Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 1 August 2015

Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud| Sholat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan di waktu 1/2, 1/3, 1/4. Cara mengerjakan shalat tahajud sebenarnya sama dengan cara mengerjakan shalat-shalat sunnah pada umumnya namun yang membedakannya adalah berada pada bacaan niat shalat tahajud. Shalat tahajud merupakan shalat yang dilakukan pada saat bangun dari tidur, walaupun hanya tidur sebentar. Hukum sholat tahajud adalah sunat mu'akkad, artinya sangat dianjurkan karena dalam hadist Nabi Muhammd SAW bersabda:
"Hai kalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Surga dengan selamat." (HR. Tirmidzi)
"Seutama-utama sholat sesudah sholat fardhu ialah sholat sunnat di waktu malam." (HR. Muslim)
Selain dari itu, Allah juga berfirman mengenai keutamaan dan keistimewaan shalat tahajjud: 
"Pada malam hari, hendaklah engkau shola tahajud sebagia tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji. (QS. Al-Isra: 79). 
Dari Jabir r.a. yang berkata: "Aku mendengar Rasulullah SAW. Bersabda: "Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya), dan itu setiap malam." (HR Muslim dan Ahmad). 
"Lazimkan dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa." (HR Ahmad). 

Waktu Mengerjakan Shalat Tahajjud 

Dalam mengerjakan shalat tahajjud terdapat beberapa waktu yang diutamakan dalam mengerjakan shalat tersebut. Waktu mengerjakan shalat tahajjud adalah sebagai berikut..
  • Waktu mengerjakan sholat tahajjud yang pertama terdapat pada pukul 19.00 s/d pukul 22.00
  • Waktu mengerjakan sholat tahajjud yang kedua terdapat pada pukul 22.00 s/d pukul 01.00
  • Waktu mengerjakan sholat tahajjud yang ketiga terdapat pada pukul 01.00 s/d masuk waktu subuh
Jumlah Rakaat Sholat Tahajud 
  • Jumlah rakaat shalat tahajjud sebenarnya tidak terbatas, namun yang paling sedikit adalah 2 rakaat dengan satu salam yang sama seperti halnya dengan mengerjakan shalat sunnah pada umumnya.
Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

Bacaan Doa Niat Shalat Tahajjud 

Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud - Dalam membaca doa niat shalat tahajjud dapat diucapkan secara lisan atau dalam hati, tapi lebih baik diucapkan dalam hati. Membaca niat shalat tahajjud dibaca saat/berbarengan takbiratul ihram.

Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

  • Bacaan Doa Niat Shalat Tahajjud: "Ushalli sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillahi ta'aala". 
  • Artinya: "Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala". 

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajjud 

Tata Cara Sholat Tahajud - Shalat tahajud dikerjakan atau dilaksanakan secara berjamaah (munfarid). Berikut tata  cara mengerjakan shalat tahajjud...
  • Membaca doa niat shalat tahajud di dalam hati bersamaan dengan Takbiratul Ihram 
  • Membaca doa Iftitah 
  • Membaca surat doa Al-Fatihah
  • Membaca surat yang terdapat dalam Al-Qur'an yaitu di rakaat pertama membaca surat Al-Kafirun dan di rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlas. 
  • Ruku sambil membaca tasbih tiga kali
  • I'tidal sambil membaca bacaannya 
  • Sujud pertama dan membaca Tasbih tiga kali 
  • Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya 
  • Sujud yang kedua dan membaca tasbih tiga kali. 
  • Setelah di rakaat pertama, kerjakan dua rakaat kedua sebagaimana cara yang diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali dan rakaat-rakaat selanjutnya sama yang dilakukan seperti contoh diatas. 

Membaca Doa Setelah/Dzikir Shalat Tahajud 

Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajjud - Terdapat dua setelah mengerjakan sholat sunah tahajud yang dilakukan dengan khusyu dengan duduk membaca bacaan doa setelah sholat tahajud atau dapat diawali dengan membaca bacaan-bacaan dzikir misalnya Istigfar, Tasbih, Tahmid, dan Shalawat Nabi untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebelum Membaca Doa Setelah Shalat Tahajjud ialah membaca Dzikir misalnya Istigfar, Tasbih, Tahmid, dan Shalat Nabi.. 


1. Bacaan Doa Istigfar minimal sebanyak 100 kali
Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

2. Bacaan Doa Tasbih sebanyak 32 kali
Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

3. Bacaan Doa Shalawat Nabi Muhammad SAW sebanyak 32 kali 
Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud 

Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud Dalam Bahasa Arab: 

Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud


Bacaan Doa Shalat Tahajjud Bahasa Indonesia: 
Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

Arti Bacaan Doa Shalat Tahajjud: 
Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

Jika bacaan doa setelah shalat tahajud diatas terdapat kesulitan dalam menghafalkan bacaan doa setelah shalat tahajjud dapat dengan mengamalkan dengan membaca secara langsung tanpa dengan harus menghafalkan atau dapat dilakukan dengan membaca bahasa sendiri (bahasa Indonesia) bacaan doa setelah shalat sunah tahajjud karena Allah Maha Pintar Lagi Maha Mendengarkan sehingga Allah tentu dapat mendengarkan bacaan doa kita/anda. Tetapi, jangan selalu menggunakan bahasa kita (bahasa Indonesia) dalam membaca doa setelah shalat tahajjud karena lebih afdolnya, jika kita membaca bahasa arab bacaan doa setelah shalat tahajjud.

Aktivitas Setelah Membaca Doa Sesudah Shalat Tahajjud 

Aktivitas Setelah Membaca Doa Sesudah Shalat Tahajjud - Setelah membaca doa setelah shalat tahajjud anda dapat berbaring di tempat tidur sambil membaca bacaan ayat kursi, lalu surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan surat An-Nas atau membaca bacaan Ayat Suci Al-Qur'an sambil menunggu datangnya shalat subuh.

Baca Juga: 


Demikianlah informasi mengenai Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian shalat tahajjud, hukum shalat tahajjud, dalil mengenai keutamaan dan keistimewaan shalat tahajjud, waktu mengerjakan shalat tahajjud, jumlah rakaat mengerjakan sholat sunnat tahajjud, bacaan doa niat shalat tahajud bahasa arab, bacaan doa niat shalat tahajjud bahasa indonesia, artinya bacaan doa niat shalat tahajud, tata cara mengerjakan shalat tahajjud, membaca doa setelah shalat tahajjud, dzikir setelah shalat tahajjud, bacaan doa setelah shalat tahajjud dalam bahasa arab, bacaan doa setelah shalat tahajjud dalam bahasa Indonesia, arti bacaan doa setelah sholat tahajud. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman".   

Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin