Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah & Niat Puasa Arafah Serta Keutamaannya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah & Niat Puasa Arafah Serta Keutamaannya| Kali ini mengenai bacaan doa niat puas tarwiyah dan bacaan doa niat puasa arafah beserta keutamaanya. Bulan Dzulhijjah menanti kita dimana bulan paling bersejarah bagi setiap umat muslim yang ada di seluruh dunia. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan haji yang mana dianjurkan untuk menjalankan ibadah Puasa Tarwiyah dan Puasa  Arafah. 
 
Artikel Terkait: Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah & Niat Puasa Arafah Serta Keutamaannya
Puasa Tarwiyah dilaksanakan terlebih dahulu lalu esok harinya menjalankan Puasa Arafah yang mana puasa arafah dilakukan satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Kita tahu bahwa Hari Raya Idul Adha menurut pemerintah dilaksanakan pada tanggal 24 September, Sedangkan menurut Muhammadiyah, Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 23 September, maka bila anda ikut ke pemerintah itu berarti bahwa Puasa Tarwiyah anda laksanakan pada tanggal 22 September, Sedangkan untuk puasa Arafah anda kerjakan atau laksanakan pada tangal 23 September. Lalu jika anda Muhammadiyah maka puasa tarwiyah anda laksanakan pada tanggal 21 September, Sedangkan puasa arafah pada tanggal 23 September. 
 
Setelah melaksanakan ibadah sunnah di bulan Dzulhijjah yaitu puasa, maka kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah yang bertepatan dengan para jamaah haji untuk melakukan wukuf di padang arafah. 

Puasa Arafah dan Tariwiyah sangat dianjurkan bagi yang tidak menjalankan ibadah haji di tanah suci. Sebenarnya tata cara puasa arafah dan tata cara puasa tarwiyah sebenarnya sama dengan puasa-puasa yang lainnya yang hanya membedakannya adalah dari niat puasa tersebut dan keutamaan dari puasa arafah dan keutamaan puasa tarwiyah. 

Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah dan Bacaan Doa Niat Puasa Arafah

Berdasarkan penjelasan diatas bahwa yang membedakan puasa arafah dan puasa tarwiyah hanya pada niat puasa, kapan atau waktu puasa arafah dan tarwiyah serta keutamaan puasa arafah dan puasa tarwiyah yang dapat anda lihat dibawa ini...

A. Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah

Lafadz Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah 
Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah & Niat Puasa Arafah Serta Keutamaannya
Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah Dalam Bahasa Latin: 
"Nawaitu shauma tarwiyah, sunnatal lillahi ta'ala".
Arti Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah Dalam Bahasa Indonesia/Terjemahannya: 
"Saya niat puasa tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala". 

B. Bacaan Doa Niat Puasa Arafah 

Lafadz Bacaan Doa Niat Puasa Arafah 
Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah & Niat Puasa Arafah Serta Keutamaannya
Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah Dalam Bahasa Latin:
"Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta'ala".
Arti Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah Dalam Bahasa Indonesia/Terjemahannya: 
"Saya niat puasa arafah, sunnah karena Allah ta'ala"

 Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Keutamaan Puasa Arafah

 A. Keutamaan Puasa Tarwiyah 
Puasa tarwiyah dilaksanakan di hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah yang berdasarkan satu redaksi artinya bahwa Puasa pada hari dapat menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun. 

B. Keutamaan Puasa Arafah 
Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan di hari Arafah yakni di saat berlangsungnya wukuf di tanah Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah oleh para jamaah Haji. Wukuf diarafah merupakan inti dari pelaksanakan ibadah Haji.  
Amalan-Amalan di Bulan Dzulhijjah
Ulama mengatakan bahwa "Barangsiapa memuliakan atau menghidupkan 10 hari pertama dari bulan Dzulhijah dengan amalan-amalan ibadah maka Allah Ta'ala akan memberinya 10 keistimewaan yaitu sebagai berikut"..
  • Allah memberikan berkah pada umurnya
  • Allah menjaga diri dan keluarganya 
  • Allah menerangi kehidupannya
  • Allah melipatgandakan pahalanya
  • Allah menambah rizqinya 
  • Di tinggikan derajatnya di sisi Allah Ta'ala
  • Di beratkan timbangan kebajikannya
  • Di mudahkan keluarnya nyawa ketika dalam keadaan sakratul maut
  • Terselamatkan dari semua kesusahannya
Baca Juga: 
 
Demikianlah informasi mengenai Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah & Niat Puasa Arafah Serta Keutamaannya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu niat puasa tarwiyah dan niat puasa arafah dan keutamaannya. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

.
Blog, Updated at: 02.07