Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti-nati oleh seluruh Umat Islam di dunia ini. Bulan yang memiliki banyak keistemewaan dan keutamaan yang dimana diwajibkan kepada seluruh Umat Islam untuk berpuasa selama satu bulan penuh dalam bulan Ramadhan. Bulan yang terdiri dari seribu bulan dan bulan Ramadhan memberikan banyak pahala dan amal shaleh bagi yang memiliki keseriusan dan kesungguhan mengejar segala nikmat dalam bulan Ramadhan ini. 

Segala kebaikan yang dilakukan dalam bulan Ramadhan akan dilipat gandakan, bahkan apalagi jika kita menjalani ibadah puasa dengan sempurna, satu bulan penuh, dan ketika hari lebaran pun tiba, kita selayaknya bayi yang baru lahir artinya bersih dari dosa. Maka kita sebagai umat Islam tidak boleh sekalipun menyianyiakan bulan Ramadhan dengan aktifitas-aktifitas yang sia-sia. Mungkin dari anda semua belum mengetahui "apa saja keutamaan, keistimewaan, keindahan, dan kebesaran bulan Ramadhan ini", Maka dari itu, untuk lebih membuat teman-teman lebih bersungguh-sungguh dan termotivasi dalam menjalakan ibadah puasa dengan sempurna dan melakukan kebaikan, mari kita ketahui bersama-sama Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah....

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan 

1. Bulan Di Turunkannya Al-Qur'an 

Bulan Ramadhan merupakan bulan di turunkannya Al-Qur'an, kita suci umat Islam. Seperti dalam firman Allah SWT : 

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Artinya : "Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturukan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan bathil" (QS. Al-Baqarah 185). 

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah berkata : "Allah SWT memuji bulan Puasa diantara bulan-bulan lainnya dengan memilih bulan tersebut (sebagai waktu) diturunkannya Al-Qur'an"  (Tafsir Ibnu Katsir 1/282). 

2. Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup 

Dalam bulan Ramadhan, pintu surga dibuka dan pintu neraka di tutup. Seperti Sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam :

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Artinya : "apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu" (diriwayatkan bukhari dan muslim). 

3. Bulan Pengampun Dosa

Bulan Ramadhan adalah bulan pengampun dosa. Nabi Muhammad SAW bersabda : 

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Artinya : "Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (diriwayatkan bukhari dan muslim). 

Dalam hadist lain beliau bersabda : 

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Artinya : "celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni" (diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad). 

4. Amal Sholeh Dilipat Gandakan

Menjalankan amalan sholeh merupakan kewajiban setiap umat muslim di dunia ini, apalagi di bulan Ramadhan, setiap amalan sholeh yang kita perbuat maka akan dilipat gandakan dibulan Ramadhan, sampai dengan 70 kali lipat sebagai yang terdapat dalam hadist : 

Khutbah Rasulullah SAW pada akhir bulan Sa'ban : "Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah bernaung. Bulan yang didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa pada bulan itu mendekatkan diri pada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori dan Muslim). 

Rasulullah shallahu alaihi wa sallam bersabda : 

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
Artinya : "pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai ibadah haji" (diriwayatkan oleh bukhari dan muslim), Dalam riwayat muslim disebutkan : ".... menyamai pahala ibadah haji bersamaku". 

Ibnu Rajab rahimahullah berkata (Abu Bakr bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata : apabila telah datang bulan Ramadhan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq fi sabilillah, dan tasbih pada bulan Ramadhan lebih utama dari tasbih di bulan lain). 

5. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah malam yang memiliki banyak barakah dan kemuliaan yang berada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan yang satu malam tersebut lebih dari seribu bulan. Seperti dalam firman Allah SWT : 

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seri bulan. Pada malam itu turun malikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar (Al Qadr : 1-5).

Dalam hal ini, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
Artinya : "Sesungguhnya bulan Ramadhan telah datang kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan" (diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dihasankan oleh Al Mundziry). 

6. Disyareatkan I'tikaf Di Bulan Ramadhan

"Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu .Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, Maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada Manusia, supaya mereka bertakwa" (Al-Baqarah : 187).

Anas radiallahu anhu berkata :

"adalah Nabi Shallahu alaihi wa sallam beri'tikaf pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau pun beri'tikaf setelahnya" (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim). 

7. Bulan Ramadhan Adalah Salah Satu sebab Masuk Surga

Terdapat dua orang pada masa Rasulullah saw yang keduanya terdiri dari bai Qudha'ah yang masuk islam, dari kedua orang tersebut, salah satu dari keduanya mati syahid, sementara yang satunya wafad setahun kemudian, salah seorang sahabat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata : aku bermimpi surga, lalu aku melihat orang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid, akupun heran-heran, maka tatkala pagi hari lalu aku memberitahu Rasulullah shallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda :

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
Artinya : "bukankah setelah itu (dalam waktu setahun) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat?" (diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani). 

8. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah, Rahmat, dan Mustajadnya Doa

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmat dan mustajadnya, dimana Rasulullah SAW bersabda : 
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Artinya : "telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah.. "(diriwayatkan oleh An Nasai dan dan dishahihkan oleh Albani).

dan sabda Rasulullah SAW selanjutnya : 

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Artinya : "apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu rahmat, sedangkan pintu-pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu" (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan ini adalah lafadz muslim). 

Kemudian dilanjutkan penjelasan mengenai mustajadnya bulan Ramadhan melalui sabda Rasulullah SAW : 
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Artinya : "sesungguhnya setiap muslim pada siang hari dan pada malam hari- pada bulan Ramadhan - memilik doa mustajab" (diriwayatkan oleh Al Bazzar dan disahihkan oleh Albani)  

9. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Ibadah Amal Kebaikan

Bulan Ramadhan adalah bulan ibadah amal kebaikan. Seperti dalam sabda Rasullullah shallahu alaihi wa sallam bersabda : 

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan


Artinya : "barang siapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

dan Apabila telah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, mengencangkan sarung beliau, menghidupkan malam Ramadhan, dan membangunkan keluarganya untuk bersama-sama beribadah. 

Baca Juga : 


Demikianlah informasi mengenai Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan. Semoga informasi ini semakin memotivasi dan membuat teman-teman untuk bersungguh-sungguh berpuasa, beribadah, dan selalu berbuat kebaikan di bulan Ramadhan. Karena seperti penjelasan diatas, dibulan Ramadhan segala perbuatan kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya, sehingga diwajibkan untuk setiap umat Islam di dunia ini untuk mendapatkan pahala tersebut, agar di hari kemenangan, atau hari idult fitri kita terlahir kembali sebagai manusia yang bersih dari dosa. Amin ya Rabbal Alamin. Sekian dan Terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARE yah :) . 

.
Blog, Updated at: 02.18