Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 12 August 2015

Pengertian Pramuka & Sejarah Pramuka Dunia & Indonesia

Pengertian Pramuka & Sejarah Pramuka Dunia & Indonesia| Pramuka adalah singkatan para muda karana yang berarti orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya. Kata berjiwa muda merupaka ukuran dari semangat untuk maju. Kepramukaan adalah nama kegiatan yang terdapat dalam pramuka misalnya kegiatna menarik dan berpendidikan. Sedangkan Pengertian Gerakan Pramuka adalah wadah atau organisasi tempa dimana pramuka berkumpul dan menyelesaikan masalah secara bersama, tingkatan organisasi seperti gerakan pramuka kwartir daerah, gugus depan dan lain-lainnya. 

Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan "kepanduan" (Boy Scout). Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan Pramuka, yang terdapat dalam Anggaran Dasar Pramuka yang terdiri dari janji yang disebut Satya dan ketentuan moral yang disebut dengan Darma Kode Kehormatan Pramuka yang disesuaikan berdasarkan dari golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmani yaitu.. 
  • Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri dari Dwisatya dan Dwidarma 
  • Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri dari Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma 
  • Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pendega yang terdiri dari Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma. 
  • Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri dari Trsatya Anggota Dewasa dan Dasadarma 

Sejarah Pramuka Dunia & Indonesia

Sejarah Pramuka Dunia - Sejarah pramuka dunia pertama kali dipelopori oleh Lord Baden Powel atau dengan nama lengkapnya Robert Sthepenson Smyth Baden Powel of Giwell, seorang warga negara Inggris yang pernah menjadi tentara. Sejak kecil Baden Powel dikenal sebagai anak yang mencintai kegiatan luar ruangan (outdor). Baden Powell selalu bermain di hutan kecil yang berada di samping sekolahnya. Kemah pertama yang dilakukan oleh Lord Baden Powel yang dipimpinnya terjadi di tanggal 1 Agustus 1907 yang bertempat di Brwonsea Island, Inggris. Sehingga pada tanggal 1 Agustus ditetapkan sebagai hari peringatan Hari Kepanduan Dunia

Sejarah Pramuka Indonesia - Sedangkan di Indonesia, Sejarah Pramuka lahir di tahun 1961 menurut Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961 mengenai Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka yang dipertegas lagi dengan Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961. Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada umum di tanggal 14 Agustus 1961 disaat Presiden RI memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden RI No. 448 Tahun 1961. Sejak saat itu, tanggal Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Indonesia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 14 Agustus.

Baca Juga: 

Pengertian Pramuka & Sejarah Pramuka Dunia & Indonesia
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Pramuka & Sejarah Pramuka Dunia & Indonesia. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pramuka dan sejarha pramuka dunia dan sejarah pramuka di indonesia. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman,

Referensi: Pengertian Pramuka & Sejarah Pramuka Dunia & Indonesia
  • Anggaran Dasar Gerakan Pramuka (Hasil Munaslub 2012 ed.). Kwartir Nasional, Jakarta.

Pengertian Pramuka & Sejarah Pramuka Dunia & Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin