Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 7 August 2015

Pengertian Devisa, Macam, Sumber, Fungsi, & Tujuan Penggunaan

Pengertian Devisa, Macam, Sumber, Fungsi, & Tujuan Penggunaan| Secara umum, Pengertian Devisa adalah sejumlah valuta asing untuk membiayai transaksi perdagangan internasional. Devisa terdiri dari valuta asing, yaitu mata uang yang diterima oleh semua negara di dunia adalah US Dollar ($), Yen Jepang, Euro, Poundsterling (Inggris), Prancis-Franc, Switzerland-Franc, Dollar-Canada, DM (Deutshe Mark)- Germany, emas, surat berharga yang berlaku untuk pembayaran internasional. 

Hal ini berada di pengawasan otoritas moneter yaitu Bank Sentral. Devisa sama dengan fungsi uang pada umumnya, namun devisa berada dalam transaksi internasional atau antarnegara sebagai alat pembayaran antarnegara, pertukaran barang dan jasa, menimbun kekayaan, cadangan monter, dan mengukur kekayaan. 

Pemerintah dan swasta wajib memiliki cadangan devisa untuk perdagangan internasional dalam menjaga stabilitas moenter dan ekonomi makro suatu negara. Cadangan devisai merupakan indikator moneter kuat atau lemahnya ekonomi suatu negara. Definisi cadangan devisa adalah sejumlah valas yang dicadangkan Bank Sentral (Bank Indonesia) untuk keperluan pembiayaan dan kewajiban luar negeri, misalnya pembiayaan impor dan pembiayaan yang lainnya kepada pihak asing.

Macam-Macam Devisa

Macam-macam devisa digolongkan berdasarkan dari sumber dan wujudnya. Macam-macam devisa tersebut antara lain sebagai berikut... 
a. Macam-Macam Devisa Berdasarkan Sumbernya
  • Devisa Kredit: Devisa kredit adalah devisa yang berasal dari kredit (pinjaman) luar negeri. 
  • Devisa Umum, Devisa umum adalah devisa yang berasal dari sumber lain (selain kredit) seperti ekspor, penyelenggaraan jasa dan penerimaan bunga modal. 
b. Macam-Macam Devisa Berdasarkan Wujudnya
  • Devisa Kartal: Devisa kartal adalah devisa yang berwujud uang logam dan uang kertas
  • Devisa Giral: Devisa giral adalah devisa yang berwujud surat-surat berharga, misalnya wesel, cek, cek perjalan (travellers cheque), IMO (Internasional Money Order) dan lain-lain. Jika berkeinginan, devisa giral dapat diubah ke devisa kartal. 

Sumber-Sumber Perolehan Devisa 

Tinggi rendahnya suatu devisa terhadap suatu negara dipengaruhi dari perkembangan neraca pembayaran suatu negara. Sumber-sumber devisa adalah sebagai berikut... 
a. Kegiatan ekspor
Negara dengan sistem ekonomi terbuka, kegiatan ekspor adalah salah satu andalan negara untuk mendapatkan devisa. Semakin banyak ekspor barang atau jasa maka semakin besar pula pemasukan devisa bagi negara. 
b. Perdagangan jasa
Negara yang bergerak dan mengandalkan perdagangan jasa merupakan negara yang tidak kaya dengan sumber daya alam. Hal ini seperti yang dilakukan Singapura dengan mengandalkan jasa perdagangan sebagai sumber utama devisa. 
c. Kegiatan pariwisata
Salah satu sumber devisa adlaah jasar pariwisata yang diperoleh dari kunjungan turi mancanegara maupun domestik. Semakin banyak turis yang berkunjung ke negara tersebut maka semakin banyak pula devisa akan mengalir ke negara tersebut. 
d. Pinjaman luar negeri (bantuan luar negeri)
Pinjaman luar negeri merupakan salah satu dari sumber devisa suatu negara, khususnya negara-negara didunia ketika atau yang berkembang. Negara-negara yang biasanya sangat bergantng atas bantuan luar negeri selain sebagai sumber-sumber lain. 
e. Hibah dan hadiah dari luar negeri
Hibah atau hadiah merupakan sumber devisa bagi suatu negara memiliki sifat yang tidak memikat. Hibah atau hadiah bersumber dalam negeri ataupun luar negeri. 
f. Warga negara yang bekerja di luar negeri 
Sumber devisa yang lain adalah dana yang berasal dari warga negara yang bekerja di luar negeri, misalnya TKW atau TKI. Pekerja tersebut memberikan peran yang besar untuk memperoleh devisa suatu negara dengan uang yang ditransfer dari asal negara dia bekerja. 

Fungsi Devisa 

Devisa mempunyai fungsi yang berperan dalam perekonomian suatu negara, fungsi devisa tersebut antara lain sebagai berikut... 
  • Sebagai alat pembayaran barang-barang dan jasa impor 
  • Sebagai alat pembayaran cicilan utang luar negeri khususnya bunganya 
  • Alat pembiayaan hubungan luar negeri, misalnya biaya misi kesenian, biaya perjalanan dinas, biaya korp diplomatik dan pemberian bantuan luar negeri. 
  • Sumber pendapatan negara untuk membiayai pembangunan. 

Tujuan Penggunaan Devisa

Sesuai dengan fungsi devisa, tujuan penggunaan devisa adalah sebagai berikut... 
  • Membayar barang-barang konsumsi yang masih diimpor, misalnya handphone dan kain
  • Membayar barang-barang modal yang masing di impor, misalnya mesin
  • Membiayai pengiriman tim kesenian dan juga olahraga.
  • Membiayai korps diplomatik di luar negeri
  • Membayar jasa-jasa ke luar negeri misalnya jasa pelayaran 
  • Membangun macam-macam fasilitas umum yang berada dalam negeri 
  • Membiayai para pemuda dan mahasiswa untuk belajar di luar negeri 
  • Memberikan sumbangan ke negara-negara lain yang mengalami musibah

Baca Juga: 


Devisa (Pengertian, Macam, Sumber, Fungsi, & Tujuan Penggunaan)
Demikianlah informasi Pengertian Devisa, Macam, Sumber, Fungsi, & Tujuan Penggunaan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua pengertian devisa, macam-macam devisa, sumber-sumber devisa, fungsi-fungsi devisa, dan tujuan penggunaan devisa. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa Teman-Teman. 
Referensi: 
  • Widjajanta, B., A. Widyaningsih, dan H. Tanuatmojo. 2009. Mengasah Kemampuan Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 146.
  • [1] Sa’diyah, C. dan D. A. Purnomo. 2009. Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 351.
  • Tim Abdi Guru, 2006, IPS TERPADU untuk SMP Kelas IX, Penerbit Erlangga, Surabaya.

Pengertian Devisa, Macam, Sumber, Fungsi, & Tujuan Penggunaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin