18 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
20 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan|Jus tomat adalah minuman dari sari buah tomat yang bermanfaat kesehatan & kecantikan dimana cara membuat jus tomat sangat mudah dengan manfaat jus tomat yang luar biasa menyehatkannya bagi tubuh kita. Tomat berasal dari Amerika tropis yaitu Amerika Selatan, terutama peru dan kepulauan galapagos. Di abad pertengahan yakni ke-16, tomat dikenalkan ke eropa. Ia diperkenalkan sebagai buah yang cantik namun jarang dimakan , kecuali di Italia dan Spanyol. Disaat itu buah ini dianggap beracun, namun pada abad ke-18 kembali diperkenalkan kembali oleh Amerika dari Eropa walau terdaftar sebagai tanaman beracun.

Tomat yang ditanam sebagai tanaman buah di ladang, pekarangan atau ditemukan liar pada ketinggian 1-600 m dpl. Tanaman yang tidak tahan dengan hujan, sinar matahari terik, serta dapat tumbuh di tanah yang gembur dan subur (Dalimartha, 2007). 

Tanaman tomat tergolong sebagai tanaman musiman (annual). Artinya, tanaman yang memiliki umur yang pendek yang satu kali berproduksi dan setelah itu mati. Tanaman tomat sebagai tanaman perdu atau semak yang menjalar ke permukaan tanah dengan panjang mencapai dua meter (firmanto, 2011). 

Pada awalnya, dalam taksonomi, tomat ditempatkan dalam genus Solanum bersama dengan kentang dan setelah diteliti ternyata sebagai Solanum lycopersicon. Kemudian namanya diubah menjadi Lycopersicom esculentum, Lycopersicom sendiri berasal dari istilah Yunani yaitu "Persik Serigala", sedangkan Esculentum yaitu bias dimakan. Sehingga bahasa ilmiah tomat adalah Lycopersicum Esculentum

Kandungan Buah Tomat 

Mengapa tomat sangat bermanfaat ?... jawaban ini akan terjawab setelah anda mengetahui kandungan tomat yuang mana tomat adalah buah alkaloid solanin (0,007%, saponin, asam folat, protein, asam sitrat, asam malat, biflavonoid, adenine, trigonelin, tomatin, gula (fruktosa, glukosa), mineral (Ca, Mg,P,K,Na,Fe,Sulfur,Klorin), likopen, vitamin (B1, B2, B6, C, E, niasin). (Dalimartha,2007).

Dari berbagai penjelasan mengenai tomat, mulai dari asal usul dan kandungan tomat, tomat dapat dimanfaatkan sebagai jus tomat yang sangat mudah untuk dikonsumsi, dimana mungkin teman-teman sudah familiar dengan berbagai bahan dasar tomat, misalnya saus tomat, tapi yang satu ini yakni jus tomat mungkin masih banyak di antara anda yang belum merasakan manfaat jus tomat ini mulai dari rasa manfaat jus tomat, sampai kepada manfaat jus tomat dari segi kesehatan dan kecantikan yang tentu saja hal ini yang paling anda inginkan dalam mengkonsumsi apapun itu.

Mengolah tomat menjadi jus tomat yang bermanfaat ini, memiliki langkah-langkah yang perlu teman-teman lakukan saat membuat jus tomat. Sebenarnya tidak juga sulit, namun cara membuat jus tomat sebenarnya sangat mudah sekali. Namun sebelum membahas mengenai cara membuat jus tomat, mari kita masuk ke sejarah jus tomat agar anda mengenai asal-usul atau siapa, dimana pertama kali dibuatnya jus tomat...atau penemu jus tomat

Jus tomat pertama kali di tahun 1917 oleh Louis Perrin yang berada di hotel French Lick Springs Hotel di India selatan. Saat itu bahan untuk membuat jus jeruk habis dan dengan cepat menggantinya dengan tomat dan langsung diperas, dicampurkan gula dan saus. Kemudian dengan cepatnya dia melejit sebagai pengusaha sukses di Chicago mengenai produk jus tomatnya. Umumnya produsen komersial jus tomat menambahkan bahan seperti garam, bubuk bawang merah, bubuk bawang putih dan rempah-rempah lainnya. Di Amerika Serikat, jus tomat diproduksi massal dan dipasarkan di pertengarahn 1920-an dan populer tahun setelahnya. Sedangkan di Kanada, oleh hukum, jus tomat harus dibuat utuh dan di Amerika Serikat, umumnya jus tomat dibuat sebagai pasta tomat. 

Setelah mengetahui bagaimana sejarah jus tomat, dan sebelumnya telah dijelaskan di atas mengenai kandungan buah tomat, dan ternyata kandungan tersebut tidak sesuai dimana kita mengkonsumsi satu buah tomat dengan mengkonsumsi sari buah tomat yang mana kandungan gizi dari kedua bentuk konsumsi yang berbeda ini memiliki kandungan gizi yang berbeda. Sehingga pemaparan selanjutnya adalah kandungan jus tomat atau kandungan buah tomat.

Kandungan Sari Buah Tomat 

20 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan
Berdasarkan dari tabel diatas mengenai kandungan sari buah tomat, tentu membuat anda langsung kagum dan tergerak untuk mencoba mengkonsumsi jus tomat dan ingin merasakan sebesar apakah manfaat jus tomat ini..

Cara Membuat Jus Tomat

Dalam cara membuat jus tomat memiliki beberapa langkah yang perlu teman-teman ketahui agar jus tomat yang anda buat sesuai dengan manfaat jus tomat yang anda akan dapatkan. Langkah-langkah mengeolah tomat menjadi jus tomat adalah sebagai berikut...
1. Ambil 2-3 buah tomat
2. Potong kecil-kecil buah tomat
3. Masukkan potongan buah tomat ke dalam blender, lalu masukkan gula, air dan juga es bvatu 
4. Blender hingga halus
5. Tuangkan ke dalam gelas, lalu minum selagi masih dingin. 

Ternyata membuat jus tomat itu sangat mudah dan dapat anda praktekkan sendiri dirumah anda, dan konsumsilah setiap hari untuk manfaat jus tomat yang maksimal bagi tubuh anda, atau sudahkah anda mengenai manfaat jus tomat ?.. tidak, dan bagi anda yang selalu mengkonsumsi jus tomat berarti anda beruntung karena jus tomat menghadirkan banyak manfaat yaitu sebagai berikut... 

18 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan 

18 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan
Jus tomat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Manfaat Jus Tomat #Melindungi kulit, sel tubuh, dan organ penting
Tomat mengandung likopen, salah satu jenis antioksidan yang memiliki khasiat melindungi kulit dari sinar UV matahari, sel tubuh, dan organ penting.

2. Manfaat Jus Tomat#Mencegah kanker
Likopen juga memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, sehingga sistem imun menjadi lebih kuat untuk mencegah penyakit kanker.

3. Manfaat Jus Tomat #Mencegah penyakit jantung yang kambuh
Penelitian menyebutkan kalau likopen dalam jus tomat dapat mencegah penyakit jantung yang akan datang kembali.

4. Manfaat Jus Tomat #Menyembuhkan penyakit paru-paru
Jus tomat segar adalah penyembuh alami dari dalam, termasuk meredakan penyakit paru-paru, bronkitis, dan TBC.

5. Manfaat Jus Tomat #Dapat menghambat penggumpalan darah
Menurut sebuah penelitian, jus tomat dapat menghambat penggumpalan pembuluh darah. Sehingga minuman ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Manfaat Jus Tomat #Menyehatkan bayi
Vitamin C dan kalium yang terkandung dalam jus tomat sangat baik bagi ibu hamil.

7. Manfaat Jus Tomat #Menyehatkan hati dan mencegah sembelit
Jus tomat yang dicampur dengan jus bayam dapat menyehatkan hati dan juga mencegah sembelit.

8. Manfaat Jus Tomat #Memberikan energi
Kandungan kalium dalam jus tomat bisa mengatasi rasa letih dan menambahkan energi untuk tubuh.

9. Manfaat Jus Tomat #Melancarkan pencernaan
Sebelum makan, dianjurkan untuk meminum jus tomat, agar melancarkan pencernaan.

10. Manfaat Jus Tomat #Menghancurkan radikal bebas

Vitamin A dan C dalam tomat punya tugas untuk menghancurkan radikal bebas pada tubuh. 

11. Manfaat Jus Tomat#Menggantikan cairan tubuh yang hilang
Tomat memiliki kandungan air yang tinggi, dan jika diolah menjadi jus kadar air sangat baik menggantikan cairan tubuh yang hilang seharian aktivitas anda dan mencegah dehidrasi.  

12. Manfaat Jus Tomat#Mengobati Sariawan dan Peradangan
Tomat memiliki kandungan anti bakteri dan anti peradangan yang bermanfaat bagi anda yang sekarang mengalami rasa sakit atau mengalami sariawan.  

13. Manfaat Jus Tomat#Menurunkan Kolesterol 
Kandungan niacin alamiyang dimiliki oleh buah tomat membantu anda dalam mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.  

14. Manfaat Jus Tomat#Program Diet
Jus tomat dengan kandungan serat dan kalori yang cukup tinggi sehingga manfaat jus tomat dapat menjadi salah satu program diet anda karena jus tomat mudah dicerna dan memberikan efek yang mengeyangkan. 

15. Manfaat Jus Tomat#Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada buah tomat, membut perlunya anda mengkonsumsi jus tomat setiap hari karena dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah mata dari gangguan indra penglihatan.  

16. Manfaat Jus Tomat#Kesehatan Kulit
Vitamin E bermanfaat dalam mempercantik kulit, membuat kulit anda sehat, halus, dan cerah tanpa dengan menggunakan produk-produk kosmetik apapun.  

17. Manfaat Jus Tomat#Menurunkan Tekanan Darah 
Hipertensi atau tekanan darah tinggi, tomat sangat bermanfaat bagi anda untuk di konsumsi karena manfaat jus tomat dapat menurunkan tekanan darah anda yang diminimalisir dari komplikasi akibat hipertensi yaitu pusing, sakit kepala, sesak nafas, dan tubuh lemas.  

18. Manfaat Jus Tomat#Menyehatkan Tulang
Kandungan Vitamin K dan kalsium membantu anda dalam menyehatkan tulang dan gangguan pada tulang seperti pengapuran dan pengeroposan tulang dapat dicegah dengan mengkonsumsi jus tomat.

Baca Juga:

14 Manfaat Masker Tomat & Cara Membuatnya
22 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan & Kecantikan 
18 Manfaat Lemon & Khasiat Buah Lemon Pada Tubuh Anda 
18 Obat Sakit Gigi Secara Alami & Produk Obat Sakit Gigi 
13 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Cepat & Permanen
 
Demikianlah informasi 18 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu sejarah tomat, kandungan tomat, sejarah jus tomat, dan kandungan sari tomat, dan yang paling penting adalah manfaat jus tomat, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
 
Referensi: 18 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan
  • Anonim. 2005. Buah segala musim. 216 resep makanan & minuman sehat berbahan buah. Gramedia Pustaka Utama.
  • repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/41011/4/Chapter%20II.pdf
  • core.ac.uk/download/files/379/11714346.pdf
  • id.wikipedia.org

.
Blog, Updated at: 00.59