otak babi, jeroan, dan otak sapi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. 
2. Merokok 
Berdasarkan penelitian, merokok meningkatkan kolesterol LDL, kadar kolesterol total, dan trigeliserida. 
3. Alkohol
Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Pecandu alkohol cenderung mempunyai berat badan yang berlebih dan tekanan darah cenderung naik. 
4. Berat Badan 
Orang dengan berat badan berlebihan memiliki kadar kolesterol total, LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang berat badannya normal yang belum tentu bebas dari kolesterol tinggi. 
5. Kopi
Minum kopi yang berlebihan (sebanyak enam cangkir sehari dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Hal ini menjadikan darah lebih pekat sehingga dapat menimbulkan penyempitan pembuluh darah yang dapat berisiko serangan jantung dan stroke. 
6. Stres
Stres yang berlangsung dalam waktu yang lama dapat merusak keseimbangan tubuh. Tekanan darah dan kolesterol darah orang stres lebih tinggi dibandingkan ketika stresnya sudah terkendali. 
7. Olahraga
Kurangnya olahraga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Olahraga yang dilakukan dengan teratur, dapat menigkatkan HDL, menekan kolesterol total dan kolesterol LDL, membakar trigliserida serta menurunkan berat badan. 
8. Usia dan Jenis Kelamin  
Kadar kolesterol total cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Kadar kolesterol HDL wanita cenderung lebih tinggi daripada laki-laki. Wanita yang telah memasuki masa monopause, kadar kolesterol LDL dan trigliserida cenderung mengalami peningkatan.  
9. Pemakaian Pil Konstrasepsi
Penggunaan pil kontrasepsi dapat meningkatkan kadar kolesterol total, LDL, dan trigliserida, tetapi sebaliknya dapat menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). 

Proses Terjadinya Kelebihan Kolesterol

Kelebihan kolesterol tidak hanya terjadi begitu saja, namun diiringi dengan proses yang membuat terjadinya kelebihan kolesterol. Proses terjadinya kolesterol adalah sebagai berikut.
1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh (gajih, jeroan, keju, susu, margarin/mentega), lemak trans (gorengan, kue, kering, margarin/mentega), dan kolesterol sehingga tubuh tidak mampu mengendalikan kadarnya. 
2. Proses pengeluaran kolesterol ke usus besar melalui asam empedu terlalu sedikit. 
3. Faktor genetik, yaitu produksi kolesterol dalam hati yang disebut dengan kolesterol endogen yang terlalu banyak. 

Gejala Kolesterol Tinggi

14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara AlamiPemeriksaan kadar kolesterol wajib anda ketahui untuk meminimalisir terjadinya berbagai penyakit akibatkan kolesterol tinggi dengan mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda kolesterol tinggi. Umumnya, kebanyakan seseorang tidak mengetahui kadar kolesterolnya meningkat dengan tidak mengetahui gejala-gejala kolesterol tinggi apapun. Gejala kolesterol tinggi tidak spesifik dan belum tentu dirasakan semua orang. Gejala-gejala kolesterol tinggi adalah sebagai berikut...
  • Bercak-bercak kuning dibawah kelopak mata (xanthelasma).
  • Tengkuk terasa pegal-pegal
  • Terjadi xanthomata (penumpukan kolesterol) yang terlihat dalam jaringan tubuh, terutama dalam kulit dan urat. Xanthomata bisa merupakan pembengkakan berbentuk bulat dan berwarna kekuningan.
  • Bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena faktor genetik, penumpukan kolesterol kadang terlihat di kulit seperti separuh biji kacang yang bisa dilihat dan dirasakan pada urat dekat buku jari. 
Klasifikasi Kadar Lemak Darah 
Dari hasil pemeriksaan kadar lemak darah sangatlah penting dalam mengetahui seseorang menderita displimemia atau tidak. Dari pemeriksaan yang telah dilakukan setelah puasa 12-16 jam (selama puasa hingga pengambilan darah tidak boleh makan dan minum, kecuali air putih tanpa gula). Parameter yang diperiksa paling sedikit meliputi kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL dan trigliserida.





 





 

Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah dan Murah

Tumbuhan obat secara empiris telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah. Memang belum semua tumbuhan obat telah dilakukan penelitian secara mendalam tentang khasiatnya dalam mencegah proses aterosklerosis, proses stabilisasi plak yang sudah terbentuk sehingga tidak mudah rupture (pecah) atau kemungkinannya dapat mengurangi dalam proses trombosis. Cara kerja obat bahan alam atau tumbuhan obat diantaranya telah diteliti, seperti temulawak yang memiliki aktivitas kolagoga. Akan tetapi, yang jelas obat bahan alam dapat diperoleh dengan harga yang murah, bermanfaat dan bebas terhadap efek samping jika digunakan dengan dosis yang tepat karena tanaman obat dapat dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari dalam menurunkan  kolesterol. Beberapa tanaman sayuran, buah-buahan, atau tanaman liar dapat mengobati displipidemia.

Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Tanaman Herbal

1. Obat Kolesterol Dengan Alpukat 
Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin A, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium dan glutation. Buah alpukat kaya serat dan asam lemak tak jenuh tunggal (monounstaturated fatty acid = MUFA) sehingga dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol -LDL darah tinggi. MUFA memiliki aktivitas antioksidan yang bersama-sama dengan vitamin E dan glutation yang dikandungnya berfungsi melindungi pembuluh darah arteri dari kerusakan akibat kol-LDL. Kandungan niacin pada alpukat mempengaruhi aktivitas enzim lipoprotein lipase sehingga menurunkan produksi VLDL di hati yang akibatnya menurunkan kolesterol total, kol-LDL, dan trigliserida. Niasin dapat meningkatkan kol HDL. Buah Alpukat yang telah tua ditandai dengan warna kulit hijau tua yang tidak mengkilap dan bila dikocok, akan terdengar bunyi karena adanya benturan antara biji dengna daging buahnya. Daging buah yang dapat dimakan sudah terasa empuk. Bagi yang hanya sekedara lemak darah normal dapat makan buah alpukat yang dijadikan koktail, salad, dioleskan pada roti, jus atau dihaluskan dan dicampur dalam saus, sup dan es krim.
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara membuat obat penurunan kolesterol dengan alpukat adalah menyediakan buah alpukat yang sudah masak 1/2-1 1/2 buah ukuran normal 150 g. Caranya sangat mudah cukup dengan dimakan buahnya. Jika direbus akan terasa pahit. Saat dimakan jangan diberi gula pasir karena karbohidrat sederhana meningkatkan kadar trigliserida darah.

2. Obat Kolesterol Dengan Jagung
Jagung (Zea mays L) yang rambut jagung rasanya manis dan bersifat netral. Khasiatnya menetralisir hati, melancarkan keluarnya empedu, membuang panas, seluruh kencing (diuretik), dan menurunkan tekanan darah. Kandungan jagung antara lain potassium nitrat,vitamin K, a-tocopheryquinone, B-sitosterol, strigmasterol, yushushu acid, dan volatile elkaloid.
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Cara menurunkan kolesterol dengan jagung dapat anda buat sendiri dan sangat mudah dengan menyediakan buah jagung (Maidis Fructus) yang masih segar dan utuh banyak 2-3 buah. Cara pembuatan obat kolesterol adalah buah jagung serta tongkol, rambut, dan kulit dicuci bersih. Masukkan air bersih dan permukaan air sekitar 3 cm di atasnya, lalu direbus. Setelah mendidih, biarkan kira-kira 15 menit lamanya, baru api dimatikan. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum misalnya teh. Adapun jagungnya dapat dimakan

3. Obat Kolesterol Dengan Kunyit
Kunyit (Curcuma Domestica Val). Rimpang kunyit berbau khas aromatik, rasanya agak pahit dan sedikit pedas, sifatnya sejuk. Kandungan kimia dalam rimpang kunyit yaitu minyak asiri (turmerone, zingiberene, phellandrene, sesquiterpene alkohol, dan borneo), kurkimin (perwarna kuning), desmetoksikurkumin, bidesmetoksirkurkumin, pati, tanin, dan damar. Kunyit berkhasiat dan bermanfaat dalam memperlancari pengeluaran empedu ke usus (kolagogum) yang digunakan untuk mencerna lemak yang berasal dari makanan, dan sisanya sebagian besar dibuang melalui tinja. Karena empedu dibuat di hati dari kolesterol-LDL, maka lancarnya aliran empedu ke usus akan menurunkan kadar kolesterol-LDL di dalam darah. Kunyit berkhasait pengelat (astringen), melancarkan darah dan enersi vital, menghilangkan sumbqatan, peluruh kentut (karminatif), menstimulir rahim yang berperan sebagai peluruh haid (emenagog) dan mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, dan antikoagulan.
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Cara menurunkan kolesterol dengan Kunyit yang cara membuatnya dengan menyediakan empu rimpang kunyit (Curcumae Domesticae Rhizoma) segar sebanyak 10 g. Rimpang kunyit dibersihkan, lalu diiris tipis-tipis. Rebus dalam air gelas sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu. 

3. Obat Kolesterol Dengan Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) bermanfaat dan berkhasiat dengan banyak kegunaan yaitu menurunkan kadar kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, sariawan, batuk rejan, dan getah empedu. Manfaat belimbing wuluh sebagai obat kolesterol karena kandungan vitamin C (asam askorbat), riboflavin, flavonoid, kalium oksalat, thiamin, niasin, dan saponin. Belimbing wuluh dengna sifatnya rasa asam dan bersifat sejuk dan berkhasiat dalam meningkatkan pengeluaran empedu (kolagoga), antiradang, peluruh kemih, meredakan sakit (analgetik), dan astringent.
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara mengobati/menurunkan kolesterol dengan belimbing wulu cukup dengan merebus atau blender 3 buah belimbing wuluh matang dengan menambahkan 1/4 geleas air (50 ml), saring, dan minum airnya. Lakukan 2 kali sehari.

4. Obat Kolesterol Dengan Bawang Putih
 Bawang putih (Allium sativum L.). Manfaat dan khasiat bawang putih yang dapat menurunkan kadar lemak darah yang termasuk kolesterol dan trigliserida, mencegah penyempitan pembuluh darah (arteriosklerosis), jantung koroner dan stroke, dapat mengatasi tekanan darah tinggi, flu dan bronkhitis. Hal ini dapat mengobati kolesterol karena kandungan kimia dalam bawang putih seperti minyak asiri (allisin, alliin, enzim aliinase), diallildisulfida, metiallil trisulfida, S-allyl cysteine, saponin, scordinins, saltivine, allithiamin, asam nikotinat, besi, vitamin A, B1,B2, B3, C dan E, serta mineral selenium, germanium, sulfur, fosfor dan kalsium.
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Sifat dari bawang putih yang rasanya pedas, hangat, berbau aromatis, sebagai antioksidan, hipolipidemik (menurunkan lemak darah), antikoagulan (mencegah pembekuan darah), melancarkan sirkulasi darah, hipoglikemik, antibiotik, dan dapat menstimulasi sistem imun. Kandungan alliin, allisin, dan S-allyl cysteine berkhasiat dan bermanfaat dalam mencegah produksi kolesterol berlebihan dan menurunkan kolesterol dalam darah sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri. Cara membuat obat kolesterol dengan bawang putih sangatlah mudah dan sederhana dengan mengkonsumsi bawang putih 1-3 siung umbi mentah.

5. Obat Kolesterol Dengan Belimbing Manis
Belimbing manis dapat menjadi obat menurunkan kolesterol karena kandungan belimbing manis seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, pektin, asam oksalat, fosfor, zat besi dan kalium. Tidak hanya berkhasiat dan bermanfaat menurunkan kolesterol belimbing manis juga bermanfaat dalam mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi), influenza dan melancarkan tekanan darah tinggi.
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Belimbing manis yang tentu saja memiliki rasa manis, asam, dan netral. Berkhasiat antiradang dan peluruh kemih (deuritik). Kandungan pektin mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus dan mengeluarkannya. Cara membuat obat kolesterol dengan belimbing manis cukup dengan makan atau blender 2 buah belimbing. Lakukan setiap hari secara teratur.

6. Obat Kolesterol Dengan Buncis
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Buncis (Phaseolus vulgaris L.). yang bermanfaat dan berkhasiat dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL), berkhasiat menurunkan kadar gula darah pada diabetes militus, hipertensi dan sembelit. Kandungan buncis yang terdapat sehingga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol karena mengandung bermacam zat nutrisi misalnya karbohidrat, serta, protein, vitamin A, B,C. Cara menurunkan kolesterol dengan buncis cukup dengan mengkonsumsinya setiap hari.

7. Obat Kolesterol Dengan Bit

14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Bit (Beta Vulgaris L.) mungkin saja tanaman ini atau tumbuhan ini jarang anda dengar bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi, kandungan yang terdapat didalamnya terbukti sebagai obat kolesterol seperti betaine, antiosianin, zat besi, kalsium, fosfor, dan serat Cara membuat obat kolesterol dengan bit cukup dengan jus atau blender umbi bit, lalu diminum.

8. Obat Kolesterol Dengan Wortel
Wortel (Dauci Radix) berkhasiat dan bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan menormalkannya karena kandungan air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, beta karoten, nutrisi antikanker, gula alamiah, kalsium, vitamin B dan C, dan Besi. Beta karoten, asam lemak tidak jenuh ganda dan vitamin C berkhasiat dan bermanfaat sebagai antioksidan melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi. Beta karoten menghambat pertumbuhan kanker mencegah serangan jantung, mencegah katarak, meningkatkan fungsi sistem imun, mengobati bercak penuaan dan jerawat, memperkuat tulang, serta menjaga kesehatan gusi. Dari penelitian diketahui bahwa dengan mengkonsumsi wortel yang diskukus sebentar memperbesar penyerapan beta karoten.
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara membuat obat penurun kolesterol dengan wortel adalah menyediakan wortel segar ukuran sedang sebanyak 5 buah. Pembuatannya yaitu mencuci bersih wortel, lalu dijus atau diparut. Kemudian diperas dan disaring. Minum airnya sekaligus. Lakukan hal ini setiap hari.

9. Obat Kolesterol Dengan Jamur Ling Zhi
Jamur yang mungkin jarang kita dengar ini bermanfaat dan berkhasiat dalam menguatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati hepatitis, mencegah dan menghambat pertumbuhan sel tumor, menghilangkan sesak napas, dan mengatasi kerontokan rambut. Manfaat dan khasiat jamur ling zhi dapat dijadikan obat kolesterol karena kandungan erogsterol, coumarin, monitol, fungal, lysozyme, asam protease, protein yang larut dalam air, asam amino, polipeptidase, natrium, kalsium, mangan, seng, dan kobalt.
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Cara menurunkan kolesterol dengan obat jamur ling zhi adalah menyediakan jamur ling zhi kering sebanyak 10 g. Jamur ling zhi dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas bersih tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus. Selain itu direbus dengan air, jamur ling zhi dapat ditim, dicampur denan bahan ramuan obat, atau dicampur dengan bahan makanan lainnya untuk disantap sebagai makanan kesehatan. Resep di atas berguna juga dalam mencegah jantung koroner.

10. Obat Kolesterol Dengan Bawang Bombai
Bawang Bombai (Allium cepa L.). bermanfaat dan berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi, mencegah arterisklerosis dan penyakit jantung, diabetes militus, hipertensi, influenza dan membersihkan usus. Sedangkan untuk kandungan bawang bombai sehingga dapat digunakan sebagai obat menurunkan kolesterol yaitu minyak asiri dengan senyawa sulfur (allisin, alliin,) flavonoid, asam fenolat dan sterol.

14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Cara membuat obat kolesterol dengan bawang bombai sangatlah mudah, cukup dengan mengkonsumsinya setiap hari baik itu dengan membuatnya sebagai campuran bahan makanan.

11. Obat Kolesterol Dengan Bawang Merah
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara menggunakan obat kolesterol dengan bawang merah cukup dengan mengkonsumsi bawang merah sebanyak 15-30 g umbi segar. Bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol, hipertensi, kencing manis (diabetes militus) dan mencegah penggumpalan darah. Kandungan Alisin, aliin, alil propil disulfida, flavonoid, asam fenolat, asam fumarat, asam elagat, asam kafeat, fosfor, fitosterol, kalsium, pektin, saponon, kuersetin, niasin, sikloaliin, serta vitamin A, B1,dan C.

12. Obat Kolesterol Dengan Teh Hijau Kering dan Jeruk Lemon
Ramuan herbal menurunkan kolesterol pembuatannya sangat mudah, cukup menyediakan teh hijau kering sebanyak 5 gram dan jeruk lemon peras airnya sebanyak 1/2 buah.

14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Seduh teh dengan 300 cc air mendidih, tutup sekitar 10 menit, lalu saring. Minum selagi masih hangat, dapat ditambah air perasan jeruk lemon. Lakukan setiap hari.

13. Obat Kolesterol Dengan Biji Ketepeng Kecil

14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara membuat obat kolesterol dengan biji ketepeng kecil cukup dengan menyediakan 30-40 g. Cara membuat obat kolesterol dengan biji ketepeng kecil cukup dengan menumbuk, merebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum 2 kali sehari.

14. Obat Kolesterol Dengan Jus Jeruk Manis dan Nanas 
14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
 
Cara membuat obat menurunkan kolesterol dengan jus jeruk manis dan nanas sangatlah mudah, cukup menyediakan 5 buah jeruk manis, ambil airnya 2 irisan melintang nanas setebal 1 cm. Cara membuatnya dengan memasukkan bahan ke dalam juicer proses hingga sarinya keluar. Sajikan untuk 2 porsi.

Baca Juga:

20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Dengan Cara Alami
50 Manfaat Jahe Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda
20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan
20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
13 Obat Batuk Berdahak, Usir Batuk Berdahak Secara Alami
Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat 

Demikianlah informasi mengenai 14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 14 Obat Kolesterol Tradisional, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
  • Miller, Bruce. Mengawal Kolesterol. Siri Panduan Kesehata Otak.
  • Dr. A.P. Bangun, MHA. Sehat Dengan Ramuan Tradisional. Terapi Jus & Ramuan Tradisional Untuk Kolesterol
  • Wijayakusuma, Hembing. 2008. Ramuan Herbal Penurun Kolesterol. Jakarta: Pustaka Bunda.
  • Dalimartha, Setiawan. 36 Resep Tumbuhan Obat Untuk Menurunkan Kolesterol
  • Terapi Paling Aman & Menyenangkan. Rusilanti. 2014. Kolesterol Tinggi Bukan Untuk Ditakuti. Jakarta: FMedia (Agromedia Pustaka).

.
Blog, Updated at: 02.16