Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 4 September 2015

Pengertian Operasional & Menurut Para Ahli

Pengertian Operasional & Menurut Para Ahli| Secara umum, Pengertian Operasional adalah konsep yang bersifat abstrak untuk memudahkan pengukuran suatu variabel. atau operasional dapat diartikan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan penelitian. Definisi operasional menurut karakteristik yang diobservasi untuk didefinisikan atau mengubah konsep-konsep yang berupa konstruk dengan kata-kata yang menggambarkan suatu perilaku atau gejala yang diamati, diuji dan di tentukan kebenarannya kepada orang lain.

Pengertian Operasioal Menurut Para Ahli

  • Budi Pranata: Pengertian operasional menurut budi pranata adalah kuantitas atau jumlah yang tidak cocok.
  • Husein Umar: Pengertian operasional menurut husein umar adalah penentuan suatu konstruct sehingga menjadi variable maupun variabel-variabel yang dapat diukur.
  • Nursalam: Menurut Nursalam, pengertian operasional adalah definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari suatu yang didefinisikan tersebut.
  • Widjono Hs: Pengertian operasional menurut Widjono Hs adalah batasan pengertian yang dijadikan sebagai pedoman untuk melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan.
  • Asep Hermawan: Menurut Asep Hermawan, pengertian operasional adalah penjelasan bagaimana kita dapat mengukur variable. Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan angka-angka maupun atribut-atribut tertentu.
  • Hoover: Pengertian operasional menurut Hoover adalah memuat identifikasi sesuatu hal yang bersifat (variabel) sehingga dapat digunakan untuk penelitian (observasi)
  • Rhonda Abrams & Alice Laplante: Menurut Rhonda Abrams & Alice Laplante bahwa pengertian operasional adalah aspek yang penting karena tanpanya, maka tidak ada yang dapat dikerjakan.
  • Nani Darmayanti: Pengertian operasional menurut Nani Darmayaanti adalah rumusan tentang ruang lingkup serta ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan dan penelitian suatu karya ilmiah.

Baca Juga: 


Demikianlah informasi mengenai Pengertian Operasional & Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian operasional, pengertian operasional menurut para ahli. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Pengertian Operasional & Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin