Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) & Pembuluh Balik (Vena)

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) & Pembuluh Balik (Vena)| Sebelum masuk ke pembahasan, tahukah anda apa itu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena) ?... Pembuluh nadi (arteri) adalah pembuluh darah yang berotot, dan membawa darah ke jantung. Sedangkan pembuluh balik (vena) adalah pembuluh darah yang menghantar darah menuju ke jantung. Berikut sedikit pembahasan mengenai pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena)... 

Pembuluh Nadi (Arteri)

Pembuluh nadi (arteri) memiliki dinding yang disusun dari tiga lapis yaitu lapisan luar yang sifatnya elastis, lapisan tengah berupa sel-sel otot polos, dan lapisan dalam yang disusun oleh selapis sel berdinding tipis. Pembuluh yang mempunyai dinding tebal, kuat, dan juga elastis guna membantu tenaga dalam memompa jantung untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini membuat darah didorong untuk mengalir. Aktivitas tersebut memberi tekanan di sepanjang dinding pembuluh yang dilaluinya dan menimbulkan denyutan. maka terjadi, darah memancar keluar jika pembuluh nadi terluka. 

Umumnya, pembuluh nadi ada dibagian dalam tubuh. Pembuluh nadi yang besar disebut dengan aorta yang berpangkal di bilik kiri jantung dan bertugas membawa darah yang mengandung sejumlah oksigen (darah bersih) ke seluruh tubuh. Pembuluh ini mempunya katub yang beradap tepat di luar jantung. Selanjutnya, aorta bercabang dua, satu cabang menuju ke kepala dan satunya lagi ke tubuh bagian bawah. Pembuluh nadi yang kecil disebut arteriol. Arteriol memiliki ukuran lebih tipis dari pada satu sisir rambut. Arteriol bercabang-cabang lagi menjadi pembuluh kapiler. 

Lihat Pembahasan Lengkap Seputar Pembuluh Nadi (Arteri)... 

Pembuluh Balik (Vena)

Pembuluh balik berndinding lebih tipis, tidak elastis,dan memiliki diamater lebih lebar dari pada pembuluh nadi. Hal ini dapat terjadi karena dalam perjalanan kembali ke jantung memiliki tekanan yang sangat rendah. Tekanan rendah menyebabkan darah cenderung mengalir kembali meninggalkan jantung. Untuk mencegahnya, pembuluh balik mempunyai sejumlah katup yang memastikan darah mengalir ke satu arah menuju jantung. Tekanan darah rendah pada pembuluh balik membuat tidak terasa adanya denyutan sehingga darah hanya menetes (tidak memancar) jika pembuluh balik terluka. 

Pembuluh balik berada di dekat permukaan tubuh yang nampak kebiru-biruan. Fungsi dari pembuluh balik (vena) adalah menyalurkan darah dari seluruh tubuh menuju jantung. Pembuluh yang mengandung banyak karbon dioksida, kecuali pembuluh balik dari paru-paru menuju jantung (pembuluh balik paru-paru atau vena pulmonalis) yang dilalui darah mengandung banyak oksigen. 

Lihat Pembahasan Lengkap Seputar Pembuluh Balik (Vena)... 
Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) & Pembuluh Balik (Vena)

 Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) & Pembuluh Balik (Vena)




Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) & Pembuluh Balik (Vena)

Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) & Pembuluh Balik (Vena). Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pembuluh nadi (arteri), pengertian pembuluh balik (vena), pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan perbedaan pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARE yah :). 

.
Blog, Updated at: 23.16