Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya| Secara Umum, Pengertian Karya Seni Rupa Terapan adalah karya seni yang dapat dipergunakan sehari-hari dan mengandung nilai keindahan/estetika. Secara harfiah, Pengertian seni rupa terapan adalah suatu benda seni yang berwujud dan dapat digunakan. Karya seni rupa terapan merupakan karya seni untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan). Seni rupa terapan berbeda dengan seni rupa murni yang mana pada seni rupa terapan mengutamakan fungsi namun juga terdapat keindahan, sedangkan pada seni rupa murni hanya mengandung nilai estetika/keindahan tanpa mementingkan kegunaan dari karya seni rupa. 

Makna Karya Seni Rupa Terapan - Karya seni rupa terapan disebut juga dengan seni rupa aplikatif. Arti seni rupa aplikatif adalah karya seni rupa yang telah diaplikasikan (terapkan) pada bentuk-bentuk fungsional (bentuk apa saja yang dibuat dengan tujuan untuk memenuhi hidup manusia). Wujudnya dapat berupa perlengkapan makan, perhiasan, perlengkapan ibadah, perabot rumah tangga, perlengkapan pertunjukan, dan pakaian. 

Sejarah Seni Rupa Terapan - Seni rupa terapan di Indonesia telah ada sejak zaman prasejarah yang pada saat itu nenek moyang bangsa Indonesia menggunakan kapak batu dan tulang untuk berburu. Dalam perkembangan yang sangat cepat, ditemukan teknik peleburan logam untuk membuat senjata dan perhiasan yang dihias agar terlihat indah. Contohnya moko, nekara, bejana, dll.

Macam-Macam Seni Rupa Terapan - Terdapat beberapa macam seni rupa terapan antara lain sebagai berikut...
  • Seni bangunan atau arsitektur, meliputi tempat tinggal, tempat ibadah, bangunan tanah, kantor, dll.
  • Seni ilustrasi, ialah seni berupa gambar atau foto untuk menjelaskan suatu naskah/teks. Contohnya gambar buku bacaan siswa SD. Fungsinya untuk menjelaskan maksud isi bacaan agar lebih mudah dipahami pembaca. Ilustrasi terdapat di buku pelajaran, iklan, cerpen, dll.
  • Seni grafis terapan, adalah karya seni rupa untuk media komunikasi.
  • Seni dekorasi ialah seni rupa yang biasanya digunakan untuk menghias sebuah ruangan.
  • Seni kriya terapan, adalah karya seni kerajinan yang digunakan untuk kepentingan praktis. 
Pembagian Karya Seni Rupa Terapan - Agar dapat dipahami dengan mudah, karya seni rupa terapan dikategorikan menjadi 3 yaitu sebagai berikut..
Seni Rupa Terapan Berdasarkan Fungsi
  • Pemenuhan kebutuhan yang bersifat praktis (kegunaan), adalah karya yang berfungsi sebagai benda pakai, dan mengandung nilai hias. Seperti perabotan rumah tangga, contohnya lemari, meja, kurni dan tekstil.
  • Pemenuhan kebutuhan yang bersifat estetis (keindahan), adalah fungsi yang semata-mata sebagai benda hias. Seperti karya batik atau tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding dan benda-benda kerajinan untuk penghias ruangan, seperti topeng, vas bunga, dan patung.
Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya
  • Karya seni rupa terapan dua dimensi (dwimatra) yaitu karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar dan dapat dilihat dari satu arah. Contohnya batik, tenun dan wayang kulit.
  • Karya seni rupa terapan tiga dimensi (trimatra), adalah karya seni rupa yang dilihat segala arah dan memiliki ruang atau volume. Contohnya patung, rumah adat, senjata tradisional seperti rencong dan pedang.
Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya 
Dalam karya seni rupa terapan berdasarkan bentuknya dibagi dalam empat kategori yaitu sebagai berikut..
  • Transportasi Tradisional
  • Seni Kriya
  • Rumah Adat 
  • Senjata Tradisional 
Contoh-Contoh Seni Rupa Terapan - Berikut contoh-contoh seni rupa terapan yang terdapat di Indonesia...
  • Poster, ialah karya seni atau desain grafis dengan komposisi gambar dan huruf pada media kertas berukuran besar. Penerapan poster biasanya ditempel di dinding atau pada permukaan datar untuk menginformasikan segala hal pada masyarakat dengan menampilkan nilai keindahan yakni menggunakan warna-warna kontrals dan kuat. Poster dapat menjadi sarana iklan, propaganda, dekorasi, dan pendidikan.    
Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya
  • Keramik, adalah suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar seperti genteng, gerabah, porselin dan sebagainya, namun tidak semua keramik berasal dari tanah liat. Sehingga arti keramik mencakup semua bahan bukan logam dan anorganik yang bentuknya padat. Istilah keramik sendiri berasal dari bahasa Yunani dari kata Keramikos yang berarti suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. 
Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya
  • Baju/Pakaian. adalah karya seni yang digunakan untuk menutupi tubuh manusia. Di Indonesia sendiri, terdapat baju/pakaian yang mencari ciri khas indonesia yaitu batik yang mana telah menjadi pakaian adat nusantara dan telah terdaftar di UNESCO. 
Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya
  • Arsitektur, adalah karya seni rupa terapan yang mengandung unsur kegunaan dan keindahan dimana segi indahan sangat mencolok dimana di Indonesia, arsitektur telah ada sejak zaman kerajaan yang dibuktikan dari banyaknya candi-candi dll. 
Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya

Baca Juga:

Pengertian Seni, Fungsi, Macam Seni, & Menurut Para Ahli
Pengertian Apresiasi Seni Rupa
Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam, & Fungsinya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian seni rupa terapan, contoh-contoh seni rupa terapan, macam-macam seni rupa terapan, sejarah seni rupa terapan, makna seni rupa terapan, jenis-jenis seni rupa terapan atau macam-macam seni rupa terapan, dan pembagian seni rupa terapan serta gambar-gambar contoh seni rupa terapan. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya
  •  Nurhadiat Dedi. 2004.Pendidikan Seni Rupa SMA Kelas 2. Jakarta: Grasindo
  • Hari Sulastianto dkk. 2006. Seni Budaya untuk kelas XII Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Grafindo Media Utama.
  • hedisasrawan.blogspot.co.id
  • id.wikipedia.org

.
Blog, Updated at: 21.35