Pengertian Status, Peran dan Kelas Sosial

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Status, Peran dan Kelas Sosial| Hai teman-teman kali ini mengenai pengertian status sosial, peran sosial, dan kelas sosial. Pengertian Status Sosial (Kedudukan Sosial) adalah salah satu tempat atau posisi seseorang dalam kelompok sosial atau masyarakat secara umum sehubungan dengan keberadaan orang lain di sekitarnya. Pengertian Peran Sosial adalah pelaksanaan hak dan kewajiban seseorang sesuai dengan status sosialnya. Sedangkan Pengertian Kelas Sosial adalah sekelompok manusia yang menempati lapisan sosial berdasarkan kriteria ekonomi. 

A. Kajian Status Sosial (Kedudukan Sosial)

Kedudukan sosial terdiri dari lingkungan pergaulan, hak kewajiban dan prestasi. Seseorang dapat mempunyai beberapa kedudukan sosial dalam masyarakat karena ikut serta dalam berbagai pola kehidupan sekaligus. Contohnya, kedudukan seorang pemuda beranama Doni dari Desa Berdikari yang kombinasi dari segenap kedudukannya sebagai ketua karang taruna, mahasiswa teladan tingkat provinsi, calon sarjana psikologi, calon suami ani dari desa tetangganya. 

Artikel Terkait : 

B. Kajian Peran Sosial 

Jika seorang individu telah melaksanakan kewajiban dan meminta hak-haknya sesuai apa dengan status sosial yang di pangkunya atau disandangnya, yang telah menjalankan perannya dengan tepat. Peran berasal dari pola pergaulan hidup. Sehingga peran menentukan apa yang diberikan masyarakat disekitarnya. Perang dianggap sangat penting karena mengatur perilaku seseorang dalam masyrakat berdasarkan norma yang berlaku di masyarakat. 

Artikel Terkait : 

C. Kajian Kelas Sosial 

Kelas sosial merujuk adanya pembedaan hierarki atau tingkatan antara individu-individu dalam sebuah masyarakat. Pengertian kelas sosial dapat berbeda-beda dalam tiap zaman dan masyarakat. Namun, kelas sosial secara umum ditentukan oleh tingkat pendapatan, pendidikan dan kekuasaan. Contoh kelas atas (orang kaya, berpendidikan tinggi, atau memiliki kekuasaan yang benar), kelas menengah, dan kelas bawah. 

Pengertian Kelas Sosial Menurut Definisi Para Ahli 
  • Soerjono Soekanto : Menurut Soerjono Soekanto, pengertian kelas sosial hampir sama dengan lapisan sosial tanpa membedakan apakah berdasarkan faktor uang, tanah, ata kekuasaan. Ada juga yang menggunakan istilah kelas sosial hanya untuk lapisan sosial berdasarkan ekonomi, sedangkan lapisan sosial berdasarkan kehormatan 
  • Kornblum : Menurut Kornblum yang mendefinisikan pengertian sosial yang mirip dengan kasta, hanya saja ditentukan berdasarkan kriteria ekonomi, seperti penghasilan, pekerjaan, dan kemakmuran. Biasanya, kelas sosial bersifat terbuka dan tidak homogen Artinya, terjadi mobilitas baik ke atas maupun ke bawah di antara kelas-kelas itu. 
  • Max Weber : Menurut Max Weber membuat pembedaan antara dasar ekonomi dan dasar kedudukan sosial, tetapi tetap menggunakan istilah kelas sosial bagi semua lapisan. Kelas sosial yang sifatnya ekonomi dibagi lagi ke dalam sub kelas yang dipilah berdasarkan kecakakan di bidang ekonomi. 
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Status, Peran dan Kelas Sosial. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian status sosial, pengertian peran sosial, pengertian kelas sosial. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Temn".
Referensi :
  • Muin, Idianto. 2013. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X. Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Erlangga. Hal : 76-79
Jangan Lupa SHARE yah Teman-Teman :) .

.
Blog, Updated at: 07.12