Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 30 June 2015

Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi| Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan. Dengan adanya gigi, kita dapat mengigit, memotong, mengunyah, sobek, dan menghaluskan makanan yang kita makan. Proses dan cara kerja yang dilakukan gigi dinamakan mencerna makanan secara mekanik. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi halus. Hal ini sangat membantu kinerja enzim untuk mencerna makanan secara cepat dan efisien. 

A. Macam-Macam Bentuk Gigi Manusia serta Fungsinya - Gigi manusia dibedakan menjadi 4 macam gigi yang terdapat dimulut berdasarkan bentuknya. Macam-macam gigi manusia serta fungsinya antara lain sebagai berikut... 
  • Gigi seri (identis insisivus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. Gigi seri berada pada bagian depan dengan bentuk yang tegak dan tepi yang tajam. Seperti sekop atau tatah. 
  • Gigi taring (identis kaninus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Bentuk dari gigi taring adalah tinggi dan runcing. 
  • Gigi geraham depan (pramolar) adalah gigi yang terdiri dari dua akar yang berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuk gigi gerahan depan adalah lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil. 
  • Gigi gerahan belakang (molar) adalah gigi yang terdiri dari tiga akar yang berfungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya. 
Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian GigiB. Bagian-Bagian Gigi - Secara struktural, Anatomi gigi tersusun dari atas bagian-bagian antara lain sebagai berikut... 
1. Mahkota Gigi (Korona) : Makhkota gigi (korona atau biasa disebut puncak gigi yaitu bagian yang tampak dari luar. Setiap jenis memiliki bentuk mahkota gigi yang berbeda-beda.  
2. Leher gigi (Kolum) : Leher gigi (kolum) adalah bagian gigi yang berada di dalam gusi yang terlindung dan merupakan batas antara mahkota dan akar gigi. 
3. Akar gigi (Radiks) : Akar gigi adalah bagain gigi yang ada didalam rahang dan tertanam. Akar gigi menancap di tulang rahang dengan jumlah satu atau dua.

Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

C. Lapisan - Lapisan Gigi - Pada bagian gigi manusia yang terstruktur/tersusun atas 4 (empat) lapisan/ jaringan antara lain sebagai berikut... 
  • Email : Email adalah lapisan/jaringan keras yang melapisi bagian mahkota gigi yang mengandung kalsium. Fungsi Email gigi adalah untuk melindungi tulang gigi di bagian luar gigi manusia.  
  • Tulang Dentin : Tulang dentin adalah lapisan/jaringan yang dibentuk oleh zat kapur berwarna kekuningan yang terdapat setelah lapisan Email. 
  • Pulpa (Rongga gigi) : Pulpa adalah lapisan yang terdapat pembuluh darah untuk memelihara seluruh gigi, dan serabut-serabut saraf yang mendeteksi, tekanan, panas, dingin, dan sakit. Pembuluh darah dan saraf menjulur ke akar gigi. 
  • Semen : Semen adalah lapisan keras yang memiliki konstruksi yang kuat melapisi akar gigi. Semen/sementrum merupakan lapisan pada akar gigi yang berdamping/bertasan langsung denan tulang rahang dimana daerah tersebut tempat tumbuhnya gigi manusia.
D. Susunan dan Jumlah Gigi - Berdasarkan dari tahapan perkembangannya, gigi manusia terdiri dari dua kelompok yaitu gigi susu dan gigi dewasa. Gigi susu (dentis desidue) adalah gigi yang tumbuh di anak yang berusia 6 bulan - 8 bulan. Sejak usia 6-14 tahun, gigi susu akan tanggal satu persatu dengan digantikan oleh gigi dewasa.

1. Jumlah Gigi Susu anak adalah 20 buah : 
  • Gigi seri : 8 buah 
  • Gigi taring : 4 buah 
  • Gigi geraham : 8 buah
Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

2. Jumlah Gigi Dewasa atau gigi tetap (identis permanen) adalah 32 buah : 
  • Gigi seri : 8 buah 
  • Gigi taring : 4 buah 
  • Gigi geraham depan : 8 buah 
  • Gigi geraham belakang : 12 buah
Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

Baca Juga : 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian gigi, fungsi gigi, jenis-jenis gigi, dan bagian-bagian gigi, susunan gigi, jumlah gigi dewasa (permanen), jumlah gigi anak (gigi susu). Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARe yah :) . 
Referensi : 
  • Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin