Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponenya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponennya| Ekosistem terdiri atas beberapa macam dengan susunan tipe-tipe dari komponen-komponen ekosistem. Sebelum membahas secara merinci tentang Ekosistem. Mari kita membahas Pengertian Ekosistem. Secara umum, Pengertian Ekosistem adalah proses yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dapat juga dikatakan sebagai suatu sistem di suatu daerah yang terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik (hidup) dan komponen abiotik (tak hidup) atau dengan lingkungannya. Ekosistem berasal dari kata oikos yang berarti rumah sendiri dan sistema berati terdiri atas bagian-bagian yang utuh atau saling memengaruhi. 

1. Komponen-Komponen Ekosistem - Secara garis besar komponen penyusun ekosistem terdiri atas dua komponen yaitu komponen biotik dan komponen abiotik antara lain sebagai berikut.. 

a. Komponen Biotik - Komponen biotik adalah komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup yang ada di bumi. Berdasarkan segi tingkatan trofik atau nutrisi, komponen biotik dibedakan menjadi dua macam antara lain sebagai berikut..
  • Komponen autotrof adalah organisme uniseluler dan multiseluler yang dapat berfotosintetis. Seperti tumbuhan berbiji, fitoplankton, ganggang, tumbuhan paku, dan tumbuhan lumut. Organisme dalam komponen autotrof merupakan produsen yang utama dalam ekosistem. 
  • Komponen fotouatotrof adalah organisme yang dimanfaatkan bahan organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai bahan makanan. Organisme heterotrof terdiri atas herbivor sebagai konsumen primer I, karnivor memakan herbivor sebagai konsumen sekunder II, karnivor memakan karnivor sebagai konsumen tersier III, dekomposer serta detritivor. Berdasarkan peran dan fungsinya dibedakan 3 macam yaitu produsen, konsumen, dekomposer. 
b. Komponen Abiotik - Komponen abiotik adalah suatu komponen fisik dan kimiawi yang ada pada suatu ekosistem sebagai medium atau substrak untuk berlangsungnya suatu kehidupan
  • Udara adalah kehidupan bagi seluruh penghuni ekosistem untuk bernapas, berfotosintetis dan hal-hal lainnya. 
  • Air adalah kebutuhan setiap makhluk hidup. Air diperlukan dalamjumlah yang sesuai dengan kebutuhan bergantung dari menghemat penggunaan air. 
  • Garam Mineral adalah memengaruhi kesetimbangan air dalam organisme dengan melalui osmosis. Sebagian dari organisme terestrial mampu dengan dapat beradaptasi di dalam lingkungan dengan kandungan garam tinggi
  • Sinar Matahari adalah sumber energi dari seluruh kehidupan yang ada di bumi dan berfungsi dalam mengatur tingkah laku organisme. 
  • Tanah adalah 
  • Suhu adalah derajat energi panas yang berasal dari radiasi sinar yang bersumber dari energi matahari 
  • Topografi adalah dapat mempengaruhi ekosistem karena bila terdapat topografi yang berbeda dapat menyebabkan perbedaan penerimaan cahaya, tekanan udara, suhu udara, kelembaban,  
2. Macam-Macam Ekosistem
a. Ekosistem Darat
b. Ekosistem Perairan

Baca Juga : 
Pengertian Biotik dan Komponen-Komponennya
Pengertian Abiotik dan Komponen Abiotik
Pengertian Ekologi, Ayo tebak apa itu Ekologi ?..
Pengertian Keanekaragaman Hayati
Demikianlah informasi berupa Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponenya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian ekosistem, komponen ekosistem, sususan ekosistem, dan macam-macam ekosistem. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 05.54