Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 30 April 2015

Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial| Secara umum, Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial adalah sistem pemerintahan negara republik yang kekuasaan eksekutif dipilih melalui pemilu dan terpisah dengan kekuatan legislatif. Pada sistem pemerintahan presidensial kedaulatan negara dibagi dalam trias politica oleh Monstequieu yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Presiden sebagai kepala negara dan juga kepala pemerintahan.  Sistem pemerintahan presidensial menganut aturan bagi para menteri dimana menteri merupakan pembantu presiden yang diangkat dan bertanggung jawab kepada presiden.

Presiden dan wakil presiden dipilih oleh rakyat melalui pemilu dan masa kerjanya ditentukan oleh konstitusi. Dalam sistem pemerintahan presidensial juga mengatur bahwa anggota legislatif tidak boleh menjabat di badan eksekutif dan begitu juga sebaliknya dengan eksekutif. Maka dari itu, dalam sistem pemerintahan presidensial, eksekutif dan legislatif merupakan lembaga yang independen.

1. Apakah Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial ?..

Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial - Dalam menentukan sistem pemerintahan suatu negara adalah dengan mengetahui macam-macam karekteristik/ciri-ciri dari seluruh sistem pemerintahan didunia. seperti halnya ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial yang dapat anda lihat dibawah ini..
  • Presiden memangku jabatan sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara
  • Presiden diangkat melalui pemilu yang dipilih langsung oleh rakyat
  • Anggota legislatif dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum (pemilu)
  • Presiden mempunyai hak prerogratif (hak istimewa) untuk mengangkat dan memberhentikan menteri-menterinya baik yang memimpin departemen dan non departemen
  • Menteri (kabinet) sebagai pembantu presiden bertanggung jawab terhadap presiden dan tidak boleh kepada legislatif karena menteri merupakan pembantu presiden
  • Kekuasaan eksekutif tidakbertanggung jawab oleh kekuasaan legislatif 
  • Kekuasaan eksekutif tidak dapat dijatuhkan oleh legislatif dan sebaliknya

2. Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemerintahan Presidensial

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemerintahan Presidensial - Dalam berjalannya sistem pemerintahan presidensial ini, memiliki berbagai kelebihan/keuntungan dan juga tentunya memiliki kelemahan/kekurangan antara lain sebagai berikut..

a. Kelebihan Sistem Pemerintahan Presidensial

  • Kekuasaan eksekutif lebih stabil karena tidak bergantung dan tidak terganggu pada parlemen
  • Masa jabatan badan eksekutif lebih jelas dalam kurun waktu tertentu. Seperti di indonesia masa jabatan presiden 5 tahun. 
  • Legislatif bukan tempat kaderisasi mengenai jabatan-jabatan eksekutif karena diisi oleh orang luar termasuk anggota parlemen sendiri
  • Dalam penyusunan program kerja kabinet mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatannya

b. Kelemahan/Kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial

  • Sistem pertanggung jawaban kurang jelas
  • Pembuatan keputusan/mengambil kebijakan memakain waktu yang lama
  • Kekuasaan eksekutif diluar pengawasan langsung legislatif sehingga dapat menciptakan kekuasaan mutlak
  • Pembuatan keputusan atau kebijakan publik umumnya hasil tawar-menawar antara eksekutif dan legislatif yang mengakibatkan terjadinya keputusan yang tidak tegas
Baca Juga : 
Kekuasaan Presiden Sebagai Kepala Negara
Pengertian, Fungsi, Tugas dan Wewenang DPD
Pengertian, Fungsi, Wewenang dan Hak MPR
Pengertian, Fungsi, Tugas dan Hak-Hak DPR
Pengertian Politik Luar Negeri dan Tujuannya
Pengertian Sistem Politik dan Ciri-Ciri Sistem Politik
Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Macam-Macam Konstitusi

Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Demikianlah informasi mengenai Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat baik itu pengertian sistem pemerintahan presidensial, ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial, kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan presidensial, kelebihan sistem pemerintaan presidensial, kelemahan/kekurangan sistem pemerintahan presidensial. Pesan buat teman-teman yang sudah melihat informasi ini, jangan lupa yah untuk SHARE :) agar semua teman-teman kita dapat dengan mudah menemukan Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 

Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin