Sejarah: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia RI

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sejarah: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia RI| Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan pembacaan isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno dan Moh.Hatta. Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi Drs. Mohammad Hatta pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi dan bertempat di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta pusat.

Pembacaan proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditandai setelah kekalahan Jepang kepada sekutu disaat dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki pada 6 Agustus 1945. Seluruh pejuang Indonesia untuk mempersiapkan diri dalam kemerdekaan Indonesia tanpa disertai dengna adanya pemberian/bantuan kemerdekaan dari siapapun termasuk Jepang. Kejadian tersebut, membuat perdebatan antara golongan muda dan golongan tua, dimana golongan tua menunggu situasi hasil keputusan jepang. Sedangkan dari pihak golongan muda berinisiatif menginginkan kemerdekaan Indonesia segera diproklamasikan tanpa menunggu perintah pihak Jepang. 

Akhirnya, golongan muda mengambil langkah dengan mengasingkan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdenklok. Hal ini dikenal dengan Peristiwa Rengasdenklok. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah terpengaruh oleh Jepang untuk menunda kemerdekaan Indonesia. Akhirnya disepakati bahwa Proklamasi Indonesia akan dilakukan di Jakarta, Soerkarno dan Hatta kembali ke Jakarta.

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 

Teks Naskah Proklamasi Klad
Teks naskah Proklamasi Kald adalah asli tulisan tangan dari Ir. Soekarno yang mencatat dan hasil karangan oleh Drs. Mohammad Hatta serta Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Isiteks proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam Teks Naskah Proklamasi Klad adalah sebagai berikut... 

Sejarah: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia RI


Sejarah: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia RI
"Teks Naskah Proklamasi Klad" berada di Monas (Monumen Nasional)"
Perlu anda Ketahuai bahwa Naskah Proklamasi Klad tersebut ditinggal begitu saja dan pernah masuk ke tempat sampah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. B.M. Diah menyelamatkan nashkah bersejarah tersebut dari tempat sampah dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, lalu diserahkan kepada Presiden Soeharto di Bina Graha pada 29 Mei 1992. 

Teks Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Otentik
Naskah teks proklamasi kemerdekaan yang sudah mengalami perubahan dikenal dengan sebutan Naskah "Proklamasi Otentik" adalah hasil ketikan dari Mohammad Ibnu Sayuti Melik (seorang tokoh pemuda yang turun andil persiapan Proklamasi). Teks naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia otentik adalah sebagai berikut...

Sejarah: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia RI


Sejarah: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia RI
"Teks Naskah Proklamasi Otentik berada di Monas (Monumen Nasional)"

Keterangan: Tahun kedua teks naskah Proklamasi diatas (baik pada teks naskah Proklamasi klad dan teks naskah proklamasi otentik) tertulis angka tahun 05 yang merupakan kependekan dari angka tahun 2605 karena tahun penanggalan dipergunakan adalah zaman pemerintah pendudukan militer jepang yang pada saat itu yang berlaku. yakni tahun 2605. 

Isi Teks Proklamasi Kemederkaan Republik Indonesia (RI)

Sejarah: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia RI




Keterangan: Isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia diatas adalah isi teks proklamasi yang biasa kita bacakan dalam HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Artikel Terkait:


Demikianlah informasi mengenai Sejarah: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia RI. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu latar belakang pembuatan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, teks naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia klad, teks naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia otentik, isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang biasa digunakan.  Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. Salam Pemuda Indonesia Merdeka, Merdeka... 

.
Blog, Updated at: 06.33