Gejala, Pencegahan & Pengobatan Influenza (Flu) Pada Anak

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Gejala, Pencegahan & Pengobatan Influenza (Flu) Pada Anak|Secara umum, pengertian influenza (flu) adalah infeksi virus pada saluran pernapasan atas yang dapat menyerang anak segala usia. Virus influenza menyebar melalui batuk dan bersin serta kontak langsung. Biasanya ada wabah flu kecil setiap tahun. Gejal-gejala penyakit influenza (flu) dapat diketahui yang pada umumnya gejala-gejala penyakit influenza flu terjadi 1-3 hari setelah terinfeksi dan mungkin terjadi dengan cepat. Gejala-gejala penyakit influenza adalah sebagai berikut.. 

Gejala-gejala penyakit Influenza (Flu) 

  • Demam, biasanya di atas 39 derajat celcius
  • Batu kering 
  • Nyeri otot
  • Lelah dan lemah 
  • Hidung tersumbat
  • Sakit kepala
  • Biasanya, sakit tenggorokan

Cara Membantu anak Anda

Anak biasanya merasa menderita selama 2-5 hari pertama. Pada kebanyakan kasus, influenza sebuh total dalam waktu sekitar 10 hari. Baringkan ia di tempat tidur yang hangat dan kamar berventilasi baik sampai suhu tubuhnya kembali normal. Untuk nyeri dan demam, berikan parasetamol cair sesuai dengan usia beratnya. Dorong ia untuk minum banyak air hangat. 

Pengobatan

Jika terkena flu dan berusia di bawah 2 tahun atau dengan risiko tinggi komplikasi, segera hubungi dokter. Juga panggil dokter segera jika gejala ini terjadi: suhu di atas 39 derajat celcius, bernapas cepat tidak wajar, mengantuk, atau enggan makan. Jika ada infeksi bakteri sekunder, dokter mungkin meresepkan antibiotik. Jika gejala parah, atau anak berisiko tinggi komplikasi misalnya karena gangguan kronis ia mungkin harus dirawat dirumah sakit

Kemungkinan Komplikasi

Virus flu bisa menyebar ke paru-paru dan menyebabkan penumonia atau bronkitis. Hal ini juga sering dipersulit oleh infeksi bakteri sekunder. Infeksi ini juga dapat menyebabkan sinusitis atau radang telinga. Gangguan yang menyebabkan anak-anak berisiko tinggi meliputi penyakit jantung, paru-paru, penyakit ginjal kronis; diabetes mellitus, fibrosis kristik atau menurunnya sistem kekebalan tubuh. Kejang demam adalah komplikasi yang mungkin menimpa bayi.

Pencegahan Penyakit Influenza (Flu) 

Virus influenza memiliki kemampuan untuk mengubah strukturnya. Ini berarti bawah meskipun akan pernah terserang influenza, selalu ada jenis baru yang ia tidak kebal.  Anak-anak dengan gangguan kronis, seperti penyakit paru-paru atau kerusakan sistem kekebalan, mungkin dianjurkan untuk menjalani vaksinasi influenza tahunan. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh anak dengan pola makan buah dan sayuran untuk membantu melawan virus influenza.

Baca Juga: 

Cara, Ketentuan, & Hal Penting Menyusui Dengan Botol
Cara, Ketentuan, & Hal Penting Ibu Menyusui Bayi Dengan Benar
Usus Buntu: Gejala Usus Buntu, Ciri-Ciri, & Penyebab Usus Buntu
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Tinggi
Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Cepat dan Alami
Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Dalam 1 Minggu, AMPUH

Gejala, Pencegahan & Pengobatan Influenza (Flu) Pada Anak

Demikianlah informasi mengenai Gejala, Pencegahan & Pengobatan Influenza (Flu) Pada Anak. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi:  Gejala, Pencegahan & Pengobatan Influenza (Flu) Pada Anak
  • Dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi Spa. Ensiklopedia Kesehatan Anak. Jakarta: Esensi. Hal: 225 

.
Blog, Updated at: 05.45