Pengertian Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli| Istilah ekonomi berasal dari bahasa oikos yang berarti keluarga, rumah tangga dan nomos adalah peraturan, aturan, hukum. Secara etimologi (bahasa), pengertian ekonomi adalah aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Sedangkan Secara umum, Pengertian Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Seseoran yang dikatakan sebagai teladan ilmu ekonomi adalah dinamakan dengan ahli ekonomi atau ekonom. Ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi, dan data dalam bekerja. 

Pengertian Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli - Terdapat banyak para ahli yang memberikan pendapatnya dalam mendefinisikan pengertian ekonomi. Macm-macam pengertian ekonomi menurut pendapat para ahli antara lain sebagai berikut...
  • Adam Smith : Pengertian ekonomi menurut pendapat Adam Smith adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara. 
  • Mill J.S : Menurut Mil J.S, pengertian ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan. 
  • Hermawan Kartajaya : Pengertian ekonomi menurut pendapat Hermawan Kartajayat adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya. 
  • Paul A. Samuelson : Menurut Paul. A. Samuelson, pengertian ekonomi adalah cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat. 
  • Abraham Maslow : Menurut Abraham Maslow, ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien. 
  • M. Manulang : Menurutnya, pengertian ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran, yaitu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya dari segi pemenuhan barang maupun jasa.
Tindakan-Tindakan dalam Ekonomi - Tindakan ekonomi adalah istilah yang mengacu kepada setiap usaha manusia berdasarkan dari pilihan yang sangat baik, dan sangat menguntungkan. Contohnya: ibu memasak dengan kayu bakar karena harga bahan bakar minyak sangat mahal. Macam-macam tindakan ekonomi adalah terdiri dari dua aspek antara lain sebagai berikut... 
  • Tindakan ekonomi rasional, adalah setiap usaha manusia berdasarkan dari pilihan paling menguntungkan, dan kenyataan memang demikian. 
  • Tindakan ekonomi irrasional, ialah setiap usaha manusia berdasarkan dari pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian.
Motif-Motif Ekonomi - Motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi. Macam-macam motif ekonomi adalah terbagi atas dua aspek antara lain sebagai berikut... 
  • Motif instrinsik, adalah sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas kemauan sendiri 
  • Motif ekstrinsik, ialah sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas dorongan orang lain.
Namun, pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi yaitu...
  • Motif memenuhi kebutuhan 
  • Motif memperoleh keuntungan 
  • Motif memperoleh penghargaan
  • Motif memperoleh kekuasaan 
  • Motif sosial/menolong sesama
Prinsip Ekonomi - Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi berdasarkan asas dengan pengorbanan tertentu dan hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.

Baca Juga : 

Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro Serta Perbedaannya
Pengertian, Ciri-Ciri dan Tujuan Koperasi Sekolah

Pengertian Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian ekonomi secara etimologi, pengertian ekonomi secara umum, pengertian ekonomi menurut pendapat para ahli, tindakan-tindakan ekonomi, motif-motif ekonomi, dan prinsip ekonomi. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARE yah :) . 

.
Blog, Updated at: 23.50