Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha| Sholat dhuha atau shalat sunah duha adalah shalat yang dikerjakan diwaktu duha. Waktu dikerjakannya shalat dhuha, ketika matahari telah naik atau terbit sekitar 7 hasta sampai terasa panas menjelang shalat dzhur, atau sekitar jam 7 - jam 11. Karna pada setiap daerah tentu saja memiliki waktu yang berbeda-beda. Seperti shalat sunat lainnya yang terdiri dari dua rakaat begitu juga dengan shalat dhuha. 

Shalat dhuha mempunyai manfaat yang sangat banyak, seperti kita ikhlas dalam setiap hal, membuka pintu reseki. Sehingga shalat dhuha dapat anda kerjakan setiap hari, namun jangan sampai melupakan shalat 5 waktu yang hukumnya wajib. 

Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha 

Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat DhuhaBerdasarkan dari kesepatakan para ahli fiqih (ittifaq fuqoha) bahwa letak niat ada dalam hati (wajibnya). Namun menurut Jumhur Fuqoha (mayoritas ahli Fiqih) bahwa tata cara mengucapkan niat secara lisan hukumnnya adalah sunnah, karena membantu hati dalam merealisasikan niat yang diucapkan dalam hati dan. Sedangkan menurut dari Maliki tidak memandangnya sunnah karena tidak manqul dari Nabi Muhammad SAW. 

Niat Shalat Dhuha - Pada umumnya dalam bacaan doa niat shalat dhuha sama dengan bacaan niat shalat sunnah yang biasanya. . Berikut bacaan doa niat shalat dhuha.... 
Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha
  • Bacaan doa niat shalat dhuha: "Ushalli sunnatadh dhuha rak'ataini lillahi ta'alaa. 
  • Artinya: "Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat karena Allah Ta'ala. 

Panduan Tata Cara Shalat Dhuha

Seperti di pembukaan diatas, bahwa shalat dhuha dikerjakan pada jam 7-11 dan terdiri dari dua rakaat, hal ini dapat dilihat dari niat shalat dhuha.

Macam-Macam Surah Shalat Dhuha - Surah-surah yang paling baik dibaca ketika mengerjakan shalat dhuha adalah... 
  • Surah Al-Waqi'ah 
  • Surah Ad-Duha 
  • Surah Asy-Syams
  • Surah Quraisy
  • Surah Al-Kafirun
  • Surah Al-Ikhlas
Surah yang paling disunnahkan dibaca ketika shalat dhuha adalah 
  • Pada rakaat pertama disunahkan untuk membaca Surah Asy-Syams 
  • Sedangkan rakaat kedua disunnahkan untuk membaca Surah Ad-Duha
Tata Cara Shalat Duha - Tata cara sholat dhuha memiliki kesamaan dengan sholat sunnah pada umumnya. Berikut tata cara shalat dhuha yang benar...
  • Membaca niat sholat dhuha di dalam hati, lalu membaca takbir 
  • Membaca doa iftitah 
  • Membaca surat al fatihah
  • Membaca satu surat di dalam Al-Qur'an. Afdolnya dengan membaca surat Asy-Syam pada rakaat pertama. Sedangkan surat Ad-Duha diraka'at kedua (atau pilih salah satu surah yang diatas (macam-macam surah shalat dhuha))
  • Ruku' dan membaca tasbih dengan 3 kali 
  • I'tidal dan membaca bacaannya 
  • Sujud pertama sambil membaca tasbih 3 kali 
  • Duduk diantara dua sujud dengan membaca bacaannya 
  • Sujud kedua sambil dengan membaca tasbih 3 kali
  • Setelah rakaat pertama selesai, kerjakan pula rakaat kedua seperti dengan cara diatas atau dirakaat pertama, kemudian duduk diantara dua sujud dengan membaca tasyahhud akhir, setelah selesai maka selanjutnya dengan mengucapkan salam dua kali. 

Bacaan Doa Setelah/Sesudah Shalat Dhuha

Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha

Bacaan Doa Setelah Shalat Dhuha: "Allahumma Innadh Dhuha-a Dhuha-uka, Wal Baha-a Bahaa-Uka, Wal Jamaala Jamaaluka, Wal Quwwata Quwwatuka, Wal Qudrata Qudratuka, Wal Ishmata Ishmatuka. Allahuma Inkaana Risqi Fis Samma-i Fa Anzhilhu, Wa Inkaana Fil Ardhi Fa-Akhrijhu, Wa Inkaana Mu'asaran Fayassirhu, Wa Inkaana Haraaman Fathahhhirhu, Wa Inkaana Ba'Idan Fa Qaribhu, Bihaqqiduhaa-Ika Wa Bahaaika, Wa Jamaalika Wa Quwwtika Wa Quratika, Aatini Ma Ataita 'Ibadikash Shalihin. 

Arti Bacaan Doa Seteleh Shalat Dhuha :  "Ya Allah, Sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-MU, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yag soleh". 

Waktu Mengerjakan Shalat Dhuha 

Seperti yang dijelasan dipembukaan tadi mengenai waktu shalat dhuha, berikut penjelasan secara terperinci. Shalat dhuha dapat dikerjakan jika matahari naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya, namun sebagian pendapat menyebut bahwa shalat duha adlaah pukul 09.00-11.00. Hal ini berdasarkan dari beberapa tanda-tanda masuknya waktu mengerjakan shalat dhuha.

Terdapat waktu-waktu haram yang mengapit dalam mengerjakan shalat dhuha antara lain sebagai berikut....
  • Sesudah shalat subuh sampai dengan matahari bersinar 
  • Jika hampir masuk waktu zuhur hingga tergelincir matahari

Jumlah Raka'at Shalat Dhuha

Seperti halnya yang dijelaskan mengenai jumlah rakaat shalat dhuha dalam pembukaan diatas. Jumlah rakaat minimal Shalat Dhuha adalah dengan dua rakaat. Sebagaimana hadist Abu Hurairah di depan. dapat juga mengerjakan empat rakaat, enam rakaat, delapan rakaat, atau dua belas rakaat, atau tanpa batasan, karean semua merpakan sunnah Rasulullah (Shalatul Mukmin: 1/449, Syarh Riyadhus Shalihin, Al- Utsaimin:

Berikut dalil Shalat Dhuha empat rakaat hingga tanpa batasan dalam hadist Aisyah S,..


Dari Aisyah S beliau berkata: "Rasulullah shalat dhuha empat rakaat dan menambahnya sesuai dengan kehendak Allah. " (HR. Muslim)

Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Dhuha

Terdapat banyak Hadist Rasulullah SAW yang menjelaskan mengenai keutamaan dan keistimewaan shalat Dhuha. Berikut keutamaan dan keistimewaan shalat Dhuha....
1. Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia 
Dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi Muhamma SAW bersabda:

Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha

2. Sebuah rumah di surga
Bagi yang rajin mengerjakan shalat Dhuha maka akan dibangunkan rumah disurga. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist Nabi Muhammad SAW:

Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha

3. Pahala Umrah dari Abu Umamah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: 


Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha

4. Ghanimah (keuntungan) yang besar
Dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu anhuma, ia berkata:

Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha

5. Memperoleh ganjaran di sore hari Dari Abu Darda' ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW berkata: 
Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha
6.Ampunan Dosa 

Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha

Demikianlah informasi mengenai Tata Cara Shalat Dhuha & Bacaan Doa Niat Shalat Dhuha. Semoga teman-teman dapat menerima baik apa itu shalat dhuha, bacaan doa nia shalat duha, bacaan arab doa niat shalat dhuha, arti bacaan doa niat shalat dhuha, panduan tata cara shalat dhuha, macam-macam surah shalat dhuha, tata cara shalat dhuha, bacaan doa setelah/sesudah shalat dhuha, bacaan doa setelah/sesudah shalat dhuha bahasa indonesia, arti bacaan doa setelah/sesudah shalat dhuha, waktu mengerjakan shalat dhuha, jumlah raka'at shalat dhuha, keutamaan dan keistimewaan shalat dhuha. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa Share yah :) . 

.
Blog, Updated at: 01.46