Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 9 August 2015

Letak Geografis, Astronomis & Geologis Indonesia

Letak Geografis, Astronomis & Geologis Indonesia| Tahukah anda apa yang dimaksud Letak Geografis, Astronomis, & Geologis ?.. Arti Letak Geografis adalah letak suatu negara yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak Astronomis adalah letak suatu tempat berdasrkan dari garis lintang dan garis bujur. Sedangkan Pengertian Letak Geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan keadaan geologinya. Berikut pembahasan mengenai letak Geografis, Astronomis, dan Geologis di Indonesia.... 

Pembahasan Letak Geografis Indonesia 

Letak Geografis, Astronomis & Geologis IndonesiaLetak geografis ditentukan dari posisi nyata dibandin posisi daerah lain. Letak Geografis Indonesia berada di antara dua benua dan dua samudra yaitu Benua Asia dan Benua Australia, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Letak dan Posisi Indonesia sangat strategis dan sangat penting yang erat kaitannya pada sektor perekonomian karena Indonesai berada dalam persimpangan lalu lintas dunia. Letak Geografis suatu negara menentukan masa depan suatu negara dalam hubungan Internasional. Seperti pendapat Robert Kaplan yang menuturkan mengenai pengaruh letak geografis bahwa geografis secara luas akan menjadi determinan yang mempengaruhi berbagai peristiwa lebih dari pada yang pernah terjadi sebelumnya. 
 Artikel Terkait: Pengertian dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Kondisi Alam dan Penduduknya

Pembahasan Letak Astronomis Indonesia 

Astronomis ditandai dari perhitungan dengan menggunakan posisi garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis imajiner yang membentang horisontal dengan melingkari bumi sedangkan dengan garis bujur merupakan garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal. Garis Lintang Lintang dan Bujur dibagi dalam dua yaitu Garis Lintang Utara dan Garis Lintang Selatan serta garis ekuator (khatulistiwa) sebagai pembatas keduanya. Sedangkan Garis Bujur Barat dan Garis Bujur Timur dibatasi oleh Greenwich Mean Time. 

Letak Astronomis Indonesia - Letak astronomis indonesia adalah 6°LU (Lintang Utara) - 11° LS (Lintang Selatan) dan antara 95° BT (Bujur Timur) - 141°BT (Bujur Timur). 

Posisi Astronomis Indonesia - Posisi astronomis Indonesia adalah terletak di kawasan yang beriklim tropis dan berada di belahan timur bumi. 

Indonesia terdapat di kawasan tropis, sehingga Indonesia selalu disinari Matahari setiap tahun dan hanya terdapat dua kali pergantian musim dalam setahun yakni musim kemaru dan musim hujan. Pada umumnya negara-negara yang beriklim tropis memiliki kelimpahan alam yang luar biasa dengan curah hujan yang tinggi membuat tanah menjadi subur dan flora dan fauna yang beraneka ragam. 
Letak Geografis, Astronomis & Geologis Indonesia
Pengaruh Letak Astronomis Indonesia - Pengaruh letak astronomis indonesia dapat dilihat dari garis bujur yang membuat Indonesia mempunyai 3 daerah waktu yaitu Indonesia Bagian Barat (WIB), Indonesia Bagian Tengah (WITA) Indonesia Bagian Timur (WIT).

Artikel Terkait: Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Pembahasan Letak Geologis Indonesia 

Seperti arti Letak Geologis diatas bahwa geologis berdasarkan dengan geologinya/bebatuan permukaan bumi. Di Indonesia sendiri terdapat banyak gunung api dengan sebagian besarnya masih aktif  yang menjadi salah  satu sebagai penyebab utama kesuburan tanah di Indonesia karena mengandung unsur hara yang tinggi. Di Indonesia memiliki kepulauan berdasarkan dari keadaan geologinya dibedakan dalam 3 daerah antara lain sebagai berikut...
  • Daerah dangkalan sunda
  • Daerah dangkalan sahul 
  • Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul 
Indonesia bagian barat merupakan bagian dari Benua Asia, Indonesia bagian Timur merupakan bagian dari Benua Australia, sedangkan Indonesia bagian tengah merupakan peralihan antara bagian barat dan timur yang disebut dengan dearah Wallace. 

Jika berdasarkan dari pegunungan Indonesia, kepulauan Indonesai berada diantara dua rangkaian pegunungan muda. Pegunungan Indonesai dibagian barat merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum mediterania, sedangkan pegunungan pada bagian timur Indonesia merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik. 

Akibat Letak Geologis Indonesia adalah 
  • Mempunyai gunung api yang aktif 
  • Bagian barat Indonesia dan bagian timur Indonesai memiliki laut yang dangkal sedangkan di bagian tengah memiliki laut yang dalam. 
  • Memiliki banyak karang tambang mineral 
  • Berada pada daerah yang labil dan selalu terjadi gempa bumik tektonik dan vulkanik 
  • Rangkaian pegunungan muad Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai Letak Geografis, Astronomis & Geologis Indonesia. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian letak geografis, pengertian letak astronomis, pengertian letak geologis, letak geografis Indonesia, letak astronomis Indonesia, dan letak geologis Indonesia. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Letak Geografis, Astronomis & Geologis Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin