Pengertian Seni Rupa Murni & 8 Contoh Seni Rupa Murni

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Seni Rupa Murni & 8 Contoh Seni Rupa Murni|Secara Umum, Pengertian Seni Rupa Murni adalah seni yang tercipta dengan mengutamakan fungsi keindahan/estetika tanpa mempertimbangkan segi fungsi dan kegunaannya. Fungsi seni rupa murni adalah sebagai pajangan atau hiasan dalam memenuhi kepuasan batin akan estetika.  Seni rupa murni juga dikatakan sebagai "seni rupa bebas" merupakan karya yang diciptakan dari ekspresi dan kreativitas seniman. Seni rupa murni, dalam perkembangannya terdapat beberapa aliran yaitu naturalisme, romantisme, surrealisme, impresionisme, ekspresionisme, dan dll

Seni rupa murni merupakan salah satu cabang dari seni rupa yang salah satunya adalah seni rupa terapan yang dilihat berdasarkan dari kegunaan seni rupa dan bila ditinjau dari segi bentuk dan wujudnya seni rupa dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.

Contoh Seni Rupa Murni

Berikut contoh-contoh seni rupa murni...
1. Patung, adalah hasil ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan membuat bentuk visual melalui tiga dimensi untuk tujuan estetika. Patung biasa biasa terdapat di meja, di lobi gedung, persimpangan jalan, taman, dll yang umumnya berwujud manusia, hewan, dan makhluk mitologi.
Patung
2. Relief, adalah gambaran atau lukisan dalam bentuk dua dimensi (dwi marta) atau tiga dimensi (tri marta). Umumnya relief biasa terdapat di tugu peringatan dan candi-candi. Relief berisi diorama dan nilai sejarah tinggi.
Relief
3. Lukisan, adalah karya seni yang terbuat dari polesan cat menggunakan kuas, pisau palet, atau peralatan lain di sebuah kanvas sebagai media.
Lukisan
4. Topeng, adalah seni yang menutupi wajah dengan ekspresi yang dibuat dari kertas, kayu, plastik, logam atau kain. Topeng biasanya digunakan saat pertunjukan drama atau tari.
Topeng
5. Ukiran, adalah seni memahat baik batu maupun kayu dengan bentuk yang kita inginkan. Biasanya berbentuk bunga, manusia, hewan dan dijadikan hiasan dirumah.
Ukiran
6. Seni Kaligrafi, adalah jenis karya seni rupa dengan menekankan keindahan bentuk huruf dengan berbagai modifikasi sehingga menampilkan nilai-nilai estetika.
Seni Kaligrafi
7. Mozaik, adalah seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik atau kaca. Seni mosaik biasa ditemukan di gereja atau arsitektur romawi.
Mozaik
8. Fotografi, seni yang biasanya dibuat sebagai ekspresi dari fotografer. Fotografi berfungsi sebagai ilustrasi atau hiasan pada buku, media massa, atau bahkan dapat dicetak untuk dipajang di tembok.
Fotografi

Baca Juga:

Pengertian Apresiasi Seni Rupa
Pengertian Seni, Fungsi, Macam Seni & Menurut Para Ahli 
Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam, & Fungsi

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Seni Rupa Murni & 8 Contoh Seni Rupa Murni. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian seni rupa murni, dan contoh-contoh seni rupa murni. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

.
Blog, Updated at: 22.30