Pengertian Simbiosis Parasitisme & Contoh Simbiosis Parasitisme

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Simbiosis Parasitisme & Contoh Simbiosis Parasitisme|Secara Umum, Pengertian Simbiosis Parasitisme adalah pola interaksi yang erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis yang satu mendapat keuntungan dan yang satu mendapatkan kerugian. Secara terpisah, pengertian simbiosis adalah pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Istilah dari simbiosis berasal dari bahasa Yunani dari kata sym yang diartikan dengan sedangkan kata bios diartikan kehidupan. Makhluk hidup yang bersimbiosis disebut dengan simbion. 

Macam-Macam Bentuk Simbiosis - Simbiosis terdiri dari beberapa bentuk antara lain sebagai berikut..
  • Simbiosis Mutualisme
  • Simbiosis Parasitisme
  • Simbiosis Komensalisme
  • Simbiosis Kompetisi
  • Simbiosis Amensalisme

Contoh-Contoh Simbiosis Parasitisme

1. Contoh Simbiosis Parasitisme Cacing Pita dan Manusia
Cacing pita memperoleh keuntungan karena mendapatkan makanan dalam tubuh manusia tepatnya diusus. Sedangkan bagi manusia sendiri mendapatkan kerugian karena makanannya dimakan oleh cacing pita. 
2. Contoh Simbiosis Parasitisme Cacing Tambang dan Manusia
Cacing tambang hidup dalam usus manusia itu berbeda, cacing tambang sangat merugikan karena menyebabkan penyakit. Cacing tambang menyerap darah manusia sebagai makanan. Sedangkan manusia dirugikan karena kekurangan darah.
3. Contoh Simbiosis Parasitisme Tikus dan Petani 
Tikus mendapatkan makanan dari tumbuhan petani di sawah. Sedangkan petani dirugikan karena tanamannya dimakan oleh tikus membuat hasil panen petani berkurang.
4. Contoh Simbiosis Parasitisme Tali Putri dan Inangnya
Tali putri adalah tumbuhan yang tidak berklorofil sehingga tidak dapat berfotosintetis. Sehingga zat organik mendapat tumbuhan dari inangnya. Tumbuhan inangnya dirgikan karena zat organiknya diambil oleh tali putri.
5. Contoh Simbiosis Parasitisme Kutu dan Hewan ia tinggal 
Kutu menghisap dari hewan yang ia tempati untuk tinggal. Sedangkan bagi hewan mendakatkan kerugikan karena tubuhnya merasa gatal. 
6. Contoh Simbiosis Parasitisme Rafflesia Arnoldi dan Tumbuhan Inangnya
Bunga rafflesia arnoldi tidak memiliki akar, batang, dan daun. Sehingga dalam mendapatkan makanan ia mengambil makanan dari tumbuhan inangnya. Sedangkan bagi tumbuhan inangnya dirugikan karena makannnya diambil. 
7. Contoh Simbiosis Parasitisme Benalu dan Inangnya 
Benalu dapat berfotosintetis. Untuk berfotosintetis benalu mengambil air dan mineral dari inangnya. Sedangkan untuk tumbuhan inangnya mengalami kerugian karena air dan mineralnya diambil oleh tumbuhan benalu. Tapi parasit seperti ini mempunya klorofil disebut dengan semiprasit.

Baca Juga:
 
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Simbiosis Parasitisme & Contoh Simbiosis Parasitisme. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian simbiosis parasitisme, contoh-contoh simbiosis parasitisme. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

.
Blog, Updated at: 20.42