Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 7 August 2015

Pengertian, Perbedaan Sel Prokariotik & Sel Eukariotik

Pengertian, Perbedaan Sel Prokariotik & Sel Eukariotik| Bagian terkecil dari suatu makhluk hidup adalah sel. Sel memiliki struktur yang dibagi menjadi dua yaitur sel prokariotik dan sel eukariotik. Seluruh organisme tersusun atas salah satu sel prokariotik dan sel eukariotik. Secara Umum, Pengertian Sel Prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti atau membran inti sel. Sedangkan dari Pengertian Sel Eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti/membran inti sel. 

Pembahasan Sel Prokariotik

Sel prokariotik memiliki materi genetik yang tidak dibungkus oleh selaput. Umumnya sel prokariotik adalah uniseluler, walaupun terdapat beberapa dari multiseluler. Sel prokariotik uniseluler dapat membentuk koloni. Istilah prokariota berasal dari bahasa Yunani dari kata pro yang berarti sebelum karyon yang berarti kacang atau biji. Contoh sel prokariotik adalah bakteri (bacteria) dan sianobacteria (cyanobacteria). 

Pembahasan Sel Eukariotik 

Sel eukariotik memiliki materi genetik yang tidak tersebar melainkan dengan dibungkus selaput. Jenis-jenis pada sel eukariotik meliputi sel hewan, sel tumbuhan, sel protista, dan sel fungi. Istilah Eukariotik berasal dari bahasa Yunani dari kata eu yang berarti baik dan karyon yang berarti kacang atau biji yang menunjuk nulei sel. Eukariota merupakan organisme dengan sel kompleks. 

Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Pengertian, Perbedaan Sel Prokariotik & Sel Eukariotik
"Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan"

Baca Juga: 


Demikianlah informasi mengenai Pengertian, Perbedaan Sel Prokariotik & Sel Eukariotik. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian sel prokariotik dan sel eukariotik, dan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: Pengertian, Perbedaan Sel Prokariotik & Sel Eukariotik
  • Syamsuri, Istamar. 2007. Biologi 2A untuk SMA/MA kelas XI Semester 1. Jakarta : Erlangga.

Pengertian, Perbedaan Sel Prokariotik & Sel Eukariotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin