13 Obat Batuk Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
13 Obat Batuk Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami | Obat Batu Berdahak Tradisional yang alami memang lebih banyak dicari anda, karena efek samping produk obat batuk dan harganya pun yang mahal. Sebenarnya batuk merupakan ekspirasi eksplosif yang menyediakan mekanisme protektif normal untuk membersihkan cabang trakeobrankial dari sekret dan zat-zat asing. Masyarakat lebih cenderung untuk mencari pengobatan apabila batuknya berkepanjangan sehingga mengganggu seharian atau mencurigai kanker. (Winberger, 2005). 

Berdasarkan laporan WHO setiap 4 tahun dari 13 juta kematian dinegara berkembang disebabkan oleh infeksi saluran Pernapasan. Di Amerika PPOK di Instalasi Gawat Darurat (IGD) mencapai angka 1,5 juta, 726.000 memerlukan perawatan di rumah sakit dan 199.000 meninggal selama tahun 2000. Berdasarkan laporan nasional RISKESDAS 2007 prevalensi infeksi saluran pernapasan Akut (ISPA) di Indonesia yaitu 25,50% dan di Sulawesi Utara 20,52%  prevalensi pneumonia di Indonesia yaitu 2,13% dan di provinsi Sulawesi Utara 0,95%.

Dalam Forum Stop TB Partnership di Sultan, Jakarta, Senin (3/32014) menurut Tjandra "Anjuran, pasien batuk harus diperiksa. Salah satu kemungkinannya TB. Meskipun TB tidak terjadi pada semua orang, tapi kewaspadaan TB harus dimasukkan. Batuk itu tanda adanya gangguan pada saluran napas. Itu warning".

Tahun 2013 berdasarkan data Global Report dari prevalensi TB di Indonesia bahwa 297 per 100.000 penduduk kasus baru yang setiap tahun mencapai 460. 000 kasus. Total kasus hingga 2013 mencapai 800.000-900.000 kasus.

Batuk merupakan gangguan umum dan sering dialami orang. Gangguan dari hasil reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing ke dalam tubuh. Refleksi batuk disebabkan rangsangan tertentu misalnya debu, asap rokok, polusi udara, dan bau-bauan. Juga batuk dapat terjadi karena suhu yang mendadak, alergi, atau infeksi oleh virus dan bakteri. Benda-benda asing ini berubah menjadi lendir yang berada di saluran pernapasan, kemudian otot-otot tubuh berusaha untuk mengeluarkan lendir tersebut hingga terjadilah batuk. Itulah mekanisme terjadinya batuk. 

Jika substansi asing dapat dikeluarkan maka batuk akan berhenti. Sehingga batuk berfungsi membersihkan saluran pernafasan dari zat-zat perangsang dan partikel-partikel infeksi dan salah satu cara dalam mempertahankan tubuh. Namun perlu menjadi perhatian anda, bahwa batuk yang berlebihan secara terus-menerus menunjukkan terdapat gangguan dalam tubuh anda terutama di saluran pernafasan. 

Batuk tidak hanya gangguan yang terjadi dengan sendirinya, yang mana seringkali adalah gejala dari penyakit lain, umumnya adalah infeksi saluran pernafasan misalnya flu dan pilek. Tidak hanya itu, batuk dapat muncul karena adanya gejala penyakit bronkhitis, sinusitis, asma, alergi, ragang paru-paru. TBC paru, dan lain-lain. Gangguan batuk biasanya muncul saat pergantian musim (pancaroba) atau musim hujan dan cuaca dingin. Karena virus dan bakteri tahan di suhu dingin. Disaat musim pancaroba kekebalan tubuh kita cenderung menurun sehingga dapat dengan mudah terkena serangan virus dan bakteri penyebab batuk, flu dan pilek. 

Batuk dibedakan dalam dua jenis yaitu batuk produktif atau mengeluarkan dahak dan batuk tidak produktif atau batuk kering. Dari kedua jenis batuk tersebut bersifat akut atau kronis. Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 3 minggu, dan terjadi dalam 1 episode. Batuk tersebut umumnya terjadi secara tiba-tiba disebabkan oleh flu, pilek, sinusitis atau alergi. Sedangkan untuk batuk kronis adalah batuk yang terjadi lebih dari 3 minggu dan umumnya disebabkan penyakit seperti asma, batuk rejan, bronkhitis, dan TBC paru-paru. 

Pengobatan batuk banyak yang minum obat antibioktik tanpa resep dokter. Padahal jika batuk tersebut disebabkan oleh virus misalnya batuk influenza, pemberian antibiotik sia-sia karena antibiotik tidak membunuh virus. Perlu anda ketahui bahwa antibiotik bermanfaat dan berkhasiat membunuh kuman atau bakteri jika batuk disebabkan oleh infeksi bakteri. Menggunakan antibiotik pun tidak sembarangan karena dapat menyebabkan tubuh lama kelamaan menjadi resisten atau kebal terhadap antibiotik dan sistem imun menjadi menurun. 

Batuk dianggap orang sebagai gangguan yang ringan dan dapat berhenti sendiri, namun bukan tidak mungkin batuk tersebut muncul karena adanya gejala-gejala penyakit serius. Sehingga anda harus waspada jika batuk anda berkepanjangan, disertai suhu tubuh tinggi atau mengeluarkan dahak yang berwarna kuning kehijauan yang menandakan adanya infeksi sekunder, yang disertai dengan keringat dingin di malam hari (gejala TBC paru-paru, dan batuk berdarah yang menandakan bahwa terdapat luka atau infeksi dalam tubuh anda. Dari percikan batuk, mikrobia patogen penyebab infeksi tersebar dan menularkan penyakitnya pada orang lain. Oleh karena itu, saat terserang batuk sebaiknya menggunakan masker untuk menghindari adanya penularan terhadap orang lain apalagi orang terdekat anda. 

Penjagaan dan Pengobatan Sendiri
Menurut Notoadmodjo (2007) masyarakat atau anggota masyarakat yang mendapat penyakit, tidak meraskan sakit sudah tentu tidak akan bertindak apa-apa terhadap penyakit tersebut. Tetapi jika mereka diserang penyakit dan merasakan sakit, maka baru timbul berbagai macam perilaku dan usaha. Respons seseorang bila sakit adalah sebagai berikut... 
  • Tidak bertindak atau tidak melakukan kegiatan apa-apa
  • Mengobati sendiri 
  • Mencari pengobatanke fasilitas-fasilitas pengobatan tradisional
  • Mencari pengobatan dengan membeli obat-obat ke warung-warung obat dan sejenisnya, termasuk ke tukang-tukang jamu.  
  • Mencari pengobatan ke fasilitas-fasilitas pengobatan modern yang diadakan oleh pemerintah atau lembaga-lembaga kesehatan swasta, yang dikategorikan sebagai balai pengobatan, puskesmas, dan rumah sakit. 
  • Mencari pengobatan ke fasilitas pengobatan modern yang diselenggarakan oleh dokter praktik.
Penjagaan Sendiri 
Menurut KKM, antara penjagaan snediri untuk pencegahan batuk dianjurkan yaitu sebagai berikut...
  • Tidak merokok
  • Minum air yang banyak 
  • Cough drops 
  • Menjauhi dari penyebab batuk misalnya etiologi abu dan asap rokok
  • Meninggikan kepala dengan menggunakan bantal tambahan pada waktu malam untuk mengurangkan batuk kering. 
Sedangkan menurut itokindo.org (pdf: manajemen modern dan kesehatan masyarakat)  untuk menghindari datangnya batuk atau mencegah agar tidak semakin parah dan mempercepat penyembuhannya, berikut hal-hal yang harus diperhatikan: 
  • Menghentikan kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok orang lain. 
  • Jika sudah terkena alergi, hal-hal yang dapat memicu debu, bulu binatang, asap dan jangan menggunakan kipas dan semua itu harus dihindari 
  • Hindari makanan yang digoreng atau berminyak, manis, pedas, minuman dingin atau es, kafein, dan alkohol 
  • Konsumsikan makanan bergizi dan seimbang guna membantu meningkatkan kondisi tubuh anda. 
  • Minum minuman panas misalnya jahe atau jeruk panas dalam membantu melegakan tenggorokan. Hirup uap panas dari wadah yang berisi air panas atau mendidih
  • Istirahat dan tidur yang cukup
Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan batu berdahak baik dengan menggunakan obat dari apotek atau dokter. Namun ada banyak cara yang dapat anda lakukan dalam menyebuhkan batuk berdahak salah satunya dengan menggunakan obat batuk berdahak yang sifatnya tradisional, alami atau herbal. Obat batuk tradisional tidak kalah bermanfaatnya dengan obat batuk modern dan tentu efek sampingnya pun itu kurang atau tidak ada. 

Herbal atau obat tradisional yang membantu mengatasi batuk adalah yang bersifat menghangatkan dan memiliki khasiat meredakan batuk (antitussive), peluruh dahak (expectorant), penurun panas (antipiretik), anti-infeksi, antiradang (anti-inflamasi), dan merangsang imunitas/daya tahan tubuh (imunostimulator). 

13 Obat Batu Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami

13 Obat Batuk Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami

Berikut beberapa tumbuhan obat yang bermanfaat dalam mengatasi batuk berdahak anda... 
  • Daun Sirih (Piper betle L), yang berkhasiat dalam menghentikan batuk (anti-tussive), mengurangi peradangan, antiseptik, antijamur, dan menghilangkan gatal 
  • Jahe (Zingiber offcinale Rosc.), yang bermanfaat dalam meredakan batuk berdahak anda dengan menghangatkan pernafasan, peluruh dahak, antiradang. Untuk batuk karena flu, pilek dan masuk angin. 
  • Kulit Jeruk Mandarin (Citrus nobilis lour.), yang bermanfaat dalam peluruh dahak, antiasma 
  • Kencur (Kaempferia galanga L.), yang berkhasiat dalam peluruh dahak, dan meredakan batuk. 
  • Pegagan (Centella asiatica Urb.), yang berkhasiat untuk anti-infeksi, menurunkan panas, untuk batuk flu, flek paru, batuk rejan, menetralkan material toksik, dan bronkhitis
  • Daun Mentha (Mentha sp), Daun yang bermanfaat dalam meredakan batuk, dan peluruh dahak 
  • Daun Naga (Abrus precatorius L.), yang bermanfaat dalam antiradang, menurunkan panas
  • Umbi bunga lili/lalap (Lilium sp.), yang berkhasiat dalam meredakan asma, meredakan batuk, antihistaman. 
  • Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle.), yang berkhasiat dan meredakan batuk, antioksidan, dan peluruh dahak. 
  • Sambiloto (Andrograhis Paniculata Nees), Yang bermanfaat dalam antiradang, anti-infeksi, meneralkan material toksik/racun, merangsang imunitas tubuh, radang paru, batuk rejan, TBC paru, dan analgetik. 
  • Kunyit, yang bermanfaat dalam menghilangkan batu dengan efektif. 
  • Daun Kemangi, daun yang bermanfaat sebagai obat batuk berdahak dengan cukup merebus 2-3 daun kemangi dan 1-2 gelas airputih. dan konsumsi ramuan tersebut selagi hangat. 
  • Belimbing Wuluh, Bermanfaat dalam meredakan batuk berdahak anda

Contoh Ramuan Herbal Yang Dapat Membantu dan Sebagai Obat Batuk Berdahak Anda

  • 10 gram jahe + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 10 gram daun mentha + 20 gram kencur, dicuci bersih dan diiris-iris, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, setelah hangat disaring, tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu, diminum. (untuk batuk berdahak, batuk pilek, flu, masuk angin, melegakan tenggorokan)
  • 30 gram pegagan segar + 15 gram daun saga segar, dicuci bersih, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan gula batu secukupnya, diminum 2 kali sehari, masing-masing 150 cc. (untuk batuk kering, batuk darah, bronkhitis akut, demam, sakit tenggorokan)
  • 7-10 lembar daun sirih dan 2 siung bawang putih, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan madu atau gula batu, diminum 2 kali sehari. (untuk batuk disertai gatal tenggorokan, bronkhitis akut)
  • 10-15 gam sambiloto kering + 30 gram umbi bunga lili/pahap + 15 gram pegagan kering, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan madu secukupnya, diminum 2-3 kali sehari.
Catatan Penting Dalam Menggunakan Obat Tradisional Batuk Berdahak: 
  • Pilih salah satu resep diatas 
  • Jika berkepanjangan tetap konsultasi ke dokter
Sebenarnya Obat Tradisional atau Ramuan-Ramuan Herbal Diperbolehkan Untuk Di Konsumsi Anak-Anak Namun Terdapat Beberapa Takaran Lihat Dibawah ini...

Anak-anak cenderung menyukai rasa ramuan alami seperti stroberi, melon, apel dan sebagainya, dan anda pun dapat menggunakan ramuan tradisional dengan jeruk nipis, belimbing wuluh dan air putih hangat karena tidak terlalu ekstrim dan tergolong enak. Bagi anak yang  berusia 7-11 bulan berikan obat tradisional itu 4x1 sendok teh setiap hari, untuk usia 1-2 tahun berikan obat 4x1 sendok makan, untuk usia 3-5 tahun berikan 4x1 setengah sendok setiap hari. Lakukan secara rutin sampai batuk anak reda. 

Bagi anak-anak yang berusia dibawah 1 tahun jangan berikan madu dan perlu anda ketahui bahwa madu dapat diberikan untuk anak yang diatas usia 1 tahun. Umumnya batuk dapat reda 2-3 minggu, jika tidak segera konsultasi ke dokter.

 Baca Juga:


Demikianlah informasi mengenai 13 Obat Batuk Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami . Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 13 Obat Batuk Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami 
  • Mengatasi Batuk Dengan Ramuan Herbal, Oleh Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma
  • saripediatri.idai.or.id/pdfile/6-2-2.pdf
  • id.scribd.com/doc/100397072/P2-Mekanisme-Batuk-Berdahak#scribd
  • repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23349/4/Chapter%20II.pdf
  • ejournal.unsrat.ac.id/index.php/ebiomedik/article/viewFile/4572/4100
  • fkuwks2012c.files.wordpress.com/2014/09/dr-erna-o-b-a-t-b-a-t-u-k-compatibility-mode-1.pdf
  • alodokter.com/kenapa-batuk-berdahak-harus-ditangani-secara-berbeda

.
Blog, Updated at: 19.43