Sejarah : Asal Mula Internet

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sejarah : Asal Mula Internet| Hai teman-teman, tahukah anda dengan sejarah munculnya internet ?.. atau asal mula internet ?..Apalagi sekarang ini internet sudah menjadi bagian dari hidup kita karena kita tahu dengan adanya internet seakan kita berjalan-jalan mengarungi dunia hanya dengan menggunakan internet, tanpa mode transportasi apapun, hanya menggunakan internet. Selain dari itu internet banyak memegang peran serta maju dan berjalannya sebuah sistem guna menunjang segala apapun itu. Mungkin dapat dikatan manfaat internet sangat banyak sekali. Meninggalkan mengenai manfaat, dan kehebatan internet, pernahkah teman-teman mempertanyakan hal-hal seperti yang ada dibawah ini..
  • Siapa yang menciptakan internet ?. 
  • Bagaimana internet dapat ada didunia ini ?.
  • Apa sih asal mula internet ?..
  • Bagaimana proses terciptanya internet ?..
  • Kapan internet ada di dunia ini ?
  • Negara manakah yang pertama kali menggunakan internet ?..
Itulah pertanyaan yang mungkin teman-teman sempat atau belum terfikirkan oleh anda semua. Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas, maka dari itu kami menginformasikan mengenai Asal Mula internet seperti yang ada dibawah ini..

Sejarah Internet

Jaringan Internet adalah rangkaian komputer yang saling terhubung menerusi beberapa rangkaian. Internet adalah sisatem komputer umum, yang saling terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protokol). Rangkaian jaringan yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan setiap rangkaian ini dinamakan ndengan internetworking. Awalnya, internet berasal pada jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan menggunakan kabel yang membentuk sebuah jaringan (network). Pertama kali pada tahun 1969, Internet dikembangkan dengan menggunakan nama ARPAnet (Advanced Research Agency) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. ARPAnet dibangun atas dajar membuat jaringan komputer yang tersebar demi menghindari pemusatan informasi dari satu titik yang diperkirakan rawan untuk dihancurkan bila terjadi peperangan. Apabila terdapat satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut secara otomotis akan dipindahkan ke jalur lainnya.

Pada tahun 1977. kurang lebih seratus komputer mini dan mainframe terkoneksi ke ARPAnet yang umumnya berasal dari universitas. Hubungan dari komputer ini dimanfaatkan setiap dosen dan mahasiswa berbagai informasi tanpa dengan meninggalkan komputer. Pada awal tahun 1980-an, ARPAnet dibagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPAnet dan Milnet. Milnet adalah jaringan militer yang keduanya memiliki hubungan sehingga komunikasi tetap dapat berjalan. Jaringan dari interkoneksi tersebut dinamakan dengan DARPA Internet, tetapi kemudian hanya disebut dengan Internet.  Internet dapat diakses dengan menggunakan komputer mini dan mainframe. Setelah dibukanya layanan Usenet dan Bitnet, Internet dapat diakses melalui Personal Computer (PC). Protokol yang digunakan adalah TCP/IP dengan penggunaan DNS (Domain Name System).

Pada tahun 1986, dibentuk NSFNET (National Science Foudation Network). NSFNET mulai menggantikan ARPAnet. Pada bulan Maret tahun 1990 ARPAnet kemudian dibubarkan. Pada masa NSFNET, berbagai jaringan internasional telah didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Saat ini, ada lebih dari 4.000.000 host Internet di seluruh dunia. Sejak tahun 1988, Intenet tumbuh secara cepat dan berlipat ganda setiap tahunnya.

Baca Juga : 
Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer
Pengertian, Manfaat, dan Macam-Macam Jaringan Komputer
Pengertian Komunikasi, Tujuan, Fungsi, dan Syarat-Syaratnya
Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis BIOS

Sejarah : Asal Mula Internet

Demikianlah informasi mengenai Sejarah : Asal Mula Internet. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 
Referensi : 
  • Hidayat, Rudi. dkk. 2006. Teknologi & Informasi Komunikasi SMA untuk Kelas XI. Jakarta : Erlangga. Hal : 2
Jangan Lupa SHARE yah Teman-Teman :). 

.
Blog, Updated at: 01.39